Panduan Mudah Cara Membuat Bonsai Kedondong Di Rumah

3 min read

Panduan Mudah Cara membuat Bonsai Kedondong Di Rumah
0
()

Panduan Mudah Cara Membuat Bonsai Kedondong Di Rumah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Bonsai Kedondong.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Mudah Cara Membuat Bonsai Kedondong Di Rumah


Kedondong merupakan tumbuhan buah yang terkategori ke dalam suku mangga- manggaan( Anacardiaceae). Umumnya dalam bahasa inggris menyebutnya dengan Ambarella, Ataheitte apple/ Great hot plum.

Kedondong ini ialah tumbuhan buah yang biasanya banyak sekali ada di segala wilayah tropis serta tercantum kedalam angiospermae.

Kedondong Bangkok ialah tipe unggul yang biasa di tanam para petani. Tidak hanya ini tipe kedondong unggul yang lain merupakan kedondong Konden di Karimun Jawa.

Dikala ini telah banyak budi energi tumbuhan kedondong Bangkok buat di peruntukan tumbuhan buah dalam pot.

Buah kedondong bisa dimakan langsung dalam keadaan fresh, ataupun kerap pula diolah jadi rujak, asinan, acar ataupun dijadikan selai.

Buah ini mempunyai biji tunggal yang berserabut. Daun dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.

Batang tumbuhan kedondong mempunyai ciri berkulit tebal serta gampang patah. Pupus daun serta kedondong muda memiliki rasa asam sehingga kerap dijadikan sayur- mayur ataupun penyedap masakan untuk orang jawa.

Kedondong ataupun( Spondias dulcis) merupakan tumbuhan buah yang masuk di dalam famili Anacardiaceae.

Buah kedondong ini memiliki 2 rasa ialah masam serta fresh, sehingga kerap diolah jadi rujak ataupun manisan.

Sebaliknya daunnya yang beraroma semerbak kerap dipakai bagaikan penyedap masakan, paling utama pada dikala memasak pepes ikan.

Tumbuhan kedondong ini memiliki keahlian buat berkembang sampai menggapai ketinggian 2- 3 m lo bro. Buahnya yang masih muda bercorak hijau, bertekstur keras, serta memiliki getah.

Baca Juga :  Tanaman Teh : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat, Syarat Tumbuh dan Cara Budidaya

Serta buah yang sudah matang hendak berganti corak jadi hijau kekuningan hingga matang jadi kuning kecoklatan, dan mempunyai tekstur yang agak empuk.

Biji kedondong berupa menyamai serabut pangkal yang tertanam di dalam daging buah. Sebagian pencinta bonsai sering menjadikan kedondong bagaikan tumbuhan bonsai.

Kedondong( Spoindas duicis) merupakan tumbuhan yang tercantum ke kelompok eAngiosperma. Mayoritas orang memahami buah ini sebab buahnya biasa dimanfaatkan untuk rujak serta manisan.

Tumbuhan kedondong tercantum tumbuhan berakar tunggang. Batang tumbuhan kedondong merupakan batang berkayu.

Daun tumbuhan kedondong tercantum ke daun bertulang menyirip dengan struktur tulang yang besar. Bunga tumbuhan kedondong tercantum ke bunga majemuk semacam tumbuhan jeruk.

Corak bunganya merupakan putih kekuningan. Pohonnya bisa menggapai ketinggian 20 meter. Buah kedondong biasanya berupa bundar lonjong bercorak hijau pada kulitnya.

Corak kulit buah ini dapat berganti jadi kuning dikala telah masak. Biji buah kedondong memiliki banyak serabut.


Syarat Tumbuh Kedondong

Tumbuhan ini senantiasa bisa berkembang di tanah di wilayah batu kapur ataupun tanah berpasir yang asam asalkan sistem pengairannya baik serta mudah.

Tanah yang sesuai buat ditanami tumbuhan kedondong merupakan tanah yang porous, gembur, serta kaya hendak humus. Derajat keasaman( pH) tanah yang cocok dengan ciri tumbuhan kedondong berkisar antara 5, 5- 6, 2.

Tanah dengan isi air tanah sepanjang 50- 200 centimeter lebih disukai oleh tumbuhan kedondong supaya hasil panennya dapat melimpah.

Tumbuhan kedondong bisa berkembang dengan baik di wilayah tropis. Curah hujan yang diperlukan oleh tumbuhan kedondong berkisar antara 1. 000- 1. 500 milimeter per tahun.

Tumbuhan ini memiliki cabang yang rapuh serta gampang patah sehingga kecepatan rata- rata anginnya tidak boleh sangat kokoh.

Tumbuhan kedondong bisa berkembang dengan baik di wilayah dataran rendah dengan ketinggian 0- 650 mdpl.

Baca Juga :  Budidaya Labu Siam : Panduan Tanam Cepat Berbuah dan Lebat(Berhasil)

Dareah ini hendak berikan keleluasaan untuk tumbuhan kedondong buat menerima keseriusan penyinaran matahari sebanyak 40 persen karena tumbuhan ini memerlukan sinar matahari sepanjang masa pertumbuhannya.

Temperatur hawa yang sesuai buat area tumbuhan kedondong berkisar antara 30- 400C, sebaliknya kelembaban hawa yang sesuai buat area tumbuhan kedondong berkisar antara 14- 20 persen.


Metode Membuat Bonsai Kedondong


  • Langkah 1: Pengadaan Bibit

Tipe kedondong yang sangat bagus buat dijadikan bonsai yakni kedondong hutan. Setelah itu tumbuhan tersebut diperbanyak dengan metode sambung pucuk bersama kedondong bangkok bagaikan entres.

Seleksi bonggol kedondong hutan yang mempunyai dahan yang berdiameter 6- 8 centimeter serta wujudnya berlekuk- lekuk. Setelah itu pangkas bagian- bagian tumbuhan yang tidak butuh.

Sehabis itu, siapkan pula entres yang berasal dari kedondong bangkok. Sama semacam bonggol, pemilihan entres pula hendaknya yang memiliki banyak alur serta umurnya telah lumayan tua.

Sehabis dipotong dengan pangkal yang berupa lancip, Kamu dapat menyambungkannya dengan bonggol di atas.

  • Langkah 2: Penyiapan Pot

Kami menganjurkan pemakaian pot tanah liat sebagai wadah penanaman sebab pot ini sanggup melindungi kelembaban tanah dengan baik.

Hendaknya pakai pot yang wujudnya melebar sehingga bonsai nampak balance serta keindahannya dapat dinikmati mulai dari bagian pangkal tumbuhan.

Pemilihan pot yang dihiasi dengan ornamen hendak tingkatkan nilai dari bonsai yang ditanam di atasnya.

Media tanam yang hendak digunakan buat memelihara kedondong yakni kombinasi tanah, pasir, serta pupuk kompos dengan perbandingan 2: 1: 1.

Bagian dasar pot diberi hamparan kerikil terlebih dulu buat menahan media tanam supaya tidak gampang hanyut terbawa air. Sebaliknya di bagian atasnya dapat ditanam moss bagaikan mulsa buat melindungi kelembaban hawa.

  • Langkah 3: Penanaman Bibit

Bibit bonsai kedondong yang telah jadi lalu dipindahtanamkan ke dalam pot. Tadinya, Kamu wajib menyemai bibit tersebut terlebih dulu sepanjang 1 bulan supaya dia sanggup menyesuaikan diri dengan baik.

Baca Juga :  Rumput Gajah Mini : Cara Menanam dan Perawatannya Agar Tak Kering Menguning

Proses penyemaian ini dicoba dengan memakai media berbentuk kombinasi pasir serta pupuk kompos yang dimasukkan ke dalam polybag. Siramlah tumbuhan tiap hari supaya berkembang produktif.

Tumbuhan kedondong ditanam ke pot pada waktu pagi ataupun sore hari. Kamu dapat menyiram polybag hingga basah supaya lebih gampang dalam membebaskan tumbuhan.

Sehabis itu, pangkas sebagian bagian pangkal yang bisa mengganggu keelokan tumbuhan tersebut. Tanamkan bibit kedondong ini dengan posisi miring dekat 60 derajat supaya tampilannya lebih menarik.

Panduan Mudah Cara membuat Bonsai Kedondong Di Rumah

  • Langkah 4: Perawatan Tanaman

Sepanjang masa perkembangan awal mulanya, perkenankan tumbuhan kedondong berkembang secara natural. Kamu dapat menyiramnya tiap 2 kali satu hari dan membagikan pupuk kandang seperlunya tiap sebulan sekali.

Sehabis tumbuhan ini nampak telah lumayan produktif, Kamu dapat mulai memangkas sebagian cabang serta daun secara berkala. Tujuan yang utama yakni mengerdilkan wujud tumbuhan tersebut.

Secara tidak langsung, pemangkasan juga berperan buat memicu perkembangan buah kedondong.

Seperti tumbuhan mangga, kedondong sangat menggemari sinar matahari. Namun curah hujan yang intensitasnya sangat besar bisa mengganggu tumbuhan tersebut.

Pindahkan tumbuhan kedondong ke pot yang lebih besar tiap 2- 3 tahun sekali supaya dia senantiasa dapat berkembang dengan baik.

Jika dapat, jauhi memetik buah kedondong yang berkembang dari tumbuhan bonsai Kamu sebab energi tarik utama dari bonsai kedondong terletak di buahnya.

Demikian Uraian kami tentang  Cara Membuat Bonsai Kedondong Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5