Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang Dan Perawatan Tepatnya

4 min read

Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang Dan Perawatan Tepatnya
0
()

Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang Dan Perawatan Tepatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang Dan Perawatan Tepatnya


Tumbuhan bunga adenium ataupun kamboja jepang berasal dari wilayah kering ialah wilayah gurun pasir di Asia Barat serta Afrika. Istilah adenium berasal dari kata Aden.

Aden merupakan ibukota Yaman yang ialah salah satu tempat asal tumbuhan ini. Tumbuhan bunga adenium ialah salah satu tumbuhan hias yang unik, mempunyai bunga yang indah, berbatang kerdil semacam bonsai.

Pangkal batang adenium berupa semacam umbi yang unik serta terus menjadi menaikkan keelokan tumbuhan ini. Sebagian pangkal dari tumbuhan adenium terkadang terdapat dipermukaan dengan wujud yang sangat unik.

Di Indonesia adenium dapat berkembang dengan baik, kecuali didataran besar dengan temperatur yang dingin.

Bunga adenium ataupun kamboja jepang merupakan tumbuhan hias yang memiliki batang yang besar, daun panjang serta lonjong, corak bunga beragam serta akarnya yang besar serta menyamai umbi.

Bunga adenium ini sangat sesuai buat kamu para penanam bunga pendatang baru sebab adenium ini tidak membutuhkan metode menanam serta menjaga yang susah.

Kamu dapat menaikkan koleksi tumbuhan hias di taman rumah kamu dengan bunga kamboja jepang yang sangat menawan ini.

Bunga adenium kerap diucap bunga padang pasir sebab bunga ini menggemari wilayah kering. Tumbuhan hias ini lebih sesuai ditanam di media tanam yang kering daripada media tanam yang basah.

Sebabnya, pangkal adenium yang besar berperan buat menaruh air. Bila media tanam basah hingga tumbuhan kelebihan air serta lama- kelamaan hendak mati.

Baca Juga :  Budidaya Semangka : Metode, Pemilihan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan

Terdapat sebagian spesies asli adenium yang wajib kamu tahu, antara lain:

  • Adenium arabicum: ciri- cirinya mempunyai corak bunga kombinasi antara putih serta pink dan memiliki bonggol yang besar serta batang yang berkembang di atasnya.
  • Adenium obesum: ciri- cirinya memiliki bonggol besar serta memanjang dan wujud bunga yang besar serta bercorak merah serta putih.
  • Spesies asli adenium yang lain ialah Adenium bohamianum, adenium socotranum, adenium swazicum serta adenium somalence.

Metode Menanam Bunga Kamboja Jepang

Tumbuhan adenium memerlukan sebagian keadaan supaya bisa berkembang dengan baik. Di antara lain merupakan tumbuhan ini wajib ditanam ataupun dibudidayakan di daerah dataran rendah yang panas.

Wajib ditaruh ditempat dengan cahaya matahari langsung, memakai media tanam yang tidak mudah ataupun gampang meresap air dan hindari dari tempat- tempat yang dingin.

Sebab bunga adenium cuma berbunga bila ditaruh ataupun ditanam di wilayah dengan cuaca panas.

  • Persiapan Bibit

Metode menanam adenium yang awal merupakan mempersiapkan bibit adenium.

Buat bibit bunga adenium sendiri Kamu dapat memakai bibit berbentuk biji ataupun dapat pula dengan memakai tata cara stek dari tumbuhan adenium lain yang mempunyai mutu besar serta sehat.

Kalian pula dapat membeli bibit tumbuhan adenium di toko tumbuhan hias terdekat ataupun melalui jasa toko online tumbuhan hias kami.

  • Persiapan Wadah Tanam Pot

Berikutnya merupakan persiapan wadah tanam berbentuk pot maupun wadah lain yang mau Kamu pakai. Tetapi buat pot tumbuhan adenium, terdapat sebagian perihal yang wajib Kamu perhatikan.

Pot yang Kamu pakai minimun mempunyai diameter sebesar 50 centimeter buat dapat menampung pangkal dari tumbuhan tersebut.

Bahan pot dapat dari plastik maupun dari semen, serta hendaknya hindari penggunakan pot tanah liat sebab pot tersebut dapat rusak akibat dari pangkal tumbuhan adenium yang menekan pot.

  • Persiapan Media Tanam

Metode menanam tumbuhan adenium berikutnya merupakan mempersiapkan media tanam yang hendak kita pakai.

Media tanam buat adenium yang baik serta bagus merupakan yang tidak sangat gampang buat meresap air serta tidak sangat lembab.

Baca Juga :  9 Khasiat Daun Saga Untuk Kesehatan dari Anti Batuk Hingga Hipertensi Yang Perlu Kamu Ketahui

Media tanam dapat berbentuk kombinasi dari pasir, arang sekam, pupuk, sekam mentah dengan perbandingan 2: 1: 2: 1 serta diaduk sampai tercamput rata.

Media tanam dibiarkan sepanjang 10 hari didalam pot ataupun di tempat lain serta dibiarkan terserang cahaya matahari langsung.

  • Proses Penanaman Adenium

Berikutnya merupakan proses penanaman dari tumbuhan adenium yang kita mau. Sehabis 10 hari, media tanam kita masukan kedalam pot yang sudah kita persiapkan tadinya.

Buatlah lubang di bagian tengah pot dengan memakai jari tangan ataupun perlengkapan lain yang disesuaikan dengan dimensi bibit tumbuhan adenium.

Tanam bibit setelah itu ditutup kembali dengan tanah. Bila Kamu menanam dengan tata cara stek, tanam dengan kedalaman dekat separuh dari batang tumbuhan tersebut.

Buat penyiraman, Kamu cuma butuh melaksanakannya sesekali saja dengan menyemprotkan memakai perlengkapan semprot.

Tiap 1 ataupun 2 bulan, Kamu pula dapat meningkatkan air tersebut dengan pupuk yang dicampurkan di dalamnya.


Perawatan Bunga Kamboja Jepang

Kamu wajib siram bunga adenium secara tertib. Bila mau menyiramnya lagi perkenankan hingga tanah kering terlebih dulu, kamu dapat meningkatkan air bila tanah di dalam media tanam terasa kering.

Temperatur tumbuhan pula wajib kamu perhatikan, buat melindungi temperatur adenium lumayan memantau tanamannya saja.

Bila temperatur dingin hingga pindahkan ke tempat yang lebih hangat. Bila tumbuhan dibiarkan kedinginan hingga lama kelamaan hendak mati.

Bagikan pupuk pada bunga adenium dengan pupuk cair, bagikan kombinasi kalsium, fosfor serta nitrogen dengan perbandingan 20: 20: 20.

Isi tersebut menolong dalam memesatkan perkembangan bunga, daun serta pangkal. Bila perbandingan salah satunya lebih besar hingga bunga hendak berkembang dengan bunga yang kurang menawan.

Kamu wajib berikan pupuk cair tiap minggu sepanjang masa hujan. Dikala masa kemarau, kamu dapat memakai pupuk sawit 2 kali, ialah dikala masa kemarau datang serta pada pertengahan masa kemarau.

Sehabis usia tumbuhan 3 tahun, hentikan pemberian pupuk cair.

Jangan kurang ingat buat melaksanakan pergantian media tanam, perihal ini berarti buat dicoba bersamaan perkembangan bunga adenium yang terus menjadi besar serta berbunga rimbun.

Baca Juga :  Bunga Adenium : Klasifikasi, Morfologi dan Jenisnya

Khasiat dari mengubah media tanam merupakan membuat tumbuhan berkembang produktif. Kamu dapat mengubah media tanam dikala adenium telah berkembang besar.

Kamu wajib melaksanakan pergantian media tanam sangat sedikit 6 bulan sekali. Metodenya, kamu buang seluruh pangkal yang halus setelah itu perkenankan sepanjang 1 minggu di tempat yang teduh buat mengobati cedera yang terdapat.

Sehabis seminggu, kamu dapat menanam kembali adenium di media tanam yang kering. Kamu dapat penyiraman seminggu sehabis penanamannya.Letakkan adenium di tempat yang terserang cahaya matahari langsung.

Buat penyiraman bunga, kamu dapat menyiram bunga pada pagi serta sore hari dikala masa kemarau.

Pada masa hujan tidak butuh menyiram bunga sangat kerap, kamu letakkan bunga di tempat yang teduh biar media tanam tidak kerap terserang air.

Bila daun serta batang adenium mulai layu, bunga tidak bermunculan. Jangan takut, letakkan saja di tempat yang keseriusan cahaya mataharinya besar hingga daun, batang serta bunga hendak kembali wajar.

Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang Dan Perawatan Tepatnya


Penanganan Hama Dan Penyakit

Hama serta penyakit pada tumbuhan hendak sangat beresiko untuk kelangsungan hidup tumbuhan tersebut.

Demikian pula pada tumbuhan kamboja jepang serta metode menanam adenium yang memerlukan penindakan terhadap hama serta penyakit.

Berikut sepenuhnya treathment yang dapat mencegah serbuan hama serta penyakit:

  • Jalani penyemprotan larutan fungisida 10g/ l kebagian pangkal tumbuhan.
  • Penyemprotan fungisida filakukan dengan interval 2 minggu sekali.
  • Tidak hanya itu pula semprotkan pestisida dosis rendah cuma pada dikala timbul indikasi serbuan hama.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read