Budidaya Oscar : Teknik Pembenihan, Pemijahan dan Perawatan Sukses(Berhasil)

4 min read

Budidaya Oscar : Teknik Pembenihan, Pemijahan dan Perawatan Sukses(Berhasil)
0
()

Budidaya Oscar : Teknik Pembenihan, Pemijahan dan Perawatan Sukses(Berhasil) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Oscar.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Oscar : Teknik Pembenihan, Pemijahan dan Perawatan Sukses(Berhasil)


Ikan Oscar( Astronotus ocellatus) merupakan salah satu tipe ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Panama, Rio- Paraguay serta Tio- Negro Amerika Selatan.

Ikan oscar mempunyai wujud serta corak yang menarik. Corak badan ikan ini kehitam hitaman dengan motif kuning kemerah- merahan. Tetapi terdapat pula ikan oscar albino dengan corak dasar badannya putih.

Ikan oscar ini bisa berkembang sampai dimensi dekat 35 centimeter.

Ikan oscar tercantum ikan yang pintar sebab ikan ini bisa dengan kilat belajar menimpa agenda makannya serta apabila dilatih dia bisa mengambil pakan dari pemiliknya langsung.

Ikan Oscar bisa melompat dengan ketinggian dekat 15 centimeter buat mencapai pakannya. Ikan Oscar ini pula diketahui bagaikan ikan Peacock Cichlid maupun Velvet Cichlid.

Ikan oscar telah bisa dikembangbiakan diindonesia, sebab berbeda dengan ikan hias tipe yang lain ikan Oscar memerlukian perlakukan yang sedikit spesial dalam perkembangbiakannya jadi iakan hias ini lumayan mahal.

Untuk kamu yang ini melaksanakan budidaya ikan oscar, berikut merupakan metode pemijahan/ pembenihan sampai pembesaran secara lengkap:


Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina

Saat sebelum melaksanakan budidaya kamu butuh ketahui mana jantan serta betina ikan oscar. Ikan Jantan mempunyai badan yang relatif lebih panjang dari betina, mempunyai perlengkapan kelamin yang lebih menonjol.

Sebaliknya ikan betina mempunyai lubang kelamin yang lebih besar serta apabila sudah matang gonad perutnya akan gendut.

  • Lewat Ukuran Badan Ikan

Metode yang awal ini dapat dibilang metode yang lumayan gampang, sebab dapat dengan gampang melihatnya. Ikan jantan umumnya mempunyai badan yang lebih panjang.

Baca Juga :  Cara Menanam Terong Hijau Mudah dan Tepat Hasil Maksimal

Sebaliknya ikan oscar betina badannya lebih pendek serta gendut.

  • Lewat Sirip Ikan

Perbandingan yang lumayan gampang dilihat berikutnya yakni dari siripnya. Pada ikan oscar jantan umumnya mempunyai sirip yang lebih panjang serta lebar, sebaliknya ikan betina siripnya lebih pendek serta membulat.

  • Lewat Perlengkapan Kelamin Ikan

Metode yang satu ini dapat dibilang lumayan ekstrim, sebab wajib mengangkut ikan keluar buat memandang perbedaanya. Ada pula karakteristik karakteristik nya ialah:

Ikan Oscar Jantan mempunyai 2 buah lubang, keduanya mempunyai dimensi yang nyaris sama serta mengerucut ke balik. 2 organ tersebut merupakan lubang kotoran serta satunya organ reproduksi.

Sebaliknya pada ikan betina mempunyai 2 buah lubang, tetapi satu ukurannya besar serta satunya lagi agak kecil serta mengerucut ke depan.

  • Lewat Pergerakan Ikan

Buat mengenali perbandingan ikan jantan serta betina dengan memakai metode ini, lumayan gampang, persiapkan due ekor ikan oscar serta jalani pengamatan gerak gerik keduanya.

Ikan betina umumnya hendak berenang ke dasar buat bertelur serta sang ikan jantan hendak menjajaki di belakangnya buat membuahi telur telur tersebut.

Apabila keduanya tidak demikian, ataupun tidak terdapat satupun yang berenang terus di dasar akuarium, perihal ini menunjukkan mungkin keduanya ialah ikan jantan.

  • Lewat Corak Ikan

Metode yang terakhir ini dapat dengan gampang dilihat, walaupun umur ikan masih lumayan dini. Sebab perbandingan corak antara ikan oscar jantan serta betina telah nampak mulai dari ikan berusia 2 bulanan.

Perbedaannya ialah, corak ikan jantan lebih cerah serta menarik, sebaliknya ikan betina rupanya lebih hitam serta cenderung corak corak kalem.


Langkah -Langkah Budidaya Ikan Oscar


  • Pemilihan Induk Ikan Oscar

Ikan oscar yang baik buat dijadikan induk merupakan ikan yang sudah berusia dekat 1, 5- 2 tahun dengan panjang dekat 15 centimeter serta tingginya dekat 10 centimeter dan bercorak terang.

Pilih indukan ini mulai dicoba dikala ikan oscar berusia dekat 5- 6 bulan dengan mengombinasikan 5 jantan serta 5 betina dalam satu tempat hingga ikan tersebut hendak mencari pendamping mereka sendiri.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Episcia Cupreata Dan Perawatannya Agar Giat Berbunga

Sehabis berpasangan barulah kamu bisa memisahkan pada tempat sendiri sendiri.

  • Metode Pemijahan Ikan Oscar

Persiapkan terlebih dulu bak pemijahan dari semen dengan dimensi dekat 1, 5 x 1 x 0, 5 m3. Sehabis itu isi air yang telah diendapkan sepanjang 12- 24 jam dengan ketinggian dekat 30- 40 centimeter.

Setelah itu masukkan sejoli induk yang sudah matang gonad dalam bak tersebut.Dalam tiap bak diberi batu ceper bercorak hitam serta bagian atas ditutup sebagian supaya bak teduh.

Pemijahan ikan oscar ini umumnya berlangsung pada pagi serta sore hari serta hendak langsung dibuahi oleh ikan jantan. Telur yang sudah dibuahi diambil kemudian dimasukkan dalam akuarium penetasan.

Akuarium tersebut bisa berdimensi dekat 70 centimeter x 40 centimeter x 40 cm3 serta diisi dengan air dengan ketinggian 10 centimeter serta didalamnya diberi aerasi tang lemahsaja.

Sehabis 3 ghari umumnya telur hendak menetas. Kemudian air dalam akuarium diberi emalin ataupun methylene blue.

  • Pemeliharaan Benih Ikan Oscar

Benih ikan oscar yang baru menetas tidak butuh diberi pakan sampai berusia 4 hari sebab benih tersebut masih mempunyai persediaan pakan berbentuk kuning telur.

Sehabis berusia 5 hari benih bisa diberi pakan berbentuk rotifera. Pemberian pakan ini tidak bisa terlambat sebab ikan ini bisa bertabiat kanibal.

Sehabis berusia dekat 10 hari, ikan bisa diberi pakan berbentuk kutu air yang sudah disaring, Sehabis berusia 2 minggu ikan bisa dicoba diberi pakan berbentuk kutu air tanpa saring serta cacing rambut.

Sehabis berusia dekat 25 hari, ikan bisa di pindahkan ke bak ataupun kolam poembesaran yang lebih luas.

  • Pembesaran Ikan Oscar

Sehabis berusia 25 hari, anakan dipindahkan ke bak ataupun kolam pembesaran yang mempunyai dimensi dekat 2 x 1 x1 m3 serta diisi air dengan ketinggian dekat 20- 25 centimeter.

Dalam tiap kolam pembesaran bisa ditebar dekat 300 ekor ikan oscar. Buat kurangi terik matahari atas kolam bisa diberi tumbuhan air semacam enceng gondok ataupun Hidrilla verticilata.

Sehabis 1 bulan, dalam kolam ikan dikurangi jadi 200 ekor saja. Pakan yang diberikan pada ikan di kolam pembesaran berbentuk cacing rambut.

Ikan telah bisa dipilih buat jadi indukan bila sudah berusia dekat 5- 6 bulan. Pakan yang diberikan bisa berbentuk udanng kali ataupun udang rebon yang masih fresh ataupun hidup.

Baca Juga :  Belajar Ternak Kambing Dengan Memahami Kelebihan Dan Kekurangannya

Budidaya Oscar : Teknik Pembenihan, Pemijahan dan Perawatan Sukses(Berhasil)

Perawatan Burayak Ikan Oscar

Telur ikan oscar yang baru menetah tidak butuh langsung diberikan santapan, sebab burayak ikan masih mempunyai cadangan santapan dari kuning telur nya.

Sehabis umur ikan merambah hari ke 5 mulai bagikan santapan berbentuk rotifera. Jangan hingga terlambat buat membagikan makan, sebab watak keganasan ikan telah timbul semenjak dini serta ikan hendak jadi kanibal.

Sehabis umur ikan 10 hari, ikan telah dapat diberikan santapan semacam kutu air, tetapi dengan catatan telah diberishkan serta disaring.

Tiba umur 2 minggu ikan telah dapat diberikan makan dengan kutu air tanpa butuh disaring serta dapat pula membagikan cacing rambut bagaikan selingan.

Sehabis umur ikan sudah tiba 25 hari, ikan telah dapat dipindahkan ke akuarium yang besar buat proses pembesaran.

Buat dimensi akuarium ini dianjurkan dengan perbandingan 2 x 1 x 1 cm3 serta isikan air sampai ketinggian 20 hingga 25 centimeter.

Buat dimensi semacam di atas, dapat dimasukkan bsekitar 300 ekor ikan oscar. Sehabis 1 bulan mengurangi jumlah ikan yang terdapat dalam akuarium tersebut jadi 200 ekor saja serta masukan sisanya ke dalam akuarium terpisah.

Pemberian makan pada ikan oscar sangat pengaruhi perkembangan ikan, buat ikan yang umurnya masih di bawah2 bulanan. Lumayan bagikan dengan kutu air, cacing sutra serta cacing rambut.

Barulah sehabis umur ikan telah tiba 3 bulanan ke atas bagikan santapan yang yang bernutrisi besar semacam udang, ikan kecil, jangkrik, serta kelabang.

Upayakan potong potong pakan hidup tersebut apabila belum dapat termakan oleh ikan. Tidak hanya itu bila tidak mau repot dapat pula membagikan pelet ikan bagaikan selingan.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Oscar Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5