Budidaya Tanaman Hias : Panduan, Jenis, Bibit, Pemeliharan Dan Penempatan

2 min read

Budidaya Tanaman Hias : Panduan, Jenis, Bibit, Pemeliharan Dan Penempatan
0
()

Budidaya Tanaman Hias : Panduan, Jenis, Bibit, Pemeliharan Dan Penempatan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Tanaman Hias.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Tanaman Hias : Panduan, Jenis, Bibit, Pemeliharan Dan Penempatan


Menanam tumbuhan hias di pekarangan rumah memanglah membuat atmosfer rumah jadi lebih sejuk serta nyaman.

Aneka jenis tumbuhan hias tidak cuma bisa ditanam di pekarangan rumah saja, apalagi Kamu yang mau menikmati keelokan tumbuhan hias ini bisa menanamnya di dalam ruangan sekalipun.

Tumbuhan horticultural ini ditanam sebagai hiasan serta buat dinikmati keelokan baik bunga, daun, buah maupun batangnya.

Metode membudidayakan tumbuhan hias yang baik serta benar bisa dijadikan pedoman umum dalam membudidayakan aneka macam tumbuhan hias.

Tumbuhan hias ini tidak cuma bisa membuat rumah Kamu sejuk, namun Kamu bisa menjadikan bisnis tumbuhan hias sebagai mata pencaharian yang menciptakan keuntungan lumayan menggiurkan.

Buat Kamu yang berminat buat membudidayakan tumbuhan hias sebagai ladang rupiah, Kamu paling tidak perlu mengenali metode budidaya tumbuhan yang baik serta benar.

Supaya bisnis Kamu mudah dan tidak macet di tengah jalan. Maka dari itu kali ini kami hendak sampaikan beberapa tahapan yang benar buat bisa membudidayakan tumbuhan hias.

Baca Juga :  16 Manfaat Leunca untuk Kesehatan dari Anti Kanker hingga Anti Rabies Yang Jarang di Ketahui

Panduan Mengawali Membudidayakan Tumbuhan Hias

Membudidayakan tumbuhan hias kerap kali dihadapi kegagalan untuk petani pendatang baru. Perihal ini terjadi sebab tidak adanya pengalaman dan sedikitnya pengetahuan serta kemampuan yang mencukupi.

Maka dari itu, berikut ini merupakan beberapa panduan buat mengawali membudidayakan tumbuhan hias supaya kurangi efek kegagalan serta dapat laris dijual.

Memilih Jenis Tumbuhan Hias

Tumbuhan hias mempunyai masa – masa terkenal sehingga terkadang ada tren – tren tumbuhan hias yang banyak dicari di pasaran.

Sebagai contoh, bunga Anthurium sangat laris pada tahun 2000-an. Apalagi, harga satu tumbuhan bunga dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Tetapi, harga bunga tersebut saat ini tidak sangat mahal serta telah banyak di jumpai di pasaran. Jadi, kalian wajib teliti melihat kesempatan trend bunga yang hendak laris di masa mendatang ya.

Ataupun metode yang lain, kalian dapat menggunakan sistem pre-order, ialah dengan menerima penawaran terlebih dulu dari konsumen mengenia jenis bunga yang mereka mau.

Memilih bibit

Pemilihan bibit pula langkah yang penting supaya tumbuhan hias yang dihasilkan terus menjadi menarik atensi pembeli.

Nah, aspek utama dalam pemilihan bibit ialah memandang kuntum bunga indukan yang bagus serta banyak.

Mempersiapkan media tanam

Pastikan kalian memakai media tanam yang baru buat menghindari penyakit yang bisa jadi dapat menjangkit tumbuhan hias yang hendak ditanam.

Akumulasi pupuk kompos pada media tanam pula hendaknya dicoba. Beberapa jenis media tanam yang bisa digunakan antara lain pot, kaleng sisa, botol sisa, kain, dll.

Budidaya Tanaman Hias : Panduan, Jenis, Bibit, Pemeliharan Dan Penempatan


Proses pemeliharaan

  • Penyiraman tanaman

Penyiraman tumbuhan cukup dicoba 1 kali ialah di pagi hari saja antara jam 6 pagi hingga jam 9 pagi. Jangan menyiram tumbuhan pada siang ataupun sore hari sebab dapat menyebabkan tumbuhan layu ataupun bahkan mati.

Baca Juga :  Buah Kom : Kandugan Gizi, Syarat Tumbuh, Manfaat Serta Cara Tanamnya

Bila Kamu mau menyiram tumbuhan sehabis lewat jam 6 sore, lakukanlah pada jam 8 malam, harapannya di waktu tersebut temperatur tumbuhan telah wajar.

  • Pemupukan tanaman

Pupuk yang digunakan merupakan pupuk majemuk NPK15-1515 ataupun NPK16-16-16 dengan dosis 2–5 gram/tumbuhan yang bisa diberikan 1 kali dalam waktu 5 hingga 7 hari.

Jika Kamu bimbang dengan pemakaian pupuk ini, langsung saja tanyakan pada owner/karyawan toko pertanian tipe pupuk yang sesuai buat tumbuhan hias.

  • Penyiangan

Gulma yang banyak disekitar tumbuhan hendak mengusik perkembangan tumbuhan serta rawan akan serbuan penyakit. Maka dari itu lakukan pembersihan gulma secara berkala, sesuaikan dengan tingkatan kendala dari gulma.

  • Pengendalian hama serta penyakit

Bila memakai pestisida buat kurangi serbuan hama serta penyakit, hendaknya pakai pestisida yang ramah lingkungan semacam pestisida organik.


Penempatan tanaman

Simpan tumbuhan pada wilayah yang tidak terserang cahaya matahari langsung. Tumbuhan tidak suka pada wilayah yang ternaungi secara totalitas sebab hendak kurangi produktifitasnya.

Tempatkan tumbuhan pada wilayah yang mempunyai perputaran udara yang baik sehingga tumbuhan berkembang secara maksimal.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Tanaman Hias Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5