Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula (Panduan Sukses)

3 min read

Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula (Panduan Sukses)
0
()

Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula (Panduan Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Cabe Hidroponik.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula (Panduan Sukses)


Cabe ataupun lombok tercantum dalam suku terong- terongan atau  Solanaceae serta ialah tumbuhan yang gampang ditanam di dataran rendah maupun di dataran besar.

Tumbuhan cabai banyak memiliki vit A serta vit C dan memiliki minyak atsiri capsaicin, yang menimbulkan rasa pedas serta membagikan kehangatan panas apabila digunakan buat bumbu( bumbu dapur).

Cabai bisa ditanam dengan gampang sehingga dapat dipakai buat kebutuhan tiap hari tanpa wajib membelinya di pasar.

Cabe ialah salah satu komoditas sayur- mayur yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia sebab mempunyai harga jual yang tinggi

serta mempunyai sebagian khasiat kesehatan yang salah satunya merupakan zat capsaicin yang berperan dalam mengatur penyakit kanker.

Tidak hanya itu isi vit C yang lumayan besar pada cabai bisa penuhi kebutuhan setiap hari tiap orang, tetapi wajib disantap seperlunya buat menjauhi perih lambung.

Perihal ini pastinya sebab cabe mempunyai banyak sekali isi vit C, tidak hanya itu ada pula rincian dari isi nutrisi pada cabe.


Kandungan Nutrisi Cabe


  • Kalori

  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Vit A, B6, B12, C, serta D

Dari banyaknya isi nutrisi pada cabe membuat banyak orang terus menjadi gemar dengan cabe, tetapi untuk kamu yang bimbang dengan harga cabe yang terus menjadi mahal saat ini kamu tidak butuh takut.


Metode Menanam Cabe Hidroponik dengan Media Air

Hidroponik ialah suatu tata cara budidaya tanaman tanpa media tanah, tetapi hanya memakai air maupun larutan mineral bernutrisi yang sangat diperlukan oleh tanaman.

Sealain larutan nutrisi merupakan bahan yang lain yang banyak mempunyai aspek hara bagaikan pengganti tanah.

Terdapat pula bahan yang bisa kita gunakan antara lain sabut kelapa, serat mineral, pecahan genteng, pasir dan yang lain.

Tata cara Hidroponik sangat cocok buat yang tidak mempunyai lahan yang luas dan pula dapat mengirit dibanding dengan menanam secara konvensional.

Ini sebab tidak perlu menyiram air secara terus menerus sebab terdapat laruran maupun nutrisi maupun media larutan mineral yang sudah tertampung didalam wadah yang digunakan.

Kamu dapat menanam sendiri cabe kamu di rumah dengan melaksanakan metode menanam cabe hidroponik dengan media air.

Metode ini terbilang sangat instan serta hemat disbanding bila kamu melaksanakan metode menanam cabe semacam umumnya. berikut kami sampaikan penjelasannya.

  • Pembenihan Cabe Hidroponik

Langkah awal yang wajib kamu jalani dalam metode menanam cabe hidroponik dengan media air ialah memilah benih. Buat pemilihan benih cabe sendiri sangat gampang serta instan. Berikut sedikit penjelasannya:

Buat mulai menanam cabe hidroponik, pastinya kamu wajib mengenali tipe varietas cabe yang mau kamu tanam.

Terdapat 2 tipe varietas cabe ialah cabe lokal serta cabe hibrida, buat tipe cabe hibrida kamu dapat menciptakannya di toko benih maupun pertanian.

Ada pula anjuran lebih instan serta gampang bila kamu memilah cabe lokal buat ditanam, perihal ini sebab benih cabe lokal gampang ditemui serta biayanya pula terbilang lebih murah.

Tidak cuma biayanya saja namun tipe cabe lokal pula sangat gampang buat menyesuaikan diri sehingga sangat gampang pula buat ditanam.

Memilih benih yang bermutu serta layak tanam, kamu dapat mengenali mutu serta kelayakan tanam dari review maupun bertanya langsung kepada penjualnya.

  • Penyemaian Benih Cabe Hidroponik

Langkah berikutnya dalam metode menanam cabe hidroponik dengan media air ialah menyemai benih cabe.

Buat menyemai cabe terdapat sebagian perihal yang butuh kamu perhatikan berbeda dengan Metode Menanam Ubi Ungu, mulai dari persiapan sampai penjaannya supaya berkembang jadi bibit unggul.

Berikut ialah sedikit penjelasannya:

    • Awal kamu wajib sediakan media semai semacam tanah, cocopeat, sekam,, perlengkapan spray buat menyiram serta media semai semacam tray maupun polybag.
    • Kemudian sajikan mangkuk berdimensi kecil berisi air hangat serta masukkan benih ke dalamnya sampai temperatur air berganti dingin.
    • Sehabis itu buat media tanam, triknya campur terlebih dulu tanah, cocopeat serta arang sekam dengan perbandingan 1: 1: 1.
    • Masukkan tanah kombinasi ke dalam polybag ataupun tray serta taburkan benih secara menyeluruh, kemudian tutup dengan tanah secara tipis.
    • Letakkan pada posisi dengan pencahayaan sedikit supaya benih kilat berkembang, ataupun kamu dapat menutupnya dengan kain bercorak hitam tipis.
    • Jalani pula perawatan dengan menyiram benih dikala tanah mulai mengering, ini bertujuan buat melindungi kelembaban tanah.
    • Benih hendak berganti jadi bibit siap tanam pada 5 sampai 7 hari sehabis semai.
  • Media Tanam Bibit Cabe Hidroponik

Selagi kamu menunggu perkembangan bibit, kamu dapat mulai membuat media tanam. Dalam metode menanam cabe hidroponik dengan media air, kamu butuh mempersiapkan sebagian perlengkapan serta bahan yang sangat gampang buat ditemukan. Serta berikut uraian singkatnya:

    • Kamu dapat membuat media tanam yang instan serta gampang dengan memakai botol plastik sisa maupun pipa bagaikan medianya.
    • Sehabis itu gabungkan cocopeat serta sekam dengan perbandingan 1: 1 serta letakkan pada media tanam.
    • Hendak lebih instan bila kamu membeli media hodroponik air secara online, ini tidak membutuhkan banyak waktu pastinya.
    • Beri pula media serap berbentuk kain flannel maupun sumbu, hendak lebih baik jikaanda memakai kain flannel sebab lebih mempunyai energi serap besar sehingga nutrisi pada cabe hendak lebih gampang terpenuhi.
    • Sehabis media tanam jadi, jalani proses pemindahan secara hati- hati, umumnya bibit siap ditanam sehabis melewati umur 25 sampai 30 hari.
    • Ambil bibit lama- lama dengan metode menyiramkan air terlebih dulu pada media semai supaya bibit gampang diambil.

Sehabis kamu melaksanakan proses pemindahan, perkenankan media tanam pada tempat yang teduh sepanjang 7 hari supaya menyesuaikan diri terlebih dulu, sehabis itu kamu dapat memindahkannya pada posisi dengan pencahayaan lumayan.

Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula (Panduan Sukses)


Perawatan Cabe Hidroponik

Sehabis kamu melaksanakan metode menanam cabe hidroponik pada media air berbeda dengan Metode Menjaga Bunga Anggrek, jangan kurang ingat buat melaksanakan perawatan pula serta berikut rinciannya:

  • Pakai cairan nutrisi AB Mix spesial buat tumbuhan hidroponik serta bagikan nutrisi tersebut sehabis 5 sampai 7 hari pada umur tanam.
  • Banyaknya jumlah nutrisi yang wajib kamu bagikan yakinkan cocok dengan dosis serta masa perkembangan tumbuhan.
  • Control senantiasa jumlah nutrisi pada media tanam serta tambahkan bila jumlahnya kurang, ini sangat mempengaruhi pada kesuburan tumbuhan.

Kamu dapat memakai pupuk semprot maupun pupuk buah buat memesatkan masa panen.

Buat masa panen cabe hidroponik media air ialah pada hari ke 80 sampai 90 sehabis masa tanam, cirinya ialah buah cabe telah bercorak kemerahan sampai merah.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Cabe Hidroponik Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Baca Juga :  10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Menyehatkan Kulit dan Kandungan Gizinya yang Melimpah