Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Dan Tepat Hasil Maksimal

2 min read

Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Dan Tepat Hasil Maksimal
0
()

Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Dan Tepat Hasil Maksimal – Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Cengkeh.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Dan Tepat Hasil Maksimal


Cengkeh ataupun Cengkih merupakan tangkai bunga kering yang mempunyai aroma dari famili Myrtaceae. Cengkih ialah tumbuhan asli Indonesia yang banyak digunakan bagaikan bumbu masakan.

Cengkeh jadi salah satu komoditi pertanian yang berarti dalam perdagangan, jadi banyak orang yang membudidayakan cengkeh sebab rempah ini tidak hanya buat penuhi permintaan lokal, rempah ini pula buat penuhi permintaan luar negara.

Klasifikasi ilmiah Cengkeh adalah sebagai berikut :

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Angiospermae
  • Klas: Eudikotils
  • Ordo: Myrtales
  • Famili: Myrtaceae
  • Genus: Syzygium
  • Spesies: S. aromaticum

Syarat Tumbuh Tanaman Cengkeh

Cengkeh bisa berkembang dengan baik pada wilayah beriklim panas dengan curah hujan menyeluruh.

Temperatur hawa yang baik buat budidaya cegkeh merupakan dekat 22°C hungga 30°C dengan curah hujan dekat 1500 milimeter– 4500 milimeter/ tahun.

Tanah yang baik buat menanam cengkih merupakan tanah yang gembur, tidak berpadas, berlapis tanah liat serta tanah berpasir.


Metode Tanam Cengkeh yang Baik


  • Pemilihan Benih

Gunakanlah benih bermutu besar supaya hasil panen jadi lebih maksimal serta optimal. Yakinkan buat memperoleh benih unggulan yang telah teruji kualitasnya.

Kamu bisa mencarinya di toko pertanian yang telah terpercaya ataupun membelinya langsung di sentra budidaya tumbuhan cengkeh.

  • Penyiapan Lahan

Langkah berikutnya merupakan mempersiapkan lahan tanam buat menana bibit cengkeh bermutu tersebut. Bilas lahan dari gulma serta pula rumput liar yang terdapat di dekat lahan tanam.

Baca Juga :  Cara Menanam Pisang Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Bajak tanah ataupun dapat dengan mencangkulnya supaya tanah jadi gembur serta diamkan sepanjang 1 minggu supaya toksin yang ada didalam tanah menguap.

Tanah yang sangat asam tidak baik buat perkembangan cengkeh hingga Kamu bisa meningkatkan kapur dolomite kala mencangkulnya.

Buatlah lubang tanam dengan dimensi 75 x 75 centimeter serta panjang cocok dengan lahan yang Kamu pakai. Setelah itu masukkan pupuk kandang kedalam lubang tanam buat memperkaya faktor hara pada tanah.

Seletah itu diamkan lubang tanam dengan paparan cahaya matahari yang lumayan sepanjang 3 ataupun 4 minggu buat menyatukan pupuk serta tanah.

Tidak hanya itu, proses ini bermanfaat buat melenyapkan gas beracun yang tercantum di dalam tanah.

  • Penanaman

Tanamlah bibit kedalam lubang tanah yang telah disiapkan. Proses penanaman cengkeh ini hendak lebih baik bila dicoba pada dini masa penghujan supaya bibit cengkeh memperoleh kebutuhan air yang lumayan.

  • Pemeliharaan

Jalani penyiangan lahan dari bermacam berbagai gulma maupun rumput liar yang bisa mengusik perkembangan tumbuhan cengkeh.

Tidak hanya itu, penyulaman pula sangat diperlukan buat mengubah tumbuhan cengkeh yang mati dengan bibit cengkeh yang baru supaya tumbuhan bisa berkembang secara seragam.

Jangan kurang ingat buat melaksanakan penyiraman, paling utama kala masa kemarau. Jalani tiap pagi serta sore hari secara teratur serta tertib hingga berumur 2 tahun.

Sehabis berumur 2 tahun penyiraman dapat dikurangi intensitasnya.

Pemupukan susulan pula amat dibutuhkan, lakukanlah tiap 6 bulan supaya faktor hara tercukupi dengan metode membagikan pupuk kandang ke dalam lubang tumbuhan serta tutup kembali dengan sedikit tanah.

Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Dan Tepat Hasil Maksimal

  • Pemanenan

Masa panen inilah yang sangat ditunggu- tunggu. Kamu bisa memanennya kala umur cengkeh telah menggapai 5 sampai 7 tahun sehabis cengkeh menciptakan bunga yang bisa dipanen.

Baca Juga :  Budidaya Sawi Hijau : Tips Tanam Sukses dan Mengenal Morfologinya

Ada pula identitas cengkeh yang dapat buat dipanen merupakan bercorak kecokelatan, berisi, serta panenlah cengkeh saat sebelum bunga cengkeh mekar.

Kala telah dipanen, jemurlah cengkeh dibawah paparan cahaya matahari secara langsung sampai mengering kemudian setelah itu dapat Kamu simpan di tempat yang kering.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Cengkeh Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5