Cara Menanam Buncis : Trik Penanaman, Perawatan dan Panen hasil Maksimal(Sukses)

4 min read

Cara Menanam Buncis : Trik Penanaman, Perawatan dan Panen hasil Maksimal(Sukses)
0
()

Cara Menanam Buncis : Trik Penanaman, Perawatan dan Panen hasil Maksimal(Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Buncis.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Buncis : Trik Penanaman, Perawatan dan Panen hasil Maksimal(Sukses)


Kacang buncis ataupun buncis ialah tumbuhan sayur- mayur buah semusim yang tercantum dalam kelompok kacang- kacangan ataupun leguminosa.

Buncis dalam bahasa latin diucap Phaseolus vulgaris, buah, biji serta daunnya dimanfaatkan bagaikan bahan sayur- mayur.

Di Indonesia ada 2 type tumbuhan buncis, ialah jenis merambat serta type tegak. Tumbuhan buncis jenis tegak mempunyai batang yang pendek serta tidak membutuhkan lanjaran.

Besar tumbuhan buncis jenis tegak cuma dekat 60– 70 centimeter, sama persis semacam tumbuhan kacang hijau ataupun kacang kedelai.

Sebaliknya jenis buncis merambat tingginya dapat menggapai 3 m serta wajib memakai lanjaran pada budidayanya.

Tumbuhan buncis banyak ada dihampir seluruh daerah di Indonesia, paling utama pada daerah- daerah sentra sayur- mayur serta pada wilayah dataran besar.

Tumbuhan kacang buncis tercantum tumbuhan yang mempunyai tingkatan menyesuaikan diri yang baik terhadap hawa serta area.


Ketentuan Berkembang Tumbuhan Buncis

Tumbuhan buncis secara universal dapat berkembang disemua dataran, baik dataran rendah, dataran menengah ataupun dataran besar cocok dengan tipe varietasnya.

Tumbuhan ini bisa dibudidayakan pada seluruh tipe tanah, semacam tanah lempung, tanah liat berpasir ataupun tipe tanah yang lain, dengan ketentuan tanah tersebut banyak memiliki faktor hara.

Kacang buncis memerlukan cahaya matahari secara penuh sejauh hari. Temperatur maksimal buat perkembangan serta pertumbuhan tumbuhan buncis antara 20 sampai 25 derajat celcius.

Buncis dapat ditanam pada masa hujan ataupun kemarau, membutuhkan pengairan yang cukup tetapi tidak menggemari tanah yang sangat becek. pH tanah yang sesuai buat tumbuhan buncis antara 5, 0 sampai 6, 5.

Buncis ataupun Phaseolus vulgaris ialah sayur- mayur buah yang tercantum kedalam kelompok leguminosa. Budidaya buncis sesuai dicoba di dataran lagi sampai besar.

Baca Juga :  Tanaman Buncis : Klasifikasi, Morfologi, Gizi dan Manfaatnya

Ketinggian sempurna untuk tumbuhan ini merupakan 1000- 1500 m dari permukaan laut dengan temperatur 20- 25oC. Tetapi, budidaya buncis masih dapat dicoba di dataran rendah sampai 400 m dari permukaan laut.


Tahapan Cara Menanam Buncis


  • Persiapan Bibit Unggul Buncis

Tahapan awal dari metode menanam buncis merupakan memilah bibit unggulnya. Dengan memilah bibit unggul dari buncis, mungkin buat memperoleh tumbuhan buncis yang bermutu pula terus menjadi besar.

Butuh dikenal kalau buncis mempunyai varian bersumber pada metode tumbuhnya. Terdapat buncis yang berkembang tegak serta terdapat pula yang berkembang dengan metode merambat. Tentukanlah selera Kamu.

Oleh sebab di postingan ini hendak condong menguraikan metode menanam buncis dengan media pot, hingga dianjurkan buat menanam benih buncis yang bisa berkembang tegak dengan memikirkan luas media tanamnya.

Buat memperoleh bibit unggul dari tumbuhan buncis, Kamu bisa berupaya langkah- langkah berikut ini:

    • Memilih buncis yang berasal dari tumbuhan induk yang sehat
    • Petiklah buah yang mempunyai dimensi yang optimal
    • Pisahkan antara buncis yang sehat dengan yang terluka ataupun cacat
    • Memilih yang wujudnya seragam dengan besar yang sama
    • Jemur sepanjang satu hingga 2 hari di dasar cahaya matahari
    • Kupaslah kulit buah buncis yang masih melekat ataupun yang masih melapisinya
    • Ambil biji di bagian dalamnya bagaikan benih
    • Simpan di dalam botol ataupun toples, ataupun wadah yang tertutup
    • Tutuplah dengan abu kayu

Dengan menjajaki langkah tersebut diyakini kalau benih buncis bisa bertahan dengan lebih lama, ialah 6 bulan ataupun lebih.

  • Persiapan Media Tanam

 Saat sebelum mempersiapkan media tanamnya, Kamu juga butuh mengenali terebih dulu ketentuan berkembang dari tumbuhan buncis ini sehingga usaha dalam menanam buncis tidak percuma.

Bersumber pada ketentuan berkembang, Kamu bisa memilah media tanam semacam apa yang sangat pas buat menanam benih buncis yang Kamu miliki.

Berikut ini merupakan media tanam yang sering digunakan buat menanam buncis di pot:

  • Tanah gembur serta kaya faktor hara
  • Pupuk kandang ataupun kompos
  • Sebagian pot yang sudah diberi lubang di bagian dasar berdimensi sedang
  • Cetok
  • Air secukupnya

Bila Kamu telah mempersiapkan media tanam dengan lengkap, hingga Kamu telah bisa bergeser ke tahapan selanjutnya, ialah menanam benih buncis.

  • Menanam Benih Buncis

Di dikala Kamu telah mempunyai media tanam serta benih buncis yang siap buat ditanam, hingga perihal itu menunjukkan kalau Kamu telah siap buat mengawali metode menanam buncis.

Baca Juga :  Cara Menanam Kacang Kapri : Teknik Tepat Perawatan dan Masa Panennya

Bagaikan sesi dini menanam buncis, perihal ini bisa Kamu jalani dengan gampang dengan menjajaki langkah- langkah berikut ini:

    • Gabungkan tanah serta pupuk kandang ataupun kompos dengan perbandingan 1: 1
    • Masukkan ke dalam pot serta memenuhi sebanyak¾ bagian pot
    • Buatlah lubang di bagian tengah
    • Masukkan dekat 2 biji benih buncis
    • Timbun dengan tanah
    • Padatkan tanah sampai rata secara perlahan
    • Siram dengan air seperlunya secara lembut
    • Letakkan di tempat dengan keseriusan sinar matahari yang cukup
    • Pantaulah perkembangan benih buncis
    • Sedikit data, kalau buncis umumnya mulai berkecambah pada umur 3 hingga 7 hari sehabis proses tanam.

Perawatan Tumbuhan Buncis

Walaupun buncis tercantum tumbuhan yang bisa berkembang dengan gampang, tetapi Kamu wajib mengimbangi dengan perawatan yang maksimal bagaikan upaya buat menjauhi kandas panen terhadap tumbuhan buncis.

Berikut ini merupakan panduan menjaga buncis yang bisa Kamu terapkan buat memperoleh tumbuhan buncis yang sehat serta bermutu.

  • Penyiraman

Walaupun tumbuhan buncis diketahui dengan watak toleran yang besar terhadap keadaan tanah yang kering, tetapi jangan kurang ingat buat senantiasa melindungi pasokan air dalam tanah.

Penyiraman terhadap tumbuhan buncis butuh dicoba tiap 2 kali satu hari dengan air seperlunya, ialah pada pagi hari serta sore hari di masa dini tanam.

Berikutnya, bila tumbuhan buncis telah mulai berkembang hingga Kamu butuh kurangi frekuensi penyiraman, ialah satu kali satu hari.

Dapat Kamu jalani di pagi hari saja ataupun di sore hari saja. Yakinkan pula kalau pasokan air yang Kamu bagikan pada tiap pot tidak kelewatan sebab bisa menimbulkan pembusukan.

Dalam menyiram, Kamu pula butuh mencermati drainase ataupun pengairannya, yang dalam perihal ini merupakan lubang- lubang yang terdapat di bagian dasar pot.

Jangan hingga pot Kamu tidak mempunyai lubang sebab hendak membatasi saluran air dalam pot. Bila perihal itu terjalin, hingga tumbuhan hendak kilat mati ataupun layu.

  • Pemupukan

Pemberian pupuk sehabis proses penanaman sangat berarti buat dicoba guna mendukung perkembangan buncis dengan maksimal.

Kala tumbuhan buncis telah tiba umur 2 minggu semenjak masa penyemaian, berikanlah pupuk NPK serta pupuk bokashi dengan takaran 2 sendok makan.

Berikutnya, bila benih buncis telah berkembang, Kamu bisa menaikkan takaran pupuk sebanyak 3 sendok makan.

  • Penyiangan

Penyiangan ialah salah satu metode menjaga tumbuhan buncis dengan memberantas gulma ataupun tumbuhan liar yang terdapat di dekat tumbuhan buncis.

Baca Juga :  Inilah Cara Menanam Melon di Pot Yang Tepat dan Mengenal Jenis serta Morfologinya

Perihal ini dicoba bagaikan upaya buat menjauhi persaingan penyerapan nutrisi dalam tanah antara tumbuhan liar serta tumbuhan buncis.

Penyiangan butuh dicoba tiap 2 minggu sekali ataupun kala Kamu mengalami tumbuhan liar tersebut telah mulai berkembang, bagaikan upaya supaya perkembangan tumbuhan buncis tidak tersendat.

  • Pemasangan Tiang Rambat

Pemasangan tiang rambat cuma dicoba bila Kamu memilah buat menanam varietas buncis dengan metode berkembang merambat.

Tiang rambat bermanfaat bagaikan tempat rambat tumbuhan buncis, mengingat tumbuhan buncis bisa merambat dengan menggapai ketinggian 3 m.

Cara Menanam Buncis : Trik Penanaman, Perawatan dan Panen hasil Maksimal(Sukses)

Proses Panen Tumbuhan Buncis

Buncis merambah masa panen kala telah menggapai umur 50 hingga 60 hari semenjak penanaman dicoba. Sebagian identitas tumbuhan buncis yang telah siap panen merupakan bagaikan berikut:

  • Dimensi buah maksimal
  • Tekstur buah padat
  • Rupanya buncis berganti bila dibanding dengan buncis yang masih muda
  • Telah berkembang bunga

Bila segala identitas tersebut terdapat pada tumbuhan buncis yang Kamu tanam, hingga ini berarti tumbuhan Kamu telah siap panen. Dalam memanen, lakukanlah tahapan berikut ini:

  • Potonglah buncis yang menggantung dengan perlengkapan potong semacam gunting
  • Yakinkan bunga buncis tidak terjatuh
  • Kumpulkan buncis di suatu keranjang panen
  • Masukkan ke dalam kulkas ataupun simpan di tempat yang tidak lembab serta tidak terserang cahaya matahari.

Pada umur 25– 30 hari sehabis tanam, tumbuhan buncis telah mulai berbunga. Serta kacang buncis telah dapat dipanen pada umur 45 ataupun 50 hari sehabis tanam, bergantung varietas yang digunakan.

Buah buncis siap panen merupakan buah yang tidak sangat muda serta tidak terlelu tua. Pemanenan buncis dapat dicoba tiap 2 hari sekali, serta dapat dipanen tiap hari bila budidaya dicoba dalam skala besar.

Terlebih bila budidaya dimusim penghujan, buah buncis lebih kilat besar. Dalam satu masa tanam, buncis dapat dipanen 20 sampai 25 kali, bergantung keadaan tumbuhan serta metode penjaannya.

Budidaya buncis pada masa kemarau umumnya tumbuhan lebih cepat menua serta masa panen lebih pendek.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Buncis Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5