Bunga Gladiola

Posted on

Bunga Gladiola – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Gladiola. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Bunga Gladiola


Bunga Gladiol ataupun yang mempunyai nama asli Agus Gladiol merupakan salah satu bunga dengan corak eye catching yang mempunyai banyak penggemar.

Bunga gladiol jadi kesukaan sebab tidak hanya metode menanam ataupun membudidayakannya gampang, bunga ini pula kerap dijadikan bagaikan tumbuhan hias ataupun isian dalam buket bunga.

Di Indonesia sendiri Gladiol muncul semenjak tahun 1988 yang berasal dari daratan Eropa. Dikala ini terdapat dekat 20 varietas dari tumbuhan ini yang hidup di Indonesia.

Bunga ini mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi serta gampang dibudidayakan sebab bisa berkembang pada ketinggian 600-1400 meter dpl.

Jika dikala ini Kamu lagi mencari banyak aktivitas yang berguna dekameter dapat jadi investasi masa depan. Kamu dapat berupaya buat mengisi waktu luang dengan menanam Bunga Gladiol di rumah.

Dengan aktivitas menanam di rumah, tidak hanya dapat jadi hiasan kebun ataupun taman rumah, aktivitas menanam pula dapat dimanfaatkan buat mendapatkan kesehatan pada badan, melindungi kekompakan dalam keluarga, melestarikan alam dan menaikkan pemasukan.


Metode Menanam Bunga Gladiol

Kalian dapat melaksanakan penanaman bunga gladiol dengan baik, tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Terdapat 4 tahao yang dapat kalian jalani buat melaksanakan penanaman bunga, antara lain merupakan:

Pemilihan Bibit Bunga Gladiol

Buat memperoleh bibit bunga gladiol triknya lumayan gampang, Kamu dapat melaksanakan 3 metode buat mendapatkannya.

Membeli di toko pertanian

Kamu dapat mendapatkannya di toko pertanian dengan memilih varietas mana yang hendak Kamu tanam. Kelebihannya Kamu dapat memperoleh bibit unggul dengan gampang disini.

Memakai Umbi
  • Cari umbi yang bermutu besar.
  • Umbi gladiol bermutu besar mempunyai wujud yang gendut serta tebal.
  • Terus menjadi besar diameter umbi, membolehkan buat tumbuhan yang berkembang terus menjadi besar pula.
  • Pastikan umbi yang digunakan tidak cacat
Memakai Anakan
  • Tumbuhan gladiol yang telah berkembang besar, dapat diambil anakan umbinya yang berkembang di dekat tumbuhan gladiol yang telah besar tersebut.
  • Buat mengambilnya, pisahkan perlahan umbi gladiol tersebut jangan hingga daunnya terputus.

Bunga Gladiola


Siapkan Media Tanam Bunga Gladiol

Sehabis sukses menciptakan bibit tumbuhan gladiol, kalian perlu mempersiapkan media tanam bunga gladiol yang cocok serta sesuai.

Kalian dapat memilah tempat media tanam, baik di dalam pot ataupun dekat lahan tanah langsung.

Tetapi, terdapat sebagian perihal yang perlu dicermati buat menghasilkan media tanam yang bagus, antara lain bagaikan berikut:

  • Memilih posisi yang terbuka, supaya tumbuhan bunga gladiol memperoleh cahaya matahari lumayan.
  • Temperatur posisi tidak sangat terik, melainkan cuma bersuhu hangat supaya keelokan bunga senantiasa terpelihara.
  • Memilih media tanam yang terbebas dari sampah serta limbah yang lain. Kalian pula dapat mensterilkan rumput liar terlebih dulu, saat sebelum menanamkan bunga.
  • Memilih posisi yang jauh dari polusi udara, semacam asap pabrik ataupun asap kendaraan.
  • Lahan media tanam dicangkul sedalam 12 inchi, sehabis itu gabungkan tanah dengan pupuk organik ataupun pupuk kompos
  • Tambahkan serbuk kayu ataupun gambut di dekat lahan media tanam, buat kurangi keberadaan hama ataupun penyakit pada tumbuhan.
  • Buat mengestimasi peristiwa banjir, kalian dapat membuat ruang pada tumbuhan dengan menggali media tanam dekat 5-10 centimeter.

Penanaman Bunga Gladiol

Sehabis media tanam telah siap, langkah berikutnya ialah melaksanakan penanaman bunga gladiol dengan benar.

Penanaman bunga gladiol dicoba sehabis 2 minggu mempersiapkan media tanam serta saat sebelum datangnya bulan Juni, sebab pada dikala itu cuaca sangat baik serta menunjang.

Berikut ini ialah proses penanaman bunga:

  • Buatlah lubang pada tanah media tanam dengan kedalaman hampir 15 hingga 18 centimeter. Dan beri jarak penanaman dekat 15 hingga 20 centimeter.
  • Letakkan umbi bunga tersebut di tiap lubang tanah yang sudah disediakan, dengan wujud posisi menghadap ke bagian dasar dan ke atas untuk posisi runcing.
  • Tutup kembali lubang tanam yang telah dicampur dengan pupuk. Jangan lupa buat memberikan tanah gundukan yang lain supaya tidak gampang terkikis.

Perawatan Bunga Gladiol

Perawatan tumbuhan bunga gladiol lumayan gampang, ialah menyiram bunga dengan air bersih yang lumayan selama tiap Minggunya.

Tetapi, kala masa kemarau datang kalian cuma butuh menyiramnya dikala waktu pagi serta sore hari. Berikan penyemprotan pestisida secara tertib, supaya tumbuhan terbebas dari penyakit serta serangga.

Kala tumbuhan telah terus menjadi besar, kalian dapat memberikan pancang bambu supaya tumbuhan tidak gampang roboh akibat angin serta hujan.

Kala tumbuhan gladiol telah berbunga, kalian dapat memangkas cabang gladiol.

Demikian Uraian kami tentang Bunga Gladiola Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.