Bunga Adenium : Klasifikasi, Morfologi dan Jenisnya

3 min read

Bunga Adenium : Klasifikasi, Morfologi dan Jenisnya
0
()

Bunga Adenium : Klasifikasi, Morfologi dan Jenisnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Adenium.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Bunga Adenium : Klasifikasi, Morfologi dan Jenisnya


Kamboja jepang ataupun adenium( Adenium obesum) merupakan spesies tumbuhan hias, batangnya besar, bagian bawahnya menyamai umbi, batangnya tidak berkambium.

akarnya bisa membengkak menyamai umbi, wujud daunnya panjang terdapat yang lonjong, runcing, kecil, serta besar, corak bunganya beragam.

Bunga ini diucap pula dengan mawar padang pasir( desert rose). Sebab berasal dari wilayah kering, tumbuhan ini berkembang lebih baik pada keadaan media yang kering dibandingkan sangat basah.

Nama Adenium diberikan sebab Adenium ditemui di Aden yang ialah ibukota Yaman.

Adenium mempunyai banyak corak bunga cocok varietas tiap- tiap dengan wujud semacam terompet dengan mempunyai 5 kelopak serta mempunyai wujud daun yang bermacam- macam.

terdapat yang lonjong, kecil, terdapat yang berbulu serta terdapat yang tanpa bulu serta terdapat yang runcing serta terdapat yang tidak.

Bunga Adenium mempunyai morfologi yang nyaris sama dengan bunga kamboja cuma beda genus saja.

Bunga kamboja jepang memiliki nama latin“ Adenium obesium”, yakni tumbuhan yang asalnya dari gurun pasir kering, di wilayah dataran Asia Barat hingga Afrika.

Baca Juga :  7 Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan Dari Anti Diabetes hingga Antikanker

Namun bunga kamboja jepang yang terdapat di situ diketahui dengan nama“ Desert rose” ataupun mawar padang pasir.

Tidak hanya itu, disibut dengan Adenium ini karena tumbuhan ini banyak ditemui di kota Yaman pada wilayah Aden.


Klasifikasi serta Morfologi Kamboja Jepang

Secara sistematis, tumbuhan pada bunga kamboja jepang tersebut masih dalam keluarga Plumeria tetapi memiliki beberapa perbandingan yang sangat menonjol.

Namun secara garis besar pada tumbuhan bunga kamboja jepang tersebut bisa diklasifikasikan& morfologi bagaikan berikut:

  • Kingdom: Plantae ataupun Tumbuhan
  • Subkingdom: Trachebionta ataupun tanaman berpembuluh
  • Luar biasa Divisi: Spermatophyta ataupun Menciptakan biji
  • Divisi: Magnoliphyta ataupun Tanaman berbunga
  • Kelas: Magnoliopsida ataupun berkeping 2/ dikotil
  • Sub kelas: Asteridae
  • Ordo: Gentianales
  • Famili: Apocynaceae
  • Genus: Adenium
  • Spesies: Adenium obesum ataupun Forssk, Roem serta Schult

Jenis- Jenis Bunga Adenium:


  • Adenium Windmill

Adenium tipe ini memiliki daun agak panjang meruncing dengan corak hijau tua berbulu dan mempunyai kelopak bunga bercorak merah muda dengan semburat putih di bagian tengah petal.

  • Adenium Obesum

Adenium ini berasal dari Afrika Selatan dengan mempunyai banyak cabang, mempunyai batang besar serta mempunyai bunga berupa semacam bintang dengan corak bermacam- macam dari merah muda sampai merah tua.

dengan semburat bercorak putih di bagian petal dan mempunyai corak daun yang bermacam- macam dari hijau sampai keabuan serta bila keadaan lahan tidak membolehkan hingga adenium ini hendak menggugurkan daunnya.

  • Adenium Swazicum

Adenium tipe ini sanggup menggapai besar dekat 2 m. Adenium tipe ini batang yang lentur dan tidak mempunyai bongkol.

mempunyai corak daun hijau muda sampai keabuan dengan ada bulu- bulu halus di dibagian dasar dan susunan parafin di bagian atas daun.

Baca Juga :  Cara Menanam Cung Kediro Mudah Dan Sukses Berbuah Lebat

mempunyai wujud bunga semacam bundar/ bintang dengan corak bermacam- macam terdapat yang bercorak merah sampai keungguan serta terdapat pula yang bercorak puti

  • Adenium Multiflorum

tipe ini berhabitat asli di Afrika selatan tepatnya di wilayah Mozambik. Bunga tipe ini mempunyai bunga bercorak putih dengan bagian pinggir bercorak merah sampai merah tua dengan diameter berkisar 6- 7 centimeter.

mempunyai bonggol yang tidak membengkak, tetapi memiliki batang serta pangkal yang membengkak, dan mempunyai daun bercorak hijau tua dengan tulang daun bercorak putih.

  • Adenium Waterfall

Adenium tipe ini mempunyai daun dengan wujud agak bundar berbulu dan bunga bercorak merah tua bintik putih.

  • Adenium Boehmianum

Adenium tipe ini berasal dari Namibia serta Angola. Bunga ini mempunyai percabangan banyak dengan besar yang bisa menggapai 3 m.

mempunyai bunga bercorak merah muda sampai ungu berdimensi dekat 5 centimeter, mempunyai daun yang besar, lebar berbulu, dan mempunyai bonggol yang indah.

  • Adenium White Knight

Adenium tipe ini mempunyai daun bercorak hijau tua tidak berbulu dengan bunga bercorak putih bersih.

  • Adenium Arabicum

Adenium tipe ini mempunyai Batang gendut serta besar dengan diameter bonggol menggapai 1 m besar tumbuhan dapat menggapai 4- 5 m.

Bercabang banyak dengan wujud cendrung menyemak. bunga arabicum bercorak merah muda serta polos.

  • Adenium Oleifolium

Adenium tipe ini mempunyai percabangan yang banyak serta bonggol dimensi lumayan besar.

mempunyai daun bercorak abu- abu kebiruan kecil serta memanjang, mempunyai bunga bercorak pink dengan petal bercorak kekuningan dan dimensi bunganya dekat 3 centimeter.

  • Adenium Somalense var. Somalense

Adenium tipe ini mempunyai wujud daun kecil meruncing dengan corak daun hijau tua berpadu putih, mempunyai bunga berupa bintang dengan petal bercorak putih ataupun pink.

Baca Juga :  Tanaman Anggur : Sejarah, Varietas, Karakteristik, Hama dan Penyakitnya

corongnya bercorak kuning ataupun putih dengan garis bercorak merah, dimensi kecil dengan diameter dekat 5 centimeter. Tipe ini sangat gampang buat menyesuaikan diri dengan area serta relatif kilat berkembang.

  • Adenium Somalense var. Crispum

Adenium ini berasal dari Somalia. Adenium tipe ini mempunyai percabangan yang merunduk serta lemah, mempunyai bonggol berdimensi besar yang berkembang di dalam tanah.

mempunyai Daun bercorak hijau tua, kecil meruncing, serta bergelombang dengan tulang daun bercorak putih.

mempunyai bunga dengan corak dasar pink salem serta putih ataupun merah darah dengan hiasan berbentuk semburat merah ataupun pink berdimensi 2- 5 centimeter.

Bila bunganya berkembang serempak bunga ini hendak mempunyai tampilan yang menarik. Tetapi disayangkan, adenium ini mempunyai perkembangan yang lelet serta kerdil.

Bunga Adenium : Klasifikasi, Morfologi dan Jenisnya

  • Adenium Socotranum

Adenium tipe ini mempunyai batang bercorak coklat serta mempunyai kanopi menyempit, mempunyai daun bercorak merah kekuningan dengan panjang 12 centimeter serta lebar 4 centimeter.

Wujud tulang daun menonjol bercorak kuning, dan mempunyai bunga dengan dimensi besar berdiameter 10 sampai 13 centimeter.

Demikian Uraian kami tentang Bunga Adenium Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read