Cara Cangkok Jeruk Cepat Berbuah Panen Melimpah

2 min read

Cara Cangkok Jeruk Cepat Berbuah Panen Melimpah
0
()

Cara Cangkok Jeruk Cepat Berbuah Panen Melimpah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Cangkok Jeruk.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Cangkok Jeruk Cepat Berbuah Panen Melimpah


Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae atau suku jeruk-jerukan).

Jeruk kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit.

Jeruk ialah salah satu buah tropis yang sangat digemari oleh masyarakat. Jeruk sendiri berasal dari Asia Timur serta Asia Tenggara.

Berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis.

Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggota suku jeruk jerukan.

Jeruk manis serta lemon berasal dari daerah Asia Timur, sebaliknya jeruk bali, jeruk nipis, ataupun jeruk purut berasal dari wilyah Asia Tenggara.

Jeruk memanglah diketahui hendak isi vit C nya yang lumayan besar, tetapi tidak cuma vit C yang tercantum dalam buah jeruk.

Namun ada pula nutrisi lain sepeti protein, kalori, kadungan serat yang sangat besar buat kelancaran pencernaan, serta pula mineral yang berarti buat pertumbuhan gizi anak serta pula pertumbuhan gizi orang berusia.

Menurut Pusat Informasi serta Sistem Data Pertanian, rata- rata nilai impor jeruk sepanjang periode tahun 2007- 2014 bertambah sampai 93, 33% per tahun.

Baca Juga :  Cara Menanam Jagung Manis : Langkah, Pemilihan, Pengolahan, Pemeliharaan Dan Panen

Mencangkok jeruk  ialah salah satu metode perbanyakan tumbuhan vegetatif buatan yang telah diketahui luas oleh warga.

Tujuannya merupakan mendapatkan jeruk  yang sifatnya sama dengan induk. Tidak hanya itu, dengan metode mencangkok lebih membolehkan buat kilat panen.

Metode budidaya tumbuhan jeruk sendiri dapat dengan biji ataupun dengan batang( cangkok) dengan catatan batang yang hendak ditanam telah berakar.

Dengan metode mencangkok kita dapat memperoleh tumbuhan jeruk yang kilat berbuah sehingga kita tidak sangat lama menunggu tumbuhan buat berbuah serta buah yang di hasilkan sama dengan induk nya.

Buah jeruk sendri mempunyai macam- macam jenisnya- terdapat jeruk nipis, jeruk Bali, Jeruk santang, Jeruk Purut, Jeruk sunkist, Jeruk Madu, Serta masih banyak lagi jenis- jenis nya.

Walaupun jenisnya yang lumayan banyak tetapi metode mengembangkannya senantiasa sama, dapat dengan metode mencangkok. sebab seluruh tipe tumbuhan jeruk memiliki ciri yang cenderung sama.


Perlengkapan dan Bahan Mencangkok Jeruk

  • Pisau dapur
  • Tali pengikat
  • Plastik transparan.
  • Tanah gembur serta subur
  • Air secukupnya

Tahapan Langkah Mencangkok Jeruk

  • Seleksi induk dari jeruk nipis yang bagus kualitasnya. Produktif, kokoh, serta sehat. Setelah itu tentukan dahan yang tidak sangat tua ataupun sangat muda dengan dimensi diameter lebih kurang 3 centimeter.
  • Perkirakan jarak dari batang ke dahan yang hendak dikupas kulitnya. Misalnya 10 centimeter dari pangkal dahan. Setelah itu tentukan panjang kupasan, misalnya 10– 15 centimeter.
  • Kupas sekitar kulit dahan yang hendak dicangkok hingga habis zat kambiumnya.
  • Tempelkan tanah gembur serta siram dengan air pada bagian yang telah dikelupas tadi. Penyiraman sedikit air bertujuan supaya tanah gampang menempel pada bagian yang dikelupas.
  • Setelah itu tanah dibungkus dengan plastik dan ikat di kedua ujungnya dengan tali yang telah disediakan.
  • Beri lubang angin dengan menusuk plastik supaya hawa bisa masuk ke dalam tanah yang sudah dibungkus.
  • Proses pencangkokan jeruk nipis berakhir. Bila hasil mencangkok sukses, satu ataupun 2 minggu setelah itu, pada kulit cabang sebelah atas hendak timbul akar- akar menembus pembungkus tanah.
Baca Juga :  14 Manfaat Daun Labu Siam Yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Kelebihan Dan Kekurangan Mencangkok

Perbanyakan tumbuhan dengan metode vegetatif buatan mempunyai kelebihan serta kekurangan.

Kelebihan mencangkok antara lain;

  • bisa menciptakan tumbuhan cocok yang dikehendaki,
  • kilat menciptakan buah( panen).

Kekurangannya adalah :

  • pangkal tumbuhan hasil cangkokan biasanya tidak kuat sehingga gampang tumbang,( b). hasil panen dari tumbuhan cangkokan terbatas, tidak sebanyak yang dibesarkan secara generatif( biji),
  • tumbuhan induk hendak kilat mati.

Cara Cangkok Jeruk Cepat Berbuah Panen Melimpah

Demikian Uraian kami tentang Cara Cangkok Jeruk Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5