Cara Menanam Bunga Asoka dan Perawatannya Bagi Pemula (Sukses)

5 min read

Cara Menanam Bunga Asoka dan Perawatannya Bagi Pemula (Sukses)
0
()

Cara Menanam Bunga Asoka dan Perawatannya Bagi Pemula (Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Asoka.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Bunga Asoka dan Perawatannya Bagi Pemula (Sukses)


Bunga Asoka diketahui pula dengan nama latin Saraca Indica. Berbeda dengan bunga hias yang lain, bunga Asoka tercantum tipe bunga yang unik sebab berkembang secara bergerombol.

Tidak hanya wujudnya yang berbeda, bunga Asoka tercantum bunga yang tidak mempunyai keharuman semacam bunga mawar serta bunga yang yang lain.

Salah satu metode pemanfaataan bunga Asoka ini merupakan dengan merebusnya bersama dengan daunnya.

Bunga Asoka sendiri tercantum banyak zat positif yang bisa menetralisir toksin yang terdapat didalam badan, semacam misalnya: zat tannin, zat organik, zat besi, dan zat hematoksilin.

Umumnya bunga Asoka dimanfaatkan buat:

  • Obat wasir
  • Obat cedera memar,
  • Obat keram betis, dan
  • Melancarkan haid yang tidak teratur

Tumbuhan asoka merupakan tumbuhan yang dikira suci oleh agama Hindu.Pohonnya menghasilkan harum pada malam hari di bulan April serta Mei tiap tahunnya.Tumbuhan  ini kerap diasosiasikan dengan cinta serta kesucian.

Di Indonesia, diketahui 2 tipe bunga asoka, ialah tumbuhan asoka yang berkembang menjulang besar tanpa ranting ataupun diucap pula glodokan tiang( Polyalthia Longifolia).

serta asoka biasa( Polyalthia sp.) yang mempunyai ranting serta berdaun runcing.Umumnya tumbuhan ini digunakan buat penghijaun ataupun tumbuhan hias.

Orang- orang Eropa kerap menyebut tumbuhan ini Flame of the Wood ataupun api dari hutan sebab corak bunganya yang terang dan mencolok seperti api.

Tumbuhan asoka berbunga kala menjelang masa hujan datang.Bunganya bisa bertahan sepanjang 3- 4 bulan.

Umumnya buat perbanyak tumbuhan ini, si owner hendak melaksanakan pencangkokan ataupun melalui biji langsung.Buat penjaannya sendiri, bunga tumbuhan ini lumayan dipupuk sekali sepanjang 3 bulan.

Bunganya bisa digunakan buat menyembuhkan disentri hemoragik dengan metode ditumbuk halus dan dicampur air, setelah itu bunga ini pula dapat dipakai bagaikan obat untuk orang yang haidnya tidak tertib.

serta bisa menyembuhkan cedera memar dengan meminum air rebusan dari bunga asoka yang ditambah bunga mawar kering serta umbi daun dewa.


Ciri Ciri Bunga Asoka

Bila kamu masih bimbang dengan wujud dari tumbuhan bunga Asoka, berikut identitas dari tumbuhan bunga Asoka:

  • Bunga Asoka berkembang secara majemuk ataupun bergerombol. Berbeda dengan bunga mawar ataupun bunga yang lain yang berkembang satu persatu.
  • Bunga Asoka mempunyai sebagian corak. Corak yang sangat universal ditemukan merupakan merah, kuning, dan orange.
  • Tetapi sebagian waktu terakhir, telah banyak ilmuwan yang meningkatkan bibit bunga Asoka yang nantinya hendak bercorak lebih bermacam- macam.
  • Dimensi daun tumbuhan bunga Asoka lumayan kecil dengan wujud oval dimana tiap sisi daunnya bergerigi serta meruncing.
  • Tumbuhan bunga Asoka bisa berkembang menggapai besar 7 m.
  • Tumbuhan bunga Asoka mempunyai batang yang keras.
Baca Juga :  Budidaya Jambu Kristal Yang Baik Dan Tepat Bagi Pemula

Metode Penanaman Asoka

Bila kamu tertarik buat menanam bunga Asoka dihalaman rumah, berikut merupakan metode menanam bunga Asoka yang bisa kamu peruntukan panduan:


  • Persiapan Bibit

Terdapat 2 kegiatan memperoleh bibit tumbuhan bunga Asoka. Ialah dengan metode stek serta pula dengan metode cangkok.

Indukan tumbuhan Asoka yang hendak kamu stek ataupun cangkok harusnya indukan yang produktif serta berbunga menawan supaya watak yang sama diwariskan pula kepada tumbuhan yang hendak kamu tanam nanti.

Buat stek, tipe batang yang dapat kamu seleksi bagaikan bibit stek haruslah batang yang telah berumur ataupun batang tua. Umumnya batang tua( rempalan) ini berdimensi dekat 15cm.

Bila telah memastikan rempalan, potong batang dengan memakai gunting tumbuhan yang tajam ataupun perlengkapan sejenisnya supaya hasil potongan apik.

Yakinkan perlengkapan potong yang kamu pakai merupakan perlengkapan potong yang bersih serta higienis. Pemakaian perlengkapan potong yang kotor bisa menimbulkan tumbuhan terkena penyakit.

Lekas masukkan rempalan kedalam air supaya kesegaran rempalan tidak menurun saat sebelum kesimpulannya nanti dimasukkan kedalam media semai.

Sama semacam stek, tipe batang yang dapat kamu seleksi buat mencangkok merupakan yang telah berumur.

Sehabis memastikan zona cangkok pada batang, kupas kulit batang zona tersebut hingga dengan memegang susunan cambium batang.

Sehabis mengupas, tutup bagian tersebut dengan kombinasi tanah serta pupuk kandang,

Tutup kombinasi tanah serta kompos dengan plastik ataupun sabut kelapa( bila memakai plastik, yakinkan plastik telah diberikan sebagian lubang buat tempat pangkal serta air keluar).

Ikat tutupan tersebut dengan tali plastic di sisi- sisinyas.Siram dengan air.


  • Penyemaian

Bunga Asoka tercantum tumbuhan yang memerlukan proses penyemaian buat bisa berkembang dengan baik.

Perihal ini dimaksudkan buat membagikan perawatan dan waktu untuk bibit buat menyesuaikan diri dengan area yang baru.

Bila bibit yang barus dipindahkan nyatanya berkembang dengan baik, barulah setelah itu bibit tersebut dipindahkan ke tempat yang di idamkan.

Baca Juga :  Cara Menanam Mawar Agar Berbunga Lebat (Panduan Pemula)

Buat mempersiapkan tempat penyemaian, terdapat sebagian perihal yang wajib disiapkan. Semacam misalnya plastik polybag, tanah gembur, dan pupuk kandang bagaikan pupuk dasar.

Kombinasi dari pupuk kandang serta tanah gembur merupakan 1: 1 ataupun jumlah dari keduanya sama banyak. Berikut sebagian langkah buat sesi penyemaian bunga Asoka:

Masukkan kombinasi tanah serta pupuk kandang kedalam polybag.Sehabis polybag separuh terisi, masukkan bibit yang didapat dari stek.

Buat bibit hasil cangkok, yakinkan tali dan plastik ataupun sabut kelapa yang membungkus tanah serta batang dilepas tetapi jangan sampai tanahnya rontok saat sebelum dimasukkan kedalam polybag.

Masukkan kombinasi tanah serta pupuk kandang hingga pangkal dari stek ataupun cangkokan tertutup serta tanah mengisi penuh polybag.Yakinkan bibit berdiri dengan tegak.

Siram dengan air 1 kali dalam satu hari buat melindungi kelembapan tanah. Kelembaban tanah yang terpelihara hendak menjadikan pangkal berkembang lebih kilat.

Sehabis dekat 2 minggu ataupun daun muda telah mulai berkembang banyak, pindahkan semaian ke tempat yang di idamkan.

Sehabis itu, ayo kita lanjut mengenali metode menanam bunga asoka dengan benar.


  • Penanaman

Tumbuhan bunga Asoka umumnya dijadikan bagaikan tumbuhan hias yang diletakkan di taman rumah.

Tetapi, saat sebelum dipindahkan, perihal yang butuh dicoba merupakan membuat lubang tempat tumbuhan bunga Asoka nantinya ditempatkan.

Pada lubang- lubang ini, kamu dapat memasukkan kombinasi tanah gembur dan pupuk kandang bagaikan media dasar saat sebelum bibit hasil semaian tumbuhan bunga Asoka dimasukkan kedalam lubang.

Sama semacam pada dikala penyemaian, bibit yang baru dipindahkan wajib berdiri dengan tegak jangan hingga miring sebab hendak pengaruhi wujud dari tumbuhan bunga Asoka dikala berkembang nanti.

Waktu penanaman yang pas merupakan pada dikala pagi ataupun sore hari.,sebab dikala itu matahari lagi bersinar dengan terik yang hendak pengaruhi kelembapan dan temperatur tanah.

Pada pagi ataupun sore hari, kelembapan dan temperatur tanah tidak setinggi pada dikala siang hari sehingga sangat sesuai untuk bibit tumbuhan bunga Asoka buat menyesuaikan diri.

Sehabis penanaman dicoba, yang butuh kamu jalani berikutnya merupakan menyiramnya dengan air. Upayakan air yang digunakan buat menyiram merupakan air yang mengalir ataupun air yang bersih.

Air yang keruh ataupun kotor memiliki banyak kuman ataupun bibit- bibit penyakit yang dapat menulari bibit tumbuhan bunga Asoka yang kamu tanam sehingga tidak berkembang secara maksimal cocok kemauan kamu.

Satu perihal yang wajib dicermati tentang tumbuhan bunga Asoka merupakan pasokan dari cahaya matahari yang didapatkannya.

Tumbuhan bunga Asoka wajib memperoleh cahaya matahari yang lumayan supaya proses fotosintesis dari tumbuhan bunga Asoka tidak tersendat serta proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berjalan dengan optimal.

Baca Juga :  Cara Merawat Bunga Aster dengan Mengenal Morfologi dan Syarat Tumbuhnya

Perawatan Tanaman Asoka

Tidak hanya metode menanam bunga Asoka yang gampang, metode perawatan tumbuhan bunga Asoka juga tercantum sangat gampang buat dicoba.

Sebagian perihal yang dapat dicoba dalam perawatan tumbuhan bunga Asoka.


  • Pupuk lanjutan

Tumbuhan bunga Asoka umumnya diberikan pupuk lanjutan sehabis satu bulan dipindahkan dari media semai ke lahan tanam.

Tetapi yang wajib kamu perhatikan disini merupakan tipe pupuk yang hendak digunakan bagaikan pupuk lanjutan. Upayakan kamu memakai pupuk daun bukan pupuk buah.

Sebab bila salah membagikan pupuk, telah bisa ditentukan tumbuhan bunga Asoka yang kamu tanam tidak hendak berkembang secara maksimal.

Semacam namanya, pupuk buah umumnya digunakan bagaikan pupuk lanjutan pada tumbuhan yang buahnya dapat dimakan. Guna dari pupuk ini merupakan memicu tumbuhan buat berbuah lebih banyak serta kilat.

Tidak jauh berbeda dengan pupuk buah, pupuk daun merupakan pupuk yang difungsikan buat memicu tumbuhan meningkatkan banyak daun serta bunga.

Umumnya pupuk bunga memanglah digunakan buat tumbuhan hias yang kelebihannya terletak pada daun ataupun bunga.


  • Penyiangan

Sama semacam tumbuhan yang lain, kamu pula wajib mencermati banyaknya gulma yang berkembang di sekitaran tumbuhan bunga Asoka.

Penyiangan gulma ini sangat berarti sebab gulma tercantum tumbuhan liar yang sangat beresiko untuk tumbuhan yang kamu tanam.

Mereka bisa mengambil nutrisi yang terletak di dalam tanah yang diperlukan oleh tumbuhan yang ditanam serta umumnya hama- hama yang bisa melanda tumbuhan senantiasa bersembunyi dibalik gulma.

Tidak hanya dari kedua aspek tersebut, sebab tumbuhan bunga Asoka tercantum tumbuhan hias, keberadaan dari gulma secara otomatis hendak kurangi keelokan dari tumbuhan bunga Asoka yang kamu tanam.

Cara Menanam Bunga Asoka dan Perawatannya Bagi Pemula (Sukses)


Masa Berbunga Asoka

Tumbuhan bunga Asoka umumnya telah mulai berbunga pada dikala merambah masa penghujan dimana salah satu faktornya merupakan kelembapan tanah yang terpelihara pada dikala itu.

Bunga Asoka yang tumbuh serta mekar umumnya dapat bertahan hingga dengan 3 bulan.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bunga Asoka Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5