Budidaya Semangka : Metode, Pemilihan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan

2 min read

Budidaya Semangka : Metode, Pemilihan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan
0
()

Budidaya Semangka : Metode, Pemilihan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Semangka.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Semangka : Metode, Pemilihan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan


Semangka ialah salah satu tipe buah yang sangat terkenal di kawasan timur indonesia, khususnya di Kabupaten Sinjai.

Cita rasanya digemari oleh seluruh golongan dengan rasa yang manis serta isi air yang besar, semangka bisa jadi alternatif opsi buah yang menyehatkan serta pula menyegarkan.

Aktivitas usahatani semangka di Kecamatan Sinjai Tengah tepatnya di Dusun Sabbang serta Karobbi Desa Kanrung, sudah jadi kalander tanam petani sehabis pasca panen padi MT April – September tiap tahunnya.

Tingginya permintaan buah semangka ditambah bermacam khasiat buah tersebut, menjadikan buah ini sangat prospek buat dibesarkan.


Metode Budidaya Semangka

Pemilihan Lokasi

Buat lebih mengoptimalkan dalam membudidayakan hendaknya pilih tanah yang sesuai buat perkembangan tumbuhan semangka ini.

Tanah yang baik buat menanam semangka wajib mempunyai keasaman tanah pH 5,5 – 6,5. Namun tumbuhan ini masih dapat berkembang di dasar pH 5, sehingga tumbuhan ini bisa berkembang di lahan gambut.

Tanah yang dipilih penanaman wajib yang cukup gembur serta kaya bahan organik, apabila kita telah bisa memastikan lahan yang hendak di tanam.

Setelah itu tanah diolah, seperti biasa halnya saat sebelum menanam tumbuhan kita wajib mensterilkan lahan yang hendak diolah setelah itu lahan dibajak ataupun dicangkul.

Baca Juga :  Daun Ketapang Kering : Mengenal Morfologi dan Manfaatnya, Salah Satunya Pewarna Hitam Tinta

Sehabis dicangkul dengan halus, langkah berikutnya membuat bedengan dengan panjang 12 – 15 meter, lebar 1,5 – 2 meter ataupun hampir 3 – 4 meter.

Sehabis bedengan siap setelah itu buat lubangan tanam dengan dimensi 40 x 40 x 30 centimeter. Jarak tanamnya didalam baris dekat 1,2 – 1, =5 meter sehabis itu.

Lubang tanam diberi pupuk dasar terdiri dari 4 kilogram pupuk kadangkala, 28 gr pupuk DS, 22 gr pupuk ZK serta 15 gr pupuk ZA.

Metode Pembibitan

Penanaman semangka dilakukan dengan memakai biji (benih). Saat sebelum jadi bibit yang siap ditanam benih disemai terlebih dulu di dalam pot plastik ataupun polybag dengan media tanah serta pupuk kandang yang seteril.

Metode penyemaian benih ialah, awal bibit biji semangka direnggakan biar memudahkan proses perkembangan.

Tahap berikutnya rendam benih biji semangka dalam 1 liter air dengan kombinasi 1 sendok the hormone (Atronik, Menedael, Abitonik), 1 sendok feres fungisida (obat anti jamur), 0,5 sendok peres bakterisida.

Sehabis direndam 10 – 30 menit, dinaikan serta ditiriskan hingga air tidak mengalir lagi serta bibit siap dikecambahkan.

Kantong – kantong persemaian diletakan berderet supaya terserang cahaya matahari. Lakukan pemupukan dicoba melalui daun biar cepat tumbuh serta pupuk dicampur obat. Lakukan pemupukan 3 kali sekali.

Setelah bibit mempunyai daun 2 lembar ataupun berusia 4 minggu, maka bibit telah siap ditanam di lahan terbuka ataupun kebun dengan jarak tanam antar bibit 1m.

Budidaya Semangka : Metode, Pemilihan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan


Penanaman

Penentuan pola tanam pada tumbuhan semangka dicoba dengan pola monokultur. Pembuatan lubang tanam, penanaman bibit semangka pada lahan luas setelah persemaian berusia 14 hari serta sudah berkembang 2 helai daun.

Sembari menunggu bibit lumayan tinggi, lakukan pelubangan pada lahan dengan kedalaman 8 – 10 centimeter. Pesiapan pelubangan lahan tersebut dicoba 1 minggu saat sebelum bibit di pindah ke darat.

Baca Juga :  Inilah 16 Manfaat Jus Seledri, Dari Kurangi Resiko Diabetes Hingga Sterilkan Ginjal

Saat sebelum bibit batang ditanam lakukan terlebih dahulu perendaman supaya gampang membebaskan polybag yang dipakai.

Langkah imunisasi dicoba dengan metode merendam sepanjang 5 – 10 menit serta diiringi kombinasi larutan obat – obatan.

Pemeliharaan Buah Semangka

Buah semangka yang telah terbentuk perlu dipilih serta dipelihara supaya perkembangan ukurannya optimal sesuai deskripsi varietas dan menggapai standar kualitas yang diresmikan oleh pasar tujuan.

Langkah pemeliharan buah semangka mencakup pilih buah serta pembalikan buah. Pilih buah semangka diarahkan buat memperoleh buah semangka dengan perkembangan sangat optimum serta berupa sempurna.

Buat tujuan memilih buah semangka berukuran besar, hendaknya dipilih 1 buah semangka yang mempunyai perkembangan sangat baik.

Pilih buah dilakukan kala buah semangka yang tercipta telah berukuran sebesar telur ayam. Pilih satu diantara buah semangka yang tercipta pada 3 cabang.

Kriteria buah semangka opsi ialah buah yang mempunyai perkembangan sangat bagus. Apabila perkembangan buah semangka seragam, seleksi dari cabang yang sangat vigor.

Buat varietas berbobot buah kecil (kurang dari 2 kilogram), pada satu tumbuhan bisa dibesarkan 2 – 3 buah.


Panen Semangka

Panen ialah aktivitas memetik buah semangka siap panen ataupun mencapai kematangan maksimal sesuai standar permintaan pasar.

Tujuan pemanenan merupakan buat mendapatkan hasil sesuai tingkatan kematangan buah. Biasanya produk hortikultura ialah produk yang cepat sekali rusak.

Walaupun kualitasnya bagus, tetapi bila pemanenan dicoba secara tidak benar maka bisa merendahkan mutu buah semangka secara signifikan.

Penentuan dikala panen didasarkan pada usia kala terjadi penyerbukan. Panen buah semangka dilakukan dekat 27 – 30 hari sehabis penyerbukan.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Semangka Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga :  16 Manfaat Leunca untuk Kesehatan dari Anti Kanker hingga Anti Rabies Yang Jarang di Ketahui

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5