Cara Menanam Bunga Matahari dengan Mudah dan Praktis Untuk Pemula

3 min read

Cara Menanam Bunga Matahari dengan Mudah dan Praktis Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Bunga Matahari dengan Mudah dan Praktis Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Matahari.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Bunga Matahari dengan Mudah dan Praktis Untuk Pemula


Bunga matahari ialah tumbuhan herba dari family Asteraceae. Dia berasal dari wilayah Amerika Utara serta Selatan. Tetapi, tumbuhan ini dapat berkembang dengan baik di wilayah tropis semacam Indonesia.

Sesungguhnya biji bunga matahari tersebut tidaklah suatu bibit tanam dari tumbuhan bunga matahari, melainkan berasal dari buah dari tumbuhan bunga matahari, bunga matahari mempunyai nama ilmiah ialah Helianthus annuus L.

Tumbuhan bunga matahari ialah tumbuhan asli dari daratan Amerika. Merskipun tumbuhan asli dari daratan Amerika tetapi dalam penyebarannya telah tersebar ke segala dunia semenjak tahun 1500 an.

Bunga matahari pula ialah bunga nasional dari negeri Ukraina serta Bunga formal negeri bagian Kansas, Amerika Serikat.

Tumbuhan bunga matahari mempunyai banyak khasiat, dari mulai diambil buahnya buat diambil minyak yang termasuk didalamnya, dipanen daunnya bagaikan pakan ternak ataupun bagaikan pupuk hijau.

Dipanen buahnya dalam wujud biji bunga matahari buat digunakan bagaikan bahan pangan kuaci serta bermanfaat buat dijual bagaikan tumbuhan hias kala telah mekar sempurna.

Dari sekian banyak khasiatnya, hingga bisa ditentukan harga jual dari tumbuhan ini dapat dibilang tidak murah. Tumbuhan bunga matahari bisa jadi salah satu tumbuhan yang pantas kamu perhitungkan.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Tulip Sukses Sampai Panen Untuk Pemula

Tahapan Cara Menanam Bunga Matahari


  • Pemilihan Tempat Penanaman

Tumbuhan bunga matahari membutuhkan cahaya matahari penuh, maksudnya dia cuma dapat berkembang dengan baik serta berbunga apabila ditanam di lahan yang terbuka. Buat itu, memilih posisi penanaman yang tidak ada naungan semacam tumbuhan besar ataupun bangunan.

Di samping itu, sebab pangkal tumbuhan bunga matahari bisa berkembang sangat panjang serta kokoh, hingga hendaknya Kamu menanamnya langsung di tanah, bukan memakai pot maupun polibag. Lama- kelamaan, pot ataupun polibag Kamu hendak rusak akibat perkembangan pangkal yang lumayan kasar.

  • Menanam Biji Bunga Matahari

Saat sebelum mulai menanam bunga matahari, hendaknya jalani pengolahan tanah terlebih dulu.Gemburkan tanah dengan metode dicangkul dengan kedalaman 20- 30 centimeter.

Tiap 1 m persegi tanah ataupun bedengan, tambahkan pupuk kandang sebanyak 2 kilogram yang dicampur dengan pupuk biologi jamur mikoriza sebanyak 1 sendok makan.

Waktu menanam bunga matahari yang sangat baik yakni di akhir masa hujan. Kamu dapat menanam biji bunga matahari secara langsung di tanah bedengan, ataupun membibitkannya terlebih dulu di dalam seedtray.

Jarak tanam antar biji paling tidak 50 centimeter. Buat lubang dengan memakai pensil, setelah itu benamkan biji bunga matahari, tutupi dengan tanah seperlunya.

Biji bunga matahari hendak mulai berkecambah sehabis 7 hari. Sirami tiap hari dengan memakai sprayer. Yakinkan permukaan tanah terus terpelihara kelembabannya.

Apabila permukaan tanah nampak kilat mengering, Kamu dapat memakai jerami padi bagaikan mulsa penutup permukaan tanah.

Tidak hanya dapat kurangi penguapan air, jerami padi pula berperan bagaikan pencegah timbulnya gulma ataupun rumput liar.


Perawatan serta Penangkalan Penyakit

Tumbuhan bunga matahari sehabis berusia ataupun berusia 2, 5 bulan, tingginya dapat menggapai 2 m. Dengan perkembangan yang kilat tersebut, pastinya diperlukan konsumsi nutrisi serta kelembaban tanah yang lumayan.

Baca Juga :  Manfaat Kuaci Bunga Matahari Dan Kandungannya Yang Penting Di Ketahui

Buat itu, di dini pertumbuhannya, jalani penyiraman minimun tiap 2 hari sekali sampai tumbuhan menggapai usia 1, 5 bulan.

Nah, apabila Kamu menanamnya di akhir masa hujan, hingga kelembaban tanah bisa terus terpelihara. Kamu tidak butuh melaksanakan penyiraman secara manual.

Jalani pemupukan susulan dengan memakai kombinasi pupuk ZA serta SP- 36 sebanyak 1 sendok teh buat tiap 1 tumbuhan. Kamu bisa mengaplikasikan pupuk tersebut dengan metode dilarutkan ke dalam air sebanyak 500 ml terlebih dulu.

Sehabis tumbuhan berusia 2 bulan, bagikan pupuk biologi yang memiliki kuman asam laktat. Guna dari kuman asam laktat semacam lactobacillus yakni menolong proses penguraian faktor hara dalam tanah. Pangkal tumbuhan dapat dengan gampang serta efektif dalam meresap pupuk di dalam tanah.

Salah satu penyakit tumbuhan bunga matahari yakni jamur daun ataupun powdery mildew. Jamur ini umumnya melanda tumbuhan yang lemah ataupun kurang nutrisi. Di samping itu, penanaman bunga matahari di dini masa penghujan pula dapat memperburuk serbuan jamur daun.

Nah, Kamu dapat menghindari timbulnya penyakit jamur ini dengan menyemprotkan larutan serum kuman asam laktat ke segala bagian tumbuhan. Buat tiap 1 liter air, tambahkan 5- 10 ml serum kuman asam laktat. Jalani penyemprotan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu. Waktu aplikasinya yang sangat baik yakni pada sore hari ataupun di atas jam 4 sore.

Cara Menanam Bunga Matahari dengan Mudah dan Praktis Untuk Pemula

Panen Biji Bunga Matahari

Terdapat sebagian perihal yang butuh dicermati untuk Kamu yang mau memanen biji bunga matahari buat ditanam di waktu mendatang.

Sehabis berusia 3, 5 bulan, kelopak bunga matahari hendak berguguran setelah itu mulai nampak biji bunga matahari yang bercorak gelap.

Karakteristik biji bunga matahari yang telah dapat dipanen ialah kala mahkota bunga mulai terkulai serta menghadap ke tanah.

Baca Juga :  Cara Menanam Gelombang Cinta : Perawatan Tepat agar Cepat Berbunga Indah

Terjadi pergantian corak tangkai jadi kuning kecoklatan, serta bijinya gampang terlepas dari kelopaknya apabila dijamah.

Kala isyarat tersebut mulai nampak, hingga kelopak bunga matahari siap buat dipanen. Langkah berikutnya yakni menjemur kelopak bunga matahari sepanjang 2 minggu dengan metode digantung.

Buat membebaskan segala biji bunga matahari, lumayan dengan menggesekkan 2 kelopak bunga matahari dengan gerakan memutar.

Tampung biji yang terkumpul dengan memakai nampan. Sehabis itu, simpan biji bunga matahari ke dalam wadah yang kedap hawa.

Sehabis bunga matahari berkembang dengan baik, kalian dapat memotong bunganya buat dijadikan hiasan serta pula memanen bijinya.

Buat menempatkan bunga di dalam vas, potong tangkai di sudut tertentu di pagi hari saat sebelum bunga seluruhnya terbuka. Ubah air vas tiap hari buat melindungi bunga senantiasa fresh.

Sebaliknya, buat memanen bijinya kalian wajib memerhatikan dikala kepala bunga mulai terkulai serta biji- bijinya mulai mengerind serta kecokelatan.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Matahari Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read