Budidaya Petai : Teknik Mudah Penanaman,Perawatan dan Panen Memuaskan

4 min read

Budidaya Petai : Teknik Mudah Penanaman,Perawatan dan Panen Memuaskan
0
()

Budidaya Petai : Teknik Mudah Penanaman,Perawatan dan Panen Memuaskan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Petai.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Petai : Teknik Mudah Penanaman,Perawatan dan Panen Memuaskan


Petai ialah tumbuhan asli Indonesia, Malaysia, Thailand, serta Philipina, yang sangat terkenal di masyarakat.

Petai ataupun yang kerap diucap dengan buah pete mempunyai nama latin Parkia speciosa. Tumbuhan ini ialah tumbuhan tropis yang berbuah cuma pada masa tertentu.

Tanaman Mimosaceae merupakan subfamili dari keluarga tanaman berbunga Fabaceae (Legumiminosae). Tanaman ini termasuk kelompok Angiospermae, yaitu biji tertutup oleh daun buah atau karpela.

Dimana daun buah adalah bakal buah. Ciri khas tanaman Mimosaceae, yaitu kelopak bunga yang kecil dan benang sari yang banyak serta menonjol.

Subfamili ini dibagi menjadi empat suku yaitu Acacieae, Ingeae, Mimoseae, dan Mimozygantheae. Salah satu tanaman yang termasuk Mimozygantheae adalah pete / petai.

Petai ini pula banyak diminati warga, perihal ini diisyarati dengan permintaan pasar yang besar, sehingga budidaya tumbuhan petai mempunyai prospek yang bagus.

Sebab perihal seperti itu, hingga tidak salah bila dikala ini banyak orang yang mulai menjadikan buah petai bagaikan tumbuhan budidaya.

Buah pete pula tercantum tumbuhan yang universal ditemukan di sebagian wilayah. Perihal ini tidak lain sebab buah petai ini mempunyai pasar yang baik di Indonesia.

Tumbuhan dari buah petai ini sanggup menggapai besar sampai 20 meter. Mayoritas, tumbuhan ini berkembang baik dengan bibit dari perbanyakan lewat bijinya.

Walaupun perlu waktu relatif lebih lama dalam panen awal buah ini.Buat mengidentifikasi tumbuhan ini, dapat dilihat lebih banyak watak serta ciri buah ini. Yang awal dapat dilihat dari daunnya.

Daun buah pete tersusun secara paralel serta bercorak hijau.Sebaliknya bunganya bertabiat majemuk.

Baca Juga :  Mengenal Daun Dewandaru : Tumbuhan Pembawa Pesan Dewa Dengan Segudang Manfaatnya

Artinya merupakan bunga pete ini berbentuk sekelompok kuntum bunga yang terangkai pada satu lapisan tangkai- tangkai bunga.

Lapisan bunga yang unik ini diucap pula dengan sebutan inflorensens. Bunga pete ditutupi benang sari serta putik bercorak kuning dan berupa punuk.

Buah petai tercipta dalam satu polong yang terdiri dari 15 hingga 20 biji. Panjangnya sendiri dapat menggapai 25cm. Rupanya hijau yang ditutupi dengan selaput tebal bercorak cokelat.

Bila telah sangat matang, hingga pete ini hendak mengering serta bijinya dapat dijadikan bibit buat tumbuhan baru.Karakteristik khas ataupun ciri lain dari buah ini merupakan aromanya yang sangat khas.

Banyak yang menyukainya, tetapi tidak sedikit pula yang kurang menggemari aroma ini. Buah yang masih muda dapat dimakan fresh bagaikan lalapan ataupun dimasak jadi bermacam tipe masakan.

Indonesia serta pula sebagian negeri di Asia sangat sering di dengar dengan buah pete.

Perihal inilah yang membuat budidaya pete sangat menguntungkan buat digeluti paling utama bagaikan tumbuhan budidaya yang bertabiat komersial.


Ketentuan Tumbuh Buah Petai

Tumbuhan budidaya pete terdapat yang mempunyai ketinggian tumbuhan 5  hingga dengan 25 m. Kulit kayunya bercorak cokelat serta mempunyai banyak cabang.

Bagaikan tumbuhan budidaya, hingga buah pete berkembang dengan baik pada area tertentu. Kenali syarat- syarat tumbuhnya supaya dapat menciptakan jumlah panen dengan maksimal.

Tumbuhan pete berkembang dengan baik di dataran rendah sampai pegunungan. Tumbuhan ini dapat pula berkembang pada posisi dengan ketinggian 800 m di atas permukaan laut.

Zona pananaman ini wajib bersih dari gulma serta rumput liar.Budidaya tumbuhan ini wajib di tanah yang mempunyai tekstur yang halus. Memilih posisi lahan dengan pH antara 5, 5 serta 6, 5.

Indonesia merupakan posisi yang sesuai buat budidaya tumbuhan buah pete. Idealnya, tumbuhan ini berkembang di wilayah ataupun area lembab dengan cuaca yang sedikit basah.

Tumbuhan ini dapat berkembang dengan baik di tempat terbuka. Buat pemilihan lahan, yakinkan tidak terdapat tumbuhan ataupun gedung yang menaunginya.

Baca Juga :  Jenis Jenis Mangga Unggulan Dan Terpopuler Di Indonesia

Perihal ini sebab tumbuhan ini perlu sinar matahari buat dapat berkembang dengan maksimal. Tumbuhan buah petai memerlukan cahaya matahari sejauh hari.

Idealnya, tumbuhan ini dapat menciptakan buah pada umur tumbuhan 4- 5 tahun. Keadaan ini spesial buat tumbuhan pete dari hasil pembibitan metode vegetatif baik okulasi ataupun cangkok.

Berarti pula buat dikenal kalau mulai dari penyerbukan buah petai hingga siap dipetik, dibutuhkan waktu kurang lebih antara 3 sampai 4 bulan.


Tahapan Metode Menanam Petai


  • Persiapan Bibit

Dalam budidaya tumbuhan petai hendaknya memilih bibit hasil perbanyakan vegetatif semacam okulasi, sambung pucuk serta sebagainya.

Sebab perbanyakan secara generatif ataupun dari biji mempunyai sebagian kekurangan semacam tumbuhan berkembang besar serta waktu berbuah yang lama.

Di toko- toko pertanian, bibit petai hasil perbanyakan secara vegetatif umumnya ditanam dalam polybag- polybag kecil siap tanam.

  • Persiapan Lubang Tanam

Seleksi posisi penanaman pada lahan yang gembur produktif serta memperoleh cahaya matahari dan lahan jangan sangat kecil.

Buat lubang tanam buat penanaman bibit petai dengan dimensi panjang 50 centimeter serta lebar pula 50 centimeter.

Sebaliknya kedalamannya membiasakan dengan besar polybag tempat penanamannya, sehingga dikala ditanam pangkal batang bibit pada permukaan polybag sejajar dengan permukaan lahan.

Gabungkan tanah galian dengan pupuk kandang yang sudah matang/ lewat proses fermentasi, tambahkan pula sekam seperlunya, aduk sampai menyeluruh.

Istirahatkan lubang tanam sepanjang 2- 3 hari serta perkenankan terserang cahaya matahari secara langsung.

  • Sesi Penanaman

Masukkan bibit beserta polybagnya, letakkan bibit pas di tengah lubang tanam, upayakan tegak lurus serta tidak miring.

Buka polybagnya dengan hati- hati supaya media tanam di dalamnya tidak rusak, setelah itu masukkan tanah galian yang sudah dipersiapkan tadinya sampai penuh, padatkan sampai bibit erat tertanam serta tidak goyah.

Buat gundukan di dekat pangkal batang supaya nantinya dikala masa hujan tumbuhan tidak terendam air.

Berikutnya siram dengan air seperlunya, penyiraman dicoba sedikit demi sedikit supaya menyerap serta menyeluruh ke bagian dalam media tanam.


Perawatan Tanaman Petai

Pemasangan ajir sangat diajarkan pada tumbuhan petai yang baru saja ditanam, khasiat ajir ini buat menopang tumbuhan supaya tidak gampang roboh.

Baca Juga :  Inilah 10 Manfaat Ikan Belida Dan Kandungan Gizi Pentingnya

Ajir ini bisa terbuat sendiri memakai belahan bambu dengan dimensi yang disesuaikan dengan tumbuhan.Jalani penyiraman tumbuhan petai 1- 2 kali satu hari ataupun membiasakan dengan keadaan tumbuhan.

Bilas lahan dekat tumbuhan dari gulma ataupun rumput liar dimana gulma ini turut merebut dalam penyerapan faktor hara dari dalam tanah serta pula gulma pula bisa jadi tumbuhan inang ataupun sarang dari sebagian hama.

Buat menyuplai faktor hara yang diperlukan tumbuhan lakukanlah pemupukan secara teratur memakai pupuk kandang fermentasi dengan interval 3 bulan sekali.

Tumbuhan petai tercantum tumbuhan yang memerlukan waktu lama buat menciptakan buah, dari bibit hasil okulasi tumbuhan petai akan menciptakan buah pada usia 4- 5 tahun.

hingga dari itu perkembangan tumbuhan petai ini butuh disokong dengan hormon perangsang berkembang supaya proses pembuahannya lebih kilat.

Budidaya Petai : Teknik Mudah Penanaman,Perawatan dan Panen Memuaskan

Pemanenan

Tumbuhan Petai yang berkembang dengan baik hendak berproduksi dikala tumbuhan berumur antara 3 serta 4 tahun. Inilah umur tumbuhan dimana buah petai dapat ditanam serta dimanfaatkan sebagai konsumsi.

Sebagian perihal di atas butuh dikenal untuk yang mau membudidayakan petai bagaikan tumbuhan komersial. Butuh diingat pula kalau pada proses pemanenan butuh mencermati sebagian perihal, semacam:

Buah petai yang telah siap panen wajib dipetik dengan pemetik ataupun dengan mata pisau yang tajam. Perihal ini untuk menjauhi petai rusak serta melindungi senantiasa mutu buah ini sampai dapat dijual.

Sehabis panen,kumpulkan petai di wadah keranjang ataupun karung bersih.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Petai Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5