Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah Mudah Dan Ramah Lingkungan

2 min read

Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah Mudah Dan Ramah Lingkungan
0
()

Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah Mudah Dan Ramah Lingkungan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah Mudah Dan Ramah Lingkungan


Strawberry merupakan buah dari tumbuhan herba yang mempunyai rata- rata 200 biji kecil per satu buah. Ada lebih dari 700 tipe strawberry.

Salah satu tipe spesies bernama Fragaria chiloensis L. Tipe ini menyebar ke bermacam negeri Amerika, Eropa serta Asia. Sebaliknya tipe yang lain ialah F. vesca L ialah salah satu tipe yang menyebar sampai ke Indonesia.

Strawberry mempunyai corak buah hijau keputihan bila masih muda serta hendak bercorak merah kala masak.

corak merah tersebut diakibatkan sebab buah ini kaya hendak melamin corak antosianin serta memiliki antioksidan besar.

Strawberry menaruh nutrisi yang luar biasa. Tidak hanya antioksidan tersebut, dia pula kaya serat, rendah kalori, serta memiliki vit C, folat, kalium, serta asam ellagic.

Rasanya yang manis bercampur dengan sedikit rasa asam membuat buah ini sangat lezat dikala disantap, sehingga buah ini sangat disukai warga.

Tidak hanya disantap secara langsung, buah strawberi pula kerap dijadikan toping ataupun hiasan santapan tertentu, semacam kue, salad, serta yang lain.

Baca Juga :  Cara Menanam Strawberry dengan Mudah di Pot(Panduan Pemula)

Klasifikasi  Dan Syarat Tumbuh Strawberry

Secara universal, stroberi bisa dibudidayakan di wilayah dataran besar( 1000– 1500 dpl), mempunyai temperatur hawa relative dingin( 22- 28 C).

Dengan cahaya matahari yang tidak sangat kuat, memiliki kelembaban hawa 80– 90% serta curah hujan 600– 700 milimeter/ tahun.

Meski begitu, bersamaan pertumbuhan ilmu pengetahuan, dikala ini buah strawberi juga telah dapat ditanam pada dataran rendah ataupun wilayah yang mempunyai temperatur lebih panas.

Bila mau menanam stroberi yang bernilai gizi besar, baik buat kesehatan serta ramah area, hingga dapat mempraktikkan tanam tanpa tanah( soilless), metode ini dapat meminimalkan pemakaian pupuk serta pestisida.

Klasifikasi dari strawberry adalah sebagai berikut :

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Rosales
  • Famili: Rosaceae
  • Upafamili: Rosoideae
  • Genus: Fragaria

Metode Budidaya Strawberry Tanpa Tanah( Soilless) Untuk Pemula


  • Persiapan Perlengkapan serta Bahan

Perlengkapan serta bahan yang butuh disiapkan buat menanam strawberry tanpa tanah antara lain ialah:

    • Serbuk cocopeat( sabut kelapa)
    • Arang sekam
    • Dolomit
    • Benih strawberry
    • Pupuk kandang
    • Pot plastik/ polybag
    • Tempat perendam cocopeat
    • Timba
    • Pengaduk pupuk.
  • Persiapan Media Tanam Strawberry

Awal, siapkan serbuk cocopeat cocok kebutuhan, setelah itu rendam cocopeat dalam air bersih sepanjang sebagian hari kemudian aduk sampai air berbusa putih.

Berikutnya, buang air serta ubah dengan air yang bersih. Ulangi perendaman sebagian kali sampai busa tidak keluar lagi, sehabis itu jemur cocopeat sampai kering.

Setelah itu, buatlah media tanam dengan menggabungkan cocopeat serta arang sekam dengan perbandingan 60%: 40% kemudian siram media dengan 1 liter dolomit( 1- 2 sendok dolomit/ liter air) secara menyeluruh serta perkenankan sepanjang dekat 5 hari.

  • Persiapan Benih Strawberry

Bibit strawberry bisa diperoleh dengan membelinya di toko bibit secara langsung ataupun online. Tidak hanya itu dapat pula buatnya sendiri dengan stolon ataupun anakan.

Baca Juga :  Inilah Cara Perkembangbiakan Bunga Matahari dan Jenisnya

Induk yang digunakan buat perbanyakan benih hendaknya diseleksi yang sehat, unggul, penciptaan serta kualitas buah baik dan berusia dekat 6- 10 bulan.

Metode mempersiapkan benih dari anakan:

Benih dari anakan disiapkan dengan memisahkan anakan dalam rumpun tumbuhan indukan jadi sebagian bagian kemudian tiap anakan ditanam langsuk pada media tanam dalam pot ataupun polybag.

Metode mempersiapkan benih dari stolon( geragih):

Stolon yang telah mempunyai akat 1- 2 centimeter dipotong dari tumbuhan indyk kemudian di tanam di tray ataupun baki

Kemudian diisi media tanam berbentuk endapan pasir halus, sekam serta pupuk kandang ataupun kompos dengan perbandingan 1: 1: 1.

Supaya kilat berkembang, tray dipasang penaung ataupun sungkup plastik serta jaga supaya tanah serta ruang dalam sungkup senantiasa lembab dengan metode disemprotkan air.

  • Penanaman Strawberry

Awal, buatlah lubang tanam sedalam 3- 2 centimeter ataupun sesuaikan dengan perakaran beih strawberry. Ambil benih dengan hati- hati kemudian masukkan benih ke lubang tanm. Atur akarnya supaya menyebar ke seluruh arah kemudian timbun pangkal benih dengan media tanam. Sehabis itu, jalani penyiraman seperlunya buat melindungi kelembaban media tanam.

Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah Mudah Dan Ramah Lingkungan


Perawatan Tumbuhan Strawberry

Jalani pemupukan dengan memakai teh pupuk kandang. Metode membuat teh pupuk kandang ialah masukkan pupuk kandang yang telah matang sebanyak 1/ 3 bagian isi timba kemudian tambahkan air ke timba sampai dekat 5 centimeter dari permukaan timba.

Perkenankan rendaman sepanjang 3- 4 hati kemudian aduk pada pagi serta sore hari. Setelah itu saring teh pupuk dengan memakai kain tipis ataupun kain berpori kecil.

Buat mengaplikasikan pupuk, encerkan dengan air dengan perbandingan 1 hasil penyaringan dengan 5- 10 air buat teh. Siramkan teh pupuk kandang kurang lebih dekat 200- 250 ml di wilayah pangkal seminggu sekali.

Baca Juga :  Cara Menanam Pinus Dengan Biji Mudah dan Tepat Bagi Pemula

Semprot tumbuhan dengan 1- 2 ml citromik/ liter da minggu sekali.

Pada fase pembesaran serta pematangan buah, semprotkan pupuk KNO3 buat memperbesar dimensi buah serta buat tingkatkan rasa manis hingga semprotkan pupuk kiserit.

Tidak hanya itu, jalani pemangkasan, penjarangan buah serta penyiangan gulma yang berkembang disekitar tumbuhan strawberry.

Demikian Uraian kami tentang; Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5