Panduan Lengkap Cara Menanam Coklat Dan Perawatannya Agar Selalu Berbuah Lebat

3 min read

Panduan Lengkap Cara Menanam Coklat Dan Perawatannya Agar Selalu Berbuah Lebat
0
()

Panduan Lengkap Cara Menanam Coklat Dan Perawatannya Agar Selalu Berbuah Lebat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Coklat.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Lengkap Cara Menanam Coklat Dan Perawatannya Agar Selalu Berbuah Lebat


Coklat atau Kakao( Theobroma cacao L.) ialah salah satu tumbuhan budidaya di perkebunan yang berasal dari negeri Amerika Selatan, tetapi saat ini bisa ditanam di bermacam kawasan tropika.

Dari biji tanaman ini bisa pula dihasilkan produk olahan yang diketahui bagaikan cokelat.Kakao ialah salah satu tanaman tahunan( perennial) yang berupa tumbuhan, di alam bisa menggapai ketinggian 10m.

Walaupun demikian, dalam pembudidayaan yang sangat tingginya terbuat tidak lebih dari 5m namun dengan tajuk menyamping yang meluas.

Perihal ini bisa pula dicoba buat perbanyak cabang produktif. Kakao berasal dari negeri Amerika Selatan yang banyak di budidayakan di Indonesia dengan produktivitas mencapai 777. 500 ton.

Bunga kakao, sebagaimana dari anggota Sterculiaceae yang lain, berkembang langsung dari batang( cauliflorous).

Bunga sempurna yang bisa berdimensi kecil( diameter maksimum 3 centimeter), tunggal, tetapi terlihat terangkai sebab kerap beberapa bunga ini timbul dari satu titik tunas. Bunga kakao pula berkembang dari batang.


Ketentuan Berkembang Tumbuhan Coklat

  • Baik di tanam di wilayah dataran dengan ketinggian 100- 800 m dpl.
  • Berkembang dengan curah hujan dekat 1100- 3000 milimeter/ tahun.
  • Baik dalam temperatur antara 18- 32 derajat Celcius.
  • Tumbuhan kakao tidak membutuhkan banyak cahaya matahari, sebab tumbuhnya pula bagus di tempat yang tropis.
  • Tumbuhan kakao bagus berkembang optimal dalam tanah yang mempunyai pH dekat 6- 8.
Baca Juga :  Jenis Jenis Arwana dan Julukannya Serta Harga Fantastisnya

Isi Gizi Biji Kakao( Coklat)

  • Kalori
  • Lemak
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vit A, D, B12
  • Glukosa

Metode Menanam Kakao atau Coklat


  • Pemilihan Biji Kakao

Generatif ialah dengan menggunakan biji kakao yang langsung buat siap ditabur di media tanam yang terdapat.

Vegetatif ialah dengan mengawali budidaya dengan melaksanakan stek ataupun ovulasi. Tetapi yakinkan kalau bibit ovulasi ini paling tidak sudah berusia 4 sampai 5 bulan dan dengan besar minimun 50 centimeter.

  • Persiapan Lahan Kakao

Pembersihkan lahan dari rumput liar serta gulma. Berikutnya buatlah lubang tanam cocok jarak yang Kamu mau, tetapi upayakan dekat 60×60 centimeter antar tumbuhan.

Kemudian bagikan pupuk kompos buat pemupukan dasarnya. Jangan kurang ingat tanami tumbuhan pelindung disekitar lahan semacam lamtoro, Gleresidae, serta Albazia setahun saat sebelum penanaman kakao.

Sehabis tahun ketiga, jumlah tumbuhan pelindung dikurangi jadi tiap 1 tumbuhan pelindung buat 3 tumbuhan kakao( 1: 3).

  • Penanaman Bibit Coklat ataupun Kakao

Tadinya perhatikan bibit siap tanam yang mempunyai mutu baik dan layak tanam dengan daun tumbuhan berwarnna hijau serta hijau muda pada daun mudanya dan keadaan batang yang kuat.

Buat menanam di pot, sediakanlah pot dengan dimensi yang besar serta masukkanlah tanah kombinasi pupuk serta sekam ke dalamnya sampai menggapai separuh bagian.

Sehabis itu buatlah lubang yang seukuran dengan polybag pada bibit coklat serta pula masukkanlah bibit bertepatan dengan polibagnya.

Secara lama- lama satlah polybag sampai benar- benar robek serta lepashan bibit bertepatan dengan tanah media semai secara lama- lama kemudian buanglah polybagnya serta timbuh sengan tanah sampai agak penuh serta padatkan.

Kemudian siramlah sampai keadaan tanah lembab.Buat menanam di lahan tanam semacam pekarangan maupun taman, kamu cuma butuh membuat lubang pada tanah lahan tanam.

Baca Juga :  Jenis Jenis Sapi Perah Unggul Yang Perlu Di ketahui Oleh Peternak Pemula

Sama semacam menanam di dalam pot, sehabis lubang terbuat, kamu pula cuma butuh memasukkan bibit dengan metode yang sama pula.

Perobekan polybag di dalam lubang tanam dan menanamnya bersama media semai bertujuan supaya tumbuhan coklat sanggup menyesuaikan diri dengan baik serta tidak stress.

Ini disebabkan berbeda dengan tumbuhan lain, tumbuhan coklat gampang stress.Apabila metode penanamannya salah meski pembibitan telah dicoba dengan metode benar serta sukses.

Ini tidak hendak memperoleh sesuatu perihal dalam menjamin kesuburan dan ketahanan tumbuhan coklat, jadi yakinkan kamu telah melaksanakan langkah ini dengan baik serta pula benar.


Pemeliharaan Tumbuhan Kakao ataupun Coklat


  • Penyiangan Tanaman

Jalani penyiangan terhadap gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain yang berkembang disekitar tumbuhan kakao supaya faktor hara yang diperlukan buat perkembangan tumbuhan tidak berebut dengan gulma tersebut.

Penyiangan tersebut bisa dicoba dengan melaksanakan pencabutan secara langsung ataupun memakai cangkul ataupun kored, dapat pula dengan metode melaksanakan penyemprotan secara herbisida.

  • Penyulaman

Jalani penyulaman terhadap tumbuhan yang mati ataupun berkembang tidak maksimal dengan tumbuhan yang baru. Penyulaman ini bisa dicoba saat sebelum tumbuhan berusia 2 minggu sehabis tanam.

  • Pemupukan

Pemupukan dicoba sehabis tumbuhan berusia 2 bulan sehabis tanam. Pemupukan ini biasa dicoba sehabis penyiangan.

Pupuk yang diberikan ialah pupuk Urea, SP- 36 serta KCl dengan dosis yang diberikan bersumber pada usia tumbuhan ialah bagaikan berikut:

    • Dikala berusia 1 tahun dapat diberi 15 gr Urea, 15 gr SP- 36 serta 10 gr KCl per tumbuhan.
    • Dikala berusia 2 tahun bisa diberi 22 gr Urea, 20 gr SP- 36 serta 25 gr KCl per tumbuhan.
    • Dikala berusia 3 tahun hendak diberi 44 gr Urea, 41 gr SP- 36 serta 50 gr KCl per tumbuhan.
    • Dikala berusia 4 tahun dapat diberi 89 gr Urea, 83 gr SP- 36 serta 100 gr KCl per tumbuhan.
    • Dikala berusia 5 tahun bisa diberi 150 gr Urea, 100 gr SP- 36 serta 200 gr KCl per tumbuhan.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dimulai dengan memangkas tumbuhan pelindung secara berkala sampai tumbuhan kakao bisa berkembang wajar tanpa tumbuhan pelindung.

Baca Juga :  18 Manfaat Melon Golden Bagi Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizinya

Jalani pemangkasan cabang ataupun ranting pada tumbuhan kakao yang berkembang sangat lebat.

Pemangkasan ini bertujuan supaya tajuk berkembang balance serta kuat dan kurangi kelembapan sehingga tumbuhan bebas dari hama serta penyakit.

Panduan Lengkap Cara Menanam Coklat Dan Perawatannya Agar Selalu Berbuah Lebat


Masa Panen Buah Coklat

Buah kakao yang telah siap panen ialah buah yang telah matang, ialah dekat usia 5, 5– 6 bulan terhitung semenjak buah kakao tersebut berbunga.

Karakteristik buah yang telah matang merupakan buah yang kulitnya telah bercorak kuning ataupun merah. Pemetikan bisa dicoba terhadap buah yang telah masak namun jangan sangat masak.

Potong tangkai buah dengan menyisakan 1/ 3 bagian tangkai buah.

Pemetikan hingga pangkal buah ini hendak dapat mengganggu bantalan bunga sehingga pembuatan bunga tersendat serta bila perihal ini wajib dicoba terus menerus, hingga penciptaan buah hendak jadi menyusut.

Pemetikan bisa pula dicoba pada pagi hari serta pemecahan siang hari. Pemecahan buah dengan memukulkan pada batu sampai rusak.

Setelah itu biji dikeluarkan serta dimasukkan dalam karung buat berikutnya dibersihkan dari pulp( daging buah). Berikutnya biji dikeringkan saat sebelum dijual kepengepul.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Coklat Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral

0 () 10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Tanaman Hias yang...
Admin1
1 min read

Penggolongan Jenis Sayur

0 () Penggolongan Jenis Sayur – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Penggolongan Jenis Sayur. Contents 1 Penggolongan Jenis Sayur1.1 Penggolongan...
Admin1
2 min read

Cara Mudah Menanam Sayuran Organik

0 () Cara Mudah Menanam Sayuran Organik – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Sayuran Organik. Contents 1 Cara...
Admin1
2 min read