Budidaya Rumput Odot : Peluang Usaha Pakan Ternak Yang Menjanjikan

2 min read

Budidaya Rumput Odot : Peluang Usaha Pakan Ternak Yang Menjanjikan
0
()

Budidaya Rumput Odot : Peluang Usaha Pakan Ternak Yang Menjanjikan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Rumput Odot .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Rumput Odot : Peluang Usaha Pakan Ternak Yang Menjanjikan


Menanam rumput odot untuk dibudidayakan banyak dicoba peternak untuk penuhi kebutuhan pakan ternak. Salah satu varian dari rumput gajah ini memanglah pakan kesukaan sebab teksturnya yang lembut.

Tidak hanya itu, isi nutrisinya pula sanggup penuhi kebutuhan ternak semacam sapi, kambing ataupun domba. Metode menanam rumput odot sesungguhnya gampang serta simpel.

Kamu dapat memperoleh bibit odot dari perbanyakan vegetasi dengan tata cara setek. Rumput ini diketahui gampang ditanam serta mempunyai produktivitas yang besar.

Tidak cuma kambing serta domba, rumput odot bisa digunakan bagaikan pakan ternak yang lain semacam sapi, kelinci, serta kerbau.

Rumput odot ialah salah satu varietas rumput gajah( Pennisetum purpureum), di luar negara rumput ini di tahu bagaikan Napier Grass, ataupun Mott Elephant Grass.

Tumbuhan ini sanggup berkembang pada masa kemarau dengan tanah yang mempunyai tingkatan kesuburannya rendah.

Rumput ini awal kali di temukan oleh Dokter. W. Hanna di Georgia, USA setelah itu dibesarkan oleh Dokter. Mott serta rekannya di Florida, USA.

Karakteristik karakteristik dari rumput odot sendiri merupakan mempunyai besar 40–75 centimeter, dalam satu rumpun rumput ini menciptakan 50–80 batang.

Baca Juga :  Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan dari Anti Jerawat Hingga Atasi Sakit Kepala

Tidak hanya itu batangnya empuk, tidak berbulu, serta menciptakan banyak ruas dalam satu rumpun. Dan mempunyai isi protein yang lebih besar dari rumput gajah, ialah 11 persen.

Di Indonesia, tumbuhan ini mulai dibudidayakan di Tulungagung, Jawa Timur oleh seseorang peternak kambing PE yang bernama Pak Odot pada tahun 2007.


Metode Menanam Rumput Odot yang Baik


  • Pembibitan Rumput Odot

Bibit rumput odot bisa di miliki dengan melaksanakan stek batang, bibit tersebut dipotong dengan panjang 15 centimeter— 25 centimeter yang berikutnya dibenamkan ke lahan.

Saat sebelum penanaman dicoba, jalani pemupukan dasar pada lahan dengan memakai pupuk kandang, serta posisi tanam rumput odot tersebut wajib memperoleh cahaya matahari penuh.

  • Pola Tanam Rumput

Rumput odot bisa ditanam dengan pola mono kultur ataupun dalam lahan yang cuma ditanami rumput odot saja.

Namun rumput odot pula bisa ditanam bagaikan tumbuhan sela yang dikombinasikan dengan hijauan lain. Sebab tumbuhan ini mempunyai dimensi lebih pendek, dan rumput odot pula bisa di pakai buat menahan erosi lahan.

  • Metode Penanaman Rumput Odot yang Baik

Langkah awal yang wajib dicoba merupakan mensterilkan lahan tanam dari gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain.

Berikutnya mecangkul lahan yang hendak di tanami, setelah itu buatlah gundukan ataupun bedengan ataupun pula gunungan kecil dengan lebar dekat 60 centimeter sampai 80 centimeter serta besar kurang lebih 20 centimeter.

Pada tiap gundukan ataupun bedengan ditanami bibit minimun sebanyak 5 ruas dengan 3 ruas di tanam di atas tanah serta 2 ruas ditanam di dalam tanah di tengah gundukan beri jarak dalam barisan ialah 50cm sampai 75cm.

Dan jarak tanam antar baris ialah dekat 75 centimeter sampai 150 centimeter.

  • Pemupukan Rumput Odot

Buat pemupukan dasar, bagikan pupuk kandang, dapat memakai kotoran sapi ataupun kambing dekat 3 ton per hektar lahan.

Baca Juga :  Cara Menanam Buncis : Trik Penanaman, Perawatan dan Panen hasil Maksimal(Sukses)

Supaya memesatkan laju perkembangan, rumput odot bisa diberi pupuk kembali sehabis berusia kira kira 15 hari pasca tanam dengan menggunaan pupuk urea NPK sebanyak 60 kilogram per hektar,

Serta pupuk cair ataupun kemih kambing fermentasi yang di pakai bagaikan bahan pupuk cair buat pemupukan dengan metode disemprotkan ke tumbuhan tanah.

Budidaya Rumput Odot : Peluang Usaha Pakan Ternak Yang Menjanjikan

Masa Pemanenan

Pemanenan rumput odot bisa di jalani sehabis rumput berusia dekat 70 hari sampai 80 hari.Karakteristik karakteristik rumput odot yang siap panen merupakan ada ruas batang yang berdimensi 15 centimeter.

Pada masa penghujan rumput odot bisa di panen pada usia dekat 35 sampai 45 hari,Sebaliknya pada masa kemarau rumput odot bisa di panen pada usia dekat 40 sampai 50 hari.

Metode pemanenan rumput ini ialah dengan memotong rumput yang pendek sejajar dengan tanah.

Buat hasil yang bagus di sarankan buat pemanenan awal kali rumput odot di panen sehabis berusia 60 hari ataupun lebih ataupun tunggu sampai batangnya berdimensi dekat 30 centimeter sampai 40 centimeter.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Rumput Odot Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5