Budidaya Sirsak : Jenis, Manfaat serta Tips Perawatan agar Berbuah Lebat dan Sehat

3 min read

Budidaya Sirsak : Jenis, Manfaat serta Tips Perawatan agar Berbuah Lebat dan Sehat
0
()

Budidaya Sirsak : Jenis, Manfaat serta Tips Perawatan agar Berbuah Lebat dan Sehat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Sirsak .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Sirsak : Jenis, Manfaat serta Tips Perawatan agar Berbuah Lebat dan Sehat


Sirsak berasal dari bahasa belanda ialah zuurzak, yang mempunyai makna kantung asam. Perihal ini disebabkan pada rasa buah sirsak yang cenderung asam fresh serta wujud buahnya yang menyamai kantong.

Sirsak ialah salah satu tipe buah- buahan yang lumayan terkenal di Indonesia. Buah ini populer akan kesegaraannya serta bisa disantap secara langsung ataupun dijadikan bahan buat membuat juice.

Tumbuhan sirsak bisa berkembang dengan baik di daerah dataran rendah sampai dataran besar dengan ketinggian 1. 000 m di atas permukaan laut.

Curah hujan serta kelembapan hawa yang besar( kelembapan hawa 60%- 80% dan curah hujan 500mm- 3000 milimeter per tahun) pula sanggup pengaruhi pertumbuhan tumbuhan sirsak secara optimal.

Sirsak ialah tipe tumbuhan buah yang sanggup menyesuaikan diri dengan baik pada bermacam tipe media tanam.

Kendati demikian, tipe tanah lempung berpasir yang gembur serta produktif ialah media tanam terbaik yang hendak menunjang perkembangan tumbuhan sirsakmu.

Jenis Jenis Sirsak

Sediakan lahan yang lumayan luas buat tumbuhan sirsakmu sebab tumbuhan sirsak terkategori dalam tipe tumbuhan besar dengan masa hidup yang panjang.

Baca Juga :  Tanaman Selada : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi, Jenis dan Manfaatnya

Terdapat sebagian tipe sirsak, ialah:

Sirsak biasa, tipe sirsak ini merupakan sirsak universal yang biasa kita temui di pasaran. Dalam penyebaran sirsak ini nyaris menyeluruh di segala Indonesia.

Rasa sirsak ini cenderung mempunyai reasa asam sehingga buat mengkonsumsinya umumnya ditambahkan gula ataupun pemanis. Sirsak ini pula biasa diolah jadi santapan semacam dodol, sirup serta selai.

Sirsak ratu, tipe sirsak ratu ini diambil dari nama habitat tumbuhan sirsak ialah berasal dari pelabuhan ratu- jawa barat, buat dimensi sirsak ratu bermacam- macam, terdapat yang besar terdapat pula yang kecil.

Wujud totalitas tidak jauh berbeda dengan sirsak biasa, cuma saja, rasanya lebih manis.

Sirsak mandalika, tipe sirsak ini tidak sering kita temui di pasar- pasar universal ataupun supermarket, meski penyebarannya merata di daerah Indonesia.

Jarum yang ada pada buah sirsak tipe ini bagian luar sangat tidak sering, tidak semacam pada buah sirsak biasa.

Perbandingan yang yang lain merupakan corak daging buahnya yang tidak bercorak putih tetapi bercorak kuning. Serta rasanyapun lebih manis.

Sirsak Bali, sirsak tipe ini biasa pula di sebut dengan sirsak gundul, perihal ini disebabkan tampilan permukaan kulit luarnya yang sedikit agak licin tanpa jarum tidak semacam sirsak pada biasanya. Ukuranya lebih kecil dari sirsak tipe lain serta dagingnyapun manis.


Manfaat Sirsak

Khasiat buah sirsak antara lain merupakan daging buah sirsak memiliki banyak vit C yang sangat bermanfaat untuk badan kita.

Vit C ialah benteng untuk badan kita buat mencegah serbuan penyakit serta pula berperan bagaikan penyembuh jaringan ataupun cedera yang bisa jadi terjalin pada badan kita.

Sedangkan itu daunnya pula disinyalir memiliki dampak semacam chemotherapy namun jauh lebih nyaman sebab tidak mengganggu sel- sel hidup yang lain, dalam badan tidak semacam chemotherapy dimana jaringan sehat di dalam badan turut rusak. Bijinya yang beracun pula berguna, kita dapat memakai bijinya bagaikan inseksida natural.

Baca Juga :  Budidaya Jeruk Keprok Sukses Berhasil Cepat Berbuah(Pemula)

Berikut ini merupakan metode menanam buah sirsak dengan baik serta benar:

  • Tipe Bibit Yang Unggul

Yang awal kamu wajib memperoleh bibit sirsak yang unggul, karena bibit yang unggul hendak pengaruhi perkembangan tumbuhan sirsak yang produktif serta pula buah yang optimal.

Bibit sirsak bisa diperoleh dengan 2 metode ialah dengan metode persemaian biji serta dengan metode cangkok. Namun banyak yang memakai dengan metode cangkok karena lebih kilat dari pada dari hasil persemaian biji.

  • Persiapan Lahan Tanam

Persiapan berikutnya merupakan kamu wajib mempersiapkan lahan tanam, walaupun sirsak dapat pula ditanam dalam pot, tetapi pasti saja hasilnya sangat jauh berbeda dengan menanam bibit sirsak di tanah.

Buat persiapan lahan pembesaran, kamu buat lubang dengan dimensi luas 1, 5 x 1, 5 m dengan besar 1 m buat diisi dengan kombinasi pupuk kandang, tanah, serta pasir halus dengan perbandingan 1: 1: 1.

Saat sebelum bibit sirsak ditanam, kemudian diamkan terlebih dulu lahan pembesaran ini sepanjang kurang lebih 2 minggu.

  • Proses Penanaman

Proses penanaman bibit sirsak yang telah siap tanam ialah berusia dekat 2 ataupun 3 bulan, berikutnya jalani penanaman pada lubang tanam yang sudah disiapkan.

Timbun bibit dengan tanah sampai dekat pangkal batang kemudian padatkan serta siram sampai lumayan basah. Penanaman yang baik dicoba pada dini masa penghujan.


Pemeliharaan

Dalam melaksanakan perawatan kamu wajib optimal karena perawatan yang baik hendak menciptakan yang optimal pula, metode menjaga tumbuhan sirsak lumayan gampang.

tanpa terdapatnya perawatan spesial juga tumbuhan ini hendak berkembang, namun hendaknya kamu jalani perawatan semacam berikut ini:

  • Jalani penyiraman diawal penanaman tumbuhan minimun 2 hari sekali.
  • Pada dasarnya pada satu tumbuhan buah sirsak dapat memiliki buah yang lumayan banyak, buat hasil buah yang optimal kamu pula dapat memberi pupuk tipe NPK dengan dosis 1000 gram yang dicampurkan pada media tanam.
  • Bersihkan gulma penggangu disekitar tumbuhan buah sirsak
  • Bagikan semprotan obat anti- hama supaya tumbuhan terbebas dari hama penggangu
Baca Juga :  9 Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Yang Perlu Di Ketahui

Budidaya Sirsak : Jenis, Manfaat serta Tips Perawatan agar Berbuah Lebat dan Sehat

Masa Panen Sirsak

Merasakan khasiat buah sirsak, tampaknya wajib lebih bersabar sebab tumbuhan sirsak yang ditanam dari biji hendak mulai berbuah pada umur 4 sampai 5 tahun.

Sebaliknya tumbuhan sirsak yang ditanam dengan metode okulasi( sambung pucuk) bisa mulai berbuah pada usia 2 sampai 3 tahun.

Tumbuhan sirsak yang produktif bisa menciptakan 20 hingga 30 buah pada masa panen yang berlangsung pada bulan Januari serta Februari.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Sirsak  Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Daftar Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Beserta Manfaatnya

0 () Daftar Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Beserta Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Yang Bisa...
Admin1
2 min read

Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula

0 () Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Aquascape. Contents 1 Jenis...
Admin1
2 min read

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read