Bunga Dahlia : Morfologi, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

3 min read

Bunga Dahlia : Morfologi, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya
0
()

Bunga Dahlia : Morfologi, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Dahlia.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Bunga Dahlia : Morfologi, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya


Dahlia merupakan tumbuhan perdu berumbi yang sifatnya tahunan( perenial), berbunga di masa panas hingga masa gugur. Dahlia merupakan bunga nasional negeri Meksiko yang pula ialah negeri asal bunga ini.

Bunga Dahlia dinamakan buat menghormati pakar botani berkebangsaan Swedia dari abad ke- 18 yang bernama Anders Dahl.Dahlia pula ialah bunga formal kota Seattle, negeri bagian Washington, Amerika Serikat.


Morfologi dan Sejarah

Di Eropa budidaya diawali tahun 1789, dari Royal Botanical Garden di Madrid, Spanyol serta menyebar ke seluruh Eropa Barat. Walaupun perkembangannya sangat lelet, di tahun 1841 sudah ada 1. 200 varietas.

Bunga Dahlia dihadirkan ke Jawa Barat dari negara Belanda pada masa penjajahan di abad ke 19. Saat ini Tumbuhan ini jadi komoditi bunga potong/ bunga pot yang berarti pada sebagian belahan dunia.

Bunga Dahlia mempunyai watak tahunan( perinial) yang maksudnya cuma sanggup berbunga dikala masa panas sampai masa gugur.

Walaupun pertumbuhanya bagus di skala ketinggian 700- 1000 meter dpl tidak menutup mungkin hasilnya dapat saja lebih kurang baik mengingat butuh perawatan serta pemeliharaan spesial supaya bunga dahlia berkembang secara maksimal.

Baca Juga :  Budidaya Kacang Hijau : Panduan Tepat Pembibitan, Perawatan dan Panen Memuaskan

Dahlia tercantum bunga yang terlambat dikembang- biakkan. Pada tahun 1872, negara Belanda menerima sekotak umbi Dahlia yang dikirim dari Meksiko.

Dari sekotak umbi bunga Dahlia nyatanya cuma satu umbi yang sukses berbunga tetapi menciptakan bunga indah bercorak merah dengan daun bunga yang runcing.

Pakar tumbuhan sukses mengembangbiakkan Dahlia yang setelah itu dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii ialah nenek moyang seluruh bunga Dahlia hibrida( persilangan) yang ada saat ini ini.

Tumbuhan dahlia merupakan santapan larva sebagian spesies Lepidoptera( tipe kupu- kupu).


Jenis Jenis bunga dahlia

Sesungguhnya kembang dahlia muncul dengan bermacam tipe. Hendak namun diantara sekian banyak tipe yang terdapat, ada sebagian tipe bunga dahlia yang sangat populer serta sangat banyak disukai orang antara lain:

  • Hanakerusai dahlia

Tipe bunga dahlia yang satu ini muncul dengan kesan yang sangat menawan. Rupanya merah dengan semburat kuning di bagian tengah yang mengesankan perpaduan corak sangat sempurna.

Wujud mahkota bunga ini runcing serta mengumpul banyak sehingga menaikkan kesan yang sangat presisi. dahlia pinnata

  • Dahlia kuning

Bunga dahlia pula terdapat yang bercorak kuning. Semacam karakteristik khas kembang dahlia yang lain, bunga ini pula mempunyai mahkota yang wujudnya kecil– kecil serta mengumpul sempurna.

Daun bunga ini kecil serta tangkainya panjang. dahlia leaves

  • Hibotan dahlia

Tipe hibotan dahlia yang satu ini rupanya merah jambu serta sangat menawan. Di bagian tengah mahkotanya ada kuncup kecil yang terus menjadi menaikkan indah kesan dari bunga dahlia yang berjenis hibotan

  • Yukitemari dahlia

Sepintas namanya membagikan kesan faktor Jepang. Hendak namun senantiasa bunga ini bukan bunga dahlia yang berasal dari Jepang.

Yukitemari dahlia mempunyai corak putih yang sangat bersih serta indah. Setelah itu di bagian tengahnya ada sari bunga yang rupanya putih kemerahmudaan.

Perihal ini menjadikan kesan putih yang suci berpadu sari bunga yang indah terus menjadi menaikkan kesan mempesona pada tipe Yukitemari dahlia. dahlia imperialis

Baca Juga :  Cara Merawat Bunga Dahlia Yang Benar dan Giat Berbunga

Manfaat Bunga Dahlia


  • Tingkatkan Imunitas

Manfaat dahlia mempunyai isi inulin yang bisa difermentasi jadi asam lemak rantai pendek serta sebagian asam laktat mikrofloro.

Setelah itu isi bunga ini bisa membentuk sistem imunitas yang kokoh serta membuat badan lebih kebal terhadap sebagian penyakit yang melanda sebab diakibatkan oleh virus.

  • Merendahkan Tekanan Darah

Tidak hanya tingkatkan imunitas, khasiat dahlia yang lain pula dapat buat merendahkan tekanan darah.

Tetapi isi bunga ini sangat baik untuk Kamu yang mempunyai tekanan darah besar, sehingga tekanan darah dapat wajar kembali.

Setelah itu dengan tekanan darah wajar aliran darah dapat mudah serta munculnya stroke bisa dihindari.

  • Menghindari Obesitas

Kegemukan merupakan satu perihal yang dapat kurangi keyakinan diri Kamu. Salah satu aspek di balik kegemukan merupakan makan kelewatan.

Buat alibi ini, isi kalori bunga dahlia sangat berarti. Serat santapan serta kalori dalam dahlia bisa menolong Kamu merendahkan berat tubuh serta menghindari kegemukan terjalin.

Sebab itu, konsumsilah isi bunga ini secara tertib sebab diyakini kalau isi bunga ini berfungsi dalam menghindari kegemukan dalam badan Kamu.

  • Melindungi Kesehatan Gigi serta Tulang

Kesehatan gigi serta tulang merupakan prioritas utama yang butuh dilindungi. Bila gigi serta tulang Kamu tidak sehat, Kamu tidak bisa bergerak seluruhnya.

Sebab itu, isi inulin pada dahlia mempunyai keuntungan menolong melindungi kesehatan gigi serta tulang buat menghindari keropos tulang ataupun kerap diucap dengan osteoporosis.

  • Merendahkan Kolesterol

Bila umur Kamu merupakan 40 tahun ataupun lebih penyakit kolesterol bisa melanda kamu dengan gampang.

Sebab umur ini, sistem imunitas badan menyusut serta kerutinan makan yang tidak sehat memperparah kondisi badan.

Isi dalam dahlia diyakini memiliki zat yang dapat merendahkan kolesterol. Kamu tidak cuma bisa merendahkan kolesterol Kamu pula bisa komsumsi air putih serta menjauhi santapan berlemak.

Baca Juga :  Cara Menanam Murbei Agar Cepat Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

Isi dalam dahlia diyakini memiliki zat yang dapat merendahkan kolesterol.

  • Melancarkan Pencernaan

Isi dahlia yang lumayan besar pula mempunyai keuntungan buat melancarkan sistem pencernaan. Inulin pada bunga dahlia yang berperan bagaikan probiotik hendak berguna untuk usus buat menghindari kanker di usus.

Tidak hanya probiotik, mereka pula berperan bagaikan substrat mikroflora yang berfungsi dalam kesehatan usus Kamu.

  • Menyehatkan Tubuh

Di antara banyak isi yang ada dalam bunga dahlia pula bisa menyehatkan badan. Jadi bila Kamu mau mempunyai badan yang sehat, Kamu bisa komsumsi bunga ini bagaikan imunitas badan Kamu.

Perihal Ini sendiri diakibatkan sebab isi bunga ini mempunyai banyak khasiat yang hendak menolong Kamu melindungi badan senantiasa sehat serta leluasa penyakit. Konsumsilah bunga ini secara tertib.

  • Menghindari Konstipasi

Asam laktat yang terbuat sepanjang fermentasi inulin, menghindari wasir serta tingkatkan penyerapan kalsium buat menghindari osteoporosis.

Sebab kedudukannya dalam menghindari osteoporosis inulin kerap digunakan dalam produk susu resep.

Bunga Dahlia : Morfologi, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

  • Bagus buat Usus

Inulin mempunyai watak larut dalam air serta tidak bisa di cerna oleh enzim pencernaan. Insulin ini berperan bagaikan probiotik.

Probiotik ini merupakan komponen yang berperan bagaikan substrat mikroflora yang bermanfaat dalam usus.

  • Menghindari osteoporosis

Isi asam laktat dalam dahlia digunakan buat tingkatkan konsumsi kalsium buat menghindari terbentuknya osteoporosis.

Demikian Uraian kami tentang Bunga Dahlia Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5