Budidaya Tanaman Salam Sukses Berdaun Lebat dan Sehat(Panduan Lengkap)

4 min read

Budidaya Tanaman Salam Sukses Berdaun Lebat dan Sehat(Panduan Lengkap)
0
()

Budidaya Tanaman Salam Sukses Berdaun Lebat dan Sehat(Panduan Lengkap) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Tanaman Salam .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Tanaman Salam Sukses Berdaun Lebat dan Sehat(Panduan Lengkap)


Salam atau Indonesian bay leaf (Indonesian laurel, Syzygium polyanthum) , merupakan daun aromatik bumbu di Indonesia, Malaysia, Thailand, hingga ke India.

Namun di India, tidak hanya daun salam, diketahui pula daun tej pat, tejpat, ataupun tejpata( Indian bay leaf, Cinnamomum tejpata).Masakan- masakan India mayoritas memakai bumbu daun tejpat.

Sebab masih satu genus dengan tumbuhan kayu manis( Cinamumum zeylanicum, Cinamumum burmani), aroma daun tejpat, sangat berbeda dengan daun salam yang masuk famili Myrtaceae, genus Syzygium.

Di Taiwan, Arab Saudi, serta Negara Belanda, daun salam fresh dijual dalam kemasan berisi belasan lembar daun. Pembelinya, paling banyak orang Indonesia, namun daun salam itu berasal dari Thailand.

Bay leaf asli, India, serta California, bersama dalam famili Lauraceae. Bay leaf asli genus Laurus, terdiri dari 3 spesies: Laurus azorica( Azores Laurel), Laurus nobilis( Bay Laurel), serta( Laurus novocanariensis).

California bay leaf genus Umbellularia, terdiri dari 3 spesies, ialah Umbellularia californica( California laurel), Umbellularia californica var californica, serta Umbellularia californica var fresnensis.

Indian bay leaf genus Cinnamomum, terdiri dari dekat 300 spesies. Sampai yang berbeda cumalah daun salam, yang ialah genus Syzygium, yang terdiri dari 1. 100 spesies.

Ketentuan Tumbuh Tanaman Salam

Tumbuhan salam merupakan suatu tumbuhan yang bisa berkembang di wilayah yang mempunyai ketinggian tanah dekat 300 sampai 700 m diatas permukaan laut, pula diperlukan temperatur hawa dekat 25– 30 derajat celcius.

Tidak hanya itu, wilayah yang ditanami oleh tumbuhan salam ini wajib terletak pada curan hujan yang menyeluruh sejauh tahun.

Tumbuhan salam dapat berkembang hingga 30 meter, dengan diameter batang dekat 60 centimeter. Kulit batang salam cokelat muda keabu- abuan.

Semacam genus Syzygium yang lain, kulit batang salam pula pecah serta mengelupas, hinggamembentuk sekresi pada permukaan batang.Bunga salam kecil- kecil, bercorak putih kecokelatan.

Baca Juga :  Budidaya Gabus : Teknik Tepat Pemeliharaan Hasil Melimpah Untuk Pemula

Buah salam berbentuk beri, wujud, kepribadian, serta rupanya, persis buah jamblang( juwet, duwet, Eugenia cuminii), cuma ukurannya yang berbeda.

Buah jamblang berdiameter 2 centimeter, dengan panjang 3 centimeter. Buah salam cuma berdiameter 0, 6 centimeter, dengan panjang 1cm.

Buah salam lezat dimakan. Namun sebab daging buahnya sangat tipis, buah ini tidak sempat dimanfaatkan secara murah. Sampai sehabis tua, buah yang tidak dimakan burung berjatuhan di dasar tajuk.

Buah inilah yang dapat diambil buat disemai. Biji salam gampang sekali berkembang, cuma energi tumbuhnya hendak langsung merurun dalam sebagian hari.

Sampai idealnya, biji salam langsung disemai sehabis diambil dari tajuk di dasar tumbuhan. Biji salam dapat disemai dalam pot koloni( kolektif), ataupun pada bedeng penyemaian.

Medianya kompos ataupun humus, dicampur pasir.Semai tumbuhan salam berkembang dengan lamban. Sampai usia satu tahun baru menggapai ketinggian dekat 10 centimeter.

Perkembangan pada tahun II serta III hendak lebih pesat, sampai menggapai ketinggian dekat 60 centimeter.

Semaian tumbuhan salam baru dapat dipindahkan ke lapangan sehabis menggapai ketinggian 1, 5 sd. 2 meter, ialah pada usia dekat 5 tahun semenjak biji disemai.

Pemindahan ke lapangan kala besar tumbuhan masih di dasar 50 centimeter, akan berbahaya tumbuhan mati pada masa kemarau. Tumbuhan salam berkembang baik dari ketinggian 0 meter. dpl, hingga 1. 500 meter. dpl.

Metode Menanam Daun Salam

  • Bibit Tanam

Banyak metode yang bisa dicoba buat menanam tumbuhan salam. Sebagian perihal yang bisa dicoba merupakan mengawali menanamnya dari bibit yang dalam wujud berbentuk biji maupun stek.

Namun, metode penanaman yang sangat banyak digunakan buat menanam tumbuhan salam merupakan dengan metode memakai pembibitan dari stek.

Sebab pada metode ini hendak menciptakan tumbuhan salam yang bisa berkembang dengan kilat dan perawatan yang lebih gampang.

Metode memilah bibit daun salam merupakan dengan metode memastikan cabang pada tumbuhan salam yang nampak sangat produktif buat dijadikan bibit.

Memilih cabang dari batang tersebut dengan minimun ranting yang dipunyai sebanyak 3 buah ranting. Potonglah cabang yang sudah didetetapkan tadinya dengan panjang 20 centimeter– 25 centimeter.

Setelah itu, tanamlah potongan ranting tersebut denganmemakai polybag dengan memakai kombinasi dari pupuk organic serta tanah.Setelah itu Berikanlah air tiap harinya supaya pernyiramannya tertib.

  • Media Tanam

Sehabis berjalan sepanjang sebagian bulan, serta sebab polybag telah mulai tidak mencukupi buat digunakan bagaikan perlengkapan media tanam dalam menanam tumbuhan salam itu sendiri.

Telah mulai saatnya kita mempersiapkan media tanam secara langsung dengan metode memakai lahan atu di dalam pot. Yang terutama merupakan membuat lubang tanam dengan metode menanam daun salam berikut ini.

Baca Juga :  Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Serta Mengenal Kandungan Kimianya

Perisapkanlah lahan dengan memakai perlengkapan bantu semacam cangkul guna buat membuat lubang tanam. Buatlah lubang tanam dengan dimensi yang sudah didetetapkan sebesar 50 x 50 x 50 centimeter.

Setelah itu, tanah yang berasal dari galian tersebut setelah itu digabungkan serta dicampur dengan memakai pupuk organik yang tadinya sudah di fermentasi.

Setelah itu, aduklah kombinasi tanah dengan pupuk tersebut secara menyeluruh.Diamkan tanah yang hendak digunakan buat jadi lubang tanam.

  • Mendiamkan Lubang Tanam bagaikan Media Tanam

Saat sebelum melanjutkan proses penanaman bibit pada benih tumbuhan salam. Hendaknya kita wajib mengistirahatkan lubang yang hendak digunakan buat menanam dalam kurun waktu 2– 3 hari.

Perkenankan supaya lubang tanam yang terletak pada lahan terserang cahaya matahari tiap harinya supaya calon hama yang terletak di dekat tanah yang akan digunakan mati.

  • Menutup Lubang Tanam

Setelah menyimpan benih ke dalam media tanam lahan dengan baik, benar dan pada posisi tumbuhan yang tegak.

Setelah itu kita menutup lubang tanam yang sudah diisi dengan tumbuhan salam dengan memakai kombinasi dari tanah, pupuk organic, serta sekam yang tadinya sudah dipersiapkan.

Taburkanlah kombinasi dari ketiga media tanam tersebut secara menyeluruh pada tanah bagian terluar.

Sehabis itu, setelah itu kita jalani pemadatan tanah pada bagian penutupnya supaya tumbuhan tersebut tidak kilat robot. Namun jangan hingga sangat padat.

  • Penyiraman

Sehabis melaksanakan proses penanaman bibit ke dalam lahan yang disediakan, sesi yang butuh dicoba merupakan proses penyiraman awal.

Lakukanlah penyiraman tumbuhan daun salam secara merata sampai air nampak sudah lumayan menyerap ke dalam media tanam.

Apabila media tanam telah amati lembab, hentikan penyiraman. Melaksanakan penyiraman hendaknya memakai perlengkapan penyiraman semacam embrat agar memperoleh hasil penyiraman tumbuhan secara optimal.

  • Memasangkan Ajir Pada Tanaman

Metode menanam daun salam supaya tumbuhan tidak kilat runtuh sebab angin ataupun factor yang lain sebab pangkal yang masih belum kokoh buat menopang segala bagian dari tumbuhan.

Pemakaian ajir supaya tumbuhan salam bisa bertahan serta tidak gampang roboh sebab kendala yang berasal dari luar ataupun area.Bahan yang dibutuhkan buat membuat ajir ini merupakan bamboo yang sudah dipotong

  • Pemupukan

Tumbuhan apapun yang apabila dicoba perawatan secara tertib hingga hendak menciptakan tumbuhan yang baik pula. Terlebih kala tumbuhan tersebut memperoleh nutrisi, hingga tanman tersebut hendak menciptakan tumbuhan yang bermutu.

Budidaya Tanaman Salam Sukses Berdaun Lebat dan Sehat(Panduan Lengkap)

  • Memperbanyak Daun Salam

Karna yang sangat diperlukan dari tumbuhan salam ini merupakan bagian daunnya, hingga kita wajib membuat daunnnya lebih nampak rimbun supaya membuat tumbuhan menjadi lebih bagus.

Baca Juga :  Inilah 11 Manfaat Daun Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Yang Kamu Perlu Ketahui

Makadari itu, kita butuh mempersiapkan hormone perangsang buat dedaunan.Salah satu hormone tumbuhan yang hendak digunakan merupakan POC BMW.

Metode penggunaannya merupakan cuma dengna menyemprotkan POC BMW kepada tumbuhan yang mau diberikan dengan dosis dekat 2– 3 tutup POC BMW+ 15 liter air.

Apabila melaksanakan pada tumbuhan yang telah besar. Hingga kita butuh membuat cedera batang tumbuhan utama dekat 30 centimeter.

Setelah itu bagikan POC BMW dengan memakai kuas pada bagian batang yang telah terbuat cedera. Pada proses ini hendaknya dicoba sepanjang 1 bulan sekali.

Pemeliharaan Tanaman Salam

Pemeliharaan yang lain adalah dengan metode memberikannya pengairan sepanjang 2 kali satu hari, baik itu pada pagi serta sore hari kala pada 2 minggu sehabis dilakukanya penanaman.

Sehabis itu, cukuplah diberikan pengairan sepanjang 1 hari sekali. Lakukanlah pula penyiangan supaya hama- hama dan parasite- parasit yang ada pada dekat tumbuhan salam tidak berkembang di dekat zona lahan.

Dalam penanggulangannya, apabila terkena hama tumbuhan kita bisa membagikan ANTILAN sepanjang 5 hari sekali dengan memakai dosis 4 tutup botol tiap 17 liter air.

Serta apabila populer penyakit, kita bisa membagikan NOPATEK sepanjang 5 hari sekali dengan dosis dekat 4 tutup botol per 17 liter air yang hendak digunakan buat menyiram.

Semacam pada tanaman- tanaman yang lain, pemupukan pula dibutuhkan oleh tumbuhan salam guna buat pertumbuhannya. Ialah lakukanlah 2 kali dalam setahun.

Awal kala masa penghujan diawali serta akhir dari masa penghujan itu sendiri. Gunakanlah pupuk NPK buat pemupukan tumbuhan salam.

Dosis yang diperlukan tumbuhan ini merupakan dekat satu kepal genggaman yang sudah dicampur dengan air sebanyak kurang lebih satu ember.

Penyiangan dibutuhkan supaya menjauhi tumbuhnya gulma- gulma yang terletak di dekat tumbuhan salam.Lakukan pembersihan siap harinya, bergantung seberapa banyak gulma yang berkembang pada zona tersebut.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Tanaman Salam Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5