Cara Menanam Asam Jawa serta Perawatan dan Masa Panennya (Sukses)

2 min read

Cara Menanam Asam Jawa serta Perawatan dan Masa Panennya (Sukses)
0
()

Cara Menanam Asam Jawa serta Perawatan dan Masa Panennya (Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Asam Jawa.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Asam Jawa serta Perawatan dan Masa Panennya (Sukses)


Asam jawa adalah tanaman tropis. Asal- usulnya diperkirakan dari savana Afrika timur di mana tipe liarnya ditemui, salah satunya di Sudan.

Sejak ribuan tahun, tumbuhan ini sudah menjelajahi ke Asia tropis,serta setelah itu pula ke Karibia serta Amerika Latin.

Di banyak tempat yang bersesuaian, tercantum di Indonesia, tumbuhan ini sebagian meliar semacam di hutan- hutan luruh daun serta savana.

Tumbuhan asam bisa berkembang baik sampai ketinggian dekat 1. 000 meter( kadang- kadang sampai 1. 500 meter) dpl, pada tanah berpasir ataupun tanah liat, spesialnya di daerah yang masa keringnya jelas serta lumayan panjang.

Asam jawa, asam ataupun asem ialah salah satu tipe buah yang masam rasanya yang pula biasa digunakan bagaikan kombinasi bumbu dalam banyak masakan Indonesia bagaikan perasa ataupun peningkat rasa asam dalam santapan, misalnya pada sayur asam ataupun kadang- kadang pada kuah pempek.

Asam pula digunakan buat kombinasi jamu tradisional yang dijual oleh penjual jamu keliling, umumnya ibu- ibu yang menggendong bakul dengan botol berisi aneka jamu( jamu gendong).

Baca Juga :  Inilah Jenis Jenis Burung Lovebird Terfavorit dan Cantik Yang Selalu Di Cari

Asam jawa dihasilkan oleh tumbuhan dengan nama ilmiah Tamarindus indica, yang tercantum suku Fabaceae( Leguminosae). Spesies ini merupakan salah satunya anggota marga Tamarindus.


Syarat Berkembang Asam Jawa

Mengunakan tanah serta hawa yang sangat bagus dan sesuai di tanam di tanah yang liat serta pasir.Dapat di tanama di dataran besar serta rendah antara 1000– 1500 meter Dpl.

Dengan curah hujan lebih dari 4000 milimeter.Hendaknya tanah pada tumbuhan ini mempunyai faktor hara serta pH yang cocok buat di tanami.


Metode Menanam Asam Jawa


  • Mempersiapkan Indukan

Tumbuhan indukam haruslah tumbuhan yang sudah berumur lumayan tua.Tumbuhan wajib sehat serta tidak terserang hama ataupun penyakit.

Tumbuhan mempunyai riwayat menciptakan buah yang baik serta kontinue.Tumbuhan induk ialah tumbuhan yang sanggup menciptakan buah bermutu baik.

Keadaan tumbuhan wajib fresh, kuat serta kokoh dan masih produktif.Hendaknya tumbuhan indukan dipeliharan dengan baik hingga dengan masa pencangkokan datang.

1- 2 hari saat sebelum dicangkok hendaknya tumbuhan tidak butuh disiram.

  • Penanaman

Siapkan media tanam serta hendaknya memakai media organik misalnya tanah yang dicampur dengan pupuk kandang, supaya buah yang dihasilkan lebih sehat bila disantap.

Siapkan polybag ataupun pot dimensi lagi setelah itu isi dengan media tanam 1/ 3 bagian.Masukkan bibit cangkokan ke dalam pot serta atur posisi pas di tengah serta tegak.

Tambahkan media tanam sampai penuh dan padatkan di dekat pangkal bibit tumbuhan, supaya tumbuhan tegak berdiri.Siram sampai lumayan basah.

Karantina bibit di tempat yang terbuka serta teduh sepanjang 20 hari.Jalani penyiraman secara teratur, umumnya pada minggu ke 3 tumbuhan telah berkembang produktif.

Berikutnya letakkan bibit pada zona yang terserang sinar matahari langsung.

Baca Juga :  Ini Dia 20 Manfaat Daun Mint Yang Penting Untuk Kesehatan dan Daftar Kandungan Nutrisinya

Perawatan serta Pemeliharaan Asam Jawa


  • Penyiraman

Penyiraman dicoba pada media tanam cangkokan. Idealnya merupakan penyiraman dicoba tiap 1- 2 kali dalam satu hari. Tetapi, perihal ini pula tergantung kepada keadaan cuaca.

Kala kamu mencangkok bersamaan dengan masa huja hingga kamu tidak butuh menyiramnya. Malah yang wajib kamu perhatikan merupakan kelembaban media yang jangan hingga tertalu becek.

Kebalikannya bila masa kemarau hingga kamu wajib teratur melaksanakan penyiraman, terlebih pada dini pencangkokan.

  • Penyiraman Tumbuhan Induk

Bukan cuma cangkokan yang harus dipelihara serta dirawat. Tumbuhan indukpun wajib demikian dirawat serta dipelihara pula.

Buat memudahkan penyiraman, kamu dapat sekaligus melaksanakannya bertepatan dengan menyiram cangkokan.

Pastinya volume penyiraman untuk tumbuhan induk wajib lebih banyak. Tetapi, jangan hingga membuat air tergenang.

Sebab perihal ini hendak merangsang hama serta penyakit mengifeksi pangkal tumbuhan yang menimbulkan kebusukan pangkal.

  • Pemupukan

Pemupukan diberikan pada tumbuhan induk. Kamu dapat membagikan pupuk anorganik NPK pada tumbuhan induk. Baik dicoba saat sebelum ataupun setelah pencangkokan.

Pemupukan bisa diberikan pada tajuk tumbuhan dengan disebarkan pada wilayah perakaran. Ataupun pula diberikan dengan metode dikocorkan pada tumbuhan.

  • Pengendalian Hama serta Penyakit Asam Jawa

Buat menjauhi tumbuhan terinfeksi serbuan hama ataupun penyakit. Hingga bisa dicoba penangkalan dengan penyemprotan memakai fungisida serta insektisida cocok dengan anjuran dosis.

Bila tumbuhan induk hingga terkena hama ataupun penyakit hingga hasil cangkokan bisa hadapi kematian serta tetunya kandas telah usaha kamu.

Cara Menanam Asam Jawa serta Perawatan dan Masa Panennya (Sukses)


Masa Panen Asam Jawa

Tumbuhan Asam yang baik bisa menciptakan dekat 170 kilogram/ tahun. Pemanenan dicoba dengan metode memotong tangkai asam supaya asam tidak terjalin kehancuran ataupun juga dengan metode menjepit buat menjauhi kehancuran pada polong asam.

Baca Juga :  Cara Menanam Buah kecapi Mudah dan Cepat Berbuah Lebat

Identitas asam jawa yang telah siap dipanen ialah bagaikan berikut:

  • Buah dari kultivar asam dipanen dalam 2 sesi ialah sesi polong hijau buat bumbu penyedap, serta polong matang buat diproses.
  • Buah kultivar manis dipanen dalam 2 sesi pula ialah sesi separuh matang serta sesi matang penuh.
  • Pada sesi separuh matang, kulitnya gampang dikupas, daging buahnya bercorak hijau kekuning- kuningan serta konsistensinya mirip daging buah apel.
  • Pada sesi matang, daging buahnya berkerut sebab lenyap kelembapannya, serta berganti rupanya jadi coklat kemerah- merahan serta jadi lengket.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Asam Jawa  – Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5