Cara Menanam Cherry Mudah Dan Tepat Untuk Pemula ( Sukses)

3 min read

Cara Menanam Cherry Mudah Dan Tepat Untuk Pemula ( Sukses)
0
()

Cara Menanam Cherry Mudah Dan Tepat Untuk Pemula ( Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Cherry.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Cherry Mudah Dan Tepat Untuk Pemula ( Sukses)


Ceri atau Cherry ialah salah satu kelompok tanaman ataupun buahnya anggota marga Prunus. Ceri tidak mencakup satu tipe saja, namun terdapat sebagian, semacam P. cerasus, P. avium, serta P. emarginata.

Ceri merupakan suatu tumbuhan yang sangat disukai di Jepang serta bunganya diucap bagaikan sakura.

Pada dini masa semi, di dikala bunga ceri ini bermekaran, orang- orang bisa berpiknik di taman- taman yang ditumbuhi tumbuhan ini. Di Australia ceri pula umumnya matang dekat waktu Natal.

Ceri ialah anggota dari marga Prunus serta secara garis besar ceri terdiri dari 2 berbagai, ialah ceri asam( Prunus ceracus) serta ceri manis( Prunus avium). Buah ceri bisa hidup di hawa lagi.

Di Indonesia sendiri, ceri umumnya bisa berkembang di wilayah yang mempunyai hawa dingin, salah satunya merupakan perkebunan ceri yang terdapat di daerah Lembang, Bandung, ataupun sebagian titik di dataran tinggi.

Sebab dapat dikatakan sangat jarang di Indonesia, hingga biayanya terkategori lumayan besar. Walaupun begitu, buah ini senantiasa digemari warga luas serta telah banyak yang berupaya membudidayakan sendiri.

Sebaliknya di negeri Amerika serta Eropa selatan pada bulan Juni. Penciptaan di segala dunia pada dikala ini 3 juta ton per tahun. Tidak hanya itu bunga serta buah ceri ini pula dijadikan hiasan hidangan santapan ataupun minuman.

Baca Juga :  Cara Budidaya Jali dan Perawatannya Untuk Pemula (Berhasil)

Buah ceri yang memiliki antosianin, ialah salah satu melamin corak merah yang baik buat kesehatan sebab ialah antioksidan.


Jenis Jenis Cherry

Tumbuhan cherry masam mempunyai nama latin prunus cerasus serta cherry manis dengan nama latin prunus avium biasa dibesarkan buat diambil buahnya.

Meski bersama terkategori pada genus prunus, tetapi dari segi morfologi ada perbandingan antara tumbuhan cherry masam serta manis.

  • Cherry masam

Tumbuhan cherry masam umumnya berkembang dekat 5 m. Tumbuhan ini mempunyai daun yang bergerigi di bagian luar dengan bagian atas daun bercorak hijau yang mengkilat serta terasa halus dikala diraba.

Sebaliknya bagian dasar daun nampak lebih kumal. Tumbuhan cherry masam mempunyai bunga bercorak putih dengan buah yang wujudnya bundar bercorak merah hitam serta kulit yang licin serta mempunyai kandungan asam yang besar.

Tumbuhan cherry masam umumnya bisa berkembang di daerah Asia serta Eropa.

  • Cherry manis

Tumbuhan cherry manis bisa berkembang sampai 11 m dengan buah yang wujudnya menyamai hati berdimensi diameter dekat 2 centimeter.

corak dari buah ini bermacam- macam antara kuning kemerahan sampai merah kehitaman.

Tidak hanya buahnya yang bisa disantap, ada pula tumbuhan cherry yang mempunyai guna ornamental sebab menciptakan bunga yang indah ialah bunga sakura.


Syarat Tumbuh Cherry

Tumbuhan cherry ialah tumbuhan yang berkembang di tempat dingin. Umumnya tumbuhan ini hendak gampang ditemukan di negeri 4 masa tetapi tidak menutup mungkin tumbuhan cherry pula berkembang di tempat yang mempunyai hawa lagi.

Tumbuhan cherry umumnya ditanam pada masa gugur serta mulai bersemi pada masa semi dengan puncak panen pada masa panas.

Tumbuhan cherry memanglah cuma dapat berkembang di tempat beriklim lagi ataupun dingin. Tetapi,tumbuhan ini tidak bisa berkembang pada tempat yang mempunyai temperatur rendah dibawah- 1°C.

Baca Juga :  Inilah Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Dari Obat Sakit Gigi Hingga Tingkatkan Stamina

Tanah yang digunakan buat menanam tumbuhan cherry ialah tanah berpasir kering yang mempunyai perairan yang baik dan kesuburan lagi serta terletak di zona yang disinari oleh matahari.

Jauhi menanam tumbuhan cherry pada tanah yang padat sebab hendak menimbulkan pangkal dari tumbuhan cherry membusuk.

Bagaikan tumbuhan yang memerlukan temperatur dingin supaya bisa berkembang, tumbuhan cherry hendak bisa berkembang dengan optimal apabila ditanam di dataran besar dengan ketinggian diatas 700 mdpl.


Metode Menanam Cherry


  • Persiapan Lahan Tanam

Cherry/ Ceri bisa ditanam di tanah ataupun di pot. Bila menanam tumbuhan ceri sampai besar serta berbuah banyak, hingga hendaknya seleksi tanah saja.

Buatlah lubang pada tanah kurang lebih berdimensi 50 centimeter x 50 centimeter x 50 centimeter.

Isi lubang tersebut dengan pupuk kompos ataupun kandang pada lubang dengan kurang lebih sampai 2/ 3 bagian terpenuhi. Setelah itu, istirahatkan tanah kurang lebih sepanjang 3 minggu.

Bila tidak mempunyai lahan yang lumayan luas, hingga dapat memakai pot serta diletakkan di pekarangan rumah.

Cuma saja wajib giat memangkas supaya tidak berkembang besar serta dapat menimbulkan kematian bila nutrisi di dalam pot tidak tercukup buat penuhi tanaman yang besar.

Tidak hanya itu, pengakaran dalam pot pula tidak begitu kokoh dibandingkan di dalam tanah secara langsung

Hendaknya, seleksi pot yang berdimensi besar supaya dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. Berikutnya, isi pot tersebut dengan kombinasi tanah serta pupuk kompos ataupun kandang.

Perkenankan kombinasi tersebut supaya menyatu dengan sempurna sehingga tanah dapat produktif.

  • Penanaman Cherry/ Ceri

Semaikan biji ceri ke dalam lubang ataupun pot yang telah disediakan tadinya. Bila membeli bibit dari toko yang pada biasanya ditanam pada polybag, hingga lepaskan secara hati- hati serta jangan hingga perakarannya putus. Bibit wajib ditaruh dengan posisi yang tegak lurus.

Baca Juga :  Budidaya Buah Naga : Proses, Pembibitan, Pengolahan, Pemeliharaan Dan Panen

Tutup media tanam dengan metode memadatkan serapi bisa jadi supaya perakaran serta perkembangan ke depannya hendak kokoh. Bila menanam di dalam pot, taruh pot di tempat yang teduh.

Cara Menanam Cherry Mudah Dan Tepat Untuk Pemula ( Sukses)

  • Perawatan Cherry/ Ceri

Jalani penyiraman secara teratur satu hari sekali buat melindungi kelembaban. Jalani pemupukan secara teratur sebulan sekali. Dapat pula tambahkan hormon perangsang buah dikala tumbuhan ceri telah mulai nampak berbuah dengan komposisi yang cocok.

Bila terdapat bagian tumbuhan yang telah layu ataupun mati supaya tidak merambat pada bagian yang lain, hingga jalani penyulaman. Penyulaman dapat berbentuk pemotongan maupun mengubah dengan tumbuhan baru dengan metode vegetatif.

Pemberantasan hama dapat berbentuk penyiangan, pemangkasan, serta memakai pestisida. Penyiangan serta pemakaian pestisida lumayan dicoba bila ceri ditanam di tanah saja.

Perihal ini pula dibutuhkan buat mensterilkan tanah dari rumput liar yang berkembang supaya tidak mengusik perkembangan tumbuhan.

Bagaikan alternatif dapat pula dengan memelihara hewan yang bisa memburu hama ataupun menekuni metode menanggulangi hama tumbuhan dengan pestisida natural.

Sebaliknya pemangkasan berarti dicoba bila ceri ditanam di dalam pot supaya mempermudah owner serta tidak berkembang besar sebab dapat tidak terkendali lagi.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Cherry Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5