Cara Menanam Ciplukan Sukses dan Tepat Untuk Pemula

2 min read

Cara Menanam Ciplukan Sukses dan Tepat Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Ciplukan Sukses dan Tepat Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Ciplukan.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Ciplukan Sukses dan Tepat Untuk Pemula


Ceplukan ataupun ciplukan ataupun yang pula diketahui dengan nama ilmiah Physalis angulate L, ialah salah satu nama tipe buah yang kecil, yang kala telah masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga.

Buah ini pula sangat diketahui dengan bermacam nama wilayah semacam cecenet ataupun cecendet, nyurnyuran ataupun pula kopok- kopokan.

Tumbuhan ciplukan ialah tipe tumbuhan yang berasal dari daratan Amerika serta sampai saat ini pertumbuhannya sangat pesat serta menyebar di daratan asia serta eropa.

Tumbuhan Ciplukan ini pula mempunyai sesuatu wujud buahnya yang kecil, apabila telah masak setelah itu buahnya hendak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga.

Pada biasanya ciplukan banyak ditemui berkembang secara liar di wilayah persawahan, ditepi hutan ataupun tegalan serta perkebunan paling utama pada dikala masa hujan.


Syarat Berkembang Tumbuhan Ciplukan

Tumbuhan ciplukan ini bisa berkembang dengan sangat baik pada wilayah terbuka dengan paparan cahaya matahari langsung.

Buah ciplukan pula bisa berkembang dengan sempurna pada tanah bertekstur gembur.

Media tanam dengan sesuatu isi keasaman tanah ataupun kerap diucap dengan ph tanah kurang lebih dekat 5, 5- 6, 8 yakni tempat yang terbaik buat menanam ciplukan.

Baca Juga :  Budidaya Nila Merah : Trik Sukses Persiapan, Pemeliharaan dan Pemanenan

Metode Menanam Buah Ciplukan


  • Penyiapan Benih Ciplukan

Benih ciplukan ini berasal dari buah yang sudah berumur kurang lebih dari 2, 5 bulan.

Buah yang telah matang serta tua tersebut, apabila dipijit dengan jari hingga hendak menghasilkan daging buah yang lunak beserta bijinya.Berikutnya, biji ini bisa digunakan bagaikan benih yang siap disemai.

  • Persiapan Lahan Tanam Ciplukan

Lahan yang hendak digunakan buat membudidayakan ciplukan terpapar cahaya matahari langsung minimun 8 jam satu hari.

mempunyai isi faktor hara yang diperlukan tumbuhan, dekat dengan sumber air serta mempunyai pH( keasaman) tanah terdapat pada kisaran 5, 5- 6, 8.

Bila pada lahan tanam telah didetetapkan, gemburkan tanah pada lahan dengan metode memakai cangkul ataupun dibajak. Sehabis itu, buatlah suatu bedengan ataupun lajur tanam dengan besar dekat 10- 20 centimeter.

Bila telah, berikutnya wajib jalani pemupukan dasar dengan memakai suatu pupuk kandang ataupun pupuk organik yang lain.

pemberian pupuk dasar tersebut pula bisa dicoba dengan metode tanah digali membentuk lajur panjang di tengah bedengan kemudian pupuk bisa ditaburkan didalamnya secara menyeluruh kemudian tutup kembali dengan tanah.

  • Penanaman Bibit Ciplukan

Buatlah suatu lubang tanam pada bedengan dengan jarak antar lubang dekat 40- 50 centimeter. Upayakan supaya kedalaman lubangnya ini memadai dimensi polybag plastik.

Jalani pengairan terlebih dulu pada suatu bedengan supaya lahan tanam basah. Jangan kurang ingat siram pula benih ciplikan ini pada polybag saat sebelum dipindahkan pada ke bedengan.

Seleksi waktu penanaman pada sore hari buat menghindari tumbuhan jadi layu di terik siang.

Selesaikan penanaman dalam jangka waktu sekali waktu supaya tumbuhan ciplukan bisa berkembang bertepatan serta menyeluruh.

Baca Juga :  Budidaya Udang : Pemilihan Bibit, Proses Budidaya dan Sesi Pemanenan

Sepanjang kurang lebih 5 hari awal jalani suatu penyulaman benih bila terdapat tumbuhan yang mati.

  • Perawatan Tumbuhan Ciplukan

Penyiraman ataupun pengairan hendaknya kamu jalani tiap seminggu sekali secara teratur. Apabila kamu menemui tanah sangat kering hendaknya jalani dengan lekas proses tersebut.

Pemupukan susulan bertujuan buat memicu perkembangan dan pembuahan lebih bermutu.

Pemupukan susulan awal kamu jalani pada umur tanam merambah 7 hari. Ialah dengan membagikan NPK dengan dosisi 1 gr/ batang tumbuhan.

Gabungkan 1 gelas pupuk NPK/ 35 liter air hingga menyeluruh, setelah itu bagikan 100 cc kombinasi pupuk tersebut pada tiap batang tumbuhan ciplukan.

Jalani pemupukan susulan tiap 2 minggu sekali. Hendak namun bila dirasa tumbuhan lumayan produktif kamu dapat melaksanakan pemupukan susulan tiap 3 minggu sekali.

Pada dikala masa hujan kamu dapat kurangi dosis NPK, sebab air hujan sendiri memiliki nutri N.

Perawatan yang ketiga pada dikala kamu menanam ciplukan ialah penyulaman. Proses ini hendaknya kamu jalani sesegera bisa jadi biar perkembangan tumbuhan dapat serempak.

Gantilah bibit yang mati ataupun perkembangan lelet memakai bibit baru dikala tumbuhan berumur 7 hari sehabis tanam.

Cara Menanam Ciplukan Sukses dan Tepat Untuk Pemula

  • Panen Buah Ciplukan

Buah ciplukan bisa dipanen tiap 2- 3 minggu sekali. Apabila budidaya ini sukses serta bermutu hingga hendak sanggup menciptakan buah yang seragam serta matang sempurna.

Pada masa panen, 1 batang tumbuhan buah ciplukan ini hendak sanggup menciptakan sampai 300 buah.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Ciplukan Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.