Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Mudah Untuk Pemula

2 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Mudah Untuk Pemula
0
()

Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Mudah Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Sepatu .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Mudah Untuk Pemula

Bunga Kembang Sepatu ini diketahui pula dengan sebutan ilmiah ialah Hibiscus rosa- sinensis L. Bunga sepatu ialah salah satu tumbuhan semak yang digolongkan ke dalam suku Malvaceae.

Konon bunga menawan ini berasal dari tanah Asia Timur. Bagaikan tumbuhan hias, bisa ditemukan bunga kembang sepatu dalam bermacam berbagai corak, mulai dari merah muda sampai, ungu sampai merah tua.

Tidak hanya hiasan, tumbuhan ini menyamai dengan bunga seragam terompet ini pula nyatanya ditanam bagaikan herba obat. Kembang sepatu ini pula hidup pada negeri beriklim tropis serta sub tropis.

Kembang sepatu ini tidak bisa ditemui pada sesuatu negeri yang beriklim dingin sebab itu bukan tempatnya. Dengan kata lain kalau banyak kembang sepatu tidak dapat ditemui pada sembarangan dari sebagian negeri


Morfologi dan Syarat Tumbuh Bunga Sepatu

Bunga tumbuhan ini terdiri atas sebagian daun kelopak pula kelopak bonus ataupun epicalyx. Bagian mahkota bunganya sebanyak 5 lembar.

Tangkai putiknya mirip dengan silinder yang memanjang serta dikelilingi oleh tangkai sari oval. Tumbuhan kembang sepatu ini pula dapat menggapai ketinggian dekat 2 sampai 5 m.

Baca Juga :  Kambing Jawa Randu : Ciri, Karakteristik dan Cara Budidayanya

Secara universal terdapat 2 tipe semak kembang sepatu, ialah tropis( tropical) serta yang mempunyai energi tahan( hardy).

Kembang sepatu tropis hendak berkembang produktif di wilayah bercuaca hangat yang sejauh tahun temperaturnya di atas 50°F( 10°C).

Kembang sepatu yang mempunyai energi tahan ialah tumbuhan hibrida( bastar ataupun hasil pernikahan 2 tumbuhan beda tipe) yang sudah dibesarkan buat dapat berkembang di wilayah dingin yang temperaturnya bisa jadi turun di dasar titik beku dikala masa dingin.

Kembang sepatu tropis( tropical) mempunyai lebih banyak bunga, namun bunga- bunga tersebut hendak layu/ mati sehabis 1- 2 hari.

Kembang sepatu tipe ini corak bunganya terdiri dari warna pink, peach( salem—warna antara oranye serta pink), serta ungu ataupun merah lembayung.

Kembang sepatu yang mempunyai energi tahan( hardy), sanggup mempertahankan mekarnya bunga lebih lama daripada kembang sepatu tipe tropis.

Tetapi, kembang sepatu tipe ini tidak mempunyai banyak bunga serta cenderung lebih‘ bersemak’. Pada biasanya, tipe ini mempunyai bunga bercorak merah, putih, serta pink.


Metode Menanam Bunga Kembang Sepatu


  • Pemilihan Bibit Kembang Sepatu

    • Stek Batang: Dengan metode ini kamu dapat langsung menancapkan batang yang telah tua ke dalam tanah.
    • Cangkok: Bila kamu memilah metode ini upayakan cari batang yang lurus dengan diameter kurang lebih 5 centimeter. Kupas kulitnya serta kerok hingga lendirnya habis. Kemudian bungkus sayatan dengan tanah serta plastik, basahi sedikit saja sehabis itu ikat kedua ujungnya dengan kokoh. Perkenankan hingga keluar akarnya.
  • Tentukan Cuaca Penanaman Kembang Sepatu

Kembang sepatu merupakan bunga semak yang bisa hidup sampai lebih dari 40 tahun lamanya. Tumbuhan ini memanglah tercantum tumbuhan yang kokoh, tetapi wajib diingat kalau tumbuhan ini tidak tahan wilayah bersuhu sangat dingin.

Baca Juga :  Penangkal Kanker, Ini dia 10 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Yang Jarang di Ketahui

Bunga ini cuma bisa berkembang pada wilayah bersuhu 15– 32°C. Jadi hendaknya, jangan sempat mengawali penanaman dikala masa dingin.

  • Siapkan Media Tanam

Media tanam berbentuk wadah pot yang berisi kombinasi tanah serta pupuk rendah fosfor serta besar kalium. Kembang sepatu pada dasarnya menggemari tanah yang asam.

Apabila pH tanah sangat basa, hingga tambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut.

  • Penanaman Benih Kembang Sepatu

Lubangi media tanam sedalam 1– 2 centimeter. Masukkan benih kembang sepatu secara lama- lama ke dalam lubang kemudian tutupi kembali dengan tanah tipis- tipis.


Perawatan Bunga Sepatu


  • Penyiraman serta Pemupukan

Jalani penyiraman secara teratur tetapi seperlunya saja. Tidak hanya penyiraman, jalani pula pemupukan supaya nutrisi yang diperlukan buat suatu perkembangan tumbuhan terpenuhi.

Pupuk yang digunakan bisa berbentuk pupuk kompos ataupun pupuk NPK yang diberikan secara berkala.

  • Pemangkasan

Supaya tumbuhan bunga sepatu ini senantiasa nampak apik serta tidak berhamburan, hingga butuh dicoba suatu pemangkasan.

Pemangkasan pada ranting ataupun dahan tumbuhan dicoba guna memacu timbulnya bunga yang lebih banyak. Apabila terdapat bagian tumbuhan yang mati ataupun rusak, lekas dipangkas supaya tunas baru kilat berkembang.

Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Mudah Untuk Pemula

  • Pengendalian Hama

Hama serta penyakit pastinya jadi momok utama para pegiat budidaya, baik hama penyerang pangkal serta daun.

Buat menghindari ataupun mengatur hama tipe tersebut kamu dapat menyemprotkan insektisida susuai dosis secara berkala.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Sepatu Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.