Cara Menanam Buah Ceremai Dan Perawatannya Agar Berbuah Lebat

3 min read

Cara Menanam Buah Ceremai Dan Perawatannya Agar Berbuah Lebat
0
()

Cara Menanam Buah Ceremai Dan Perawatannya Agar Berbuah Lebat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Buah Ceremai.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Buah Ceremai Dan Perawatannya Agar Berbuah Lebat


Tumbuhan buah cerme,cermai atau ceremai ataupun yang biasa diucap dengan nama ilmiahnya Phyllanthus acidus L. Ialah tipe tanaman yang pohonnya mempunyai wujud tumbuhan yang cukup besar.

Cermai ialah tumbuhan tropikal serta subtropikal. Asalnya belum dikenal secara tentu, tetapi sebaran cermai bisa ditemui di segala daratan Asia serta Karibia, dan Afrika Tengah serta Amerika Selatan.

Oleh karena itu, banyak pakar menebak buah cermai berasal Madagaskar. Tidak hanya di wilayah yang sudah disebutkan, cermai pula berkembang di Asia Selatan.

Bagi Eduardo Quisumbing, seseorang pakar hayati asal Filipina, tumbuhan cermai tersebar ke Filipina pada masa pra sejarah.

Tumbuhan ini setelah itu menyebar di Laut India sampai ke Reunion serta Mauritius, dan kawasan Pasifik serta Hawaii.

Tumbuhan cermai menggapai Karibia pada tahun 1793, kala seseorang angkatan laut asal Inggris bernama William Bligh membawanya dari Timor ke Jamaika.


Morfologi Tumbuhan Ceremai

Tumbuhan cermai tercantum tipe tumbuhan perdu. Pohonnya kecil serta ramping, tetapi bisa berkembang menggapai ketinggian 9 m.

Batangnya bercabang- cabang rendah serta renggang. Bila dilihat sekilas, wujud pohonnya nyaris sama dengan tumbuhan belimbing wuluh.

Baca Juga :  Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Mudah Untuk Pemula

Daun cermai berjenis daun tunggal, wujudnya bundar telur dengan bagian ujung yang meruncing. Panjang daunnya dekat 2 centimeter hingga 7 centimeter.

Daun cermai berkembang secara tersusun pada ranting menyamai daun majemuk dengan tekstur menyirip. Tumbuhan cermai menciptakan bunga berkelamin ganda. Corak bunganya merah serta tersusun sampai 12 bunga.

Buah cermai tercantum ke dalam tipe buah batu, wujudnya bundar, bercorak kuning ataupun hijau pucat agak keputihan serta terlihat semacam mempunyai susunan parafin.

Dimensi buah cerme kecil dengan diameter dekat 2, 5 centimeter.Buah cermai berkembang secara tergantung pada ranting, tetapi terdapat pula yang dalam wujud untaian.

Daging buah cermai bercorak keputihan, berair serta rasanya masam. Pada bagian tengah buah, teksturnya agak keras serta ada butiran biji yang berjumlah 4 hingga 6 biji.


Metode Langkah Menanam Buah Ceremai


  • Proses Persiapan Bibit Tanaman

Perihal utama yang butuh dicermati dalam melaksanakan budidaya tumbuhan buah cermai merupakan dengan melaksanakan tahapana pada proses persiapan bibit tumbuhan.

Tumbuhan buah cermai bisa dicoba perbanyakan dengan metode tempelan, biji serta pula pencangkokan tumbuhan. Tetapi yang kerap banyak dicoba merupakan dengan memakai metode cangkok.

Perihal tersebut disebabkan bibit yanng diperbanyak dengan metode mencangkok lebih gampang dicoba serta tumbuhan kilat berkembang.

  • Proses Persiapan Lahan Tanam

Sehabis melaksanakan tahapan proses persiapan bibit tumbuhan dalam budidaya tumbuhan buah cermai, perihal berikutnya yang butuh dicermati pula merupakan pada proses persiapan lahan tanam.

Ada pula langkah– langkah yang bisa dicoba buat melakkukan proses persiapan lahan tanam dalam budidaya tumbuhan buah cermai merupakan bagaikan berikut:

Saat sebelum lahan diguakan buat menanam tumbuhan buah cermai, terlebih dulu lahan wajib dibersihkan dari gulma ataupun tumbuhan liar yanng mengusik yang lain.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Menanam Coklat Dan Perawatannya Agar Selalu Berbuah Lebat

Gemburkanlah lahan tanam dengan metode mencangkul maupun membajaknya.Buatlah lubang tanam dengan dimensi lubang tanam dekat 50 centimeter x 50 centimeter x 50 centimeter.

Diamkanlah lubang tanam yang sudah terbuat dalam kurun waktu dekat 1 minggu, perihal tersebut bertujuan buat melenyapkan toksin yang terdapat.

Persiapkan media tanam berbentuk kombinasi tanah dengan pupuk kandang maupun pupuk kompos yang telah difermentasikan serta sekam.

Setelah itu jemurlah media tanam tersebut yang nantinya hendak digunakan buat menutup lubang tanam.

  • Proses Penanaman Tanaman

Sehabis melaksanakan tahapan proses persiapan lahan tanam dalam budidaya tumbuhan buah cermai, perihal berikutnya yang butuh dicermati pula merupakan pada proses penanaman tumbuhan.

Ada pula langkah– langkah yang bisa dicoba buat melakkukan proses penanaman tumbuhan dalam budidaya tumbuhan buah cermai merupakan bagaikan berikut:

Lepaskanlah polybag bibit tumbuhan dengan metode lama- lama jangan hingga mengganggu bagian pangkal tumbuhan.

Masukanlah bibit pada lubang tanam yang sudah dipersiapkan dengan posis tegak lurus, setelah itu timbun lubang tanam dengan memakai media tanam yang sudah disiapkan.

Berikutnya, lakukanlah penyiraman dengan seperlunya.

Buatlah ajir yang bermanfaat bagaikan penopang bibit tumbuhan biar tidak gampang roboh, ajir bisa terbuat dengan memakai bilah bambu dengan dimensi pnajang ajir dekat 1, 5 m.

Cara Menanam Buah Ceremai Dan Perawatannya Agar Berbuah Lebat


Perawatan Tanaman Ceremai

Sehabis melaksanakan tahapan proses penanaman tumbuhan dalam budidaya tumbuhan buah cermai, perihal berikutnya yang butuh dicermati pula merupakan pada tahapan akhir ialah pada proses perawatan tumbuhan.

Proses perawatan tumbuhan dalam budidaya tumbuhan buah cermai bisa dicoba dengan metode: penyiraman, penyiangan, pemupukan serta pemberian hormon perangsang tumbuhan.

Penyiraman dicoba secara teratur dengan keseriusan penyiraman dekat 1 hingga dengan 2 kali dalam satu hari.

Penyianga bisa dicoba bila ada gulma ataupun tumbuhan liar yang lain yang berkembang disekitar tumbuhan buah cermai, penyiangan dicoba dengan tujuan supaya rumput ataupun tumbuhan liar tidak merebut nutisi yang terdapat pada tanah tersebut.

Baca Juga :  Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Serta Mengenal Kandungan Kimianya

Pemupukan bisa dicoba dengan membagikan tipe pupuk NPK ataupun pula bisa memakai pupuk kandang maupun pupuk kompos, pemupukan bisa dilaukan secara teratur dengan keseriusan pemberian pupuk dekat 1 bulan sekali.

Sebaliknya pemberian hormon perangsang tumbuhan diberikan dengan tujuan buat memesatkan proses perumbuhan bunga serta buah pada tumbuhan buah cermai.

Pemberian hormon perangsang bisa diberikan secara ruitin dengan keseriusan pemberian hormon perangsang dekat 7 hingga dengan 10 hari sekali

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Buah Ceremai Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5