Cara Menanam Bunga Geranium Dan Perawatannya Untuk Pemula

4 min read

Cara Menanam Bunga Geranium Dan Perawatannya Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Bunga Geranium Dan Perawatannya Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Geranium.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Bunga Geranium Dan Perawatannya Untuk Pemula


Bunga geranium merupakan tanaman yang berasal dari afrika selatan. Sebagian spesies bunga ini mekar dikala masa panas, tetapi terdapat pula yang mekar dikala masa semi serta gugur.

Geranium bisa berkembang dengan baik apabila menemukan penyinaran sinar matahari penuh dan tanah kering.

Corak dari bunga geranium merupakan putih, merah muda, merah dan ungu. Mayoritas dari tipe bunga yang dibudidayakan ialah tipe hibrida.Tanaman ini banyak diolah jadi bahan minyak yang digunakan buat wewangian.

Minyak geranium pula diucap dengan minyak pelargonium, minyak tersebut mempunyai corak pucat kuning cokelat ataupun kehijauan pula memiliki bau semacam mawar.

Umumnya minyak tersebut digunakan buat kombinasi dalam parfum, sabun dan salep.Tidak hanya mempunyai penampakan melegakan pemikiran, bunga ini pula mempunyai khasiat bagaikan pengusir nyamuk natural.

Untuk manusia aroma dari tumbuhan ini sangat harum, tetapi bagi nyamuk sangatlah menusuk sehingga tidak disukai olehnya.


Manfaat Bunga Geranium

Sebagian jenis geranium memiliki aroma mirip dengan jeruk serta mawar. Sebagian lagi memiliki aroma kurang nikmat. Tetapi, nyaris seluruh aroma bunga ini tidak disenangi oleh nyamuk.

Metode kerja bunga geranium dalam mengusir nyamuk, ialah dengan menghasilkan aroma menusuk untuk nyamuk. Owner cuma butuh menyimpan pot geranium di sudut ruangan, dekat jendela, ataupun dekat pintu masuk.

Dengan demikian, khasiat bunga geranium bisa membuat nyamuk enggan merambah rumah.

Minyak aromaterapi kerap dipakai buat menciptakan kondisi tenang yang bisa merelaksasi badan serta benak. Dapat menuangkannya pada tungku aromaterapi serta perkenankan baunya menyebar ke segala ruang kamar tidur.

Baca Juga :  Budidaya Daun Kelor : Panduan Tanam dan Panen yang Baik dan Benar(Berhasil)

Bila mau lebih merasakan baunya, coba oleskan pada bagian balik indera pendengaranmu. Aroma geranium ini sangat bagus buat menenangkan benak sehingga khasiat bunga geranium bisa kurangi stress serta tekanan mental.

Geranium memiliki zat astringent yang bermanfaat buat menginduksi penciptaan kolagen. Buat mempermudah mengaplikasikan di bagian kulit wajah, khasiat bunga geranium ini diolah jadi minyak.

Pemakaian minyak ini secara tertib pada wajah sanggup merendahkan keriput pada wajah serta kulit wajah jadi lebih kencang. Minyak tersebut pula bermanfaat buat otot kulit, terlebih di bagian perut.

Tidak hanya itu, minyak ini pula jitu buat memulihkan sel kulit rusak. Dengan begitu, kulit hendak tampak lebih menawan serta lembut. Apabila memiliki sisa cedera di kulit, tata cara ini pantas buat dicoba.

Begitu pula untuk yang memiliki permasalahan dengan jerawat. Alasannya, geranium memiliki watak anti fungal sehingga jerawat hendak lekas mereda.


Metode Menanam Bunga Geranium


  • Persiapan bibit

Buat perbanyak tumbuhan geranium dalam metode menanam bunga geranium dapat dikerjakan lewat biji maupun tunas anakan.

Tetapi, bila tidak memiliki tumbuhan indukan hingga menanam bunga geranium lewat biji. Pemerolehan biji bisa dibeli di toko bibit bunga.

Bila melaksanakan penanaman lewat tunas langkahnya ialah ambil tunas yang berkembang di dekat tumbuhan induk, pisahkan dengan hati- hati jangan hingga mengganggu akarnya.

Berikutnya sehabis terpisah dengan utuh bisa lekas ditanam ataupun ditaruh dulu di tempat lembab/ basah.

  • Persiapan pot/ polybag

Menanam bunga geranium sangat saran buat dikerjakan di dalam pot. Dengan menanam di dalam pot hingga pemeliharaan serta perawatan hendak terkategori gampang.

Serta pula pasti dapat dengan leluasa meletakan bunga di mana saja. Mempersiapkan pot tanam bisa melaksanakan dengan memakai metode bagaikan berikut:

Memilih pot dengan bahan plastic ataupun tanah liat.Pakai pot dengan dimensi lagi berdiameter 25– 35 centimeter.Berilah lubang pada dasar pot kemudian mencuci bersih saat sebelum digunakan.

Dapat pula memakai pot sisa tumbuhan lain, tetapi saat sebelum digunakan pula wajib disterilkan dulu pastinya dengan metode dicuci semacam langkah di atas.Langkah berikutnya keringkan pot di tempat bersih.

  • Mempersiapkan media tanam

Sehabis mempersiapkan pot tanam, hingga tahapan berikutnya pada metode menanam bunga geranium penolak nyamuk ialah mempersiapkan media tanam.

Baca Juga :  Cara Ternak Burung Kacer Serta Perawatannya Bagi Pemula

Media tanam yang diperlukan oleh tumbuhan geranium yakni media tanam gembur, produktif serta sanggup meresap air dengan baik. Berikut langkah persiapan media tanam:

Siapkan media kombinasi tanah, pasir serta kompos ataupun pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1: 1.Gabungkan media tanam hingga tercampur.

Setelah itu isikan pecahan batu bata ataupun genting bersih di bagian dasar pot.Setelahnya dapat memasukkan kombinasi media tanam yang telah terbuat tadi ke dalam pot.

Isikan sampai penuh serta padat.Setelah itu siram media tanam buat menguasai tingkatan kepadatannya.Bila volume media menurun akibat penyiraman, hingga tambahlah kembali media sampai penuh.

  • Proses penanaman

Sehabis media tanam siap, hingga langsung bisa melaksanakan penanaman. Buat mempermudah, owner bisa lekas menanamnya di dalam pot.

Tanpa butuh melaksanakan persemaian. Karena metode ini merupakan lebih instan serta kilat buat dapat menumbuhkam tumbuhan geranium.

Tidak hanya itu, dengan mengenakan bibit bermutu, owner tidak wajib khawatir lagi bila terdapat benih yang tidak berkembang. Berikut metode menanam bunga geranium termudah.

Penanaman hendaknya dicoba pada pagi ataupun sore hari.Keluarkan benih dari bungkusnya.Biji geranium sangatlah kecil, hingga saat sebelum menanam haruslah hati– hati serta telaten.

Masukkan benih sebanyak 3– 5 biji ke dalam pot.Sehabis benih berkembang hingga owner dapat menyisakan 2- 3 tumbuhan serta sisanya tanam kembali di pot lain.

Jalani penyiraman dengan mengenakan handsprayer.Biji yang ditanam hendak mulai berkecambah pada 4- 5 hari sehabis tanam.Sehabis 7 hari tumbuhan hendak mulai menghasilkan pucuk daun.

Buat menjauhi serbuan belalang ataupun jangkrik dapat menyemprotnya mengenakan fungisida dosis rendah.Letakkan tumbuhan di tempat teduh, serta tidak menemukan terik matahari langsung.

  • Langkah perawatan

Tahapan selanjutnya yang harus dicoba dalam metode menanam bunga geranium biar tumbuhan geranium menghasilkan bunga yakni menjaga serta menjaganya dengan baik.

Dengan perawatan serta pemeliharaan bersungguh- sungguh hingga tumbuhan hendak bisa berbunga dengan rimbun serta giat. Berikut perawatan yang wajib dikerjakan pada tumbuhan geranium.

  • Penyiraman

Tumbuhan geranium sesungguhnya lumayan tahan terhadap kekeringan. Sehingga penyiraman pada tumbuhan harus dikerjakan secara sepadan serta cocok keperluan.

Baca Juga :  Cara Menanam Murbei Agar Cepat Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

Owner harus mencermati keadaan media tanam, bila media kering dapat menyiramnya sampai air keluar dari celah pot yang berlubang.

  • Pemupukan

Buat pemupukan organik pada metode menanam bunga geranium dapat meningkatkan pupuk kandang secara terpola ke media tanam. Tetapi, pastikam pupuk kandang yang dipakai telah benar benar kering.

Dapat pula mengenakan pupuk cair 20: 20: 20 ataupun 15: 30: 15 yang dapat didapatkan secara mudah di toko pertanian.

Hati hati dikala mengenakan pupuk ini, jangan hingga menimpa bagian daun tumbuhan. Sebab perihal tersebut bisa menyebabkan daun tumbuhan dibakar.

Cara Menanam Bunga Geranium Dan Perawatannya Untuk Pemula


Perawatan Bunga Geranium

Pada metode menanam bunga geranium penolak nyamuk sehabis tumbuhan berusia 2- 3 tahun hingga jalani pembelahan anakan. Dengan begini hingga owner hendak memiliki tumbuhan baru.

Pasti saja tidak wajib menanamnya dari dini kembali. Sesungguhnya tidak wajib menanti sampai 2- 3 tahun, bila tumbuhan sudah berkembang lumayan lebat owner bisa memisahkan anakannya

Sehabis 3- 4 bulan sehabis tanam, hingga bibit hendak mulai berbunga. Pastinya fase ini ialah fase yang sangat di tunggu. Pada dikala ini owner dapat menikmati keiandahan bunga geranium.

Tumbuhan ini ialah tumbuhan yang memiliki waktu hidup lama. Terlebih bila diiringi dengan pemeliharaan serta perawatan pas.

Tidak hanya pemeliharaan serta perawatan perihal sangat berarti yakni dengan melindungi kesehatan tumbuhan geranium. Owner harus melindungi kesehatan tumbuhan dengan teratur membuang bagian tumbuhan yang mati.

Bagian semacam bunga serta daun dan ranting tumbuhan yang mati harus disingkirkan biar tidak ditumbuhi jamur. Tidak hanya itu, perihal ini pula hendak merangsang pertumbuhan tumbuhan baru.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Geranium Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read