Cara Menanam Cung Kediro Mudah Dan Sukses Berbuah Lebat

4 min read

Cara Menanam Cung Kediro Mudah Dan Sukses Berbuah Lebat
0
()

Cara Menanam Cung Kediro Mudah Dan Sukses Berbuah Lebat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Cung Kediro.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Cung Kediro Mudah Dan Sukses Berbuah Lebat


Tomat yakni tanaman dari keluarga Solanaceae yang mempunyai bermacam- macam tipe. Salah satunya merupakan tomat rampai.

Cung kediro atau Tomat Rampai ialah tomat yang memiliki dimensi kecil sebesar biji kelereng, berkulit tipis, bercorak merah matang serta memiliki banyak sekali air pula bijinya lebih banyak.

Tomat rampai memiliki rasa yang jauh lebih asam serta lebih gurih di bandingkan tomat buah.

Tomat rampai merupakan tipe tomat yang mempunyai dimensi lebih kecil dibandingkan tomat buah, tetapi mempunyai rasa yang jauh lebih asam serta lebih gurih  sehingga membuat rasa masakan jadi lebih mantap.

Banyak orang yang lebih menyukai memasak dengan memakai tomat rampai ataupun cung kediro ini sehingga tipe tomat ini lebih laku terlebih harga rampai lebih mahal dibanding dengan tomat buah.

Tidak heran bila, banyak orang yang berupaya melaksanakan budidaya tomat rampai ini dengan skala besar ataupun cuma menanam tomat rampai ini di pekarangan rumah baik langsung di tanah maupun dalam pot.


Syarat Tumbuh Cung Kediro

Tomat rampai bisa berkembang pada ketinggian lahan 100- 800 Mdpl.Tipe tanah yang sempurna buat budidaya tumbuhan rampai yakni tipe tanah lempung berpasir ataupun tanah liat berpasir

Membutuhkan tanah yang memiliki humus yang kaya hendak faktor hara mineral paling utama mineral nitrogen

Temperatur hawa sempurna buat tumbuhan rampai 24- 32 derajat celciusKelembapan hawa menggapai 87- 89%.Tomat rampai bisa hidup dengan pH tanah berkisar antara 5- 6

Baca Juga :  Cara Ternak Jangkrik Yang Tepat dan Metode Pemeliharaannya Untuk Pemula

Metode Menanam Cung Kediro


  • Pemilihan Benih Tomat Cung Kediro

Benih tomat rampai bisa diperoleh dari membeli di toko maupun buatnya sendiri. Tetapi dianjurkan buat membuat benih sendiri, triknya:

Pilih dulu buah tomat rampai yang hendak terbuat benih dari segi dimensi serta wujud, tomat rampai yang baik buat bibit merupakan tomat rampai yang mempunyai dimensi besar dan mempunyai wujud yang tidak cacat.

Sehabis calon bibit diseleksi, berikutnya ambil biji tomat rampai tersebut kemudian bilas lendir pada biji dengan air.

Setelah itu, rendam biji dalam air, ambil biji yang tenggelam saja sebaliknya yang mengapung di permukaan air dibuang, sehabis itu jemur sampai kering. Bila telah kering simpan biji benih dalam wadah yang steril serta kering.

  • Penyemaian Benih Tomat Cung Kediro

Sehabis benih siap, berikutnya benih bisa disemai pada 2 media semai ialah bisa berbentuk bedengan ataupun pula polybag/ pot.

    • Bila memakai bedengan

Buatlah bedengan terlebih dulu, sehabis itu buatlah garis ataupun larikan dengan jarak dekat 5 centimeter antar larik serta kedalamannya dekat 1 centimeter.

Sehabis larikan jadi, taburkan biji benih( upayakan jangan menumpuk) pada larikan yang terbuat pada bedengan dengan jarak antar benih dekat 2- 3 centimeter. Setelah itu tutup kembali dengan tanah serta jalani penyiraman seperlunya.

    • Bila memakai polybag/ pot

Sehabis polybag ataupun pot telah diisi dengan media tanam. Lubangi media tanam sedalam 1 centimeter, kemudian isi tiap lubang pada tiap polybag ataupun pot dengan 1 biji benih.

  • Persiapan Lahan Tanam Tomat Rampai

Bilas lahan tanam yang hendak digunakan buat menanam tomat rampai dari gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain.

Sehabis itu, gemburkan tanah pada lahan tanam dengan metode dicangkul ataupun dibajak, apabila pH tanah kurang dari 5, 5 jalani pengapuran memakai dolomit dengan dosis yang cocok.

Sehabis itu, buatlah bedengan dengan lebar dekat 1 m, besar dekat 30 centimeter serta panjang cocok dengan lahan tanam. Antar bedeng diberi jarak dekat 30- 40 centimeter.

Setelah itu diamkan lahan sepanjang dekat seminggu. Berikutnya, jalani pemupukan dasar engan memakai pupuk kandang ataupun pupuk kompos dengan dosis 20 ton/ hektar lahan.

Baca Juga :  Panduan Mudah Cara Ternak Kucing Persia Dan Perbandingannya Dengan Anggora

Sehabis dicoba pemupukan, jalani pemulsaan. Perihal ini diperuntukan supaya tanah pada lahan tanam senantiasa terpelihara kelembabannya, tomat senantiasa bersih dan dapat mengatur gulma.

Diamkan kembali sepanjang dekat seminggu.

  • Penanaman Tomat Cung Kediro

Saat sebelum melaksanakan penanaman, buatlah lubang tanam terlebih dulu pada mulsa dengan diameter serta kedalaman dekat 5- 7 centimeter.

Dalam tiap bedengan terbuat 2 lajur lubang tanam dengan jarak antar lajur dekat 70- 80 centimeter serta jarak antar lubang dalam 1 lajur dekat 40- 50 centimeter.

Sehabis lubang tanam jadi, jalani penanaman. Masukkan bibit dalam lubang tanam, setelah itu timbun dengan media tanam hasil galian lubang tanam tadi, sehabis itu jalani penyiraman supaya terpelihara kelembabannya.


Perawatan serta Pemeliharaan Tumbuhan Cung Kediro


  • Penyulaman

Jalani pengecekan pada tumbuhan tomat sehabis berusia dekat seminggu sehabis tanam, bila terdapat tumbuhan yang mati ataupun berkembang tidak maksimal hingga wajib dicoba penyulaman ialah mengubah tumbuhan yang mati dengan tumbuhan yang baru.

  • Penyiangan

Bila budidaya tomat dicoba tanpa mulsa, jalani penyiangan pada gulma sebanyak 3- 4 kali sepanjang masa tanam. Bila memakai mulsa, penyiangan bisa dicoba seperlunya saja.

  • Pemangkasan

Supaya tumbuhan tomat tidak mempunyai banyak batang ataupun percabangan jalani pemangkasan tunas pada ketiak daun.

pemangkasan tersebut dapat memakai tangan serta buat mengendalikan ketinggian tumbuhan dapat jalani pemangkasan dengan memotong batang umumnya memakai pisau ataupun gunting.

Jalani pula pemotongan ujung tumbuhan, tetapi pemotongan tersebut dicoba bila tumbuhan sudah mempunyai 1 dompol buah dengan jumlah dekat 5 sampai 7 per dompol. Pemangkasan ini bisa dicoba tiap seminggu sekali.

  • Penyiraman serta Pengairan Tanaman

Tumbuhan toman tidak begitu memerlukan banyak air tetapi jangan hingga tumbuhan kekurangan air.

Bila kelebihan air bisa membuat fase generatif tumbuhan terhambat tetapi fase perkembangan daun serta batang( vegetatif) hendak produktif. Bila kekurangan air hingga buah yang dihasilkan hendak pecah.

  • Pemasangan Ajir

Supaya tumbuhan tomat tidak gampang roboh hingga butuh dicoba pemasangan ajir ataupun lanjaran yang dibuat dari bambu dengan panjang dekat 1, 5- 2 meter.

Pemasangan lanjaran ataupun ajir ini dicoba kala tumbuhan tomat sudah setinggi 10- 15 centimeter, Ajir tersebut dipasang dengan jarak dekat 10- 20 centimeter dari tumbuhan tomat tersebut.

Baca Juga :  Budidaya Tomat : Petunjuk, Persiapan, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Siap Panen

Tiap tumbuhan meningkat setinggi 20 centimeter batang tumbuhan tomat diikat pada lenjeran ataupun ajir memakai tali rafia tau tali plastik.

  • Pemupukan

Tumbuhan tomat organik yang sudah berusia dekat 2- 3 minggu diberi pupuk berbentuk pupuk kandang ataupun kompos dekat 1 genggam/ tumbuhan.

Tidak hanya itu jufa bagikan pupuk berbentuk pupuk organik cair berkalium besar dikala tumbuhan hendak berbunga serta berbuah.

Penyemprotan pupuk tersebut dapat dicoba tiap minggu dengan dosis 1 liter pupuk/ 100 liter air.

Tumbuhan tomat non organik bisa diberi pupuk berbentuk pupuk urea serta KCl dengan perbandingan 1: 1 dengan dosis yang diberikan merupakan 1- 2 gram/ tumbuhan yang diberikan pada umur tumbuhan seminggu sehabis tanam.

Pada usia 2- 3 minggu beri lagi pupuk urea serta KCl dengan dosis dekat 5 gram/ tumbuhan. Pada dikala tumbuhan berusia dekat 1 bulan bila masih nampak kurang gizi, beri urea serta KCl dengan dosis 7 gram/ tumbuhan.

Pemberian pupuk tersebut diberikan dengan jarak dekat 5- 7 centimeter dari tumbuhan tomat.

Cara Menanam Cung Kediro Mudah Dan Sukses Berbuah Lebat


Hama serta Penyakit Tomat Cung Kediro

Hama serta penyakit yang kerap melanda tumbuhan tomat antara lain ulat buah, kutu daun thrips, lalat putih, lalat buah, tungau, nematoda, penyakit layu, bintik daun, penyakit kapang daun, bintik coklat, busuk daun serta busuk buah. Seluruh hama serta penyakit tersebut dapat diberantas dengan pestisida yang pas serta dosis yang benar.


Pemanenan Tomat Cung Kediro

Usia panen tomat ialah dekat 60- 100 hari sehabis tanam. Pemanenan tersebut dicoba pada pagi ataupun sore hari. Pemanenan sehabis panen awal bisa dicoba 2- 3 hari sekali. Dalam 1 hektar lahan tanam bisa menciptakan dekat 15- 30 ton tomat.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Cung Kediro Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5