Budidaya Okra : Mengenal Manfaat Okra dan Panduan Sukses Menanamnya

4 min read

Budidaya Okra : Mengenal Manfaat Okra dan Panduan Sukses Menanamnya
0
()

Budidaya Okra : Mengenal Manfaat Okra dan Panduan Sukses Menanamnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Okra.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Okra : Mengenal Manfaat Okra dan Panduan Sukses Menanamnya


Okra atau pun yang diketahui pula dengan nama Bendi ataupun Abelmoschus esculentus merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang masuk dalam suku Malvaceae.

Okra tercantum unik sebab berupa memanjang serta runcing pada bagian ujungnya. Sekilas, penampilan buahnya nyaris mirip dengan cabai hijau besar, tetapi di sekitar kulitnya ada bulu- bulu halus.

Okra muda bercorak hijau. Okra mempunyai biji berdimensi kecil yang melekat di bilik buah. Tekstur yang dipunyai oleh okra nyaris mirip dengan terong, bila dimasak rasanya renyah serta berdahak.

Untuk sebagian orang, okra merupakan nama asing. Tetapi, kini mulai banyak diketahui dan disukai buat diolah jadi bermacam olahan masakan semacam kari, tumis, balado, oseng- oseng, kombinasi salad serta yang lain.

Okra berkembang baik pada ketinggian 600- 800 mdpl, dengan rata- rata curah hujan 1700- 3000 milimeter/ tahun.

Okra memerlukan cahaya matahari secara penuh serta menghendaki temperatur hawa rata- rata 24- 28 0C. pH sempurna supaya tumbuhan okra sanggup berkembang dengan maksimal merupakan 5, 5- 7, 0( netral).

Tanah yang berpasir sampai tanah lempung dan memiliki banyak bahan organik hendak sangat sesuai bila ditanami okra.

Metode menanam okra yang gampang serta sedikit perawatan menjadikan okra jadi salah satu tumbuhan yang mulai dibudidayakan.


Tahapan Metode Budidaya Tumbuhan Okra


  • Persiapan lahan

Lahan yang telah gembur serta bersih dari gulma, berikutnya terbuat bedengan dengan lebar90- 100 centimeter, besar 20- 30 centimeter serta panjang bedengan yang membiasakan lahan.

Antar bedengan terbuat jarak dekat 50- 70 centimeter. Bila pH tanah dibawah 5, 5 hingga butuh dicoba pengapuran dengan metode ditabur diatas bedengan.

Bedengan dibiarkan sepanjang 10- 15 hari setelah itu ditutup dengan mulsa plastik.

  • Persiapan benih/ bibit

Benih bisa terbuat sendiri ataupun membeli di toko pertanian. Benih okra yang terbuat sendiri didapatkan dari biji okra yang telah tua serta rupanya telah menghitam.

Baca Juga :  Daun Alang-alang : Mengenal Manfaat dan Morfologinya

Benih direndam sepanjang 4- 6 jam, kemudian diseleksi benih yang tenggelam dikala perendaman.

Sehabis benih diperoleh, berikutnya benih bisa disemai dalam polybag yang sudah diisi dengan media tanam berbentuk kombinasi tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1.

Sehabis bibit okra mempunyai besar dekat 15- 20 centimeter, hingga bibit tersebut bisa dipindah ke lahan.

  • Penyemaian Benih Okra

Benih Okra yang telah kamu miliki sesungguhnya dapat langsung ditanam di lahan ataupun pula dapat ditanam lewat proses penyemaian terlebih dulu.

Bila kamu mau menanamnya secara langsung dilahan, kamu wajib membenarkan terlebih dulu kalau lahan yang kamu miliki telah siap tanam.

Tetapi bila lahan yang hendak dijadikan tempat menanam Okra belum siap, kamu dapat menyemai benih terlebih dulu.

Saat sebelum kamu mengawali proses penyemaian, perihal yang wajib kamu persiapkan merupakan polybag, tanah gembur, pupuk kandang bagaikan pupuk dasar, serta pula air.

Sama semacam proses menyemai tumbuhan yang lain, polybag diisi oleh media tanam yang ialah kombinasi dari tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1.

Sehabis diisi oleh media tanam, satu polybag dapat diisi dengan 2 benih Okra serta disiram 2 kali dalam satu hari. Sehabis besar tumbuhan Okra menggapai 15- 20cm, bibit dapat dipindahkan ke lahan tanam yang lebih luas.

  • Persiapan Lahan Menanam Okra

Terdapat sebagian persiapan yang wajib kamu siapkan pada lahan yang hendak kamu tanami tumbuhan Okra. Persiapan tersebut merupakan:

Okra merupakan tumbuhan yang sesuai buat wilayah dengan cuaca tropis semacam Indonesia. Sebab seperti itu tumbuhan Okra dapat ditanam di wilayah dataran rendah, dataran lagi, maupun dataran besar.

Cuma saja yang butuh dicermati merupakan curah hujan. Tumbuhan Okra merupakan tumbuhan yang menghendaki curah hujan lagi.Lahan yang hendak ditanami tumbuhan Okra haruslah mempunyai tanah yang gembur.

Jadi bila lahan kamu masih berbentuk tanah yang keras, kamu wajib membajak ataupun mencangkulnya terlebih dulu buat memperoleh tanah yang gembur.

Bilas lahan yang hendak ditanami tumbuhan Okra dari gulma, tumbuhan liar, pula dari batu- batu besar.Pembuatan bedengan yang berperan bagaikan media tanam tumbuhan Okra.

Dimensi bedengan yang biasa digunakan buat menanam tumbuhan Okra mempunyai lebar 90cm hingga dengan 100cm dengan besar optimal 30cm serta panjang bedeng disesuaikan dengan lahan.

Baca Juga :  Ubi Jalar Ungu : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bagi Kesehatannya Sebagai Sumber Antioksidan

Upayakan lahan yang hendak dijadikan zona tanam tidak dekat dengan tumbuhan besar ataupun bangunan besar yang lain yang bisa membatasi masuknya cahaya matahari sebab lahan ataupun menyinari Okra kamu.

Perihal ini sebab tumbuhan Okra tercantum tumbuhan yang memerlukan cahaya matahari yang lumayan banyak buat bisa berkembang.

  • Penanaman Okra

Semacam yang telah disinggung diawal, benih tumbuhan Okra dapat ditanam langsung di lahan tanam. Sehabis proses pembuatan bedeng berakhir.

Metode menanam okra yang dicoba umumnya memakai proses tugal dengan kedalaman sebagian centimeter saja. Satu lubang tugal dapat diisi 2 hingga dengan 3 benih Okra serta ditutup dengan tanah.

Tetapi perihal yang wajib dicermati merupakan pemberian pupuk dasar yang diberikan pada tiap lubang tugal saat sebelum diisi benih.

Bila kamu memakai proses penyemaian, kamu wajib membuat lubang yang lebih besar cocok dengan besar polybag yang digunakan buat menyemai.

Yang wajib kamu siapkan saat sebelum proses menanam ini merupakan merobek plastik polybag tanpa wujud tekstur tanah.

Sehabis itu masukan benih semaian tersebut kedalam lubang yangsudah terbuat di bedeng serta timbun dengan tanah tipis.


Perawatan Tanaman Okra

Dalam proses perawatan, terdapat sebagian tipe perawatan yang dapat kamu jalani buat melindungi kesehatan tumbuhan Okra kamu.

  • Penyiraman

Tumbuhan Okra tercantum tumbuhan yang cuma dapat berkembang dengan optimal bila kebutuhan airnya tercukupi.

Penyiraman buat tumbuhan Okra dapat dicoba sebanyak 2 kali dalam satu hari buat melindungi kelembapan tanah. Tetapi bila hari tersebut hujan, penyiraman dapat ditunda hingga keesokan harinya.

  • Pengendalian Hama Tumbuhan Okra

Salah satu kelebihan tumbuhan Okra dibandingkan tumbuhan yang lain merupakan pada energi tahan. Tumbuhan Okra diketahui bagaikan tumbuhan yang tahan hendak serbuan hama.

Tetapi meski semacam itu, bukan berarti tumbuhan Okra tidak mempunyai hama pengganggu yang lain. Hama penggaggu yang umumnya kerap ditemukan pada tumbuhan Okra merupakan kutu busuk ataupun ulat jagung.

Langkah buat mensiasati pengendalian hama ini dapat dicoba dengan manual. Ialah dengan metode mengambil kutu- kutu tersebut serta menyingkirkannya ataupun menyemprot tumbuhan dengan larutan sabun.

Langkah ini berperan buat mengatur populasi kutu busuk ditanaman Okra. Sebab bila dibiarkan, telah tentu kutu busuk ini hendak terus menjadi banyak jumlahnya.

Salah satu ciri tumbuhan Okra yang terkena hama ini merupakan dengan terdapatnya lubang- lubang dibagian daun.

  • Pupuk Susulan

Tumbuhan Okra tercantum tipe tumbuhan yang memerlukan banyak nutrisi buat berkembang secara maksimal.

Baca Juga :  Cara Budidaya Kakap Putih Dengan Mengenal Morfologi dan Penanganan Penyakitnya

Sehabis pupuk dasar diberikan, pemberian pupuk berikutnya dicoba pada dikala sehabis buah awal berkembang serta pada dikala pertengahan masa tanam.

Buat tipe pupuk yang diberikan bagaikan pupuk susulan, kamu dapat memberikannya pupuk kompos.

Pemberian nutrisi pula dibutuhkan tetapi jangan kelewatan. Pemberian nutrisi yang kelewatan justeru hendak mengusik perkembangan tumbuhan Okra.

  • Penyiangan

Penyiangan merupakan salah satu tehnik perawatan yang sangat dasar serta sangat universal.

Penyiangan disini artinya merupakan mencabut serta menghilangkan gulma dan tumbuhan liar yang terdapat disekitar tumbuhan Okra kamu.

Perihal ini dimaksudkan sebab gulma terkadang jadi salah satu tempat kesukaan untuk penyakit serta hama bersembunyi.


Masa Panen Okra

Bila pada tumbuhan buah yang lain buah cuma dapat dipanen kala telah masuk masa tua serta matang, buah Okra cuma dapat dipanen kala buah masih dalam kondisi muda.

Dimensi buah Okra yang sangat baik buat dipanen merupakan pada dikala buah berdimensi 5- 7cm. Melalui dari dimensi tersebut, buah hendak terasa getir serta keras dikala di kunyah.

Tetapi meski semacam itu, sekali tumbuhan Okra merambah masa panen, kamu dapat memanen buah Okra 2- 3 kali satu hari sepanjang bulan.

Budidaya Okra : Mengenal Manfaat Okra dan Panduan Sukses Menanamnya

Manfaat Okra

Umumnya buah Okra ini diolah jadi sebagian masakan semacam: oseng- oseng, kari, balado, tumis, kombinasi buat salad, apalagi pula dapat dimakan mentah.

Berikut merupakan sebagian khasiat dari tumbuhan Okra:

  • Melancarkan sistem pencernaan serta mengobati wasir,
  • Bertabiat menenangkan. Seperti itu mengapa seluruh berbagai rasa pusing, takut, serta stress hendak lenyap sehabis komsumsi buah Okra.
  • Kurangi rasa lesu, tidak aman, serta lelah,
  • Menanggulangi ambeien ataupun sembelit,
  • Meringankan sakit tenggorokan ataupun kerongkongan,
  • Tingkatkan energi ingat serta energi pikir otak,
  • Melindungi kesehatan otot serta sistem syaraf,
  • Menetralkan asam lambung,
  • Sanggup memulihkan energi serta tenaga,

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Okra Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5