Budidaya Pepaya California : Metode, Pembibitan, Pemeliharaan Dan Pemanenan

2 min read

Budidaya Pepaya California : Metode, Pembibitan, Pemeliharaan Dan Pemanenan
0
()

Budidaya Pepaya California : Metode, Pembibitan, Pemeliharaan Dan Pemanenan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Pepaya California.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Pepaya California : Metode, Pembibitan, Pemeliharaan Dan Pemanenan


Tumbuhan Pepaya yang mempunyai nama latin (Carica Papaya L) ialah tumbuhan yang berasal dari Meksico bagian selatan serta Nikaragua.

Setelah itu tumbuhan papaya meluas serta dibudidayakan di Negara – negara tropis termasuk Indonesia.

Tumbuhan ini memanglah mudah berkembang, dengan media tanah berhumus campur pasir, cukup cahaya matahari serta drainase baik, tumbuhan pepaya bisa berkembang produktif.

Tumbuhan pepaya varietas California ialah salah satu tipe papaya yang lagi digandrungi serta mulai banyak dikebunkan para petani pada saat ini sebab sangat menjanjikan keuntungan.

Pepaya California ini mempunyai watak serta keunggulan tertentu ialah buahnya tidak sangat besar dengan bobot 0,8 – 1,5 kilogram/buah.

Berkulit hijau tebal serta lembut, berupa lonjong, buah matang bercorak kuning, rasanya manis, daging buah kenyal serta tebal.

Varietas papaya California ini termasuk jenis unggul serta berusia genjah, tumbuhan/batangnya antique kerdil/lebih pendek dibandingkan tipe papaya lain.

Besar tumbuhan hampir 1,5 – 2m serta telah dapat dipanen sehabis berusia 8 – 9 bulan. Pohonnya bisa berbuah sampai usia mencapai 4 tahun. Dalam satu bulan dapat dipanen hingga 4 kali.

Sekali panen tiap tumbuhan papaya California bisa menciptakan 2 sampai 3 buah dengan sekali panen tiap minggu dapat mencapai berkisar 1,9 sampai 3,6 ton perhektar.

Baca Juga :  Cara Menanam Asam Jawa serta Perawatan dan Masa Panennya (Sukses)

Metode Membudidayakan Pepaya California

Pembibitan

Membuat media semai pada polybag yang sudah dilubangi sedalam 1cm pada bagian tengahnya. Setelah itu biji dimasukkan serta ditutup dengan susunan tanah tipis.

Bibit disiram tiap hari. Kecambah benih hendak timbul setelah 12 – 15 hari. Kala biji sudah berkembang jadi bibit dengan ketinggian 15 – 20 centimeter (usia 45 – 60 hari) bibit siap ditanam di lahan.

Penanaman

15 hari saat sebelum bibit ditanam, terlebih dulu buat lubang tanam dengan jarak tanam 2,5 × 2,5 meter.

Berikutnya, bibit pepaya dimasukkan ke dalam lubang tanam yang tadinya telah diberi pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Tiap lubang tanam diisi dengan satu buah bibit. Proses penanamannya dilakukan kala sore hari.

Budidaya Pepaya California : Metode, Pembibitan, Pemeliharaan Dan Pemanenan


Pemeliharaan Serta Perawatan

Langkah berikutnya ialah penanaman serta perawatan. Langkah ini sangat penting buat dicoba untuk mendukung perkembangan serta mutu buah pepaya.

Terdapat  beberapa langkah pemeliharaan serta perawatan yang perlu Kamu lakukan seperti:

  • Penyiraman

Penyiraman ini sangat penting sebab tumbuhan pepaya California wajib memperoleh konsumsi air yang cukup supaya tidak hadapi kekeringan.

Tetapi perlu dicermati pula kalau penyiraman ini pula tidak dapat dicoba secara kelewatan hingga membuat genangan air di dekat media tanam.

Perihal ini hendak sangat mempengaruhi pada tumbuhan sebab batang tumbuhan dapat jadi gampang busuk, dimana buahnya pun hendak otomatis terbawa – bawa.

Untuk itu, lakukan penyiraman secara teratur tetapi seperlunya saja serta tidak sampai membuat genangan air.

  • Pemupukan

Memberi pupu pula sangat penting dilakukan secara teratur buat melindungi kesuburan tanah sekaligus tumbuhan.

Pemupukan awal dilakukan pada minggu awal dengan memakai pupuk kandang sebanyak 40 kilogram buat tiap tumbuhan.

Baca Juga :  Cara Merawat Pohon Pepaya Yang Tepat Serta Pengendalian Hama dan Penyakitnya

Setelah itu di umur 2 minggu, pemupukan kembali dicoba dengan pupuk NPK sebanyak 200gr tiap pohonnya.

Berikutnya, pemupukan dapat dicoba tiap 3 bulan sekali dengan 500 gram pupuk NPK serta 40 kilogram pupuk kandang buat tiap pohonnya. Kala tumbuhan mulai berbuah, Kamu dapat menaikkan pupuk dengan pupuk KCL.

  • Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada tunas – tunas ataupun dahan – dahan yang mengusik supaya perkembangan tumbuhan dapat lebih maksimal.


Panen serta Pasca Panen

  • Petik buah yang telah tua ataupun mulai masak.
  • Setelah dipetik dari tumbuhan, letakkan sementara ditempat yang teduh.
  • Saat sebelum dijual ke pasaran, pastikan buah disortir buat membenarkan untuk layak jual.
  • Hal penting yang wajib dicermati dalam menanggulangi panen buah pepaya California, jauhi banyak benturan serta guratan supaya pepaya tidak catat serta selalu tampak lembut. Pepaya yang rusak akibat penangan yang sembarangan, dapat merendahkan nilai jual pepaya.

Secara umum, tidak terdapat perihal khusus dalam upaya budidaya pepaya California. Perihal itu memberikan keuntungan tertentu untuk Kamu yang mau membudidayakannya.

Tidak hanya proses budidaya yang gampang, pepaya yang satu ini memiliki daya tarik yang besar di pasaran.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Pepaya California Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral

0 () 10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Tanaman Hias yang...
Admin1
1 min read

Penggolongan Jenis Sayur

0 () Penggolongan Jenis Sayur – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Penggolongan Jenis Sayur. Contents 1 Penggolongan Jenis Sayur1.1 Penggolongan...
Admin1
2 min read

Cara Mudah Menanam Sayuran Organik

0 () Cara Mudah Menanam Sayuran Organik – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Sayuran Organik. Contents 1 Cara...
Admin1
2 min read