Budidaya Nilam : Jenis, Syarat Tumbuh,Tips Perawatan dan Panen Melimpah

7 min read

Budidaya Nilam : Jenis, Syarat Tumbuh,Tips Perawatan dan Panen Melimpah
0
()

Budidaya Nilam : Jenis, Syarat Tumbuh,Tips Perawatan dan Panen Melimpah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Nilam.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Nilam : Jenis, Syarat Tumbuh,Tips Perawatan dan Panen Melimpah


Minyak nilam membagikan sumbangan lumayan besar dalam penghasil devisa Negeri di antara minyak atsiri yang lain. Tetapi penciptaan minyak nilam di Indonesia masih terbatas serta produksinya belum maksimal.

Nilam merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan minyak atsiri yang kerap pula diucap dengan nama minyak nilam.

Minyak nilam sendiri merupakan salah satu komoditas eksport dari Indonesia sebab minyak nilam sangat populer di dunia Internasional untuk dijadikan bahan dasar produk pasaran.

Tumbuhan nilam bisa berkembang di dataran rendah ataupun besar dengan ketinggian maksimal 10- 400 mdpl.

Curah hujan antara 2500– 3500 milimeter/ th serta menyeluruh sejauh tahun, temperatur 24– 280C, kelembaban lebih dari 75%, keseriusan penyinaran matahari lumayan, tanah produktif serta gembur kaya hendak humus.


Jenis Jenis Nilam

Di Indonesia sendiri, ada tiga tipe tumbuhan nilam yang biasa di budidayakan. Ketiga tumbuhan nilam tersebut merupakan:

  • Pogostemon Heyneanus

Pogostemon Heyneanus diketahui pula dengan nama nilam Jawa ataupun nilam hutan. Salah satu perbandingan nilam ini dibandingkan nilam yang lain merupakan bunga.

Tetapi sebab mempunyai bunga, isi minyak dari tipe ini sangat rendah sehingga kurang memperoleh tempat pasaran.

  • Pogostemon Cablin Benth

Pogeostemon Cablin Benth diketahui pula dengan nama nilam Aceh. Nilam tipe ini tercantum nilam yang baling banyak diusahakan secara komersil sebab isi minyaknya sangat besar sehingga pasarannya juga luas serta banyak.

  • Pogostemon Hortensis

Pogostemon Hotensis biasa diketahui dengan nama nilam sabun. Dinamakan semacam itu sebab nilam tipe ini dapat digunakan utuk cuci baju.

Nilam tipe ini mempunyai isi yang tidak lebih baik dibandingkan kedua tipe nilam yang lain. Seperti itu mengapa atensi hendak nilam ini dipasaran sangat sedikit

Sebab mempunyai nilai jual yang besar, nilam tercantum tumbuhan yang wajib dicermati pertumbuhannya semenjak dini. Mulai dari pembibitan, pemupukan, perawatan, hingga dengan pemanenan.

Syarat Tumbuh Nilam

Saat sebelum mengawali proses penanaman Nilam, perihal yang wajib dicermati diawal merupakan ketentuan hidup serta udara supaya nilam kamu berkembang secara maksimal.

Nilam merupakan tipe tumbuhan yang berkembang pada wilayah dataran rendah hingga dengan ketinggian 700mdpl.

Meski terdapat sebagian nilam yang bisa berkembang diatas ketinggian tersebut, tetapi nilam tersebut tidak bisa berkembang secara maksimal.

Tidak hanya ketinggian, kelembapan hawa saat sebelum menanam nilam pula wajib disesuaikan.

Nilam cuma berkembang secara maksimal pada kelembapan hawa 75%, kisaran temperatur 220C hingga dengan 280C, serta curah hujan dekat 2500- 3500mm pertahun. Diluarnya, perkembangan nilam tidak maksimal.

Metode Budidaya Nilam

  • Persiapan Bibit Nilam

Metode menanam nilam yang awal pasti saja kamu wajib mempersiaokan bibit nilam. Bibit nilam dapat kamu miliki secara vegetatif ataupun lewat stek.

Baca Juga :  23 Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Serta Mengenal Asal Dan Kandungan Gizinya

Bagian tumbuhan nilam yang dapat distek merupakan bagian batang maupun cabang. Buat memperoleh bibit, kamu wajib memotong batang ataupun cabang tersebut sejauh 15- 23cm berikut mata tunasnya.

  • Penyemaian

Sehabis kamu memperoleh bibit nilam, metode menanam nilam berikutnya merupakan proses penyemaian. Proses penyemaian ini terdiri dari 2 metode. Metode dengan memakai polybag serta metode gantung.

Jika memakai polybag , Sebagian perihal yang wajib kamu siapkan saat sebelum melaksanakan penyemaian ini merupakan polybag yang mempunyai lubang dibagian bawahnya, tanah, pasir, sekam, serta pupuk kandang.

Yang butuh kamu lakukan mengombinasikan tanah, pasir, sekam, serta pupuk kandang secara menyeluruh dengan perbandingan 1: 1: 1: 1 serta memasukkanya kedalam polybag.

Sehabis polybag terisi oleh media tanam, polybag tidak dapat langsung dimasukkan bibit nilam. Polybag wajib didiamkan terlebih dulu 1 hingga 2 hari saat sebelum kesimpulannya dimasukkan bibit nilam.

Proses yang diperlukan bibit nilam buat berkembang didalam media semai merupakan dekat 2 bulan.

Metode penyemaian yang kedua sedikit lebih rumit dibanding metode awal. Yang butuh kamu jalani merupakan merendam bagian dasar bibit stek nilam kedalam cairan pupuk organik sepanjang 5 menit.

Sehabis 5 menit, bibit setelah itu dinaikan serta diikat kemudian ditaruh ditempat yang sejuk. Bibit yang telah direndam tersebut diikat sepanjang kurang lebih 15 hari.

Perihal ini hingga dengan bibit menghasilkan pangkal saat sebelum kesimpulannya dipindahkan kedalam polybag.Dalam proses pemindahan ini, kamu wajib perhatikan pangkal dari nilam yang tidak boleh rusak.

Jadi, supaya gampang, kamu wajib melubangi media tanam yang terdapat di polybag terlebih dulu buat mempermudah proses penyemaian bibit.

Panduan lain buat memperoleh hasil yang bermutu dari penyemaian ini merupakan,Stek yang ditanam di polybag wajib miring 450,Stek ditanam sedalam 10cm,

Semaian tidak boleh terserang cahaya matahari serta air hujan secara langsung. Jadi kamu wajib membuat naungan buat semaian tersebut. Umumnya naungan dibuat dari daun kelapa ataupun alang- alang.

  • Persiapan Lahan

Lahan yang dapat dijadikan lahan tanam nilam merupakan lahan yang lumayan luas dimana cahaya matahari bisa menyinari segala bagian lahan tanam tanpa terdapat yang membatasi.

Tidak hanya cahaya matahari, berikut sebagian perihal lain yang wajib kamu persiapkan dilahan tanam buat menanam nilam:

Lahan tanam wajib mempunyai tanah yang gembur. Jadi bila tanah di lahan yang kamu persiapkan masih dalam kondisi keras, tanah wajib ditraktor terlebih dulu buat memperoleh tanah yang gembur.

Bila kamu tidak mempunyai traktor, kamu dapat mencangkulnya sendiri dengan cangkul. Rips penggemburan tanah buat nilam merupakan tanah digali terlebih dulu dekat sedalam 30cm saat sebelum setelah itu dibalikan.

Tanah yang telah digemburkan jangan langsung digunakan buat menanam. Tetapi diamkan dulu tanah tersebut dekat 3 hingga 4 hari saat sebelum bersinambung keproses berikutnya.

Sehabis didiamkan, tanah yang gembur tersebut setelah itu terbuat bedeng- bedeng dengan aliran irigasi terletak diantara bedeng buat jalur air.

Bedeng yang terbuat wajib mempunyai dimensi lebar dekat 3, 2 m dengan panjang disesuaikan luasnya lahan. Sebaliknya jarak antara satu bedeng dengan bedeng yang lain merupakan dekat 30cm buat dijadikan aliran irigasi air.

Sehabis bedeng jadi, bedeng wajib di buatkan lubang dengan diameter dekat 12cm- 13cm bagaikan buat lubang tanam.

Buat jarak tanam/ lubang pula wajib dicermati pada dikala pembuatan lubang ini. Tetapi pembuatan jarak tanam ini bergantung pada tipe tanah tempat kamu menanam nilam.

Bila tanahnya produktif kamu dapat berikan jarak 100 x 100cm, bila isi tanah liatnya besar 50 x 100cm.Masukkan pupuk kandang sebanyak 2 sendok makan bagaikan pupuk dasar.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Matahari dengan Mudah dan Praktis Untuk Pemula

Supaya faktor hara didalam tanah terus menjadi banyak, lubang yang telah diberikan pupuk dasar wajib didiamkan sepanjang 2- 3 hari saat sebelum merambah proses penanaman.

  • Penanaman

Proses penanam tumbuhan nilam terdiri dari 2 metode. Secara langsung maupun secara tidak langsung. Penanaman secara langsung dapat kamu jalani tanpa proses penyemaian terlebih dulu.

Jadi, sehabis proses pengolahan lahan telah siap serta bibit stek nilam telah kamu miliki, kamu dapat langsung menanamkan stek tersebut didalam lubang yang telah terisi pupuk.

Tetapi bila kamu lewat proses penyemaian terlebih dulu, proses penanaman dapat dicoba dengan metode mencabut bibit yang telah siap dipindahkan dari tempat penyemaian.

Bila pangkal yang terdapat dikira sangat panjang, kamu dapat memotongnya secara manual supaya pangkal tidak membusuk saat sebelum ditanamkan kedalam lubang yang telah kamu buat tadinya.

Satu perihal yang biasa dicoba para pembudidaya nilam dalam proses penanaman ini: umumnya mereka menanam 2- 3 bibit didalam satu lubang.


Perawatan Nilam


  • Pemupukan

Pemupukan dicoba buat mendukung perkembangan dari Nilam supaya dapat berkembang secara optimal serta mengasilkan minyak yang banyak.

Terdapat sebagian perihal yang wajib kamu perhatikan didalam membagikan pupuk, paling utama pupuk susulan ini.Tipe pupuk yang digunakan buat pupuk susulan ini wajib disesuaikan dengan tipe tumbuhan.

Perihal ini sebab tiap pupuk mempunyai isi serta guna yang berbeda- beda sehingga pemberian pupuk yang tidak pas justeru hendak mengusik perkembangan tumbuhan.

Tiap pupuk mempunyai metode konsumsi yang berbeda- beda disesuaikan dengan watak pupuknya sebab terdapat yang bertabiat cair serta terdapat yang bertabiat padat.

  • Penyulaman

Penyulaman merupakan aktivitas menjaga nilam dengan metode mengubah nilam yang mati dengan nilam yang baru. Supaya efisien, penyulaman ini hendaknya lekas dicoba bila terdapat nilam yang mati.

Salah satu waktu dimana nilam banyak mati merupakan pasca pemindahan dari tempat semai kearea lahan sebab tidak dapat menyesuaikan diri pada area yang baru.

  • Penyiangan

Penyiangan merupakan aktivitas buat mencabut ataupun mensterilkan zona lahan dari tumbuhan liar ataupun gulma. Penyiangan ini biasa dicoba dengan 2 metode. Secara manual serta pula kimiawi.

Metode manual dicoba dengan metode mencabut secara langsung tumbuhan liar ataupun gulma dari zona lahan. Sebaliknya metode kimiawi merupakan dengan metode menyemprotkan cairan kimawi buat menewaskan gulma.

Penyemprotan dengan zat kimiawi ini sangat tidak dianjurkan sebab bila dicoba secara terus menerus, zat kimia tersebut dikhawatirkan hendak mengganggu tanah.

  • Pemangkasan

Pemangkasan ini umumnya dicoba pada dikala daun nilam berumur 3 bulan ataupun pada dikala daun nilam mulai banyak serta rimbun pada cabang ketiga dari atas.

Salah satu karakteristik daun yang wajib dipangkas merupakan daun yang berupa perdu serta silih menutupi sebab dikhawatirkan hendak membatasi cahaya matahari menyinari segala bagian nilam.

Daun yang tidak sering terserang cahaya matahari dikhawatirkan hendak jadi sarang penyakit serta hama.

  • Pengendalian Penyakit

Berikut ini merupakan metode pengendalian penyakit ataupun pemberantasan hama di tumbuhan nilai yang wajib kamu perhatikan:

Penyakit Layu

Penyakit ini diakibatkan oleh kuman yang bernama Ralstonia Solanacearum serta hendak menimbulkan nilam kamu, muda maupun tua, hadapi kelayuan kemudian mati.

Tidak hanya itu, penyakit layu ini tercantum penyakit yang bisa meluas sehingga bila terdapat satu tumbuhan terserang penyakit layu, mungkin tumbuhan yang lain pula hendak terkena pula.

Penyakit layu ini umumnya disiasati dengan dorongan obat kimiawi meski pada kesimpulannya tidak mengobati secara total.

Bila kamu mau bebas dari penyakit ini, yakinkan stek yang kamu ambil bagaikan bibit berasal dari indukan nilam yang sehat serta tahan terhadap penyakit.

Baca Juga :  Budidaya Jamur Kuping : Cara Budidaya, Proses Penanaman Dan Panen
Kehancuran Akar

Sama semacam penyakit layu, penyakit nilam yang melanda pangkal ini pula diakibatkan oleh kuman yang bernama Nematoda.

Sebab melanda pangkal, suplai air ke daun menurun serta menjadikan stomata tertutup serta tingkatan fotosintesis menyusut.

Salah satu metode yang biasa dicoba buat mengatur pertumbuhan Nematoda ini merupakan dengan kombinasi Nematisida ataupun Furadan organik dengan dolomit.

Metode lain yang dapat kamu jalani supaya nilam kamu tidak terkena nematoda ini merupakan dengan pemilihan bibit stek secara selektif.

Sama semacam penyakit layu, yakinkan indukan yang kamu ambil cabangnya bagaikan stek ialah indukan yang tahan terhadap penyakit serta sehat.

Serta salah satu gejala tumbuhan yang terserang kehancuran pangkal ini merupakan corak daunnya yang lama kelamaan berganti jadi corak cokelat apalagi merah.

Budog

Hingga dikala ini tidak terdapat yang ketahui tentu apa penyakit budog pada nilam ini. Penyakit ini umumnya melanda batang pada nilam dimana batang setelah itu jadi menebal dan daun yang mengerut dan menebal.

Salah satu gejala penyebaran penyakit ini merupakan lewat serangga. Oleh sebab itu penyemprotan insektisida wajib sering- sering dicoba buat meminimalisir serangga yang berdiam di nilam.

Hama

Sebagian hama yang kerap melanda nilam merupakan belalang, ulat pengulung daun, dan tungau merah.

Metode menanggulangi hama ini dapat dengan penyemprotan insektisida secara teratur dan perawatan tumbuhan lain semacam penyiangan gulma serta tumbuhan liar lainya.

Tumbuhan liar merupakan salah satu tempat hama serta penyakit biasa bersembunyi.

Oleh sebab itu tiap kali melaksanakan penyiangan, rumput ataupun gulma terdapat baiknya di bakar bukan dengan menumpuknya hingga layu.

Penyakit Busuk Batang

Penyebabnya jamur Fusarium sp. serta melanda pada pangkal ataupun batang. Batang terkena hendak mengerut, corak berganti coklat kemudian menghitam disekeliling batang serta kesimpulannya mati.

Pengendalian: mengurangi kelembaban dengan metode dipangkas, jauhi cedera. Catatan: Bila pengendalian hama serta penyakit dengan pestisida natural belum menanggulangi, bisa digunakan pestisida kimia cocok anjuran.

Supaya penyemprotan pestisida kimia lebih menyeluruh serta tidak gampang lenyap oleh air hujan tambahkan Perekat

Budidaya Nilam : Jenis, Syarat Tumbuh,Tips Perawatan dan Panen Melimpah

Masa Panen

Nilam yang dapat dipanen merupakan nilam yang telah berumur dekat 6 hingga dengan 9 bulan sebab pada umur semacam itu isi minyak nilam telah lumayan banyak.

Perlengkapan yang kamu butuhkan dalam proses pemanenan ini merupakan sabit ataupun parang yang tajam. Kelebihan nilam dibanding tumbuhan yang lain merupakan jumlah pemanenan dapat dicoba sebanyak 2 kali.

Panen awal, kamu dapat memangkas cabang- cabang pada tumbuhan nilam buat memperoleh minyaknya. Tetapi tidak seluruh cabang dapat di pangkas.

Cabang yang dapat dipangkas pada panenan yang awal cumalah cabang nomer 2 hingga keatas. Sebaliknya cabang awal dipangkas tetapi tidak putus buat dirundukkan dengan tanah supaya nanti bisa jadi bibit nilam baru.

Pada dikala umur tumbuhan tiba 9 bulan, nilam dapat dipanen buat yang kedua kalinya dimana metode yang kamu jalani sama semacam dikala kamu memanen yang awal kali.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Nilam Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjunganny.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5