Budidaya Zaitun : Cara Menanam Zaitun di Indonesia dengan Mudah dan Berbuah Lebat

3 min read

Budidaya Zaitun : Cara Menanam Zaitun di Indonesia dengan Mudah dan Berbuat Lebat
0
()

Budidaya Zaitun : Cara Menanam Zaitun di Indonesia dengan Mudah dan Berbuah Lebat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Zaitun .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Zaitun : Cara Menanam Zaitun di Indonesia dengan Mudah dan Berbuah Lebat


Tumbuhan zaitun ataupun yang kerap diucap olive tree ialah tumbuhan kecil yang mempunyai buah berdimensi kecil bercorak hijau.

Kalian dapat mengolah buah tersebut jadi minyak ataupun dapat pula komsumsi langsung. Dimensi tumbuhan zaitun wajar mempunyai besar dekat 8 hingga 15 m.

Daun zaitun berbentuk daun tunggal, bercorak hijau keperaka, lonjong, serta panjangnya 4 hingga 10 centimeter.Sebaliknya wujud batang tumbuhan zaitun berupa keriput dengan buahnya yang kecil.

Butuh dikenal bila tumbuhan zaitun mulai berbuah dikala usianya 5 tahun. Uniknya lagi, kalian dapat mempunyai tumbuhan tersebut hingga ribuan tahun lamanya.


Ketentuan Tumbuh Zaitun

Zaitun jenis tumbuhan yang dapat berkembang didaerah yang mempunyai temperatur dingin serta masa kemarau yang lumayan panjang semacam wilayah Malang, Lembang, serta Dieng.

Tumbuhan zaitun memanglah bisa dibudidayakan di Indonesia. Tetapi, terdapat pakem yang wajib dicoba pembudidaya.

Yang terutama, tumbuhan ini wajib memperoleh cahaya matahari yang lumayan dengan temperatur di atas 25 derajat Celcius. Budidaya dapat dicoba di polybag serta ditaruh di dalam green house.

Parta Suhanda, pembudidaya zaitun asal Bogor, Jawa Barat, bilang kalau budidaya tumbuhan mediterania ini lebih susah dibanding tipe tumbuhan lain.

Dari pengalamannya, tingkatan kematian tumbuhan ini dapat menggapai lebih dari 50% dari total yang dibudidayakan.

Baca Juga :  Kandungan Gizi Selada Dan 7 Manfaat Pentingnya Untuk Kesehatan

Bila cuaca panas, jumlah kematian dapat diminimalisir dibanding dikala cuaca hujan.” Cuaca panas dapat memicu perkembangan pangkal zaitun,” jelas Parta.

Parta sendiri mengaku menemukan induk tumbuhan zaitun dari Australia. Budidaya tumbuhan ini dikerjakannya dengan mencangkok ranting induk tumbuhan zaitun tersebut.

Bagi Parta, perlu waktu 2 sampai 3 bulan buat meningkatkan pangkal dari hasil cangkok tersebut. Walaupun berkembang pangkal, jumlahnya tidak banyak serta rawan gugur kembali.

Makanya, wajib diberikan perawatan spesial. Bibit wajib ditaruh di dalam polybag serta setelah itu dibudidayakan di dalam green house.

Tidak hanya itu, wajib kerap disiram serta memperoleh cahaya matahari yang lumayan.” Paling tidak tumbuhan ini terletak dalam temperatur hawa 25 derajat Celsius,” ucapnya.

Sehabis berusia 6 bulan, telah tercantum masa cangkok 3 bulan, bibit tumbuhan zaitun telah mempunyai ketinggian dekat 70 cm( centimeter) sampai 80 centimeter.

Dengan catatan, dikala pencangkokan panjang dahan yang digunakan dekat 50 centimeter.” Jadi tunas barunya berkembang dekat 20 cm- 30 centimeter,” papar Parta.

Sehabis itu, bibit dapat dijual dengan harga Rp 300. 000- Rp 500. 000 per tumbuhan.

Pembudidaya yang lain, Steve Stanley asal Semarang menambahkkan, bibit zaitun dapat ditanam di polybag berdiameter 50 centimeter.

Apabila pembudidaya bernazar membesarkan serta tidak langsung menjual, bibit dapat dipindahkan ke drum besar maupun ke tanah.

Bila di tanah, zaitun dapat berkembang lebih besar. Nah, apabila mau menanam di drum, seleksi yang berdiameter 1, 2 m. Bagi Steve, harga tumbuhan zaitun berumur 2 tahun jauh lebih mahal sebab tidak banyak yang memiliki.

Dia sendiri menjual tumbuhan zaitun perak umur 2 tahun setinggi 1, 2 m dengan harga Rp 6 juta. Sedangkan, apabila masih bibit setinggi 30 centimeter cuma Rp 700. 000 per batang.


Metode Budidaya Tumbuhan Zaitun Untuk Pemula

Untuk kalian yang berkeinginan buat menanam tumbuhan zaitun dirumah, perhatikan metode menanam tumbuhan zaitun di Indonesia bagaikan berikut.

  • Mempersiapkan Bibit Zaitun

Buat mendapatkan biji zaitun yang bermutu serta baik, kalian dapat mendapatkannya di toko- tokok tumbuhan ataupun pasar yang menjual spesial bibit- bibit tumbuhan. Yakinkan pula biji tersebut telah bersih serta siap tanam.

  • Persiapan Tanah

Tanah yang baik untuk tumbuhan zaitun tidak hanya kering pula butuh drainase yang baik ataupun mutu air tanah terpelihara. Tambahkan pupuk dikala mulai persiapan tanah buat media berkembang tumbuhan zaitun.

Baca Juga :  Cara Menanam Mahkota Dewa Mudah dan Hasil Sukses Untuk Pemula

Butuh dikenal bila luas lahan penanaman tumbuhan zaitun haruslah lebar buat melindungi supaya perakarannya sanggup tumbuh dengan baik.

  • Mempersiapkan Media Tanam

Sambil menanti biji zaitun lepas dari masa dormannya, siapkan media tanam tumbuhan zaitun berbentuk tanah, pupuk kandang, serta pula arang sekam.

Jangan lupa buat mengombinasikan ketiga media tanam tersebut secara menyeluruh dengan skala perbandingan 1: 1: 1.

  • Persiapan Penanaman

Metode menanam tumbuhan zaitun di Indonesia berikutnya yang butuh kalian jalani merupakan dengan mempersiapkan pot bila mau menanamnya dipot ataupun lahan yang cocok.

Buat penanaman langsung di tanah, galilah terlebih dahulu tanah dengan kedalaman yang lumayan buat tempat media tanam yang sudah dipersipkan.

Tujuannya biar tumbuhan zaitun tersebut dapat mendapatkan faktor hara yang lumayan saat sebelum sanggup membiasakan diri dengan area.

Bila mau menanam tumbuhan zaitun lebih dari satu, berilah jarak antar tumbuhan dekat 5 m dengan alur utara selatan biar menimpa sinar matahari seluruhnya.


Perawatan Tumbuhan Zaitun

Butuh kalian ketahui bila tumbuhan zaitun sanggup bertahan dalam panas matahari yang terik serta sanggup menyesuaikan diri pada cuaca apapun.

Bila umur pohon zaitun sudah menggapai 30 hari, bagikan pupuk zaitun kembali buat mengubah faktor hara yang sudah lenyap tadinya.

Pupuk yang dapat kalian bagikan dapat berbentuk NPK daun ataupun dapat pula pupuk kandang dengan takaran satu kepalan saja. Sebaliknya buat waktu pemupukan dapat dicoba 3 hingga 6 bulan sekali saja.

Walaupun pertumbuhannya terkategori lelet, kalian dapat memangkas tumbuhan zaitun tiap tahun sehabis ranting telah mulai panjang serta tidak butuh.

Perawatan tumbuhan zaitun dikala telah melewati masa cangkok tidak susah. Tidak hanya panas, tumbuhan butuh disiram satu hari sekali dan diberi pupuk sesekali.

Baca Juga :  Mengenal Daun Dewandaru : Tumbuhan Pembawa Pesan Dewa Dengan Segudang Manfaatnya

Tetapi, dikala masih muda tumbuhan ini umumnya rentan terkena penyakit. Umumnya yang melanda sejenis kutu cadar ataupun kutu perisai di balik daun zaitun. Kutu ini umumnya susah disingkirkan.

Mengatasinya dapat dengan memangkas daun yang terserang kutu supaya tidak terus menjadi menyebar.

Tumbuhan zaitun sanggup berkembang didaerah dengan misum panas serta dingin. Sebaliknya temperatur yang dingin ringan semacam es dapat pengaruhi pertumbuhannya.

Budidaya Zaitun : Cara Menanam Zaitun di Indonesia dengan Mudah dan Berbuat Lebat

  • Pemangkasan

Memanglah tumbuhan zaitun ini berkembang sangat lelet. Hingga, pemangkasan tidak sering sekali dicoba. Tetapi, bila kalian menanamnya dipot terkadang pertumbuhannya jauh lebih kilat.

Kalian dapat memangkas bagian ranting yang tidak dibutuhkan buat menunjang pertumbuhannya.

  • Pengendalian Hama

Butuh dicermati bila tumbuhan zaitun ini kerap hadapi serbuan hama semacam verticillium layu serta skala gelap. Bila tidak lekas dihilangkan akan pengaruhi pertumbuhannya.

Atur pemberian pembasmi hama secara tertib buat menjauhi terdapatnya hama. Yakinkan pula buat memilah tipe insektisida yang pas serta cocok dengan keadaan pohonnya.

Jangan asal memberikannya! Bila butuh, kalian dapat memotong bagian dahan yang terserang hama biar tidak menyebar pada dahan yang lain.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Zaitun Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5