Cara Membuat Minyak Sereh

2 min read

Cara Membuat Minyak Sereh
0
()

Cara Membuat Minyak Sereh – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Minyak Sereh. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Membuat Minyak Sereh


Serai di Indonesia, ada 2 tipe tumbuhan serai, ialah serai dapur (Cymbopogon citratus) serta serai wangi (Cymbopogon nardus).

Serai berkembang pada wilayah dengan ketinggian 50—2.700 mdpl. Di Srilangka, tumbuhan ini berkembang alami.

Namun bisa ditanam pada bermacam keadaan tanah di wilayah tropis yang lembap, lumayan cahaya matahari, serta mempunyai curah hujan relatif besar.

Di Indonesia, tumbuhan serai banyak ditemui di wilayah Jawa serta diketahui dengan nama “sere” (new citronella grass).

Umumnya berkembang di dataran rendah pada kethiggian 60—140 mdpl. Perbanyakannya dengan potongan rimpang.

Jarak tanam yang diajarkan merupakan 0,5—1 meter Pemanenan dicoba apabila tinggi tumbuhan sudah mencapai 1—1,5 meter.

Pemotongan awal dicoba pada usia 6—9 bulan. Pemanenan berikutnya dicoba selang 3—4 bulan.

Penyusutan intensitas sinar matahari hingga 50% serta pemupukan urea hingga 100 kilogram/ha bisa berimbas pada kenaikan hasil minyak asiri serai wangi.

Berat fresh daun serta berat bahan kering daun cuma dipengaruhi oleh dosis pemupukan nitrogen. Kandungan air daun cuma dipengaruhi keseriusan sinar matahari.

Besar tumbuhan dipengaruhi itensitas sinar matahari serta dosis pemupukan nitrogen serta keduanya ada interaksi dalam pengaruhi besar tumbuhan.


Cara Membuat Minyak Sereh

Bahan baku

Bagian tumbuhan yang digunakan bagaikan bahan baku minyak asiri merupakan daunnya.

Baca Juga :  Daun Sintrong : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Penting Untuk Kesehatannya

Daun serai bisa diambil dari tumbuhan yang tingginya sudah mencapai 1—1,5 m serta sudah berusia 6—9 bulan.

Persiapan bahan

Daun yang sudah dipanen berikutnya dirajang terlebih dahulu sehingga mempunyai panjang antara 10—15 centimeter.

Berikutnya, daun dikeringkan dengan metode dikering anginkan. Sehabis kering, bahan siap buat disuling.

Proses pembuatan minyak

Pembuatan minyak serai dicoba dengan metode penyulingan. Proses penyulingan dimulai dengan memasukkan air terlebih dulu sampai batasan yang diinginkan.

Pada water and steam distillation, air dimasukkan sampai mendekati batasan sarangan. Berikutnya, masukkan bahan ke dalam ketel suling.

Saat sebelum proses penyulingan diawali, Pastikan kalau seluruh sambungan, lubang inlet ataupun outlet sudah tertutup rapat.

Perihal ini berarti dicoba buat menjauhi kebocoran yang berdampak keluarnya semburan liar uap serta terbuangnya uap asiri.

Berikutnya, Pastikan kalau air dalam kondensor sudah ada dalam jumlah yang dibutuhkan. Ketersediaan air ini penting buat memperlancar proses kondensasi.

Sehabis seluruh instalasi ditentukan aman serta bekerja dengan baik, nyalakan api sampai temperatur serta tekanan mencapai dimensi yang di inginkan.

Cepat sehabis air mendidih, minyak telah bisa terlihat pada tabung pemisah. Ada pula lama penyulingan sangat bergantung dari banyaknya bahan serta kapasitas ketel.

Tetapi, metode gampang buat mengenali akhir dari proses penyulingan ialah tidak keluarnya minyak yang bisa dilihat pada tabung pemisah (florentine flask).

Minyak yang keluar lekas ditampung dalam wadah penampung dengan membuka keran pada tabung pemisah.

Konstruksi wadah penampung sebaiknya bisa menjauhi penguapan yang lebih banyak, misalnya memakai botol dengan mulut yang kecil.

Tidak hanya itu, upayakan supaya temperatur pada wadah penampung antara 20—25 Derajat Celcius buat menjauhi penguapan.

Cara Membuat Minyak Sereh


Manfaat Minyak Sereh

Walaupun kalian telah tahu metode membuat minyak sereh, tetapi masih banyak yang belum tahu apa sesungguhnya manfaat dari minyak sereh.

Baca Juga :  Cara Menanam Terong Ungu : Budidaya, Perawatan Dan Panennya

Minyak sereh memanglah lumayan diketahui dapat mengusir serangga. Tetapi, nyatanya tidak cuma itu. Minyak sereh nyatanya mempunyai banyak keunggulan yang lain yang sangat bagus buat kesehatan.

Salah satu manfaat minyak sereh yang jarang orang tahu merupakan bagaikan anti kuman serta anti jamur.

Bila kalian mempunyai peradangan kulit yang tidak lumayan parah, kalian dapat berupaya memakai minyak sereh buat meredakan peradangan tersebut.

Minyak sereh pula berfungsi bagaikan antioksidan natural. Minyak sereh sanggup menetralkan radikal bebas yang terdapat pada badan kita.

Salah satu karakteristik yang sangat khas dari minyak sereh merupakan wanginya.

Wangi minyak sereh pula mempunyai manfaat meredakan mual, lho. wangi minyak sereh ini memanglah menenangkan sehingga rasa tidak nyaman akibat mual dapat lenyap.

Tidak hanya itu, minyak sereh pula dapat dijadikan bisnis yang menguntungkan, lho. Metode membuat minyak sereh yang gampang membuat sebagian orang telah berupaya peruntungan bisnis ini.

Metode Pemakaian Minyak Sereh

Sehabis kalian tahu metode membuat minyak sereh dengan instan serta cepat, saat ini kami hendak memberikan panduan metode memakai minyak sereh yang efisien.

Terdapat banyak metode dalam memakai minyak sereh. Kalian dapat memilah metode apapun yang sangat kalian suka.

Salah satu metode pemakaian minyak sereh yang sangat umum merupakan dengan disemprotkan ataupun dibalurkan pada kulit.

Seperti yang telah dibahas tadinya, minyak sereh mempunyai manfaat yang lumayan efisien buat mengusir serangga paling utama nyamuk.

Minyak sereh pula dapat dihirup dimana aromanya dapat meringankan indikasi mual serta sakit kepala dan dapat buat relaksasi.

Sebagian orang pula sempat berupaya mengombinasikan minyak sereh di dalam bak mandi biar aromanya dapat ikut menyegarkan kulit sehabis mandi.

Baca Juga :  Budidaya Rajungan : Tips Pemeliharaan Hingga Panen Sukses Hasil Melimpah

Demikian Uraian kami tentang Cara Membuat Minyak Sereh Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Hortikultura

Admin1
3 min read

Cara Pemangkasan Pohon Sawo

Admin1
2 min read

Caisim Hidroponik

Admin1
2 min read