Cara Membuat Kompos Di Ember

2 min read

Cara Membuat Kompos Di Ember
0
()

Cara Membuat Kompos Di Ember – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Kompos Di Ember. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Membuat Kompos Di Ember


Mengompos merupakan salah satu upaya kita buat mengelola sisa organik di rumah biar tidak berakhir di TPA.

Lho? memanglah mengapa jika sisa organik berakhir di TPA? toh hendak terurai? No! ini mengapa penting buat orang mengerti tipe komposter serta metode buatnya!

Sisa organik yang berakhir di TPA cuma hendak tertumpuk dengan sampah-sampah lain serta hendak terurai dengan tanpa oksigen (anaerob). Proses ini hendak menciptakan gas metana yang beresiko buat bumi.

Sayangnya, banyak orang yang tidak paham metode mengompos sehingga mengangap mengompos itu sesuatu perihal yang sulit serta merepotkan. Sementara itu, mengompos mempunyai banyak sekali manfaat lho!


Manfaat Mengompos

Banyak sekali orang beranggapan kalau membuang sisa organik ke tempat sampah itu sesuatu perihal yang baik, sebab toh sisa organik hendak terurai serta tidak beresiko untuk lokasi tersebut.

Kementrian Lingkungan Hidup serta Kehutanan mengatakan kalau sebesar 60% sampah yang terdapat di TPA ialah sampah organik.

Sementara itu dengan membuang sampah organik ke TPA, kita membahayakan bumi kita. Sisa organik yang hingga di TPA hendak tertimbun serta terurai tanpa oksigen (anaerob).

Penguraian ini menciptakan gas metana, dimana dalam jumlah yang banyak, gas metana ini bisa menimbulkan dampak rumah kaca serta pemanasan global.

Baca Juga :  Cara Membuat Pupuk Kompos : Metode, Perlengkapan, Menata, Mengecek Dan Memanen

Apalagi, studi dari Princenton University, mengatakan kalau gas metana (CH4) mempunyai bahaya 30 kali lipat lebih besar bagaikan pemicu pemanasan global dibandingkan dengan gas karbon dioksida (CO2).

Dengan mengompos, kita membantu menghindari serta kurangi pembuangan sampah ke TPA yang berpotensi menciptakan gas metana.

Tidak hanya itu, dengan mengompos di rumah, kita menyelamatkan bumi serta memberikan nutrisi ke tanah di dekat rumah kita.

Cara Membuat Kompos Di Ember


Panduan Membuat Komposter

Berikut ini ialah beberapa panduan simpel buat membuat komposter yang dapat kamu jalani antara lain merupakan:

Mempersiapkan Perlengkapan dan Bahan

  • Terdapat beberapa perlengkapan dan bahan buat membuat komposter, antara lain bagaikan berikut:
  • Paralon ialah penahan dasar kompos
  • Spidol yang bermanfaat bagaikan pemberian ciri bolongan
  • Gergaji buat memotong paralon
  • Bor ataupun obeng kembang
  • Keran air dan plester
  • Meteran paralon buat mengukur paralon yang digunakan
  • Gunting
  • Fiber

Proses Pembuatan Komposter

Sehabis mempersiapkan perlengkapan serta bahan dengan lengkap, Kamu dapat langsung merambah proses pembuatan komposter. Berikut ini ialah langkah-langkahnya:

  • Siapkan ember bagaikan tempat pembuatan komposter serta lobangi sekitar dasar ember. Buat melubanginya, Kamu dapat memakai obeng yang dipanaskan parafin ataupun Bor. Pada ketinggian 9 centimeter dari dasar ember, buatlah 4 lubang yang terletak di sisi balik, depan, kanan, dan kiri ember. Lubang tersebut berperan buat memasukkan paralon 1/2 inc.
  • Buat 2 lobang di atas ember dan sejajar dengan lubang di dasar ember. Perihal ini berperan bagaikan tempat memasukkan paralon separuh inc dengan ketinggian 36 centimeter (bergantung dimensi ember).
  • Buat 1 lubang yang sejajar dengan dasar ember bagaikan tempat keran air. Posisi sesuai dengan kemauan, tetapi upayakan jangan di dasar lubang paralon. Sebab hendak susah buat memutar kerannya.
  • Siapkan paralon dimensi 2 inch serta potong dengan panjang dekat 38 centimeter (bergantung pada besar ember). Paralon ini dipasang di tengah ember serta berperan buat aerasiI ataupun masuk keluarnya oksigen.
  • Buat 4 lubang pada tiap bagian sisi paralon di bagian dasar, bagaikan tempat paralon separuh inch. Buat pula lubang kecil pada paralon secara metode memanjang. Buat kembali 2 lubang buat tempat paralon separuh inch, di bagian atas paralon besar. Perlu diingat dalam pengambilan sisi pembuatan lubang, mesti sejajar dengan lubang ember yang terletak di bagian atas.
  • Siapkan paralon separuh inch, kemudian potong 2 buah dengan panjang 46 centimeter, satu paralon buat di atas ember serta satu lagi buat di bawahnya. Buatlah 2 potongan paralon sepanjang 25 centimeter, yang hendak dipasang di bagian dasar ember. Potongan tersebut berperan buat menyangga saringan. Perlu diingat kalau dimensi panjang ditetapkan bersumber pada lebar ember. Jangan lupa buat membuat lubang kecil di bermacam sisi paralon.
  • Siapkan fiber serta potong jadi bundaran sesuai dengan besar ember. Buat bolongan sebesar 2 inch pada tengah fiber bagaikan tempat masuk paralon. Dan buatlah lubang kecil buat menyaring kompos.
  • Masukkan 2 paralon berdimensi 25 centimeter bersumber pada dengan lubang di paralon dan ember. Satu paralon dimasukkan dari kiri, sebaliknya satunya lagi dimasukkan dari kanan.
  • Pasangkan saringan sudah terbuat dalam ember.
  • Pasangkan kembali paralon yang berdimensi 46 centimeter, pas di atas ember serta melewati lubang paralon 2 inch di atas ember.
  • Pasangkan keran di lubang yang telah Kamu siapkan tadinya.
  • Komposter juga telah dapat digunakan
Baca Juga :  Morfologi dan Cara Menanam Daun Suji Yang Baik dan Benar

Demikian Uraian kami tentang Cara Membuat Kompos Di Ember Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Hidroponik Sederhana

Admin1
3 min read

Bunga Cosmos

Admin1
3 min read