Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen

3 min read

Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen
0
()

Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Pohon Cendana.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen


Tumbuhan cendana mempunyai nama latin Santalum album serta dikala ini kayu cendana telah sangat jarang ditemukan. Inilah kenapa kayu cendana mempunyai harga jual yang sangat mahal.

Sesungguhnya tumbuhan cendana berasal dari wilayah dataran India Selatan, buat di Indonesia sendiri tumbuhan cendana terbaik berasal dari wilayah timor yang mempunyai aroma lebih baik.

Tidak hanya dijadikan rempah- rempah, cendana pula biasa digunakan bagaikan aroma pengobatan, parfum, kipas, dan kerangka keris maupun tongkat.

Serta kayu cendana pula bisa dijadikan bagaikan obat herbal lewat metode spiritual serta untuk penghilang rasa takut berlebih.Cendana ialah tumbuhan penghasil kayu cendana serta pula minyak cendana.

Kayu cendana digunakan sebagai bumbu, bahan dupa, aromatherapi, dapat pula kombinasi parfum, dan sangkur keris( warangka). Kayu yang baik dapat menaruh aromanya sepanjang berabad- abad.

Kayu cendana wangi( Santalum album) saat ini telah sangat jarang serta biayanya sangat mahal. Kayu yang berasal dari wilayah Mysoram di India selatan umumnya dikira yang sangat bagus kualitasnya.

Baca Juga :  Daun Ginseng Jawa : Morfologi, Kandungan Senyawa dan Mengenal 17 Manfaat Untuk Kesehatannya

Di Indonesia, kayu cendana dari Timor pula sangat dihargai. Sebagai gantinya beberapa ahli aromatherapi serta parfum memakai kayu cendana jenggi( Santalum spicatum).

Kedua tipe kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang di milikinya, serta oleh sebab itu kandungan harumnya juga berbeda.


Syarat Tumbuh Pohon Cendana

Tumbuhan cendana dapat berkembang dengan baik di wilayah yang mempunyai ketinggian kurang lebih 12. 000 mdpl.

Buat curah hujannya sendiri pada wilayah yang bagus buat menanam tumbuhan cendana ialah dekat 600 sampai 2000 milimeter/ tahunnya dengan temperatur sejitar 10 sampai 35 derajat celcius.

Serta dari segi tanah lahan tanam yang baik ialah tanah tipe humus serta vulkanis yang mempunyai tekstur yang gembur serta berbatu.

Bila di wilayah kamu tidak bisa menciptakan tipe tanah ini, kamu bida memakai tanah lempung yang dangkal serta sedikit berbatu.

Tidak cuma itu saja, kamu pula wajib mencermati isi tanah lahan kamu, upayakan supaya tanah lahan tanam mempunyai kandungan nitrogen besar serta mempunyai pH netral ialah 7 sampai alkali ataupun basa ialah diatas 7.


Metode Budidaya Tumbuhan Cendana


  • Persiapan Lahan Cendana

Taburkan kompos/ pupuk kandang pada lahan tanam dengan komosisi 2 ton/ hektar.Pemberian nutrisi dasar tersebut dicoba dikala 3- 4 minggu saat sebelum masa penggarapan tanah dengan pembajakan serta pencangkulan.

Perihal ini dimaksudkan supaya tanah jadi gembur serta memiliki nutrisi dasar.

Dalam perihal ini pemberian pupuk kandang tidak sangat banyak karena pada dasarnya tumbuhan ini bisa berkembang baik apalagi di padang savana sekalipun.

  • Pemilihan Bibit Tumbuhan Cendana

Upayakan kala kamu membeli benih, benih mempunyai mutu yang baik serta segel masih utuh.

Siapkan wadah berisi air seperlunya setelah itu rendam benih tumbuhan cendana ke dalam wadah sampai terendam seluruhnya dalam waktu dekat 2 hari satu malam, ataupun dekat 48 jam.

Baca Juga :  Daun Ketapang Kering : Mengenal Morfologi dan Manfaatnya, Salah Satunya Pewarna Hitam Tinta

Perendaman benih ini bertujuan buat memilah benih yang sesuai buat ditanam.Buanglah benih yang mengapung di atas permukaan, sebab ini ialah karakteristik dari benih yang tidak layak tanam.

Tinggalkan benih yang tenggelam di dasar wadah kemudian bilas memakai lap maupun tisu. Benih siap buat di semai.

  • Penyemaian Bibit Cendana

Siapkan lahan bertanah gelap yang sudah digemburkan serta disirami dengan air.Sebarkan biji yang sudah disortir tadi di atasnya.

Taburkan lagi tanah gelap di atas biji cendana, tetapi jangan hingga menutupi seluruh.Siram tiap pagi serta sore hari.

Siapkan polybag kecil serta isi dengan tanah gelap.Pindahkan bibit pada polybag, bila biji telah rusak serta menghasilkan tunas kecil.

Pindahkan pada media tanam, bila bibit telah setinggi 15 centimeter.

  • Penanaman Tumbuhan Cendana

Memilih lahan tanam yang mempunyai lumayan air.Bilas terlebih dulu lahan tanam dari gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang terdapat di lahan.

Kemudian jalani penggemburan pada tanah yang hendak ditanam bibit cendana.Buatlah lubang tanam dengan dimensi 40cmx40cmx50cm serta jarak antar lubang tanam minimun dekat 2, 5 m.

Kemudian masukkan pupuk organik ataupun pupuk kandang setinggi 10 cmMulai menanam bibit dalam lubang serta tutup kembali dengan tanah.

Sehabis bibit ditanam, beri indikator dengan menancapkan ajir serta hendaknya Penanaman dicoba pada sore hari.

  • Pemanenan Tumbuhan Cendana

Sehabis tumbuhan cendana berumur 15 tahun,cendana telah mulai dapat diambil dedaunannya buat dijadikan minyak cendana lewat proses penyulingan.

Sebaliknya buat kayunya hendaknya diambil sehabis 25 tahun keatas dikala mutu perkembangan daun telah tidak optimal lagi.


Perawatan Tumbuhan Cendana


  • Penyiraman

Jalani penyiraman tiap pagi serta sore tiap hari( 2 kali satu hari).

Siram tiap batang cendana dengan 800 cc air ataupun dekat 3– 4 gelas.

  • Penyiangan

Penyiangan merupakan salah satu metode penanggulangan gulma supaya faktor hara yang diserap oleh tumbuhan cendana tidak di ambil oleh para pengganggu semacam alang alang ataupun rumput liar yang lain.

Baca Juga :  Budidaya Sirsak : Jenis, Manfaat serta Tips Perawatan agar Berbuah Lebat dan Sehat

Jalani penyiangan 2 kali dalam setahun ataupun bergantung dengan keadaan gulma yang melanda lahan serta jalani pembersihan tersebut pada pagi hari.

  • Pemupukan

Pemupukan dicoba 2 kali setahun, ialah dikala masa dini hujan serta akhir masa hujan. Umumnya pupuk dasar yang digunakan ialah kombinasi antara pupuk kandang serta urea dengan komposisi 500gram: 5 gr tiap lubang.

Metode pemupukan:

    • Buat lubang sedalam 235 centimeter.
    • Masukkan pupuk.
    • Tutup kembali lubang serta padatkan

Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen

  • Pemangkasan

Jalani pemangkasan memakai golok ataupun gergaji pada cabang– cabang cendana yang telah tua.

Perihal ini bertujuan buat kurangi perkembangan cabang yang berlebih serta pula buat tingkatkan mutu batang tumbuhan dan kurangi perkembangan inang.

Di sisi lain, pemangkasan cabang ini bisa pula memicu perkembangan tunas baru.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Pohon Cendana Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read