Cabai Gendol : Sejarah, Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya

3 min read

Cabai Gendol : Sejarah, Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya
0
()

Cabai Gendol : Sejarah, Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cabai Gendol.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cabai Gendol : Sejarah, Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya


Cabai gendol ataupun cabai gendot( Capsicum chinense; diketahui pula dengan istilah Habanero) merupakan salah satu spesies cabai dari Capsicum. Cabai ini berasal dari semenanjung Yucatan.

Cabai ini sangat pedas apalagi melebihi pedas cabai rawit. Tingkatan kepedasan cabai habareno menggapai 100. 000- 350. 000 skala Scoville.

Di Indonesia, cabai tipe ini di Jawa Barat dinamakan cabai gendot ataupun cabai bendot, sebaliknya di Jawa Tengah dinamakan cabai gendol.

Dinamakan cabai gendol sebab wujud cabai ini yang bengkak ataupun mengembung. Buat penanaman di Pulau Jawa sendiri persebaran cabai ini sebatas perkebunan di dekat Bandung serta di dekat Dieng, Jawa Tengah.

Penghasil cabai gendol yang terbanyak di dunia merupakan Meksiko, yang berkembang di Yucatan, Campeche, serta Quintana Roo, walaupun terdapat perkebunan komersial di Belize, Kosta Rika, Texas serta California

Wujud dari Cabe gendot ialah berupa kecil tetapi mempunyai tubuh ataupun wujud yang gendut dengan warna corak merah menyala ataupun hijau fresh.

sekilas wujud cabe gendot semacam tipe mini dari paprika yang mempunyai rasa pedas yang tidak seberapa hendak namun cabe gendot mempunyai rasa pedas apalagi cuma dengan sebagian biji cabe gendot dapat menciptakan masakah dengan cita rasa pedas yang membahana.

Baca Juga :  Manfaat Buah Kesemek Dan Kandungan Nutrisi Pentingnya Untuk Kesehatan

Cabe gendot biasanya dapat ditemui pada dataran besar dieng. Di indonesia sendiri kawasan yang menciptakan cabe merupakan kawasan dieng wonosobo jawa tengah.

Cabe gendot pada wilayah tersebut umumnya dijual di warung ataupun toko oleh- oleh di wilayah itu.


Sejarah Cabai Gendol

Tipe cabe chinense berasal dari wilayah amazon, setelah itu menyebar ke Meksiko. Polong cabe chinense utuh ditemui menempel di tingkatan pra keramik di Gua Guitarrero, Peru, yang memperlihatkan usia 8500 tahun.

Spesies ini setelah itu didomestikasi sepanjang beribu tahun, bersamaan berkembangnya keahlian petani dalam bercocok tanam.

Mereka sukses melaksanakan pilih buat menciptakan generasi yang lebih besar serta pedas, sehingga pada tahun 1000 SM, tipe cabai chinense ini sudah terdomestikasi serta menyebar ke segala penjuru Amerika Selatan serta Tengah.

Sehabis Columbus hingga di Kepulauan Karibia pada tahun 1492, dia bawa bermacam tipe cabe ini ke Portugis serta kesimpulannya turut menyebar ke Afrika.

Kata Habanero sendiri diperkirakan berasal dari Kuba, yang dapat dilihat dari asal kata La Habana, yang diketahui bagaikan Havana pada masa saat ini, sebab wilayah ini banyak memperdagangkan Habanero.

Cabe ini sejenis dengan Scotch bonnet pepper, yang walaupun polongnya berbeda tipe, tetapi masih masuk dalam spesies yang sama serta tingkatan kepedasannya setara.

Habanero banyak berkembang di Semenanjung Yukatan, Meksiko, di mana cabe ini diperkirakan berasal.

Meski dikenal kalau cabe ini pula banyak berkembang di wilayah panas yang lain semacam Belize, Kosta Rika, di sebagian daerah Amerika Serikat, serta Panama( diketahui dengan nama aji chombo).

Sehabis hingga di tangan Spanyol, tipe cabe ini terus menjadi meluas ke segala dunia. Dampaknya taksonomis pada abad 18 mengira cabe ini berasal dari Tiongkok serta menggolongkannya bagaikan Capsicum chinense, ataupun cabe Tiongkok.

Baca Juga :  Inilah Cara Membuat Bibit Brokoli, Proses Penanaman dan Perawatannya

Kandungan Dan Manfaat Cabe Gendol


  • Sumber rasa pedas

Cabe gendot diketahui bagaikan tipe cabe yang dapat membagikan rasa pedas pada masakan dengan membagikan sebagian buah cabe gendot saja sehingga cuma diperlukan sedikit buah cabe buat satu masakan.

Rasa pedas cabe gendot buat masakan hendak memanjakan lidah para pecinta masakan pedas.

  • Sumber vit C

Tiap cabe yang terdapat tercantum cabe gendot merupaka tipe cabe yang mempunyai vit C,nutrisi yang terdapat cabe merupakan salah satu tanaman dengan isi vit C yang baik.

  • Menyejukkan pikiran

Cabe gendot yang rasanya pedas bisa dipadukan jadi bumbu masakan pedas.

Rasa pedas pada masakan spesialnya buat warga indonesia diyakini dapat menyejukkan benak kala pusing akibat pekerjaan ataupun pusing akibat tugas tertentu dengan komsumsi masakan dengan cita rasa pedas.

  • Menyejukkan hidung tersumbat

Hidung tersumbat ialah salah satu kendala pernafasan dikala terserang flu ataupun akibat hawa dingin.

Kendala hidung tersumbat dapat membuat perasaan tidak aman, dengan komsumsi masakan yang bercampur dengan olahan cabe gendot yang menciptakan rasa pedas yang membahana dapat menolong buat melancarkan pemicu hidung tersumbat.

  • Memiliki capsaicin

Seluruh cabe tercantum cabe gendot memiliki capsaicin yang ialah zat dapat bermanfaat buat memicu otak buat menghasilkan endorfin sehingga seorang yang komsumsi cabe dapat merasa kecanduan terasa lezat ataupun mau komsumsi santapan pedas kembali.

  • Melancarkan Pembuangan Pencernaan

Komsumsi santapan pedas dengan kombinasi cabe gendot dapat melancarkan pembuangan kotoran pada proses pencernaan, namun mengkonsumsi cabe wajib dibarengi dengan ukuran yang tidak banyak.

Dilihat dari sisi khasiat bagaikan aksesoris bumbu masakan cabe gendot ialah kandidat cabe opsi yang dapat membuat masakan pedas apalagi extra pedas tanpa memakai cabe dalam jumlah banyak sebab 2 hingga 3 cabe gendot telah membuat lidah bergoyang.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin B2 Bagi Kesehatan dan Sumber Makanan Gizinya Yang Penting Di Ketahui

Pada sisi isi nutrisi cabe gendot mempunyai isi gizi baik semacam vit C yang bisa menolong dalam melindungi sistem imunitas badan. Tidak hanya vit C cabe gendot pula mempunyai vit serta mineral yang lumayan.

hendak namun wajib dicermati kalau isi pada cabe gendot yang mempunyai banyak khasiat hendak lenyap bila seorang sangat banyak komsumsi cabe gendot dengan jumlah yang banyak sebab bisa memunculkan dampak samping semacam peradangan pada saluran santapan serta organ pencernaan.

Cabai Gendol : Sejarah, Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya

Demikian Uraian kami tentang Cabai Gendol Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5