Cara Menanam Bunga Kenanga Dan Perawatannya Yang Tepat Agar Selalu Berbunga

5 min read

Cara Menanam Bunga Kenanga Dan Perawatannya Yang Tepat Agar Selalu Berbunga
0
()

Cara Menanam Bunga Kenanga Dan Perawatannya Yang Tepat Agar Selalu Berbunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Kenanga.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Bunga Kenanga Dan Perawatannya Yang Tepat Agar Selalu Berbunga

Secara hayati bunga kenanga mempunyai nama ilmiah Cananga odorata, mirip dengan nama bahasanya sehingga tanaman ini diucap bagaikan bunga kenanga.

Secara raga tumbuhan kenanga mempunyai wujud yang nyaris sama dengan tipe tumbuhan bunga lainya semacam bunga katil yang pula ialah bunga lokal Indonesia.

Aromanya yang harum sudah jadi cirri khas tertentu yang membuat banyak orang mencari bunga ini. di pasar bunga sendiri, bunga yang satu ini tidak sempat tersisa.

Meski banyak sekali penjual bunga yang sediakan tipe bunga kenanga, tetapi mereka tentu hendak senantiasa kehilangan tiap harinya.

Banyaknya khasiat dari bunga ini pastinya membuat angka penjualan di pasar senantiasa bertambah ekstrem tiap bulannya.

terlebih bunga ini tidak cuma buat diperjualkan di pasar lokal saja namun pula sudah di eksport ke bermacam Negeri semacam Vietnam, chili, india serta masih banyak lagi.

Tumbuhan kenanga bisa berkembang dengan kilat serta menggapai ketinggian kurang lebih dekat 5 sampai 12 m bila ditanam pada lahan yang luas.

Tidak cuma bunganya saja yang dapat dimanfaatkan, namun kayu tumbuhan kenanga pula mempunyai khasiat yang berarti spesialnya untuk para seniman.

Kayu tumbuhan kenanga mempunyai tekstur yang keras sertaberpori- pori kecil, ini sangat sesuai bagaikan peredam suara serta pembuatan perlengkapan musik.


Kandungan Bunga Kenanga

  • Asam bensoat
  • Geraniol
  • Bensin Asetat
  • Eugenol
  • Kadinen
  • Linalool
  • Minyak
  • Sadrol
  • Pinen

Banyaknya isi zat yang ada dalam bunga kenanga membuat bunga ini tidak cuma dimanfaatkan dalam bermacam kegiatan tertentu saja semacam pada upacara perkawinan, upacara keagamaan maupun bagaikan bunga layat.

Isi zat yang terdapat pada bunga kenangan banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang apalagi industry, semacam pewangi buat parfum, bahan dasar pembuatan lulur, hand and body lotion, tonner, kombinasi cream penerang wajah serta masih banyak lagi.


Langkah Metode Menanam Bunga Kenanga

Bunga ini terkenang dengan baunya yang wangi semerbak. Tidak hanya itu bunga kenanga pula memiliki corak bunga yang menawan, campuran corak putih kekuningan membuat bunga ini terus menjadi indah serta lezat ditatap.

Baca Juga :  Pengertian Hidroponik : Manfaat, Kelebihan, Media tanam dan Metode Tanam

Tumbuhan ini memiliki nama latin cananga odorata, serta masuk ke dalam keluarga annonaceae dengan karakteristik khas pertumbuhaanya yang kilat.

Tidak hanya dipakai sebagai tumbuhan hias, terdapat kapasitas pula buat memperoleh keuntungan dengan budidaya bunga kenanga.

Bunga ini banyak dicari buat dijadikan bagaikan bahan membuat parfum, tidak hanya itu di golongan penduduk tertentu bunga ini banyak dipakai bagaikan bunga tabur di pemakaman.

  • Memilah Posisi Tanam

Tidak bisa dipungkiri kalau posisi tanam jadi salah satu alibi penenu dalam budidaya tumbuhan. Begitu pula kala menanam bunga kenanga, posisi tanam wajib diperhitungkan dengan baik.

Tumbuhan ini bisa berkembang dengan baik apabila ditanam di daerah dengan ketinggian tidak lebih dari 500 m dari permukaan laut.

Tidak hanya itu kondisi tanah pula wajib dicermati. Carilah tanah yang memiliki drainase yang bagus dan tidak memiliki susunan cadas.

Perihal ini buat menunjang biar pangkal tumbuhan bisa masuk menembus ke dalam susunan tanah. Bunga kenanga merupakan tumbuhan yang menggemari hawa yang lembap serta panas.

  • Memilah Bibit Bunga Kenanga

Bibit bunga kenanga bisa didapatkan dengan sebagian metode antara lain dengan stek batang, cangkok, ataupun lewat biji tumbuhan.

Pada makalah ini kita hendak mengenakan pembibitan dengan biji tumbuhan. Memilih buah kenanga yang sudah tua, cirinya yakni memiliki corak kulit yang telah menghitam.

Masukan seluruh biji tersebut ke dalam karung serta diamkan sepanjang 5 hari.Setelah kulitnya melunak hingga Kamu tinggal menghasilkan bagian bijinya dengan metode meminitnya.

Mencuci biji yang sudah dikeluarkan dengan air hingga bersih kemudian keringkan dengan metode diangin- anginkan sepanjang satu hari tadi malam.

Setelah itu Kamu bisa menyemaikan baiji pada media semai yang terbuat dari kombinasi tanah serta pupuk organik dengan perbandingan 1: 1. Lahan penyemaian wajib diletakan ditempat yang sejuk serta teduh.

Siram benih tiap hari hingga sekitar satu minggu benih hendak mulai menghasilkan kecambah.

Biasanya setelah berusia 6 bulan bibit hendak menggapai ketinggian 30 centimeter, perihal itu membuktikan kalau bibit bunga kenanga telah siap buat ditanam di ladang ataupun media tanam yang lain.

  • Penanaman Bunga Kenanga

Hendaknya penanaman bunga kenanga dilaksanakan kala awaal masa hujan. Buat lubang tanam hendaknya sudah terbuat 1 bulan saat sebelum masa tanam.

Dimensi lubang tanam 60 centimeter x 60 centimeter x 60 centimeter. Sebaliknya buat jarak tanam 8x 8 m. Jarak ini buat mengestimasi kala tumbuhan kenanga berkembang besar.

Apabila Kamu giat memotong serta memangkas tumbuhan jarak tanam bisa dicoockkan jadi 6 x 6 m. Saat sebelum memasukan bibit ke lubang tanam hendaknya lubang diisi dahulu dengan pupuk kemudian baru bibit dimasukan.

Baca Juga :  Kandungan Daun Lamtoro Serta Manfaatnya Bagi Manusia Dan Hewan

Jangan kurang ingat buat membebaskan plastik yang dipakai buat menyemaikan bibit.


Perawatan Bunga Kenanga

Bila kamu menanam tipe tumbuhan pada biasanya, supaya bisa berkembang produktif serta berbunga banyak hingga kamu butuh melaksanakan perawatan pada tumbuhan bunga kenanga yang telah kamu tanam dengan pas.

Gampang sekali buat menjaga bunga kenanga di Indonesia sebab ini ialah tanaman tropis serta asli Indonesia.

Kamu cuma butuh menyiram, melaksanakan pemangkasan, serta pemupukan dan penyiangan saja supaya bunga kenanga bisa berkembang produktif dengan bunga yang sangat banyak.

Buat lebih jelasnya lagi metode menjaga bunga kenanga hendak dipaparkan pada langkag selanjutnya dalam metode menanam bunga kenanga.

  • Penyiraman Bunga Kenanga

Penyiraman dicoba tiap hari secara teratur. Serta supaya kamu tidak salah dalam melaksanakan proses penyiraman, berikut merupakan panduan dan langkah yang pas dalam melaksanakan penyiraman pada bunga kenanga:

Pada umur kurang lebih dekat 7 sampai 10 bulan sehabis masa tanam berakhir, kamu bisa menyiram bunga kenanga memakai air yang dicampur pupuk.

Ini bertujuan buat menolong proses perkembangan tumbuhan dan buatnya jadi lebih produktif.

Bila kamu tidak mempunyai pupuk cair bagaikan bahan kombinasi, hingga kamu bisa menyiram bunga kenanga memakai air sisa cucian beras yang sudah didiamkan sepanjang 2 sampai 4 hari.

Dengan memakai cucian air beras, ini sama halnya kamu memakai kombinasi air serta pupuk bagaikan air siraman.

Kamu bisa melaksanakan penyiraman memakai air biasa sehabis tumbuhan berusia lebih dari 7 bulan ke atas.

Dianjurkan kamu menyiramnya sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari. Perhatikan keadaan tanah senantiasa supaya senantiasa lembab.

  • Pemangkasan

Proses pemangkasan ini wajib dicoba secara teratur. Serta berikut merupakan langkah- langkah pas dalam melaksanakan pemangkasan:

Pemangakasan hendaknya dicoba kurang lebih tiap satu bulan sekali. Ini tidak hanya bertujuan buat merapikan wujud tumbuhan pula buat melindungi supaya bunga kenanga bisa senantiasa berkembang produktif.

Pangkaslah dahan dahan dan daun serta ranting pada tumbuhan bunga kenanga yang dirasa lumayan mengusik serta sangat mencuat dari pohonnya.

Pangkas daun, ranting serta dahan memakai gergaji maupun gunting tumbuhan. Jauhi pemangkasan dengan metode mematahkan dahan maupun rantingnya secara langsung.

Sebab metode tersebut tidak hanya bisa membuat proses perkembangan tersendat, ini pula hendak mengganggu tekstur pada tumbuhan.

  • Pemupukan Serta Penyiangan Bunga Kenanga

Perihal berikut yang tidak kalah berartinya ialah proses pemupukan dan penyiangan. Ini sangat berarti buat dicoba supaya bunga kenanga yang kamu tanam senantiasa produktif dan berbunga banyak.

Berikut ialah panduan dalam melaksanakan pemupukan serta penyiangan:

  • Kamu diajarkan melaksanakan pemupukan lanjutan tiap 3 minggu sampai sebulan sekali.
  • Sambil kamu melaksanakan pemupukan kamu pula diwajibkan melaksanakan penyiangan di dekat lahan tanam bunga kenanga.
  • Pemupukan dan penyiangan ini bertujuan supaya bunga kenanga dapa ternutrisi dengan baik sehingga bisa menciptakan banyak bunga.
Baca Juga :  Budidaya Melati : Klasifikasi, Syarat Tumbuh serta Perawatan dari Hama dan Penyakitnya

Cara Menanam Bunga Kenanga Dan Perawatannya Yang Tepat Agar Selalu Berbunga


Manfaat Bunga Kenanga

Bunga ini memanglah memiliki berbagai khasiat, tidak heran apabila banyak penduduk yang menanam bunga kenanga di pekarangan rumahnya.

Paling utama untuk penduduk Jawa bunga kenanga memeliki makna tertentu, tidak takjub apabila bunga ini sering tampak dibeberapa upacara adat.

Berikut yakni sebagian khasiat bunga kenanga yang telah kami rangkum dari bermacam sumber.

  • Sebagai Aromaterapi

Isi minyak atsiri yang ada di dalam bunga kenanga bisa dijadikan bagaikan salah satu bahan pengganti buat membuat parfum aroma pengobatan.

Aroma yang dikeluarkan bunga ini hendak membagikan akibat pada kinerja kelenjar adrenalin yang terdapat pada sistem syaraf.

Pada kesimpulannya aroma tersebut hendak membagikan akibat yang menimbulkan perasaan tenang, bahagia, dan melenyapkan perasaan panik, risau, maupun marah.

  • Bahan Luluran

Semenjak era dahulu bunga ini sudah dimanfaatkan bagaikan bahan buat kecantikan.

Paling utama buat golongan bangsawan yang mengenakan bunga kenanga bagaikan bahan perawatan badan misalnya bagaikan bahan luluran serta masker wajah.

Dengan menggunakan isi minyak yang terdapat di dalam bunga ini hendak membagikan khasiat yang luar biasa buat kulit. Salah satunya hendak membuat kulit terus menjadi lembut, kencang, halus serta menawan berseri.

  • Menghindari Bau Badan

Untuk Kamu yang memeliki permasalahan bau tubuh, tidak terdapat salahnya buat berupaya penyembuhan dengan bunga kenanga. Triknya yakni mempersiapkan dekat 15 gr bunga kenangan, 600 cc air putih serta sedikit gula batu.

Rebusa ketiga bahan tersebut hingga air mendidih serta cuma menyisakan sebagian saja. Setelah itu minum air rebusan tersebut secara teratur.

  • Menyembuhkan Batuk

Batuk merupakan penyakit yang sering melanda kala terjalin pergantian masa. Walaupun tidak beresiko apabila terserang batuk serta flu hendak sangat menganggu aktivitas Kamu.

Oleh sebab itu Kamu bisa berupaya menyembuhkan penyakit tersebut dengan menggunakan bunga kenanga.

Metode pembuatannya lumayan mudah, Kamu cuma butuh merebus dekat 15 gr bunga kenangan dengan air hingga mendidih.

Setelah itu saring air rebusan tersebut hendak bisa memisahkan ampasnya. Minum air rebusan tersebut secara teratur hingga batuk yang Kamu derita sembuh.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Kenanga Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5