Bunga Desember Penanaman

2 min read

Bunga Desember
0
()

Bunga Desember – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Desember.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Bunga Desember


Menanam bunga desember bisa terus menjadi menghidupkan atmosfer rumah paling utama dikala terletak di penghujung bulan desember.

Keelokan bunga ini hendak bisa membuat bulan terakhir dalam kalender kamu jadi tidak kelabu.

Bunga ini berbunga antara bulan November–bulan desember, seperti itu kenapa bunga ini dijuluki bagaikan bunga desember.

Wujud bunga yang unik membulat dengan corak merah yang mencolok serta dipadukan dengan wujud daun yang bercorak hijau terang, pasti memberikan panorama alam kontras tetapi melegakan mata.

Bunga desember ialah bunga yang berasal dari dataran Afrika bagian selatan, warga disitu mengenalnya bagaikan African Blood Lily.

Dengan nama latin Hemanthus multiflorus bunga ini termasuk kedalam family bakung bakungan (Amarillydaceae).

Dimana pangkal tumbuhan ini hendak menciptakan umbi yang setelah itu bagian umbi inilah yang digunakan dalam perbanyakan tumbuhan bunga desember.

Pada biasanya menanam bunga desember sama semacam metode menanam bunga bakung sebab secara struktur anatomi keduanya mempunyai kesamaan.

Menanam bunga desember dapat dibilang mudah mudah sulit terlebih bila keadaan cuaca serta udara tidak bisa diprediksi semacam dikala ini.

Tetapi, pasti perihal ini tidaklah hambatan yang dapat membuat kamu mengulur hasrat buat dapat menanam bunga desember di rumah.

Baca Juga :  Mengenal Daun Ashitaba, Seledri Jepang Banyak Manfaat dan Nutrisi Bagi Kesehatan

Budidaya Bunga Desember

Terdapat Sebagian tahap yang wajib kalian jalani buat membudidayakan tumbuhan bunga desember, supaya giat berbunga. Sebagian tahap, semacam berikut ini:

Umbi Bunga Desember

Buat membudidayakan tumbuhan bunga desember, kalian wajib memilah umbi yang bermutu baik, sehingga bunga hendak berkembang dengan optimal.

Memilih umbi yang bercorak mengkilap serta terang, dan umbi yang matang, sebab kematangan umbi memastikan mutu tumbuhan tersebut.

Umbi yang baik, sehat serta tidak mempunyai cacat, supaya tidak tingkatkan peradangan kuman pada tumbuhan bunga tersebut.

Penanaman Umbi Bunga Desember

Kalian dapat melaksanakan penanaman umbi bunga desember di media tanam dalam polybag, sehingga bunga hendak berkembang dengan baik, dan dapat dipindahkan ke dalam pot besar.

Saat sebelum melaksanakan penanaman, umbi bunga dicuci terlebih dulu memakai air bersih. Sehabis itu, simpan umbi di dalam ruangan yang hitam serta bersih sampai menghasilkan bakal tunas.

Sambil menunggu umbi menghasilkan tunas, kalian dapat membuat media tanam yang cocok dengan kriteria penanaman bunga tersebut.

Penanaman bunga desember wajib di tanah yang bersifat gembur, porous, dan produktif. Kalian dapat memakai media pasir yang dicampur dengan kompos ataupun humus secara balance serta menyeluruh.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag yang cocok dengan dimensi umbi, ataupun berdiameter dekat 10 centimeter.

Siram media tanam tersebut dengan air seperlunya, bila menurun tambahkan media tanam ke dalam polybag sampai terisi penuh. Penanaman umbi bunga desember dicoba pada waktu pagi ataupun sore hari.

Buatlah lubang tanam dalam media yang telah disediakan cocok dengan dimensi umbi bunga, setelah itu tanam umbi tersebut kedalam polybag. Jangan lupa buat menutup kembali umbi dengan rapat.

Baca Juga :  Lavender Belanda : Sejarah, Klasifikasi, Morfologi, Varietas dan Cara Budidayanya

Bunga Desember


Transplanting Ke Pot Individu

Kala tumbuhan bunga desember sudah merambah usia 3-4 bulan, maka kalian telah dapat memindahkannya (transplanting) ke dalam pot individu.

Transplanting diperuntukan biar tumbuhan dapat tumbuh serta menciptakan bunga, sebab tumbuhan tersebut hendak meningkatkan 2-3 batang stek baru yang memerlukan ruang gerak lumayan luas.

Kalian dapat memakai pot plastik yang berdimensi diameter 25-35 centimeter dengan media tanam yang sama, ialah kombinasi tanah, pasir, serta kompos secara menyeluruh.

Memilih tumbuhan pada bibit dalam polybag yang bermutu, kemudian transplanting ke dalam pot yang sudah disediakan, 1 pot ditanami 1 bibit tumbuhan bunga.

Perawatan Tumbuhan Bunga

Tumbuhan bunga desember membutuhkan perawatan yang baik supaya hasilnya optimal, terdapat sebagian perihal yang wajib dicermati buat menjaga tumbuhan ini.

Kala cuaca lagi lembab kalian tidak butuh melaksanakan penyiraman sangat kerap, sebab perihal tersebut membuat tumbuhan jadi busuk serta membatasi pertumbuhannya.

Pakai hand sprayer buat menyiram tumbuhan serta jalani sebanyak 2 kali dalam 1 hari.

Letakkan pot tumbuhan di tempat yang teduh tetapi senantiasa terserang cahaya matahari secara langsung, sebab cahaya yang sangat terik sebab menyebabkan kehilangan cairan tubuh.

Beri pupuk bonus pada media tanam, dan jalani pemangkasan kala daun rusak serta menguning.

Buat mengatasi hama serta penyakit pada tumbuhan, kalian dapat memberikan 5g/I penyemprotan fungisida ataupun insektisida kala masa hujan datang.

Tetapi kala penyakit tumbuhan telah terus menjadi parah, hendaknya buang jauh-jauh supaya tidak meluas dengan tumbuhan yang lain.


Bunga Desember Mulai Berbunga

Merambah bulan November hingga Januari kalian telah dapat menikmati keelokan bunga desember ini dalam pot. Biar tumbuhan ini giat berbunga pastinya kalian wajib melaksanakan perawatan dengan optimal.

Baca Juga :  Bunga Cosmos

Jalani puasa air kala tumbuhan hendak berbunga, dan pemangkasan kala daun sangat lebat. Tiap 6 bulan sekali kalian wajib mengubah media tanam yang baru.

Demikian Uraian kami tentang Bunga Desember Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5