Budidaya Nila Merah : Trik Sukses Persiapan, Pemeliharaan dan Pemanenan

3 min read

Budidaya Nila Merah : Trik Sukses Persiapan, Pemeliharaan dan Pemanenan
0
()

.Budidaya Nila Merah : Trik Sukses Persiapan, Pemeliharaan dan Pemanenan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Nila Merah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Nila Merah : Trik Sukses Persiapan, Pemeliharaan dan Pemanenan


Ikan nila termasuk hewan pemakan segala ataupun omnivora. Santapan alaminya plankton, tanaman air serta hewan air yang lain. Membudidayakan ikan telah jadi sesuatu aktivitas warga spesialnya di Indonesia.

Tidak hanya sebab mempunyai aspek area yang menunjang semacam tersedianya air bersih, ikan pula sangat disukai oleh warga buat mengkonsumsi.

Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di Indonesia.

Di Indonesia salahsatu macam tipe ikan nila yang bisa dibudidayakan. Salah satu ikan nila merah yang sesuai sekali buat dijadikan bisnis jual beli ikan. Bisnis kuliner serta pasti apabila diolah rasanya lezat serta gurih.

Dalam budidaya ikan nila merah, banyak yang mengabaikan sebagian dasar dalam metode budidaya itu sendiri. Akibatnya para pemula kerap hadapi kegagalan dalam membudidayakan ikan nila merah.

Langkah-Langkah Budidaya Nila Merah

Dalam membudidayakan ikan nila merah terdapat metode semacam persiapan kolam, persiapan benih, penebaran benih, pemeliharaan, serta pemanenan yang wajib dicermati.

  • Persiapan Kolam

Dalam perihal ini dimensi kolam bisa kamu tentukan dengan luas lahan yang ada. Adapun yang butuh dicermati dalam pembuatan kolam adalah kedalamannya kolam.

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Tebu Telur dan Kandungan Gizinya Untuk Kesehatan

Kedalaman kolam itu tidak boleh kurang dari 1 m. Masalahnya bila terlalu dangkal ia akan berdampak pada perkembangan ikan kurang maksimal serta mutu ikan nila merah itu sendiri.

Saat sebelum melaksanakan pengisian air hendaknya kolam di jemur sepanjang 2-3 hari terlebih dulu. Perihal ini dicoba buat menetralkan pH yang baik buat ikan nila.

Sebab pH netral yang wajib dicoba buat budidaya ikan nila merah ialah dekat 6- 7 derajat. Apabila memiliki kolam sisa gunakan umumnya mempunyai pH dibawah 6 derajat.

Buat menetralkannya bisa kamu bagikan kapur dolomite dengan mempunyai dosis kurang lebih dekat 500 sampai 1000 kilogram/ ha.

Buat bisa menyuburkan dasar kolam tanah dapat diberikan pupuk organik dari pupuk kandang. Pupuk organik menyebabkan tanah dasar kolam yang produktif dan sangat bagus buat tumbuhnya plankton serta lumut.

  • Tumbuhnya plankton

Adapun tumbuhnya plankton serta lumut dengan baik ia dapat menyediakan pakan natural buat ikan nila merah. Dengan catatan pemberian pupuk kandang dengan ditebar menyeluruh wajib dengan ketebalan kurang lebih 10 centimeter.

Sehabis dicoba pemberian pupuk kandang pada kolam tanah telah dapat digenangi air. Pengisian air hendaknya bertahap, sesi awal ialah diisi 20 centimeter.

Taburkan pupuk kimia urea, setelah itu diamkan sepanjang 3 hari.  Hal itu dilakukan bertujuan supaya cahaya matahari tembus sampai ke dasar kolam serta plankton bisa berkembang produktif.

Berikutnya kolam tersebut dapat di isi air penuh setinggi 0, 75 meter.

  • Persiapan Benih

Salah satu aspek penentu keberhasilan budidaya ikan nila merah merupakan gimana triknya melaksanakan pemilihan bibit benih yang bermutu.

Memilih benih ikan nila yang berdimensi beratnya 10- 20 gr ataupun dekat 5- 10 centimeter. Benih yang bermutu bisa dilihat dengan keadaan serta gerakannya yang gesit.

Baca Juga :  Cara Cangkok Kelengkeng Yang Tepat dan Sukses Untuk Pemula

Buat tipe kelamin benih pada ikan nila merah ini hendaknya diseleksi yang jantan. Sebab perkembangan ikan nila merah jantan lebih kilat apabila dibanding dengan ikan nila merah betina.

Buat perbandingan bisa menggapai 30-40%, hingga pemeliharaan satu tipe kelamin pada ikan nila merah sangatlah diajarkan. Hal ini dilakuakn supaya memperoleh hasil yang optimal serta waktu yang lebih kilat.

  • Penebaran Benih

Bila kolam serta benih telah siap hingga benih ikan nila merah telah dapat ditebar ke dalam kolam. Untuk menjauhi kematian serta tekanan pikiran pada benih ikan, hendaknya dicoba menyesuaikan diri benih terlebih dulu.

Dengan metode benih ikan nila ditaruh dalam suatu wadah yang berisikan air kolam sebagian jam. Kemudian ikan telah siap ditebar secara pelan dengan metode menenggelamkan wadah dengan posisi miring.


Pemeliharaan Ikan Nila Merah

Perihal yang butuh dicermati dalam sesi pemeliharaan bagaikan berikut,diawali dengan pemberian pakan yang benar.

Dalam pemberian pakan dicoba 2 kali dalam satu hari dengan tipe pakan yang memiliki protein 30%. Kebutuhan pakan disesuaikan dengan berat ikan nila ialah dekat 3% dari berat badan.

Metode buat mengenali berat ikan nila merah dicoba dengan mengambil ilustrasi ikan tiap 2 minggu sekali. Hal itu sekalian kamu bisa mengenali pertumbuhan ikan tersebut.

Sesi kedua ialah manajemen pengelolaan air kolam. Buat keadaan air yang baik dalam pemeliharaan ikan nila merah merupakan dengan pH 6-7 derajat serta isi oksigen yang besar.

Buat memperoleh keadaan air yang bermutu serta terpelihara dengan baik hingga hendaknya jalani penggantian air. Ganti air minimun dalam kurun waktu seminggu sekali sebanyak sepertiga volume air kolam.

Apabila ada aliran air sungai yang mengaliri tiap hari jauh lebih baik. Buat isi oksigen bisa terbuat kincir dengan kipas bertenaga listrik yang ditaruh ditengah- tengah kolam.

Baca Juga :  Budidaya Nila di Kolam Terpal Sukses Berhasil Untuk Pemula

Budidaya Nila Merah : Trik Sukses Persiapan, Pemeliharaan dan Pemanenan

Masa Panen Ikan Nila Merah

Panen Ikan Nila Merah Buat kebutuhan dalam negeri umumnya ikan yang mempunyai dimensi 300 sampai 500 gr. Waktu yang dibutuhkan buat dapat menggapai dimensi tersebut kurang lebih dekat 4- 6 bulan.

Pemanenan wajib dicoba dengan hati-hati dengan memakai jaring supaya ikan senantiasa hidup serta sehat. Kala ikan telah dinaikan hingga letakkan pada wadah yang berisi air serta perputaran hawa yang lumayan.

Pengangkutan dengan mobil terbuka dengan terlebih dulu melaksanakan pengepakan dengan memakai plastik yang diberikan oksigen.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Nila Merah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5