Cara Menanam Bunga Dandelion dan Perawatannya (Panduan Lengkap)

3 min read

Cara Menanam Bunga Dandelion dan Perawatannya (Panduan Lengkap)
0
()

Cara Menanam Bunga Dandelion dan Perawatannya (Panduan Lengkap) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Dandelion.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Bunga Dandelion dan Perawatannya (Panduan Lengkap)


Dandelion atau Randa Tapak ialah salah satu bagian dari Taraxacum, suatu genus besar dalam keluarga Asteraceae.

Tipe tumbuhan bunga yang mempunyai nama latin Taraxacum Officinale, bukan tipe bunga asli di Indonesia, bunga ini awal kali di temukan pada daerah Amerika Utara serta dataran Eropa.

Nama Randa Tapak itu sendiri biasa digunakan buat merujuk kepada suatu tanaman yang telah mempunyai“ bunga” yang mempunyai“ bunga- bunga” kecil yang terbang ditiup angin.

Bunga dandelion ialah tipe bunga yang awal mulanya berasal dari tumbuhan liar. Dandelion sendiri bukan ialah bunga yang berkelopak indah semacam mawar, ataupun bunga yang berwangi harum semacam bunga melati.

Lebih dari itu bunga dandelion merupakan bunga yang melambangkan kesederhanaan, kesetiaan serta kekuatan semacam pula metode menanam bunga balsam.


Morfologi Bunga Dandelion

Pada disaat masa awal- dini berbunga, bunga dandelion memiliki warna kuning. Kebalikannya bunga yang bercorak terus jadi putih menampilkan umur bunga dandelion terus jadi menua.

Bunga dandelion biasanya memiliki diameter 2 hingga 5 cm dan seluruhnya terdiri dari sinar kuntum.

Baca Juga :  Tanaman Timun : Morfologi, Jenis serta Hama dan Penyakitnya

Sehabis itu bunga yang matang hendak berubah jadi kepala jam, berbentuk bulat semacam jam dan kala buah dari bunga dandelion masak, hendak diterbangkan oleh angin dengan jarak yang jauh.

Bunga dandelion mempunyai sebagian vit dan mineral berarti, semacam vit A, D, E, B area, C, fosfor, mangan, magnesium, kalium, seng, kalsium, natrium dan tembaga.

Dandelion bisa berkembang di tempat manapun, dari tebing yang curam, semak belukar sampai tempat tempat yang tidak gampang di jangkau oleh makhluk hidup.

Dari sinilah dandelion mempunyai keistimewaan sendiri di mata para pecintanya. Corak bunganya yang putih dengan wujud bundar, dengan biji biji buah yang banyak.

Biji inilah yang digunakan bagaikan benih buat perbanyak tumbuhan dandelion.

Asal asli dari tanaman ini ialah negeri Eropa serta Asia, tetapi telah menyebar ke seluruh tempat. Yang diucap bagaikan bunga dari tanaman ini yakni hendak jadi semacam jam biologi yang secara tertib membebaskan banyak bijinya. Biji- biji ini sebetulnya merupakan buahnya.

Bagian dandelion semacam pangkal serta bunga ialah salah satu bagian yang ada memiliki banyak zat berarti yang berguna.

Dandelion pula memiliki bermacam vit serta mineral berarti. Vit yang dikandung oleh bunga dandelion ialah vit A, D, E, B lingkungan, serta C.


Metode Menanam Bunga Dandelion


  • Persiapan Posisi Tanam

Posisi yang diseleksi buat bisa menanam bunga dandelion hendaknya disesuaikan dengan habitat aslinya ialah pada posisi yang terbuka serta terserang sinar matahari secara langsung semacam di pekarangan.

Buatlah lubang tanam dengan dimensi dekat 20cm x 20cm x 20cm. Setelah itu, tambahkan 1kg- 2kg pupuk kandang ke dalam lubang tanam serta perkenankan sepanjang 1 minggu.

Gemburkan tanah yang terdapat disekitar lubang tanam. Apabila telah 1 minggu, lubang tanam telah siap ditanami bibit bunga dandelion.

  • Mempersiapkan Benih

Ada bermacam berbagai varietas dandelion tetapi yang sangat kerap ataupun banyak dibudidayakan ialah tipe dandelion universal( T. officinale).

Baca Juga :  18 Manfaat Melon Golden Bagi Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizinya

Tahu pengetahuan dasar menimpa tumbuhan dandelion supaya kamu tidak gampang tertipu.Umumnya benih yang di jual berisi 50 biji/ bungkus, dengan harga 10 ribu an.

Yakinkan benih yang dibeli telah siap di tanam, serta tidak membutuhkan perlakuan bonus yang lain.Buat data yang sangat lengkap menimpa benih kamu dapat menanyakannya kepada penjual dengan sedetail detailnya.

  • Penanaman Bunga Dandelion

Penanaman pada bunga dandelion ini bisa dicoba dengan 2 metode ialah dengan biji benih dandelion ditanam langsung ke dalam lubang tanam ataupun dapat pula biji benih bunga dandelion disemai terlebih dahuludi polybag baru sehabis berkembang ditanam ke lahan tanam.

Tetapi bisa dianjurkan dalam pembibitan dandelion dicoba dengan metode menyemaikan benihnya terlebih dulu sebab angka kehidupan bibit lebih besar.

Metode menyemai benih bunga dandelion ialah bagaikan berikut:

Benih ditaruh terlebih dulu ditempat yangh sejuk serta tidak terserang cahaya matahari secara langsung.

Berikutnya, siapkan polybag berisi media tanam berbentuk kombinasi tanah halus, pupuk kandang serta sedikit pasir. Bagian dasar polybag dilubangi supaya air bisa keluar.

Bila telah siap, semaikan biji dandelion tersebut ke media tanam dalam polybag. Sehabis disemai, jalani penyiraman dengan air seperlunya. Tetapi bila biji tersebut keluar dikala penyiraman, hingga timbun kembali dengan media tanamnya.

  • Pemeliharaan serta Perawatan Tumbuhan Dandelion

Sama halnya dengan perawatan tumbuhan hias yang lain, perawatan bunga dandelion tidak begitu susah. Laksanakan proses penyiraman secara teratur sebanyak 2 kali 1 hari.

Pemupukan dapat dilaksanakan tiap 3 minggu 1 kali dengan mengenakan pupuk kandang, pemupukan ini dilaksanakan pada bagian tajuk tumbuhan.

Tidak hanya itu, laksanakan pula proses penyiangan pada gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain secara teratur.

Baca Juga :  Cara Membuat Pakan Bebek Pedaging : Jenis Pakan dan Nutrisi Yang Pas Agar Cepat Besar dan Sehat

Cara Menanam Bunga Dandelion dan Perawatannya (Panduan Lengkap)

  • Masa Berbunga

Sehabis 3 bulan sehabis tanam, tumbuhan dandelion ini hendak mulai berbunga. Walaupun dalam cuaca yang lumayan ekstrim bunga dandelion hendak senantiasa bisa menciptakan bunga.

Pada dikala dini berbunga, bunga hendak bercorak kuning. Sebaliknya bunga hendak terus menjadi putih dikala mulai menua. Kepala bunga berdiameter dekat 2- 5 centimeter serta seluruhnya terdiri dari cahaya kuntum.

Bunga yang matang setelah itu hendak berganti jadi kepala jam, berupa bundar semacam jam. Buah buah ini dikala masak setelah itu hendak diterbangkan oleh angin jarak- jauh.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Dandelion Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral

0 () 10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Tanaman Hias yang...
Admin1
1 min read

Penggolongan Jenis Sayur

0 () Penggolongan Jenis Sayur – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Penggolongan Jenis Sayur. Contents 1 Penggolongan Jenis Sayur1.1 Penggolongan...
Admin1
2 min read

Cara Mudah Menanam Sayuran Organik

0 () Cara Mudah Menanam Sayuran Organik – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Sayuran Organik. Contents 1 Cara...
Admin1
2 min read