Bunga Dandelion : Morfologi, Kandungan Kimia, Manfaat, Makna dan Cara Tanamnya

5 min read

Bunga Dandelion : Morfologi, Kandungan Kimia, Manfaat, Makna dan Cara Tanamnya
0
()

Bunga Dandelion : Morfologi, Kandungan Kimia, Manfaat, Makna dan Cara Tanamnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Dandelion.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Bunga Dandelion : Morfologi, Kandungan Kimia, Manfaat, Makna dan Cara Tanamnya


Bunga Randa Tapak ataupun Dandelion merupakan bagian dari Taraxacum, suatu genus besar dalam keluarga Asteraceae.

Nama Randa Tapak sendiri biasa digunakan buat merujuk kepada suatu tanaman yang mempunyai“ bunga” yang mempunyai“ bunga- bunga” kecil yang terbang ditiup angin.

Asal asli dari tanaman ini merupakan Eropa serta Asia, tetapi telah menyebar ke seluruh tempat.

Bunga dandelion memang cuma lah bunga simpel dengan kuntum bunga ringan bercorak putih sehingga kerap kali diucap bunga bertopi putih.

Hidup diantara semak belukar di padang rumput, tebing besar, pegunungan ataupun apalagi ditempat- tempat yang susah dijangkau oleh manusia sehingga ia terus menjadi terlihat tidak berharga.

Tetapi siapa yang tau bunga simpel tersebut mempunyai banyak khasiat serta mitologi yang begitu menarik.

Penyembuhan Cina kuno yang awal kali memakai tanaman bunga dandelion buat mensterilkan darah serta tingkatkan system imunitas badan.

tidak hanya itu di wilayah timur tengah, bangsa arab sudah memakai tanaman dandelion pada abad 12 bagaikan obat buat pemeliharaan kesehatan hati serta ginjal.

Bunga dandelion melambangkan cinta, harapan, kesetiaan serta keceriaan.


Kandungan dan Morfologi Bunga Dandelion

Pada dikala masa awal- awal berbunga, bunga dandelion mempunyai corak kuning. Sebaliknya bunga yang bercorak terus menjadi putih menunjukkan usia bunga dandelion terus menjadi menua.

Bunga dandelion umumnya mempunyai diameter 2 sampai 5 centimeter serta seluruhnya terdiri dari cahaya kuntum.

Setelah itu bunga yang matang hendak berganti jadi kepala jam, berupa bundar semacam jam serta kala buah dari bunga dandelion masak, hendak diterbangkan oleh angin dengan jarak yang jauh.

Bunga dandelion memiliki sebagian vit serta mineral berarti, semacam vit A, D, E, B lingkungan, C, fosfor, mangan, magnesium, kalium, seng, kalsium, natrium serta tembaga.

Tidak hanya itu pula bunga dandelion memiliki serat serta zat yang lain semacam taraxerol, taraxasterol serta asam klorogenat.

Baca Juga :  Budidaya Kelinci : Jenis Kelinci, Pemilihan Indukan, Metode Perkembangbiakan dan Perawatannya

Yang diucap bunga dari tanaman ini jadi semacam jam biologi yang secara tertib membebaskan banyak bijinya. Biji- biji ini sebetulnya merupakan buahnya.

Bunga dandelion diucap pula“ fairy clock” sebab bunganya bisa menutup serta membuka secara periodik pada waktu- waktu tertentu. Bunga dandelion bisa hidup dalam bermacam keadaan lahan tempat berkembang.

Benih yang digunakannya senantiasa diterbangkan oleh angin ke bermacam tempat sebab sifatnya yang ringan. Angin yang membawanya ke tempat- tempat ekstrim buat suatu kehidupan mahluk hidup.

Tempat yang curam, gersang, penuh semak belukar, serta apalagi susah di jangkau mahluk hidup lain.

Dengan sedikit tetesan air hujan, benih bunga dandelion berjuang supaya bisa berkembang serta tumbuh biak sehingga jadi tempat menarik oleh sekumpulan bunga yang menarik.

Semacam dalam kehidupan ini, kita wajib senantiasa semangat serta tidak boleh berputus asa kala hadapi masa susah.

Senantiasa berbaik sangka kepada Si Pencipta sebab sebetulnya Ia maha mengenali apa yang diperlukan serta bukan yang di idamkan hambanya.


Manfaat bunga dandelion

Seelok warnanya, bunga dandelion mengantongi bermacam manfaat serta khasiat, misalnya:

  • Merendahkan kolesterol

Tidak cuma pengendalian gula darah, dandelion pula disebutkan berpotensi buat merendahkan kolesterol serta merendahkan resiko penyakit jantung.

Walaupun kajian lebih jauh masih diperlukan, diperkirakan kalau senyawa bioaktif dalam tumbuhan inilah yang menolong pengendalian kolesterol tersebut.

  • Melindungi kesehatan hati

Sebagian riset tersebut mengatakan kalau ekstrak dandelion bisa melindungi organ hati supaya bebas dari kelebihan lemak, dan menghindari terbentuknya tekanan oksidatif.

Riset pada manusia dibutuhkan lebih lanjut buat mengonfirmasi perihal ini sebab terdapatnya perbandingan metabolisme antara manusia dengan hewan.

  • Melawan sel kanker

Sebagian riset uji tabung menciptakan, ekstrak pangkal bunga dandelion mempunyai keahlian buat memperlambat perkembangan sel kanker pada jaringan hati, usus besar, serta pankreas.

Penemuan ini pastinya amat menarik terpaut penangkalan kanker, sehingga studi lanjutan juga hendak dibutuhkan buat menguasai mekanismenya lebih jauh.

  • Memelihara kesehatan saluran pencernaan

Dalam dunia penyembuhan herbal, dandelion diyakini mempunyai dampak protektif untuk saluran pencernaan, semacam sanggup menanggulangi konstipasi ataupun wasir.

Tanaman dandelion juga disebutkan memiliki tipe serat prebiotik yang diucap inulin.

Suatu riset dalam harian Nutrition Hospitalaria mengatakan, serat prebiotik inulin sanggup meredakan konstipasi serta tingkatkan pergerakan usus.

  • Tingkatkan sistem imun tubuh

Sebagian riset mengatakan kalau dandelion mempunyai dampak antimikroba serta antivirus. Dengan begitu, bunga ini diyakini sanggup tingkatkan keahlian badan melawan peradangan.

Perihal ini bersumber pada penemuan sebagian riset uji tabung, semacam suatu riset yang dilansir dalam harian Nutrition Hospitalaria.

Riset lanjutan pula dibutuhkan buat mengonfirmasi kemampuan khasiat dandelion tersebut.

  • Melindungi kesehatan kulit

Tidak cuma buat kesehatan organ di dalam badan, bunga dandelion juga diyakini mempunyai khasiat buat kesehatan kulit.

Baca Juga :  Budidaya Kopi : Metode, Lahan, Persiapan, Penanaman, Merawat Dan Panen

Bermacam riset pada hewan serta uji tabung menciptakan kalau tumbuhan ini berguna buat melindungi kulit dari cahaya matahari, penuaan, serta jerawat.

Untuk kamu yang hendak mau menanam serta membudidayakan tumbuhan bunga dandelion, ikuti uraian berikut ini.

  • Mengendalikan radikal bebas

Dandelion kaya dengan molekul antioksidan. Antioksidan menolong mengatur radikal leluasa berlebih di badan. Karena, radikal leluasa berlebih bisa merangsang kehancuran sel serta dapat berujung pada penyakit.

Salah satu molekul antioksidan dalam dandelion merupakan beta- karoten, yang pula tercantum dalam buah semacam wortel.

Bunga ini juga memiliki kelompok molekul antioksidan polifenol, dengan konsentrasi paling tinggi ialah pada bunganya.

  • Mengatur gula darah

Dandelion memiliki senyawa bioaktif asam chicoric serta asam klorogenat. Keduanya diyakini berpotensi buat mengatur gula darah.

Penemuan ini didapatkan bersumber pada bermacam studi pada hewan, semacam yang dilansir di suatu riset dalam harian The Review of Diabetic Studies.


Metode Tanam Tumbuhan Bunga Dandelion

Penentuan posisi merupakan perihal awal yang dicoba kala kamu hendak melaksanakan penanaman sesuatu tumbuhan apapun. Ini sangat berarti buat dicoba saat sebelum lanjut ke langkah selanjutnya.

Dalam memastikan posisi yang diseleksi buat tumbuhan ini hendaknya disesuaikan dengan habitat aslinya ialah posisi yang terbuka semacam di alam liar serta terserang pancaran cahaya matahari secara langsung.

Berikutnya sehabis kamu menciptakan lahan yang dirasa sesuai bagaikan posisi penanaman kamu gali lubang dengan dimensi lubang 20 centimeter× 20 centimeter× 20 centimeter.

Berikutnya kamu masukkan 1 hingga 2 kilogram pupuk kandang ke dalam lubang tanam buat setelah itu kamu perkenankan sepanjang 1 minggu.

Sehabis 1 minggu lalu, hingga kamu gemburkan tanah yang terdapat di dekat lubang tanam.

Terakhir, lubang yang sudah didiamkan sepanjang 1 minggu tersebut telah siap buat kamu tanami bibit tumbuhan bunga dandelion.

  • Persiapkan Benih Dandelion

Bunga dandelion yang sangat kerap ataupun banyak dibudidayakan serta ditanam oleh mayoritas orang yakni tipe varietas tumbuhan bunga dandelion universal dengan nama ilmiah Taraxacum officinale

Pelajari seluruh yang kamu tahu tentang tumbuhan bunga dandelion supaya kala kamu hendak membeli bibitnya kamu tidak dibodohi oleh orang dagang yang menjualnya.

Setelah itu umumnya benih yang dijual di pasaran baik secara offline maupun online berisi sebanyak 50 biji per bungkus dengan kisaran harga 10 ribuan.

Berikutnya, yakinkan benih yang sudah kamu beli, telah siap buat di tanam serta tidak membutuhkan perlakuan bonus yang lain.

Terakhir, buat data lebih lanjut, kamu dapat tanyakan kepada para penjual yang menjual bibitnya dengan sejelas- jelasnya.

  • Proses Penanaman

Langkah selanjutnya sehabis kamu melaksanakan proses pembibitan tumbuhan dandelion yakni, kamu jalani proses penanaman. Proses penanaman bisa dicoba dengan 2 metode.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Dandelion dan Perawatannya (Panduan Lengkap)

Awal, ialah bisa lewat biji benih bunga dandelion yang ditanam secara langsung ke dalam lubang tanam,

Kedua, kamu dapat menyemai terlebih dulu benih tumbuhan bunga dandelion pada polybag, baru setelah itu sehabis berkembang, kamu pindahkan ke posisi lahan yang sudah disiapkan terlebih dulu.

Tetapi, hendaknya dianjurkan kala menanam kamu jalani penyemaian terlebih dulu.

sebab bersumber pada statistik serta pengalaman dari yang telah menanam tumbuhan bunga ini, angka kehidupan kala melaksanakan penyemaian bibit lebih besar dibanding yang langsung di tanam pada lubang tanam.

Berikut ini merupakan metode penyemaian benih :

Awal, kamu simpan benih ditempat yang sejuk serta terlindung dari pancaran cahaya matahari secara langsung.

Berikutnya siapkan serta beli polybag yang berisikan media tanam berbentuk kombinasi tanah yang dihaluskan terlebih dulu, pupuk kandang serta sedikit pasir.

Dan pada bagian dasar polybag kamu lubangi yang bermanfaat bagaikan saluran air yang keluar kala melaksanakan penyiraman.

Terakhir, sehabis siap seluruh, hingga semailah benih bunga dandelion kepada media tanam tersebut, setelah itu kamu jalani penyiraman dengan memakai air seperlunya.

Bunga Dandelion : Morfologi, Kandungan Kimia, Manfaat, Makna dan Cara Tanamnya


Perawatan Dandelion

Buat proses berikutnya sehabis penanaman, hingga kamu jalani proses pemeliharaan. Langkah- langkahnya seperti berikut:

Penyiraman, pada proses ini kamu jalani penyiraman dengan air yang bersih secara teratur tiap harinya tiap pagi serta sore hari pada bibit yang baru kamu tanam.

Sebab sehabis bibit dipindahkan ke media tanam, bibit membutuhkan banyak air. Tetapi apabila lagi turun hujan deras tiap harinya, hingga kamu tidak butuh melaksanakan lagi aksi penyiraman.

Pemupukan, jalani pemberian pupuk secara teratur serta tertib tiap 3 minggu 1 kali konsumsi pupuk kandang.

Penyiangan, proses ini dicoba berbentuk pencabutan tumbuhan gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang hendak pengaruhi perkembangan tumbuhan .

Sehabis 3 bulan lamanya sehabis masa tanam, tumbuhan akan berbunga. Walaupun dalam kondisi cuaca yang sangat ekstrem sekalipun bunga dandelion senantiasa bisa menciptakan bunga.

Demikian Uraian kami tentang Bunga Dandelion Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read