Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Tepat Dan Mudah Hasil Melimpah

4 min read

Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Tepat Dan Mudah Hasil Melimpah
0
()

Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Tepat Dan Mudah Hasil Melimpah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Singkong Gajah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Tepat Dan Mudah Hasil Melimpah


Singkong gajah merupakan singkong varietas unggul dari Kalimantan Timur yang bisa berproduksi sampai 40 kilogram per tumbuhan.

Singkong gajah bisa berkembang baik di dataran rendah ataupun dataran besar, namun tidak bisa berkembang baik di wilayah rawa ataupun yang terus menerus kerap tergenang air.

Dengan perkembangan yang wajar, tumbuhan singkong gajah bisa menggapai besar 4 hingga dengan 5 m.Ditemui oleh Professor Ristono, guru besar Universitas Mulawarman, pada tahun 2006.

kemudian dibesarkan pada tahun 2008.[1] Penciptaan rata- rata Singkong Gajah fresh tipe ini per hektar merupakan 120 ton, Usia tumbuhan 10 bulan telah bisa dipanen.

Singkong gajah ialah singkong varietas unggul dari Kalimantan Timur yang dapat berproduksi hingga 40 kg per tanaman.

Singkong gajah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran besar, tetapi tidak dapat tumbuh baik di daerah rawa maupun yang terus menerus sering tergenang air.

Dengan pertumbuhan yang normal, tanaman singkong gajah dapat mencapai besar 4 sampai dengan 5 meter. Penciptaan rata- rata Singkong Gajah segar jenis ini per hektar ialah 120 ton, Umur tanaman 10 bulan sudah dapat dipanen.


Ciri Karakteristik Singkong Gajah

  • Daun muda bercorak ungu kemerahan;
  • Hampir 99 persen pada singkong gajah umur 3- 4 bulan ujung tunas hendak bercabang 3( 3);
  • Batang muda bercorak ungu kemerahan;
  • Daun terlihat lebih lebar dari singkong biasa.

Syarat Tumbuh Singkong Gajah

Posisi yang bagus buat menanam singkong gajah yakni yang terletak di ketinggian 10 sampai 700 meter di atas permukaan laut.

Kebalikannya curah hujan yang turun berkisar 1. 500- 2. 500 mm/ tahun dengan kondisi temperatur hawa minimal 10°C dan kelembaban 60- 65%.

Kebalikannya apabila ditanam di temperatur kurang dari 10°C hendak memunculkan terhambatnya proses pertumbuhan.

Usahakan lahan tempat menanam terletak di tempat yang terkena sinar matahari sejauh 10 jam masing- masing harinya. Mengenai ini hendak berdampak baik buat pertumbuhan dan kesuburan tanaman singkang gajah.

Baca Juga :  Tanaman Kaktus : Mengenal Jenis Kaktus Hias dan Cara Budidayanya

Singkong gajah yakni jenis tanaman yang mudah dibudidayakan di segala jenis lahan, asalkan tidak terendam air dan ada naungan.

Tenaga tumbuh tanaman ini cukup luar biasa, terlebih di lahan tanah berpasir kurang produktif masih bisa menghasilkan umbi rata- rata 15 kg/ batang.

Buat mendapatkan hasil terbaik Kalian bisa menanamnya di tanah dengan tekstur remah, gembur, tidak sangat liat, tidak sangat berpori dan kaya bahan organik.

Tidak cuma itu Kalian pula harus mendengarkan keasaman tanah sesuai buat budidaya singkong berkisar antara 4, 5– 8, 0 dengan pH sempurna 5, 8.


Langkah Metode Menanam Singkong Gajah


  • Memilah Bibit Unggul

Singkong yakni tanaman yang sangat mudah proses pembibitannya karena tidak memerlukan media lain semacam pot maupun polybag.

Proses pembibitannya pula tidak membutuhkan waktu yang lama, karena bibit diambil dari batang tanaman induk. Sebaiknya indukan yang diambil buat bibit minimal berusia 10- 20 bulan.

Memilah batang yang kuat dan bebas dari penyakit, memiliki pertumbuhan normal, sehat dan seragam.Pilih batang yang telah berkayu dengan diamater± 2, 5 cm, lurus dan belum ada tumbuh tunas- tunas baru.

Kualitas dari bibit yang digunakan hendak sangat pengaruhi pada pertumbuhan dan hasil budidaya singkong gajah, oleh kerena itu pastikan Kalian buat memilah bibit terbaik.

  • Membuat Lahan Budidaya

Lahan yang baik hendak membuat tanaman bisa tumbuh dengan produktif sehingga bisa menghasilkan umbi singkong yang bermutu.

Langkah dini dalam mempersiapkan lahan tanam ialah dengan memberishkan lahan dari berbagai tanaman gulma, batu serta sisa- sia pangkal tanaman.

Mengenai ini bertujuan buat meminimalisir hambatan yang bisa menghalangi pertumbuhan singkong gajah.

Sehabis lahan dibersihkan langkah selanjutnya ialah membuat tanah jadi lebih gembur dengan tata cara di bajak.

Butlahlah bedengan buat mempermudah perawatan tanaman singkong gajah. Pada proses ini bagikan kaptan( dolomite) sebanyak 1- 2. 5 ton/ ha, bagikan kapur ini bersamaan dengan pemberian pupuk kandang.

Kebalikannya buat masa pemupukan sebaiknya mengenakan pupuk cair organik MiG- 6 Plus.

Dengan begitu sampai konsumsi pupuk kimia hendak menyusut sampai dengan 50%. Secara tidak langsung Mengenai tersebut hendak menghemat bayaran buat pemupukan.

3 hari dikala saat sebelum proses penanaman bagikan 2 liter MiG- 6 Plus dengan dosis 1 liter MiG- 6 Plus dicampur 200 liter air. Semprotkan pupuk tersebut pada lahan yang hendak ditanami singkong.

  • Menanam Singkong Gajah

Proses penanaman singkong gajah dicoba 3 hari sehabis persiapan lahan berakhir. Waktu menanam yang baik yakni kala dini masa hujan, maupun pada masa sehabis panen padi. Kalian bisa menanam bibit singkong dengan

Baca Juga :  Panduan Cara Budidaya Buah Leci Lengkap Dan Mudah Untuk Pemula

jarak tanam 80 x 120 cm, dimana dalam satu hektar lahan bisa ditanami dekat 7. 500- 10. 000 batang.

Dikala saat sebelum bibit ditanam sebaiknya dicoba perendaman dahulu dengan mengenakan pupuk hayati MiG- 6 Plus yang telah dicampur dengan air sejauh 3- 4 jam.

Tata cara menanam bibitnya dicoba dengan meruncingkan bagian ujung stek. Sehabis itu tanam bibit dengan kedalaman dekat 5- 10 cm maupun sepertiga panjang bibit.Apabila kondisi tanah cukup keras, stek bisa ditanam dangkal saja.


Pemeliharaan Singkong Gajah

Saatnya masuk pada proses sangat berarti dalam budidaya singkong, yakni pemeliharaan tanaman. Proses pemeliharaan ini mencakup pemupukan, pengairan, pembersihan lahan dari tanaman gulma, hama dan penyakit.

Buat pemupukan susulan diberikan kala tanaman berumur 2 bulan yakni dengan memberikan MiG- 6 Plus sebanyak 2 liter, sehabis itu pemebrian pupuk dicoba masing- masing 2 bulan sekali dengan dosis yang sama sampai tanaman berumur 8 bulan.

Tidak cuma memberikan pupuk organik, kala tanaman berumur 60- 90 hari pula diberikan pupuk kimia. Pupuk yang diberikan berupa Urea: 85 kg dan KCL: 85 kg.

5 hari sehabis masa tanam sebaiknya pula diberikan pupuk NPK berupa campuran TSP/ SP36: 75 kg dan KCL: 50 kg pada lahan 1 hektar.

Dosis buat satu bibit tanaman diberikan pupuk sebanyak 22. 5 gram dengan tata cara ditugal. Bagikan jarak antara lubang pupuk dengan tanaman dekat 15 cm dengan kedalaman 10 cm.

Sejauh proses pemupukan ini cek pula apakah ada bibit yang mati maupun tidak tumbuh tunas, apabila ada lekas ganti dengan bibit yang baru.

Perawatan selanjutnya ialah penyiangan dan pembersihan tanaman gulma. Dalam satu kali masa tanam biasanya dicoba penyiangan sebanyak 2 kali.

Sejauh masa penyiangan lakukan pula pengemburan tanah di dekat tanaman biar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal.Tata cara menanam singkong gajah selanjutnya ialah dengan melakukan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan.

Mengenai ini dicoba biar hanya tersisa cabang yang bermutu sehingga kala panen cabang bisa digunakan bagaikan bibit.

Upayakan buat membuat tanaman singkong biar dalam keadaan lembab tetapi tidak tergenang air sampai umur 5 bulan sehabis tanam.

Kala tiba masa kemarau lakukan penyiraman dengan tata cara mengenangkan air di selah- selah bedengan.

Mengenai ini bertujuan biar air meresap ke dalam tanah dan mudah diserap oleh pangkal tanaman. Tata cara penyiraman ini bisa dicoba masing- masing 2 minggu sekali.

Baca Juga :  Cara Menanam Bawang Merah : Budidaya, Mengelolah, Merawat Dan Memanen

Buat hama dan penyakit tidak perlu khawatir, karena tanaman ini memiliki ketahanan yang baik terhadap serbuan hama dan penyakit.

Jadi Kalian tidak perlu mengenakan pestisida. Kalaupun ada semut Kalian bisa mengenakan Decis dosis 2 ml per liter air.

Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Tepat Dan Mudah Hasil Melimpah


Masa Panen Singkong Gajah

Sehabis berakhir menekuni tata cara menanam singkong gajah yang baik, tiba saatnya buat memanen hasil dari budidaya tanaman ini.

Singkong gajah sudah mulai bisa dipanen kala memasuki usia 8 bulan apabila tujuannya buat dijadikan bahan santapan. Tetapi apabila ingin dijadikan tepung sebaiknya penen dicoba kala singkong berusia 10 bulan.

Salah satu ciri tanaman singkong sudah siap buat dipanen bisa dilihat dari daunnya yang mulai menguning dan berguguran.

Lakukan pemangkasan batang sampai sepertiganya maupun dekat 15 cm sehingga memudahkan buat mencabutnya. Jangan mengenakan cangkul karena dikhawatirkan hendak mengenai umbi singkong.

Pada disaat panen ini Kalian sekaligus bisa mengambil bibit dari batang- batang singkong opsi. Memilah cabang yang tidak sangat tua dan pula tidak sangat muda.

tebang dengan pisau tajam, setelah itu potong- potong jadi ukuran dekat 20 cm. Kala hendak dikirim, bibit cukup diikat tali rafia dan dikemas dalam karung plastik.

Dalam memanen singkong bergantung pada metode pemanenan serta dalam perihal ini gimana keberhasilan mencabut umbi tersebut dari dalam tanah.

Pada tanah yang bertabiat liat ataupun keras umumnya berupaya mencengkram umbi sehingga banyak yang tertinggal di dalam tanah sebab putus serta apalagi apabila tercabut juga dalam kondisi rusak.

Oleh sebab itu metode panen umbi singkong butuh dipelajari.Dengan tumbuhan terletak pada gulud ataupun bedeng hingga proses pemanenan hendak lebih gampang sebab umbi yang dihasilkan sebagian besar terletak di atas permukaan tanah utama serta gundukan tersebut relatif gembur.

Apabila waktu panen nyatanya lahan kering ataupun keras hingga dicoba penggemburan tanah dengan menyiram tanah denga pompa air serta dibiarkan sepanjang 1( satu) malam supaya pengemburan hingga ke ujung umbi/ perakaran.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Singkong Gajah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read