Cara Menanam Bunga Petunia Dan Perawatannya Bagi Pemula

7 min read

Cara Menanam Bunga Petunia Dan Perawatannya Bagi Pemula
5
(1)

Cara Menanam Bunga Petunia Dan Perawatannya Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Petunia .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Bunga Petunia Dan Perawatannya Bagi Pemula


Petunia ialah tipe bunga semusim, jadi petunia cuma berkembang serta berbunga satu masa saja, serta berikutnya ia hendak mati serta di ubah tumbuhan baru.

Petunia tercantum keluarga Solanceae( terong- terongan), tumbuhan ini sangat popular bagaikan tipe tumbuhan bunga yang di tanam di pot.

Bunga petunia dalam pot cuma bertahan satu hari, ia setelah itu hendak layu. Besok harinya hendak mekar kuncup bunga baru. Peristiwa semacam ini hendak terus kesekian.

Petunia merupakan tumbuhan yang memilki bunga berupa terompet berasal dari Amerika Selatan.

Semacam halnya tumbuhan hias lain, bunga ini bisa berkembang produktif bila ditanam di zona dengan struktur tanah produktif dan memiliki banyak air, lumayan cahaya matahari.

Hendak namun petunia mempunyai usia relative pendek, masa berbunganya cuma sekali sepanjang hidupnya. Jadi sehabis berbunga mala wajib mengubahnya dengan tumbuhan baru.


Syarat Tumbuh Petunia

Petunia mempunyai kebutuhan besar hendak paparan cahaya matahari tiap hari buat tumbuh dengan baik( 6- 8 jam tiap hari). Bayangan biasanya menimbulkan tumbuhan mekar lebih sedikit.

Bunga- bunga yang sukses berkembang di dasar kelangkaan matahari mempunyai mutu yang lebih rendah. Dalam mayoritas permasalahan, tumbuhan lebih menggemari hawa kering yang hangat serta lagi serta masa panas yang terang.

Hujan bisa mengganggu bunga petunia yang lembut. Tumbuhan ini lebih suka temperatur rata- rata 65- 75°F( 17- 23°C).

Petunia berasal dari Amerika Selatan di mana temperatur rata- ratanya merupakan 59- 86°F( 15- 30°C) sepanjang masa panas serta tidak sering jatuh di dasar 32°F( 0°C) di masa dingin.

Tumbuhan bisa, bagaimanapun, mentolerir temperatur sampai 95°F( 35°C) serta mendekati 32°F( 0°C).

Secara universal, tipe tanah bukan ialah aspek pembatas kala menanam petunia. Tumbuhan bisa tumbuh dengan baik di tanah rata- rata.

Mereka lebih suka tanah yang ringan, berdrainase baik, kandungan pH yang sedikit asam( 6- 7).

Sebagian petani handal mengklaim kalau mereka menanam petunia di tanah dengan pH 5, 5 sampai 6 sehingga tumbuhan bisa mempunyai bunga yang cerah serta terang.

Secara universal, tipe tanah bukan ialah aspek pembatas kala menanam petunia. Tumbuhan bisa tumbuh dengan baik di tanah rata- rata.

Mereka lebih suka tanah yang ringan, berdrainase baik, kandungan pH yang sedikit asam( 6- 7).

Sebagian petani handal mengklaim kalau mereka menanam petunia di tanah dengan pH 5, 5 sampai 6 sehingga tumbuhan bisa mempunyai bunga yang cerah serta terang.



Metode Menanam Bunga Petunia

Bunga petunia lebih cocok ditanam di pot gantung serta diletakkan di teras ataupun balkon rumah. Karena corak dari bunga ini kontras dan menjuntai ke dasar sehingga membuat tampilan depan rumah nampak lebih indah serta semarak.

Pada dikala ditanam di Negeri 4 masa misalkan eropa, bunga ini bermekaran kala masa panas.

Perihal ini diakibatkan oleh petunia yang memerlukan cahaya matahari banyak buat perkembangan serta bunga wajar. Sehingga tanaman ini hendak mekar bunganya pada masa kemarau.

Baca Juga :  Tanaman Buncis : Klasifikasi, Morfologi, Gizi dan Manfaatnya

Apabila menginginkan bunga ini buat ditanam di taman rumah, berikut metode menanam bunga petunia:


  • Pemilihan bibit petunia

Buat memperoleh bibit petunia, bisa dicoba dengan 2 metode, ialah dengan metode langsung dari benih ataupun biji dan dengan metode stek.

    • Bibit dari benih

Salah satu metode menanam bunga petunia di rumah yakni dari benih. Bila memiliki rencana buat menjajaki tata cara berikut, haruslah diingat kalau berarti buat membeli benih bersertifikat serta kombinasi tanah buat bunga dari penjual yang legal.

Bisa menanam benih petunia di akhir masa dingin ataupun dini masa semi kala temperatur sangat rendah serta embun beku sudah melalui.

Saat sebelum menanamnya di pot ataupun keranjang gantung, harap buat membenarkan pot memiliki lubang dibagian dasar. Langkah ini sangat butuh buat melindungi benih ataupun tumbuhan muda dari pembusukan sebab drainase tidak pas.

Metode yang biasa yakni menempatkan batu apung, perlit ataupun kerikil pada bagian dasar pot serta di atasnya diletakkan tanah buat drainase serta aerasi lebih bermutu.

Langsung di atas kerikil, ditimpa tanah serta datang saatnya buat benih. Owner bisa menabur 2 ataupun lebih benih di tiap pot, tergantung pada preferensi serta pasti saja jenis petunia.

Secara universal, grandifloras membutuhkan ruang ekstra buat tumbuh. Dapat pula meletakkan benih petunia di permukaan, tanpa menguburnya ke tanah.

Sepanjang sesi awal pertumbuhan tumbuhan, tanah harus selalu basah tetapi tidak lembek, sehingga benih dapat bertunas. Tetapi waspadalah, jangan mengairi sangat banyak, biar tidak membusuk.

Benih petunia membutuhkan sinar buat berkecambah, sehingga bisa mencari tempat terang. Dekat 2- 3 minggu sehabis disemai, sebagian tumbuhan kecil hendak timbul.

    • Bibit stek

Tidak hanya metode menanam bunga petunia di rumah berasal dari benih, tata cara sangat universal yang lain ialah dengan stek. Langkah– langkah stek ialah:

  • Memilih petunia yang sehat dan mempunyai tampilan indah buat dijadikan indukan.
  • Potong tnas muda dan sehat( tidak berkayu) sejauh 4 inci ataupun 10 centimeter.
  • Bersihkan daun 2 pertiga dari stek pada bagian dasar.

Saat sebelum menanam stek di tanah, harus membantunya berakar terlebih dulu. Buat melaksanakannya, metode yang universal dipakai yakni menempatkan stek awal dalam 1 gelas air sampai separuh dari tumbuhan.

Sebagian hari sehabis itu, pangkal biasanya hendak timbul. Buat tingkatkan penumbuhan pangkal, bisa menolong dengan konsumsi hormon penumbuh pangkal semacam IAA, yang pasti saja tidak berarti.

Langkah sehabis itu yakni menanam stek berakar dalam pot dengan kombinasi tanah buat bunga serta perlit ataupun kerikil buat aerasi pas.

Banyak produsen mengklaim kalau terik matahari yakni apa yang membuat petunia menghasilkan bunga bercorak terang. Inilah sebabnya para penjual bunga menempatkan stek di wilayah terang.

Tidak hanya itu, buat menolong tumbuhan menghasilkan bunga- bunga indah, metode biasa dipakai yakni memotong bunga- bunga tua( deadhead). Dengan tata cara ini tumbuhan memiliki lebih banyak nutrisi buat dikirim ke bunga baru.

  • Penanaman bunga petunia

Sehabis seluruh persiapan bibit telah siap, hingga berikutnya dalam metode menanam bunga petunia di rumah yakni mempersiapkan media tanam dibuat dari olahan tanah dengan pupuk kandang/ kompos( 1: 1) yang sudah diolah sampai rata.

Dikala tunas petunia telah mempunyai 3– 4 daun sejati, itu berarti telah harus memindahkannya pada tiap- tiap pot berisi media gambut. Satu tunas ditempatkan pada satu pot.

Tanam bibit dengan posisi tegak keatas serta padatkan biar tumbuhan tidak roboh, apabila butuh bagikan ajir dari kayu biar tumbuhan layu tidak jatuh patah.

Baca Juga :  Manfaat Buah Jamblang Serta Kandungan Gizi Pentingnya Untuk Kesehatan

Perawatan Bunga Petunia di Rumah

Sehabis bunga petunia berakhir ditanam, hingga berikutnya merupakan panduan menjaga bunga petunia. Perihal ini dicoba buat menciptakan bunga indah dan sehat. Berikut merupakan yang wajib dicoba dalam perawatan:

  • Menyiram bunga petunia

Buat menghasilkan tumbuhan petunia sehat dengan bunga baik, dibutuhkan metode perawatan bunga petunia dengan metode pengairan ataupun penyiraman dikerjakan secara tertib.

Penyiraman ini dikerjakan bagi keadaan cuaca dikala hendak melaksanakan penyiramam.

Bila cuaca terang serta hawa sejuk, hingga buat menjaga bunga petunia penyiraman dikerjakan 2( 2) kali dalam satu minggu, dengan selang waktu 3- 4 hari.

Tetapi, bila cuaca dikala penyiraman lagi panas, penyiraman dapat dicoba tiap hari secara tertib.

Apabila menciptakan kalau cuaca beneran panas, hingga penyiraman dikerjakan secara tertib kala media tanah dari bunga petunia mulai kering.

Penyiraman dikerjakan sampai air merembes lewat media tanam. Buat memudahkan dalam mengecek waktu penyiraman, pas kala media tanam bunga petunia mulai kering, lekas jalani penyiraman kembali.

Yang butuh diingat yakni, jangan sempat menyiram petunia sampai terserang bagian daunnya. Siramlah di bagian media tanam petunia.

Perihal tersebut harus dicermati sebab bila daun dalam terserang air, hingga perihal tersebut menyebabkan peradangan pada tumbuhan petunia.

Contohnya yakni bintik- bintik timbul pada mahkota bunga. Sebab perihal tersebutlah, diharuskan buat memindahkan tumbuhan petunia kala lagi hujan.

  • Melindungi keseriusan sinar matahari

Bunga petunia hendak mempunyai bunga bermekaran apabila memperoleh cahaya matahari lumayan banyak. Upayakan buat menempatkan bunga di tempat yang memperoleh sinar matahari lumayan besar.

Meski bunga ini bisa berkembang pada tempat dengan keseriusan matahari kecil, hendak lebih bagus bila dipindahkan pada tempat dengan keseriusan besar, sebab perihal tersebut hendak berdampak terhadap mutu bunga.

Dalam panduan menjaga bunga petunia bisa menghasilkan bunga bermekaran serta menawan bila mendapatkan penyinaran dengan keseriusan besar.

Perihal kebalikannya pula berlaku. Penyinaran yang kurang hendak bisa merangsang bunga mekar tidak optimal ukurannya dan jumlahnya hendak lebih sedikit.

  • Pemberian pupuk pada petunia

Pemupukan bunga petunia dikerjakan sebulan sekali. Sebaliknya buat pupuk yang dipakai yakni jenis pupuk konsentrat sehingga dapat dilarutkan dengan air.

Tipe pupuk yang dipakai terdapat berbagai berbagai, tetapi ada sebagian jenis merk pupuk dianjurkankan.

Kala melaksanakan metode perawatan bunga petunia dapat menggnakan pupuk semacam rustica yellow( 15- 15- 15), nitrofoska( 17- 17- 22), ataupun dekastar( 28- 8- 4), lebih dianjurkan bagaikan opsi pupuk petunia.

Owner boleh saja mengenakan pupuk yang tidak disebutkan, tetapi senantiasa ingat kalau pupuk yang digunakan memiliki angka- angka perbandingan( terletak dalam ciri kurung).

Keseriusan pemupukan dikerjakan sekali dalam sebulan. Bila menanam petunia dengan bunga majemuk( banyak), hingga pemupukan dikerjakan sepanjang 2 minggu sekali. Pupuk diencerkan dengan perbandingan pupuk: air ialah 1: 10.

Upayakan jangan mengenakan angka perbandingan air sangat sedikit, sebab nantinya hendak membuat tanaman jadi kerdil, mutu bunganya serta tanamannya kurang baik, ataupun apalagi mati.

Bila ada butiran- butiran bercorak putih di media tanam sebagian waktu sehabis melaksanakan penyiraman, hingga sesegera bisa jadi siram media tanam dengan air sampai butiran- butiran itu lenyap.

Butiran- butiran yang nampak itu yakni unsur- unsur garam berasal dari pupuk yang sangat banyak, sehingga tidak larut sempurna dengan air buat penyiraman.

Bila tidak terdapat aksi serta menimpa tumbuhan petunia, hingga tumbuhan hendak kering sebab garam tidak larut malah meresap air yang dikandung oleh tumbuhan petunia..

  • Pemangkasan Batang

Pemangkasan ringan terhadap batang ini dikerjakan pas kala sudah menanam bunga petunia pada media tanam. Triknya, potong tiap ujung batang beberapa 2– 3 centimeter.

Baca Juga :  Manfaat Cabe Jawa Untuk Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizinya Yang Penting

Iktikad dari pemangkasan ini ialah memicu pertumbuhan cabang batang, sehingga nantinya hendak ada aneka cabang batang berkembang.

Walhasil, sebab terdapatnya banyak cabang batang, hingga owner pula hendak mendapatkan banyak bunga berkembang.

Bila menciptakan kalau petunia tidak bertumbuh ataupun kerdil, hingga sebaiknya memotong setengah dari batang atas petunia. Tetapi, pemangkasan ini tidak dan merta mengwajibkan buat memotong pas setengah dari batang.

Bila daun- daunan berkembang rimbun pada sebelah atas, hingga pangkas kurang dari separuh. Namun bila daun- daunan berkembang rimbun di bagian tengah ataupun dasar batang, hingga pangkas separuh batangnya.

Tujuan dari metode perawatan bunga petunia dengan pemangkasan batang semacam ini yakni memicu pertumbuhan batang baru serta lebih sehat.

Cara Menanam Bunga Petunia Dan Perawatannya Bagi Pemula

  • Pemangkasan Bunga

Tidak hanya batang, metode menjaga bunga petunia dengan pemangkasan terhadap bunga pula butuh dicoba. Owner bisa melaksanakannya dengan memotong bunga layu ataupun mati. Yang butuh dicermati yakni, lekas jalani pemangkasan terhadap bunga yang sudah layu.

Jangan menanti sampai bunga mati ataupun membusuk, sebab apabila terjalin hendak mengundang beragam penyakit pada tumbuhan.

Tujuan dari pemangkasan bunga semacam ini yakni melindungi biar bunga lain berkembang biar senantiasa sehat serta memperpanjang masa bunga petunia biar senantiasa menghasilkan bunga.

Biar kilat, kala bunga telah mulai rimbun, pangkas sebagian bunga pada petunia biar senantiasa menghasilkan bunga. Pangkas bunga secara terencana, tetapi jangan kurangi hingga petunia tidak memiliki bunga.

Butuh buat ingat, kala kurangi bunga, pangkas saja bunganya, jangan hingga daun yang terletak dekat dengan bunga turut dipangkas.

Salah satu metode buat memancing petunia berbunga berlimpah serta terlihat sangat baik yakni dengan membuang sebagian kuncup bunga petunia awal yang berkembang saat sebelum mekar, dengan memakai metode dicubit.

Perihal ini hendak membuat tumbuhan petunia menghasilkan bunga lebih banyak serta terlihat lebih indah.

  • Pengendalian hama

Mengendalikan hama biar tidak mengganggu petunia yakni perihal harus melaksanakannya dengan atensi spesial. Tiap minggunya, periksalah bagian- bagian bunga petunia dengan seksama.

Bila menciptakan sebagian hama serangga menempel pada daun, hingga semprot daun petunia. Pakai arus air sekadarnya saja, jangan hingga mengganggu daun.

Semacam sudah dipaparkan pada poin penyiraman, daun dalam keadaan basah hendak mengundang peradangan pada petunia.

Namun perihal tersebut bisa disiasati dengan mesemprotkan pada cuaca panas. Tujuannya, biar serangga tidak menyalurkan penyakit pada tumbuhan,

bila yang jadi hama yakni siput, hingga bisa mengenakan metode pengontrolan hama yang dipakai di Eropa, ialah mengenakan lempeng tembaga ataupun kawat tembaga.

Triknya yakni dengan menyelubungi bagian tumbuhan yang bisa dilewati siput, semacam di bagian dasar batang dekat dengan media tanam.

Secara ilmiah, metode menjaga bunga petunia lewat pengendalian hama siput dengan tata cara ini sangat efektif sebab siput hendak tersengat perputaran listrik akibat respon kimia antara lendir siput serta tembaga.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Petunia  Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read