Bunga Kenanga : Morfologi, Jenis dan Manfaatnya

2 min read

Bunga Kenanga : Morfologi, Jenis dan Manfaatnya
0
()

Bunga Kenanga : Morfologi, Jenis dan Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Kenanga.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Bunga Kenanga : Morfologi, Jenis dan Manfaatnya


Kenanga atau  Cananga odorata merupakan nama untuk sejenis bunga serta tumbuhan yang menghasilkannya.

Terdapat 2 kelompok utama kenanga yang dibudidayakan ialah kelompok Cananga( forma marcophylla Steeins) serta Ylang- ylang( forma genuina Steeins).

Cananga mempunyai cabang tegak lurus terhadap batang sebaliknya Ylang- ylang mempunyai cabang yang terkulai serta daun lebih kecil.

Tidak hanya itu, masih diketahui pula kenanga perdu( Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam bagaikan hiasan di taman rumah.

Kenanga biasa ialah tanaman asli di Indonesia serta ylang- ylang tanaman asli Filipina. Kenanga umum pula ditanam di Polinesia, Melanesia, serta Mikronesia.

Di Indonesia, bunga kenanga banyak menempati kedudukan di dalam upacara- upacara spesial misalnya dalam upacara pernikahan. Kenanga merupakan flora bukti diri Aceh serta Provinsi Sumatra Utara.


Jenis- jenis Bunga Kenanga


  • Cananga Latifolia

Wujud pohonnya perdu tetapi adapula yang besar. Daun bundar telur, bagian pangkal bulat. Permukaan dasar tidak berbulu. Berkembang semusim.

  • Cananga Odorata Forma Macrophylla

Daunnya sedikit bundar. Tajuk tumbuhan berkerucut dengan cabang yang tersusun rapat serta ada lekukan di bagian pangkal batang.

  • Cananga Odorata Forma Genuina

Karakteristik daunnya agak meruncing. Tajuk pohonnya wujudnya menguncup ramping kecil dengan jarak batang berjauhan. Terdapat benjolan pangkal pada bagian pangkal.

Baca Juga :  7 Fakta Manfaat Daun Insulin Untuk Kesehatan dan Mengenal Kandungannya

Morfologi Kenanga

Cananga odorata fa. macrophylla berkembang dengan kilat sampai lebih dari 5 m per tahun serta sanggup menggapai besar rata- rata 12 m.

Batang tumbuhan kenanga lurus, dengan kayu keras serta sesuai buat bahan peredam suara( akustik).

Membutuhkan cahaya matahari penuh ataupun sebagian, serta lebih menggemari tanah yang mempunyai isi asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan.

Daunnya hijau halus, mengkilap, runcing dengan margin bergelombang.

Bunganya terkulai, panjang menguntit dengan 6 kelopak kecil bercorak kuning kehijauan( visualisasi wujud semacam bintang laut) dan bisa menciptakan minyak biang, cananga oil yang harum.

Tidak hanya itu, kenanga mempunyai banyak khasiat bagaikan obat serta ialah sumber kayu serta serat. Tumbuhan ini berbunga serta berbuah sejauh tahun.

Ylang- ylang pula berbentuk tumbuhan, namun tidak setinggi tumbuhan kenanga biasa. Kenanga perdu yang biasa ditanam di taman rumah, cuma dapat berkembang sangat besar 3 m.

Kenanga berkembang produktif di wilayah tropis dengan ketinggian di dasar 1. 200 mdpl. Kenanga sangat baik berkembang di wilayah di mana temperatur di siang hari terletak dalam kisaran 20- 30oC .

Serta bisa mentoleransi temperatur 16- 34oC, dengan pH tanah 5- 6, 5 serta curah hujan tahunan rata- rata 1. 500- 2. 000 mm3.

Dalam budidaya kenanga, menabur langsung benih merupakan perihal biasa. Benih ditempatkan sedalam 5 centimeter di lubang tanam. Tidak sering tanam paling tidak 6 x 6 m.

Manfaat Bunga Kenanga

Buat kamu yang mau mengenali apa saja khasiat serta manfaat bunga kenanga, berikut penjelasannya.

  • Aromaterapi

Isi minyak atsiri dalam bunga kenanga bisa digunakan bagaikan bahan alternatif buat penciptaan parfum aromaterapi.

Isi minyak tersebut diyakini menolong mengendalikan kelenjar adrenalin yang tercantum dalam sistem saraf.

  • Menanggulangi Kulit Kering

Ekstrak bunga kenanga bercorak kuning- hijau umumnya digunakan bagaikan bahan dasar dalam pembuatan sabun. Umumnya buat menyeimbangkan isi minyak di kulit kita. Sangat sesuai buat orang dengan kulit kering.

  • Menghindari Bau Badan

Bau tubuh yang tidak nikmat bisa diatasi dengan komsumsi bumbu dari bunga Kenanga sampai 15 gr serta gula batu yang lumayan dalam 600 ml air bersih hingga cuma separuh dari air rebusan yang tersisa.

Baca Juga :  Cara Menanam Sawi : Proses, Pengolahan, Pembibitan, Perawatan Dan Masa Panen

Sehabis disaring lekas mengkonsumsi racikan herbal ini.

  • Menyembuhkan Penyakit Kuning

R. Broto Sudibyo melaporkan kalau, khasiat bunga yang ditarik bisa digunakan buat menyembuhkan penyakit kuning yang tidak diakibatkan oleh hepatitis.

Racikan kembang kenangan tersebut nyaris tidak mempunyai dampak samping apapun.

  • Menanggulangi Encok( Rematik)

Buat menanggulangi encok ataupun kerap diucap rematik, umumnya bunga kenanga yang belum mekar+/- 12 kuntum serta setelah itu dengan bahan lain semacam daun srikaya+/- 30 gr.

daun ketapang+/- 20 Gr, jahe+ ditumbuk halus/– 20 gr, 10 butir lada serta kapur sirih bagaikan obat sikat buat diaplikasikan pada badan yang merasakan sakit. Perihal ini wajib dicoba paling tidak 2 kali satu hari.

  • Menyembuhkan Scabies

Bunga kenanga pula bisa digunakan buat menyembuhkan kendala scabies ataupun yang biasa diketahui dengan penyakit kudis.

Triknya merupakan dengan mempraktikkan dampak+/- 50 gr bunga Kenanga, yang dipanaskan sebentar dengan minyak goreng pada kulit yang terserang.

  • Menyembuhkan Sesak Napas

Untuk Kamu yang mempunyai permasalahan respirasi semacam sesak nafas, komsumsi racikan herbal dari bunga ini bisa menolong Kamu dalam mengobatinya.

Jadi bila Kamu mau menyembuhkan penyakit ini, Kamu bisa teratur komsumsi rebusan bunga kenanga ini.

Bunga Kenanga : Morfologi, Jenis dan Manfaatnya

Demikian Uraian kami tentang Bunga Kenanga Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Cara Menetaskan Telur Ayam

Admin1
3 min read

Tanaman Hortikultura

Admin1
3 min read

Cara Pemangkasan Pohon Sawo

Admin1
2 min read