Budidaya Rajungan : Tips Pemeliharaan Hingga Panen Sukses Hasil Melimpah

4 min read

Budidaya Rajungan : Tips Pemeliharaan Hingga Panen Sukses Hasil Melimpah
0
()

Budidaya Rajungan : Tips Pemeliharaan Hingga Panen Sukses Hasil Melimpah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Rajungan.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Rajungan : Tips Pemeliharaan Hingga Panen Sukses Hasil Melimpah


Rajungan ataupun Portunus pelagicus merupakan tipe kepiting yang tumbuh biak di lautan. Di sejauh tepi laut Samudera Pasifik sampai Samudera Hindia, pula tepi laut di Timur Tengah ialah habitat dari rajungan.

Secara universal rajungan ini hendak di miliki nelayan dikala menangkap di pesisir tepi laut. Tetapi dengan kemajuan jaman saat ini hewan rajungan ini banyak dibudidayakan.

Kesempatan usaha budidaya rajungan memanglah dapat dibilang sangat menjanjikan.

Peminat rajungan di pasaran memanglah sangat besar baik mengkonsumsi rumah tangga sampai bermacam usaha kuliner serta santapan.

Memanglah hasil olahan santapan memakai bahan rajungan mempunyai cita rasa yang nikmat serta menggoda. Tidak heran bila rajungan ini sangat laris manis meski biayanya mahal.

Keuntungan dari penjualan rajungan yang mahal pasti bawa berkah tertentu bila Kamu menjalakan budidaya rajungan. Metode budidaya rajungan memanglah tidak susah bila Kamu menguasai dengan benar.

Saat ini ini budidaya rajungan banyak memakai keramba yanag di pasang di lautan. Kemampuan bisnis budidaya rajungan memanglah dikala ini masih bagus

Demikian juga dengan kesempatan usahanya memanglah sangat terbuka lebar. Peminat rajungan apalagi tidak tiba dari dalam negara melainkan dari luar negara pula.

Bila Kamu tertarik melaksanakan bisnis budidaya rajungan hingga bisa memandang ulasannya yang terdapat di dasar ini:


Metode Budidaya Kepiting Rajungan


  • Mempersiapkan Indukan

Sama semacam hewan ternak lain yang mau kamu ternak. Kamu diwajibkan memilah indukan kepiting rajungan. Ingat buat memilah indukan yang bermutu bila kamu mau memperoleh hasil yang bermutu pula.

Baca Juga :  Cara Menanam Buah kecapi Mudah dan Cepat Berbuah Lebat

Salah satu triknya merupakan dengan memilihi kepiting ranjungan yang mempunyai jatah tubuh balance, kemudian yakinkan bila indukan tidak mempunyai cacat.

  • Posisi Kolam

Permasalahan posisi ternak kepiting rajungan memanglah tidak mempunyai persyaratan spesial. Sebab rajungan dapat hidup di bermacam berbagai tempat.

Apalagi bila kamu mau menggunakan alam bagaikan kolam tambak kepiting ranjungan juga tidak hendak jadi permasalahan. Tetapi bukan begitu kamu dapat mengabaikan keadaan tertentu semacam air sert pH.

Kamu wajib mencermati kondisi pH pada kolam tambak rajungan. Yakinkan bila posisi ternak rajunganberada dalam pH sekitara 7- 8.

Temperatur, mutu dan pH pada air kolam jadi perihal yang sangat berarti bila kaliam mau ternak kepiting rajungan.

  • Perhatikan Mutu Air Kolam

Kepiting rajungan dapat tinggal dimana saja sehingga tercantum tipe hewan laut sangat gampang buat dipelihara. Ini sebab dengan keadaan air semacam apa juga dapat jadi media buat pembesaran kepiting rajungan.

Tetapi inj bukan berarti kamu bisa mengabaikan mutu air buat kolam tambak rajungan. Bila kamu mau mempunyai kepiting rajungan bermutu, kamu wajib mencermati keadaan dan mutu air buat kolam tambak rajungan.

Sebab terus menjadi baik keadaan dan mutu air, hendak terus menjadi baik pula perkembangan kepiting rajungan.

  • Persiapan Saat sebelum Menebar Benih di Kolam

Dikala kolam telah ada, langkah berikutnya ialah proses mempersiapkan keadaan kolam baik kolam buatan ataupun kolam tambak natural. Saat sebelum kolam wajib siap menampung benih kepiting rajungan.

Kamu wajib melewati tahap- tahap yang sangat berarti mulai dari mengawasi mutu air sampai dengan melaksanakan pengisian air.

Metode ini acapkali dicoba oleh para peternak dan jadi salah satu metode menjaga ikan laga.

  • Proses Kolam Pembesaran

Bila telah memilah indukan, saatnya melaksanakan proses persiapan pembesaran. Proses ini umumnya diawali dari memilah posisi ternak kepiting rajungan.

Kamu dapat mengenakan keramba ataupun jaring yang dipasang pada wilayah tepi laut. Tetapi hendak lebih aman bila kamu mengenakan kolam tambak guna proses pembesaran.

Baca Juga :  Cara Menanam Jeruk di Pot Pekarangan Rumah Mudah dan Lebat(Berhasil)

Wajarnya bila mau membuat kolam tambak haruslah berdimensi 50 x 100 m. Kolam tambak seukuran ini dapat muat bibit kepiting rajungan 10 ribu ekor.

Perihal ini pula bermanfaat buat menjauhi rajungan yang silih memakan. Ataupun lokaai yang sangat kecil, sebab dapat menahan gerakan rajungan yang populer aktif.

Tetapi buat kamu yang mempunyai masalag keterbatasan lahan, kamu dapat membuat tambak di alam leluasa cuma dengan bermodalkan jaring.

Dimensi jaring wajib kamu sesuaikan dengan banyaknya jumlah bibit kepiting ranjungan.

  • Teratur Membagikan Pakan

Perihal yang sangat berarti kamu perhatikan ialah pakan kepiting rajungan. Pakan buat ranjungan berbentuk ikan rucah, ialah ikan yang telah dikeringkan serta berdimensi kecil- kecil.

Buat membagikan pakan bukanlah kamu tebarkan tiap harinya. Kamu lumayan melaksanakannya 5 ataupun seminggu sekali saja. Jadi terkategori tidak boros, sebab kepiting memanglah berbeda dari hewan laut yang lain.

Meski begitu, pemberian pakan yang semacam itu mempunyai tingkatan efek lebih besar. Sebab ranjungan yang lapar dapat memakan ranjungan yang lain.

Buat kurangi efek ini, kamu melaksanakannya lebih kerap. Tidak hanya itu terus menjadi teratur serta inten pemberian pakan hendak membuat perkembangan kepiting rajungan jadi sedikit lebih kilat.

  • Melindungi Kesegaran Air Kolam

Air pada kolam ataupun tambak memanglah tidak butuh kaliam jaga kesegarannya. Rajungan hewan bahari yang hidup pada keadaan perairan yang jernih ini yang membuat air tambak wajib mempunyai perputaran.

Sehingga rajungan dapat memperoleh kolam tambak h semacam pada dikala mereka tinggal di alam.Bila kamu yang biasa mengisi kolam tambak dengan air pasang.

Bila air pasang tidak kunjung datang, hendak lebih baik bila para petani mempersiapkan pompa air. Jalani perputaran pada kolam tambak paling tidak 5 hari sekali.

  • Persiapkan Jaringan Buat Pembesaran

Buat tahapan pembesaran, kamu dapat meletakan sebagian jaring didalam kolam tambak. Ini hendak sangat bermanfaat dikala sebagian sesi proses pembesaran.

Mulai buat membesarkan kepiting rajungan, buat wadah awal bibit rajungan yang kamu beli ataupun yang kamu tangkap sendiri.

Setelah itu isilah kolam tambak dengam air yang dapat kamu miliki pada dikala air tepi laut pasang. Bila tida kamu dapat memakai mesin pompa air buat mengisi kolam tambak.

  • Proses Pembesaran

Proses pembesaran merupaksn proses buat membesarkan bibit dari dimensi 30- 50 gram/ ekor sampai jadi dimensi yang laya mengkonsumsi ialah 200- 300 gram/ ekor.

Baca Juga :  Cara Menanam Kelengkeng Agar Cepat berbuah dan Panen Memuaskan(Berhasil)

Proses ini dapat kamu llakukan dengan berbagai metode bergantung suasana dan kemampuan posisi kolam tambak kamu. Ingat buat senantiasa memegang prinsip jika kepiting rajungan tidak boleh hingga lepas.

Seperti itu mengapa dibutuhkan kurungan ataupun membuat pagar bambu mengelilingi kolam tambak.

  • Proses Penggemukan

Proses penggemukan berbeda dengan proses pembesara. Sebab kamu wajib membuat dimensi krpiting dari 100- 150 gram/ ekor jadi layak mengkonsumsi dengan seukuran 200- 300 gram/ ekor.

Sangat dianjurkan buat memelihara dengan metode sistem baterai, ialah menebar 40 ekor/ m2. Dengan lamanya pemeliharaan sepanjang 3- 4 minggu.

  • Penanggulangan Penyakit

Penyakit kepiting rajungan dapat kamu tangkal dengan senantiasa melindungi mutu dan kondisk air.

Yakinkan keadaan air selalu baik, buatlah area senantiasa bersih dengan tidak memakai antibiotik yang malah malah mengendap pada dasar tambak.

Budidaya Rajungan : Tips Pemeliharaan Hingga Panen Sukses Hasil Melimpah

Metode Pemanenan

Bila kamu memelihara kepiting dengan pagar bambu, buat proses pemanenan dapat kamu jalani dengan membuang air pada kolam tambak sampai setinggi 30 centimeter.

Jangan menangkaplah kepiting dengan memakai tongkat bambu sebab metode ini mempunyai efek sangat besar. Dianjurkan buat memanen memakai jaring

  • Persiapan kolam ataupun tambak sehabis panen

Sehabis panen, saatnya untuk kamu buat mengelola tambak sehingga siap ditebari kembali oleh bibit rajungan. Triknya merupakan dengan menghabiskan tambak, setelah itu tanahnya dipadatkan lagi.

Kemudian keringkan dan bagikan batu kapur pada kolam tambak. Proses pengeringan dasar tambak ini umumnya hendak berlangsung sepanjang 3 sampai 5 hari.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Rajungan Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5