Budidaya Udang : Pemilihan Bibit, Proses Budidaya dan Sesi Pemanenan

2 min read

Budidaya Udang : Pemilihan Bibit, Proses Budidaya dan Sesi Pemanenan
0
()

Budidaya Udang : Pemilihan Bibit, Proses Budidaya dan Sesi Pemanenan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Udang.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Udang : Pemilihan Bibit, Proses Budidaya dan Sesi Pemanenan


Udang merupakan salah satu bahan santapan seafood yang mempunyai banyak penggemar. Apalagi, dari warung kecil sampai restoran menyajikan santapan seafood yang satu ini.

Hingga tidak heran budidaya udang air tawar juga sering dicoba sebagai kesempatan usaha. Dengan budidaya udang, Kamu dapat meraup keuntungan yang lumayan besar.

Alasannya, permintaan pasar menimpa udang air tawar terus bertambah, dengan harga yang besar. Tetapi, buat memperoleh hasil udang yang baik, Kamu butuh membudidayakannya dengan benar.


Metode Awal Budidaya Udang

Untuk melaksanakan pembudidayaan udang air tawar memanglah bukanlah gampang. Tetapi, bila Kamu bekerja keras dan melaksanakan tahapannya dengan baik serta benar, hingga hasilnya juga hendak bagus.

Ada pula 5 tahapan budidaya udang air tawar yang dapat Kamu jalani antara lain merupakan:

Persiapan Media Budidaya

Saat sebelum melaksanakan pembudidayaan, Kamu butuh mempersiapkan media pembudidayaan yang sesuai buat udang.

Kamu dapat membuat media budidaya, misalnya memakai akuarium ataupun budidaya udang air tawar di kolam tembok.

Bila mau memakai akuarium, Kamu dapat membelinya langsung di toko. Memilih akuarium yang berdimensi variatif serta disesuaikan dengan jumlah udang yang hendak dipelihara.

Baca Juga :  Inilah Daun Janggelan, Si Cincau Hitam Banyak Nutrisi dan Manfaat Bagi Kesehatan

Dimensi 1 m persegi serta besar akuarium dekat 80- 100 centimeter bisa menaruh 10 ekor udang.Tetapi bila mau membuat kolam, buatlah dengan dimensi yang lagi serta disesuaikan dengan kapasitas udang .

Memilah Bibit Udang

Sehabis mempersiapkan media budidaya yang cocok, Kamu butuh mempersiapkan bibit udang. Supaya memperoleh hasil yang optimal, memilih bibit udang air tawar yang bermutu dan mempunyai produktivitas besar.

Bibit udang yang baik mempunyai kriteria semacam berikut:

  • Bibit udang air tawar nampak sehat, tidak cacat, tidak pucat, dan tidak gampang terserang penyakit.
  • Dimensi bobot benih udang sama ataupun seragam. Dimensi bobot yang sempurna dekat 0. 1– 0. 3 gr.
  • Kulit udang bercorak terang mengkilap.
  • Udang air tawar bisa bergerak lincah serta aktif, dan mempunyai ketahanan badan yang kokoh.

Persiapan Pakan serta Vitamin

Perihal yang pula wajib diperhatikam dalam budidaya udang air tawar merupakan persiapan pakan semacam metode budidaya ikan cupang halfmoon.

Karena pastinya perihal ini jadi salah satu kunci buat dapat menghasilkan udang yang berdimensi besar serta mempunyai nilai jual besar.

Tipe pakan serta jumlah pakan yang digunakan hendak mempengaruhi langsung erhadap perkembangan udang air tawar. Sebab itu idealnya pakan udang air tawar wajib penuhi faktor faktor antara lain:

  • Biji jagung
  • Tepung terigu
  • Ketan padi
  • White germ meal
  • Rice brean

Proses Pembudidayaan

Setelah mempersiapkan media kolam serta bibit udang air tawar, Kamu dapat langsung melaksanakan sesi pembudidayaan. Yakinkan kolam ataupun akuarium yang digunakan bersih.

Kemjudian isi kolam ataupun akuarium dengan air tawar yang bersih serta pH dekat 6- 7. Air yang digunakan mempunyai temperatur dekat 25- 26 derajat Celcius.

Supaya oksigen akuarium ataupun kolam memperoleh oksigen, Kamu dapat memakai pompa budidaya ikan. Masukkan potongan peralon bagaikan tempat bersembunyi. Setelah itu tebar udang air tawar pada kolam.

Baca Juga :  Buah Lumai : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Buat memperoleh hasil yang baik dari budidaya udang ini, Kamu butuh melaksanakan perawatan yang baik. Bagikan pakan secara teratur, ialah pada waktu pagi dan sore hari.

Dosis yang diberikan pada pagi hari ialah 40% serta pada sore hari 60%. Ada pula santapan yang wajib diberikan semacam ketan padi, tepung terigu, biji jagung, Rice brean.

Jangan lupa melindungi kebersihan air dalam kolam ataupun akuarium. Sebab banyaknya debu yang menumpuk hendak bawa pengaruh negatif buat udang Kamu.

Jangan lupa melaksanakan sesi pemijahan. Proses pemijahan dicoba secara natural. Sebab Kamu sudah mempersiapkan potongan paralon buat proses pemijahan udang tadinya.

Budidaya Udang : Pemilihan Bibit, Proses Budidaya dan Sesi Pemanenan

Sesi Pemanenan

Kita dapat mulai melakukan pemanenan pada umur 6 bulan.Panen dilakukan dengan mengambil udang dan menempatkannya kedalam box yang sudah disiapkan.

Kemudian memisahkan udang sesuai dengan ukurannya dan juga menyortir udang yang tak layak jual. Selanjutnya dilanjutkan dengan proses pengepakan dan dikirim kepada pengepul atau penerima hasil panen.

Seminggu saat sebelum melaksanakan pemanenan, Kamu dapat menggunakan waktu buat mencari pangsa pasar ataupun pengepul.

Memilih udang yang telah matang serta mempunyai bobot besar. Perkenankan udang yang masih kecil buat kembali dibudidayakan.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Udang Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5