Cara Menanam Bunga Lily Dan Merawatnya Agar Selalu Berbunga Lebat

3 min read

Cara Menanam Bunga Lily Dan Merawatnya Agar Selalu Berbunga Lebat
0
()

Cara Menanam Bunga Lily Dan Merawatnya Agar Selalu Berbunga Lebat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Lily.

Dan menerangkan cara merawatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Bunga Lily Dan Merawatnya Agar Selalu Berbunga Lebat


Bunga Lily merupakan salah satu tumbuhan hias terkenal di Indonesia. Bunga Lily pula diucap dengan sebutan bunga bakung dimana bunga ini jadi ikon khas dari bermacam negeri.

Paling tidak dekat 100 lebih tipe bunga Lily tersebar di segala penjuru dunia dengan wujud serta corak yang bermacam- macam.

Bunga bakung merupakan tipe tumbuhan yang gampang buat dibudidayakan sebab tumbuhan ini gampang berkembang serta tumbuh di bermacam keadaan semacam di hutan, rawa- rawa, pegunungan, serta pekarangan rumah.

Sebab watak tumbuhan ini yang gampang buat dibudidayakan, hingga banyak petani bunga tertarik buat menanam bunga ini.Di samping itu, keuntungan dari budidaya Bunga Lily tidak kalah dengan budidaya tipe bunga yang lain.

Salah satu ketentuan supaya tumbuhan ini bisa berkembang dengan baik merupakan ketentuan berkembang, proses pembibitan, penanaman hingga proses perawatan.

Nama lily ataupun lilium merupakan wujud latin berasal dari kata Yunani leirion. Corak putihnya nampak suci. Kelopaknya yang besar serta mengecil, melengkung dengan indah serta anggun.

Tiap mekar, senantiasa terbuka sempurna. Harumnya terasa lembut, membuat hati terasa tenang.

Baca Juga :  Cara Budidaya Kacang Tunggak Mudah dan Berhasil Untuk Pemula

Terdapat sebagian tumbuhan yang pula diucap bagaikan lily, namun sesungguhnya wujud maupun jenisnya jauh berbeda dari lily yang sesungguhnya.


Jenis Jenis Bunga Lily

Tipe bunga lily yang popular adalah : madonna lily, tiger lily, asiatic lily, oriental trumpet, rubrum lily, canna lily( tropis), calla lily, daylily serta wild lily. Asiatic lily serta bunga lili oriental lebih kerap terjalin dibelahan bumi utara.

Menurut bentuknya secara garis besar ada 3 wujud bunga lily:

  • Bowl shaped: kelopak bunga melebar keluar serta bunganya berdimensi sangat besar
  • Trumpet shaped: kelopak bunga membentuk tabung serta melengkung diujungnya, semacam terompet.
  • Turks cap- shaped: kelopak bunga bergulung keluar( sangat melengkung)

Menurut speciesnya, secara garis besar ada 4 tipe lily:

  • Lilium regale, terkadang diketahui bagaikan regal lily ataupun lilium trumpet regale. Mempunyai bunga berupa terompet bercorak putih dengan pangkal kuning serta wangi yang semerbak.
  • Liliumhenryi, ialah species asal Cina berwarna oranye berupa tegap serta umumnya berbunga banyak.
  • Liliumcandidum, berasal dari Timur Tengah. Sangat harum serta sangat popular.
  • Liliumlancifolium, berbentukTurk’ s Cap bercorak orange dengan bercak- bercak yang hitam.

Metode Menanam Bunga Lily


  • Pemilihan Benih Umbi Lily

Benih umbi lili yang bisa diseleksi ialah benih yang tidak mempunyai bermacam susunan kulit luar. Sebab benih yang masih mempunyai bermacam susunan kulit luar hendak sangat susah berkembang.

  • Pembibitan Bunga Lily

Bibit bunga lily ini pula dapat di miliki dari umbi tumbuhan induk yang sudah lumayan usia. Rendam bibit yang telah diseleksi sepanjang 12- 24 jam.

Berikutnya baru dapat disemaikan supaya perawatan bisa difokuskan sehingga dikala penanaman bunga nanti kesempatan tumbuhnya besar.

Benih ditanam pada media persemaian yang dibuat dari kombinasi tanah, pasir, serta kompos dengan perbandingan 1: 1: 1.

Letakkan media semai pada tempat yang teduh serta bebas dari panas matahari serta air hujan secara langsung. Jalani penyiraman supaya suatu kelembaban hendak terpelihara namun jangan sangat banyak air sebab hendak membuat tumbuhan membusuk.

  • Penanaman Bunga Lily

Silahkan pindahkan suatu bibit yang telah berkembang tunas di lahan tanam, baik pada pekarangan ataupun juga pot.

Baca Juga :  Cara Menanam Sorgum Yang Baik Dan Tepat Hasil Melimpah

Tadinya buat media tanamnya dengan kombinasi pasir, tanah, serta pula kompos dengan perbandingkan 1: 1: 1.

Jalani proses pemindahan bibit dengan hati- hati, supaya nantinya batang dan pangkal bibit tidak rusak. Terdapat baiknya proses penanaman Kamu jalani di dikala sore hari, supaya bibitnya tidak layu.

  • Pembersihan Mulsa

Tujuan dari pemberian mulsa ini ialah buat melindungi pangkal bunga lili dari cuaca yang tidak menentu. Pakai mulsa yang sangat pas.

  • Pemupukan Bunga Lily

Pemupukan ini hendaknya wajib dicoba dikala pangkal bunga lili telah mulai berkembang. Hendak namun, pemberian pupuk tersebut pula jangan sangat banyak sebab tumbuhan bunga lili lumayan kokoh serta tidak hendak memerlukan banyak pupuk.

Bagikan pupuk yang biasa digunakan buat suatu tumbuhan umbi. Pemberian pupuk ini pula dapat dicoba sehabis satu bulan semenjak pemupukan dini.

  • Penyiraman serta Pemangkasan Bunga Lily

Jalani suatu penyiraman seperlunya saja, sebab tumbuhan lily ini tidak membutuhkan banyak air. Tidak hanya penyiraman, perawatan pula butuh dicoba supaya pada tumbuhan lily senantiasa berbunga ialah pemangkasan.

Jalani pemangkasan sepertiga batang beserta bunganya serta perkenankan bagian yang tersisa senantiasa berkembang serta menciptakan bunga kembali.

Cara Menanam Bunga Lily Dan Merawatnya Agar Selalu Berbunga Lebat


Metode Perawatan Tumbuhan Bunga Lily

Tentukan posisi buat menanam umbi bunga lily putih. Tempat yang terbaik ialah salah satu tempat yang mempunyai drainase serta pula tersinari oleh matahari( minimun sejauh separuh hari) secara lumayan.

Bila kita salah- salah dalam memastikan posisi dalam menanam bunga lily putih ini hendak menimbulkan daun bunga terserang jamuran.Bila telah membeli umbi bunga lili hingga kita pula bisa lekas menanamnya dalam tanah.

Bila memanglah belum pernah buat dapat menanamnya, alangkah baiknya buat ditaruh dalam tempat yang lumayan dingin serta hitam semacam lemari pendingin.

Baca Juga :  Tanaman Timun Suri : Klasifikasi, Morfologi, Manfaat Dan Panduan Budidayanya

Perihal tersebut buat suatu penangkalan supaya umbi bunga lily ini tidak berkembang tunas, sebab bila telah berkembang tunas hingga Kamu pula wajib lekas menanamnya.

Metode menanam umbinya juga lumayan gampang. Kamu cuma butuh menggali lubang dengan kedalaman dekat 10– 15 centimeter dengan lebar membiasakan jumlah umbi bunga lily putih yang hendak ditanam( 15 centimeter bisa jadi jarak antar umbi bunga lily putih).

Sehabis ditanam serta diberi pupuk tutup kembali dengan tanah serta lekas siram, supaya tanah yang bersentuhan dengan umbi bunga lily putih jadi lembab.

Sehabis itu bila dirasa temperatur diluar hendak jadi dingin, kita bisa berikan mulsa ataupun jerami diatas tanah tempat bunga lily ditanam buat menjauhi bunga lily dari temperatur rendah

Setelah itu bunga ini bisa diberi pupuk serta disiram secara teratur supaya pertumbuhannya hendak senantiasa baik sejauh tahun.

Sehabis tumbuhan bunga lilu putih berkembang serta mulai masa berbunga, Kamu bisa memangkas tumbuhan tersebut paling tidak 1/ 3 batangnya supaya bunga lily senantiasa terangsang pertumbuhannya buat tahun- tahun selanjutnya.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Lily Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5