Budidaya Pepaya : Tips Penanaman dan Perawatan Agar Sehat dan Cepat Berbuah

2 min read

Budidaya Pepaya : Tips Penanaman dan Perawatan Agar Sehat dan Cepat Berbuah
0
()

Budidaya Pepaya : Tips Penanaman dan Perawatan Agar Sehat dan Cepat Berbuah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Pepaya.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Pepaya : Tips Penanaman dan Perawatan Agar Sehat dan Cepat Berbuah


Pepaya atau Carica papaya ialah buah- buahan tropis. Tumbuhan ini dipercaya berasal dari wilayah tropis di daratan Amerika. Dari tempat ini menyebar ke bermacam belahan bumi.

Pepaya ialah tumbuhan perdu yang dapat berkembang sampai 3 m. Batang pepaya berongga, jaringannya lunak serta berair.

Tumbuhan ini memiliki pangkal tunggang serta pangkal samping yang lunak. Perkembangan pangkal dangkal serta agak lemah.

Bunga pepaya berkembang pada ketiak daun, baik berbentuk bunga tunggal ataupun rangkaian.

Ada 3 tipe bunga pepaya, ialah bunga jantan, bunga betina serta bunga sempurna( memiliki putik serta benang sari ataupun hemafrodit).

Tumbuhan yang berasal dari Hindia Barat serta Amerika Tengah ini terbilang sangat gampang buat dibudidayakan di Indonesia.

Sentra penanaman pepaya di Indonesia merupakan di wilayah Malang, Sleman, Sukabumi, Toraja apalagi sampai hingga Manado.


Ketentuan Tumbuh Pepaya

Saat sebelum mulai, terdapat sebagian ketentuan penanaman pepaya yang butuh dikenal:

  • Pepaya bisa berkembang pada ketinggian 500- 1000 m diatas permukaan laut, dengan kata lain dapat ditanam dalam bermacam keadaan.
  • Tanah gembur serta memiliki banyak humus merupakan tanah yang sesuai buat melaksanakan budidaya pepaya.
  • PH tanah yang diperlukan merupakan 6- 7
  • Curah hujan yang diperlukan merupakan 1000- 2000 milimeter per tahun
  • Temperatur hawa yang diperlukan merupakan dekat 40%
  • Mempunyai drainase yang baik biar air tidak menggenangi tanah
  • Temperatur area yang baik buat budi energi pepaya ini ialah berkisar antara 22- 26 0C dengan kelembaban hawa dekat 40%.
Baca Juga :  Inilah Jarak Tanam Pepaya California Yang Ideal serta Mengenal Hama dan Penyakitnya

Tahapan Proses Menanam Pepaya


  • Pembibitan

Terbuat media semai pada polybag yang sudah dilubangi sedalam 1cm pada bagian tengahnya. Setelah itu biji dimasukkan serta ditutup dengan susunan tanah tipis.

Bibit disiram tiap hari. Kecambah benih hendak timbul sehabis 12- 15 hari. Kala biji sudah berkembang jadi bibit dengan ketinggian 15- 20 centimeter( usia 45- 60 hari) bibit siap ditanam di lahan.

  • Penanaman

15 hari saat sebelum bibit ditanam, terlebih dulu terbuat lubang tanam dengan jarak tanam 2, 5×2, 5 meter.

Berikutnya, bibit pepaya dimasukkan ke dalam lubang tanam yang tadinya telah diberi pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Tiap lubang tanam diisi dengan satu buah bibit. Proses penanamannya dicoba kala sore hari.


Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tumbuhan pepaya california meliputi penyiangan, penyiraman serta pembumbunan. Penyiangan hendaknya dicoba secara manual dengan metode mencabuti rumput ataupun membabat.

Sedangkan pemakaian herbisida hendaknya dihindari sebab bisa mengusik serta mengganggu pangkal tumbuhan pepaya california.

Penyiraman dicoba dikala masa kemarau ataupun bila tanah dalam keadaan kering. Penyiraman dapat dicoba dengan sistem leb( penggenangan) ataupun memakai sprinkler.

Pembumbunan dicoba dengan tujuan menutup pangkal yang terdapat dipermukaan tanah sekalian buat memicu perkembangan pangkal baru.

Pembumbunan pula berfungsi buat menguatkan batang tumbuhan pepaya supaya tidak gampang roboh. Pembumbunan dicoba sehabis penyiangan serta dicoba bertepatan dengan pemupukan susulan.

Pemupukan susulan dicoba seminggu sehabis tanam memakai pupuk NPK sebanyak 200 gr/ tumbuhan. Setelah itu, kala merambah umur 3 bulan ditambahkan pupuk NPK 300 gr/ tumbuhan.

Berikutnya, umur 6, 9 serta 12 bulan dipupuk NPK 500 gr ditambah pupuk kandang 40 kilogram/ tumbuhan. Sehabis tumbuhan berbuah dapat diberikan pupuk KCI biar energi tahan lebih kokoh serta buahnya lebih manis.

Baca Juga :  Pertanian Organik : Sejarah, Tata Cara, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya

Budidaya Pepaya : Tips Penanaman dan Perawatan Agar Sehat dan Cepat Berbuah

Panen serta Pascapanen Pepaya

Buah pepaya california siap dipanen kala nampak isyarat semacam terdapatnya semburat bercorak kuning di bagian ujung buah.

Panen dicoba dengan metode memotong bagian tangkai buah dengan gunting pangkas ataupun pisau yang tajam. Pemanenan

Sehabis tumbuhan berusia 9– 12 bulan. Buah hendak mulai member, serta kulit dari buah hendak mulai menguning.

Buah pepaya yang sudah dipanen hendaknya ditempatkan di ruangan yang tidak terserang cahaya matahari langsung serta diberi alas plastik ataupun koran sisa.

Buah pepaya ini dapat dipanen dengan periode waktu 10 hari sekali.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Pepaya Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5