Cara Menanam Binahong Merah Dengan Stek Mudah Dan Praktis Untuk Pemula

3 min read

Cara Menanam Binahong Merah Dengan Stek Mudah Dan Praktis Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Binahong Merah Dengan Stek Mudah Dan Praktis Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Binahong Merah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Binahong Merah Dengan Stek Mudah Dan Praktis Untuk Pemula


Binahong merah( Bassela rubra linn) merupakan salah satu tumbuhan obat yang bisa berkembang pada wilayah dataran rendah serta dataran besar dan mempunyai banyak manfaat menyembuhkan bermacam penyakit.

Tumbuhan binahong mempunyai identitas ialah berkembang menjalar dengan panjang sampai menggapai dekat 10 m lebih. Akarnya berupa rimpang.

Batang tumbuhan binahong ini lunak, berupa silindris, silih membelit, bercorak kemerahan dengan permukaan halus, bila telah tua batang tanamannya hendak berganti jadi sedikit membeku serta mempunyai corak putih kumal.

Daun binahong keluar dari tiap novel pada batang tumbuhan, daunnya tunggal bercorak hijau, bertangkai sangat pendek, tersusun berseling, mempunyai wujud semacam jantung( cordata).

berujung runcing, pangkal berlekuk( emerginatus), mempunyai tepi rata, permukaannya sedikit licin dengan panjang berkisar antara 5 centimeter sampai 13 centimeter.

lebar berkisar antara 3 centimeter sampai 10 centimeter serta tebal daunnya dekat 0, 1- 0, 2 milimeter dan panjang tangkai daunnya berkisar antara 1- 3 centimeter.

Baca Juga :  Daun Balakacida : Mengenal Kandungan dan Manfaat Pentingnya Untuk Kesehatan Yang Jarang di Lirik

Syarat Tumbuh Daun Binahong

Dekat dengan air buat memudahkan penyiraman.Tanah gembur dan banyak memiliki faktor hara( produktif).

Keseriusan sinar matahari dekat 5 jam/ hari.Keasaman tanah ataupun isi ph tanah kurang lebih 5, 5- 7.Apabila kamu memiliki pagar rumah, dapat pula menfaatkannya bagaikan rambatan.


Metode Budidaya Daun Binahong


  • Memastikan posisi tanam

Langkah awal yang wajib dicoba dalam membudidayakan tumbuhan binahong merupakan dengan memastikan posisi tanam yang sesuai.

Tumbuhan binahong ini ialah salah satu tumbuhan yang bisa hidup dengan baik di dataran besar maupun di dataran rendah.

  • Membuat lubang tanam

Apabila kamu menginginkan daun binahong yangbanyak, hingga buatlah lubang tanam yang banyak pula. Dengan metode menggali tanah dengan dimensi 30×3 centimeter dengan kedalaman20- 30 centimeter.

jarak tumbuhan dekat 40 centimeter, setelah itu lubang tumbuhan haruslah diisi pupuk dasar terlebih dulu. Pekaragan rumah yang luas kamu dapat manfaatkan buat menanam tumbuhan binahong.

Tidak hanya itu, disebabkan tumbuhan ini mempunyai watak merambat hingga kamu butuh sediakan rambatan ataupun ajir.

  • Pemberian pupuk dasar

Pemberian pupuk dasar hendak mempengaruhi pada tingkatan kesuburan tumbuhan. Pupuk dasar yang digunakan haruslah kombinasi dari pupuk organic serta pupuk NPK.

Kamu bisa mengenakan pupuk kandang, pupuk kompos ataupun butiran pupuk organic yang dicampur dengan pupuk NPK dengan perbandingan 30( organic): 1( NPK).

Masukkan pupuk tersebut ke dalam lubang tanam serta timbun dengan tanah. Tunggu sebagian minggu supaya pupuk bisa terurai.

  • Persiapan bibit tumbuhan binahong

Sedangkan menunggu pupuk terurai dalam tanah, kamu bisa mempersiapkan bibit binahong. Bibit dapat kamu miliki dengan metode stek dengan memilah dengan batang menjalarnya yang berdimensi lagi.

Potong dengan dimensi panjang dekat 10 centimeter.

Baca Juga :  Cara Budidaya Ulat Sutera Yang Tepat Dan Menguntungkan

siapkan media pembibitan plastik polybaga ataupun gelas plastik sisa air mineral yang diberi lubang pembuangan air. Dengan langkah embibitan bagaikan berikut:

    • Potong sebagian batang menjalar dari tumbuhan binahong dimensi sedang
    • Lubangi tanah pada media pot pembibitan
    • Masukkan bibit batang binahong
    • Serta yakinkan bagian ujung di atas.
    • Tunggu sebagian hari, sampai berkembang tunas baru sehingga siap buat ditanam pada lubang tanam.
  • Penanaman bibit binahong

Metode Budidaya Daun Binahong Di Taman Rumah berikutnya merupakan dengan menanam bibit binahong yang sudah bertunas pada lubang tanam. Berikut langkah yang butuh kamu perhatikan.

    • Lubangi penanaman pupuk dasar sebesar dimensi plastik polybag.
    • Siram lubang tanam dengan insektisida serta fungisida.
    • Keluarkan bibit binahing dari plastik polybag
    • Maukkan pada lubang tanam, timbun dengan tanah disekitar, setelah itu siram.
  • Pemberian rambatan

Disebabkan tumbuhan ini ialah tumbuhan rambat, hingga siapkan kayu serta tali yang bisa dijadikan bagaikan rambatan.

Apabila penanaman dekat dengan pagar rumah, kamu bisa memakainya bagaikan media rambat tumbuhan binahong.

Jauhi merambatkan tumbuhan ini pada tumbuhan lain, semacam jeruk, jambu, rambutan serta yang lain sebab daun binahong yang rimbun bisa membatasi cahaya matahari untuk tumbuhan lain tersebut.

  • Penyiraman tumbuhan binahong

Selanjutnya sirami tumbuhan binahing dekat 5- 7 hari sekali, yakinkan jangan hingga ada air yang menggenang. Apabila sudah masuk masa hujan kamu tidak butuh menyiramnya.

  • Penyiangan

Penyiangan bisa kamu jalani sewaktu- waktu, sebab penanaman binahong cuma kamu tanam dipekarangan rumah.

  • Pemupukan susulan

Apabila kamu penanam dalam skala kesil, pemupukan tidak butuh dicoba. Hendak namun bila penanaman dalam skala besar buat tujuan dijual, hingga pemberian pupuk susulan berarti dicoba buat menaikkan produktifitas.

Baca Juga :  Cara Menanam Lamtoro : Panduan Lengkap Sukses Untuk Pemula

Pemupukan dicoba sehabis tumbuhan merambat pada ajir dengan takaran pupuk NPK 15- 15- 15 dengan perbandingan 1 gelas NPK buat 40 L air.

  • Penganggulangan hama penyakit

Tumbuhan binahong ini lumayan kokoh terhadap bermacam serbuan jamur. Tetapi, hama bisa melanda daun semacam ulat serta kutu daun.

Buat ulat, bagian yang kerap diserbu merupakan pangkal. Sedangkan buat serbuan virus tumbuhan ini lumayan kokoh. apabila nyatanya ada serbuan hama yang berlebih hingga kamu bisa membagikan insektisida.

Cara Menanam Binahong Merah Dengan Stek Mudah Dan Praktis Untuk Pemula

  • Masa panen

Kamu bisa melaksanakan panen daun binahong sehabis berusia 6 bulan, dimana daun binahong sudah berkembang dengan rimbun.

Metode panen daun biahong merupakan dengan memilah daun dimensi besar serta membiarkan yang ukurann kecil terletak di ujung. Keringkan daun tersebut serta kamu dapat menjualnya.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Binahong Merah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5