Cara Menanam Buah Tin Yang Mudah Dan Cepat Berbuah Bagi Pemula

5 min read

Cara Menanam Buah Tin Yang Mudah Dan Cepat Berbuah Bagi Pemula
0
()

Cara Menanam Buah Tin Yang Mudah Dan Cepat Berbuah Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Buah Tin.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Buah Tin Yang Mudah Dan Cepat Berbuah Bagi Pemula


Tumbuhan buah tin ataupun yang diketahui dengan nama latin Ficus Carica ialah buah asli negeri Arab. Sebab seperti itu tumbuhan buah tin tercantum tumbuhan yang tahan terhadap cuaca panas.

Serta tidak hanya Arab, buah tin pula bisa ditemui di Negeri yang lain semacam Eropa, Amerika, Australia, Afrika serta Asia.

Buahnya bernama sama. Nama“ Tin” ini pula diambil dari bahasa Arab, pula diketahui dengan nama“ Ara”( buah ara ataupun pula tumbuhan ara).

Sebaliknya di dalam bahasa Inggris diucap bagaikan“ fig” yang sesungguhnya masih tercantum saudara dari tumbuhan beringin dari dari genus yang sama, ialah Ficus.

Buah tin tercantum salah satu buah yang mempunyai banyak isi serta kaya hendak khasiat. Sebut saja semacam isi Coumarin yang bisa menghindari datangnya penyakit kanker Prostat.

Tidak hanya itu, buah tin pula nyatanya mempunyai isi kalsium yang lumayan besar sehingga bisa menghindari penyakit Osteoporosis serta menaikkan tingkatan kepadatan tulang kamu.


Syarat Tumbuh Buah Tin

Tumbuhan buah tin bisa berkembang pada temperatur 21– 27 derajat C dengan keadaan curah hujan lagi dengan kelembapan besar.

Tumbuhan buah tin memerlukan cahaya matahari penuh sejauh hari buat perkembangan, perkembangkan tumbuhan, dan proses pematangan buah.

Keadaan media tanam yang lembap dengan drainase baik ialah tipe media tanam yang disukai oleh buah tin.

Idealnya, tumbuhan ini hendak berkembang baik bila ditanam di tanah liat berdrainase baik dengan banyak bahan organik. Tetapi demikian, tumbuhan ini pula masih bisa mentolerir tanah yang miskin hara.

Tumbuhan buah tin bisa berkembang baik pada tanah yang sedikit asam( pH 6, 0– 6, 5), namun tumbuhan ini masih bisa tumbuhb baik pada pH 5, 5– 8, 0.


Metode Menanam Buah Tin


  • Metode Memperoleh Bibit Buah Tin

Bibit buah tin dapat didapatkan dengan 2 metode. Ialah dengan stek serta dengan cangkok. Serta berikut merupakan metode buat memperoleh bibit dari 2 metode tersebut:

    • Stek
Baca Juga :  16 Manfaat Leunca untuk Kesehatan dari Anti Kanker hingga Anti Rabies Yang Jarang di Ketahui

Berikut ini merupakan metode menanam buah tin dengan metode stek:

Memilih batang dari tumbuhan tin yang telah berusia. Salah satu metode kamu membedakan batang yang tua serta yang masih muda merupakan dari rupanya. Batang yang telah tua bercorak cokelat ataupun ungu.

Tidak hanya corak, metode kamu mengenali batang yang telah tua merupakan dari dimensi batang tersebut. Umumnya dimensi batang yang telah tua berdiameter 10- 15cm.

Sehabis batang telah didetetapkan, potong miring batang tersebut.

Sehabis batang di potong, batang dapat langsung di pindahkan ke tempat persemaian. Umumnya, tempat persemaian merupakan polybag yang diisi oleh sabut kelapa serta pasir.

Siram bibit tumbuhan buah tin secara teratur pagi serta sore hari buat melindungi kelembapan tanah.

Sehabis 30 hari, umumnya hendak mulai berkembang batang muda dan daun- daun pada bibit stek tersebut. Bila telah semacam itu, kamu dapat memindahkannya ke tempat lain.

    • Cangkok

Berikut ini merupakan metode menanam buah tin dengan cangkok

Perlengkapan yang dibutuhkan buat tehnik ini merupakan: plastik transparan, sabut kelapa, serta tali plastik.Pada metode cangkok terdapat sedikit perbandingan dalam memilah batang dari tehnik stek.

Metode menanam buah tin dengan metode okulasi, batang yang diseleksi merupakan batang yang masih muda yang umumnya masih berkulit hijau sebab hendak lebih kilat berkembang bila dibanding dengan batang yang telah tua.

Bilas batang yang hendak di cangkok dari batang serta daun muda.Kupas sedikit batang pada zona yang hendak dicangkok.

Balutkan batang yang hendak di cangkok dengan sabut kelapa buat berikutnya di bungkus dengan plastik transparan.Panjang batang yang dicangkok umumnya dekat 10- 15 centimeter.

Ikat tiap- tiap ujung plastik dengan tali plastik.Bagikan sebagian lubang pada plastik pembungkus supaya air yang nanti disiramkan bisa keluar serta tidak menggenang didalam plastik.

Siram cangkokan pagi serta sore hari.Sehabis 40 hari, umumnya hendak timbul batang- batang muda ataupun anakan dari lubang- lubang plastik yang menunjukkan cangkokan telah siap buat dipindahkan.

  • Penanaman

Tumbuhan buah tin merupakan salah satu tumbuhan yang bisa berkembang besar. Tercatat terdapat sebagian tumbuhan yang dapat berkembang hingga 35 m.

Tetapi pasti saja, buat memperoleh buah tin yang bermutu, terdapat sebagian perihal yang wajib dipersiapkan dari zona tanam. Sebagian perihal tersebut merupakan:

Tumbuhan buah tin tercantum tumbuhan yang hidup di tempat yang panas sehingga upayakan zona tanam yang hendak kamu tanami tumbuhan buah tin merupakan zona yang terserang cahaya matahari secara langsung serta optimal.

Perkembangan tumbuhan buah tin hendak maksimal bila tumbuhan buah tin ditanam pada akhir masa penghujan saat sebelum masuk masa kemarau.

Lubangi tanah pada tempat yang hendak ditanami tumbuhan buah tin seukuran polybag tempat bibit tumbuhan buah tin di semai.

Baca Juga :  Budidaya Buah Tin : Teknik Mudah Penanaman dan Perawatan Agar Cepat Berbuah Lebat

Perkenankan lubang yang telah terbuat sepanjang 3 hari saat sebelum kesimpulannya ditanami bibit tumbuhan buah tin.

Masukan pupuk kandang ke dasar lubang bagaikan pupuk dasar,Masukan bibit serta timbun kembali dengan tanah.

Bibit tumbuhan buah tin yang telah dapat dipindahkan dari persemaian umumnya merupakan bibit yang telah setinggi 60cm, berdaun sempurna, serta berbatang tegak dengan diameter 1 centimeter.


Menanam Tumbuhan Buah Tin Dalam Pot

Tumbuhan buah tin tidak cuma dapat ditanam di zona terbuka tetapi nyatanya pula dapat ditanam didalam pot. Serta berikut merupakan metode menanam buah tin didalam pot:

Siapkan pot dengan dimensi diameter 50cm serta besar dekat 60cm.

Upayakan pot yang hendak digunakan merupakan pot yang dibuat dari tanah liat sebab bisa melindungi kelembapan tanah dengan lebih baik dibanding pot yang dibuat dari plastik.

Pot yang diseleksi wajib mempunyai dasar yang berlubang yang bermanfaat bagaikan jalur untuk air supaya tidak menggenang di dalam pot,

Masukkan pecahan genting ataupun batu didasar pot saat sebelum dimasukkan media tanam.Media tanam yang biasa digunakan umumnya terdiri dari tanah, sekam, serta sabut kelapa dengan perbandingan 1: 1: 1.

Sama semacam menanam pada zona terbuka, bibit yang telah dapat dipindahkan dari media semai kedalam pot merupakan bibit yang telah setinggi 60cm, berdaun sempurna, serta berbatang tegak dengan diameter 1 centimeter.

Sehabis media tanam terisi separuh besar pot, masukkan bibit tumbuhan pas ditengah pot saat sebelum ditimbun kembali oleh media tanam hingga memegang bibir pot.


Perawatan Tanaman Buah Tin

Supaya bisa berkembang serta berbuah secara optimal, hingga tumbuhan buah tin yang kamu tanah wajib diperlakukan sebagaimana perlakuan yang didapatnya di tempat asal mereka di negeri Arab. Serta sebagian perawatan tersebut merupakan:

  • Cahaya Matahari Yang Cukup

Tumbuhan buah tin merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah yang panas, tandus dan memperoleh cahaya matahari secara optimal.

Buat itu, bila kamu mau memperoleh buah tin yang bermutu baik, yakinkan tumbuhan buah tin kamu memperoleh cahaya matahari yang lumayan.

  • Penyiraman

Penyiraman merupakan perihal berarti yang lain yang wajib dicermati bila mau tumbuhan buah tin kamu berkembang secara optimal.

Alasannya, tumbuhan buah tin tercantum tumbuhan yang tidak butuh sangat kerap disiram. Apalagi terdapat dikala dimana tumbuhan buah tin ini tidak butuh disiram sama sekali.

Semacam misalnya pada dikala masa penghujan datang.Bila telah merambah masa kemarau, tumbuhan buah tin cuma butuh disiram 4 hari sekali.

Meski semacam itu, tumbuhan buah tin yang ditanam pada masa kemarau mempunyai mungkin panen lebih kilat bila dibanding dengan tumbuhan buah tin yang ditanam pada masa penghujan.

  • Pemupukan

Pada dini penanaman, tumbuhan buah tin cuma membutuhkan pupuk dasar serta pula pupuk daun dengan dosis yang disesuaikan dengan besarnya tumbuhan.

Baca Juga :  Budidaya Buah Naga : Proses, Pembibitan, Pengolahan, Pemeliharaan Dan Panen

Manfaatnya pupuk daun ini merupakan buat memicu perkembangan dari tumbuhan buah tin.

Bila telah merambah umur 2 tahun ataupun lebih, tumbuhan buah tin dapat diberikan pupuk kandang yang hendak memesatkan pembuahan buah tin.

  • Penindakan penyakit serta hama

Salah satu penyakit tumbuhan buah tin bisa dilihat dari daunnya. Tumbuhan yang terkena penyakit umumnya berdaun menguning, kering, serta berguguran.

Yang kamu bisa jalani bila tumbuhan buah tin kamu hadapi perihal yang sama merupakan dengan memangkas daun yang terserang penyakit.

Sebab bila dibiarkan, penyakit tersebut dikhawatirkan hendak menyebar sebab tercantum penyakit yang kilat meluas sampai kesimpulannya segala daun pada tumbuhan hendak mati serta berguguran.

Tidak hanya penyakit pada daun, terdapat pula hama yang umumnya melanda pada batang tumbuhan buah tin.

Hama ini umumnya diketahui dengan nama hama penggerek yang senantiasa membuat batang tumbuhan tin jadi keropos kemudian gampang patah.

Salah satu metode buat bisa mengatasinya merupakan dengan menyuntikan obat tumbuhan pada bagian batang tumbuhan buah tin.


Cara Menanam Buah Tin Yang Mudah Dan Cepat Berbuah Bagi Pemula

Sesi Panen Buah Tin

Panen Tumbuhan buah Tin bisa dicoba kala tumbuhan ini merambah umur tanam 1 tahunan sehabis tanam. Serta bila hawa merambah masa panas hingga buah hendak terus menjadi kilat banyak serta kilat tua buat di panen.

Semenjak pentil buah timbul sampai bisa dipanen, buah tin membutuhkan waktu 30– 40 hari.

Ada pula identitas buah tin yang siap panen merupakan bagaikan berikut:

Kulit buah tin ungu siap panen bercorak ungu tua sampai ungu kehitaman, sebaliknya kulit buah tin hijau dikala masak bercorak hijau kekuninga sampai kuning.

Kulit buah mengilap serta buah mulai terasa lunak dikala ditekan dengan jari.

Buah menggantung dengan panghkal buah melengkung ke dasar terus menjadi mendekati batang, seolah- olah tangkai buah nyaris tidak mampu menahan bobot buah.

Bila nektar buah telah timbul pada ujung buah hingga buah wajib segara dipanen.

Pemanen buah tin dicoba dengan memotong tangkai buah yang dekat dengan batang memakai pisau ataupun gunting yang tajam buat menjauhi kehancuran pada buah.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Buah Tin Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read