Budidaya Manggis : Teknik Pembibitan, Penanaman dan Perawatan Untuk Pemula

4 min read

Budidaya Manggis : Teknik Pembibitan, Penanaman dan Perawatan Untuk Pemula
0
()

Budidaya Manggis : Teknik Pembibitan, Penanaman dan Perawatan Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Manggis.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Manggis : Teknik Pembibitan, Penanaman dan Perawatan Untuk Pemula


Manggis ialah tumbuhan buah berbentuk tumbuhan yang berasal dari hutan tropis yang teduh di kawasan Asia Tenggara, ialah hutan belantara Malaysia ataupun Indonesia.

Dari Asia Tenggara, tumbuhan ini menyebar ke wilayah Amerika Tengah serta wilayah tropis yang lain semacam Srilanka, Malagasi, Karibia, Hawaii serta Australia Utara.

Manggis berkembang dalam temperatur hangat serta normal, paparan temperatur di dasar 0°C( 32°F) buat jangka waktu yang lama,biasanya menewaskan tumbuhan tua.

Di Indonesia manggis diucap dengan bermacam berbagai nama lokal semacam manggu( Jawa Barat), Manggus( Lampung), Manggusto( Sulawesi Utara), Manggista( Sumatera Barat).

Hortikulturis yang berpengalaman sudah meningkatkan spesies ini di luar ruangan serta membawanya buat dibesarkan di wilayah ekstrem, selatan Florida.

Berkembang sampai menggapai 7 hingga 25 m. Buahnya bercorak merah keunguan kala matang, walaupun terdapat pula varian yang kulitnya bercorak merah.

Manggis bertabiat apomiksis obligat, biji tidak berasal dari fertilisasi serta diprediksi memiliki keanekaragaman genetik kecil, sehingga diperkirakan manggis di alam cuma satu klon serta sifatnya sama dengan induknya.

Komponen dalam buah manggis( Garcinia mangostana L.) yang sangat besar merupakan kulitnya ialah 70- 75%, sebaliknya daging buahnya cuma 10- 15%, serta bijinya 15- 20%.


Ketentuan Tumbuh Manggis

Supaya dapat berkembang dengan baik, metode menanam manggis memerlukan media tanah dengan ketentuan ketinggian 500– 1. 000 mdpl.

Tidak hanya itu keadaan tanah pula harus memiliki energi drainase bagus serta dilarang tergenang, dan memiliki kedalaman dekat 50 hingga 200 m.

Baca Juga :  Cara Menanam Jahe : Jenis, Pemilihan, Perawatan Dan Pemanenan

Hawa sangat sesuai untuk tumbuhan manggis yakni hawa tropis bersuhu dekat 22- 32°c dengan curah hujan menyeluruh sejauh tahun. Keadaan angin yang terunggul yakni tidak sangat kencang.

Tanah yang bagus buat tumbuhan manggis yakni atmosfer tanahnya produktif, gembur, banyak tercantum bahan organik( humus). dengan respon tanah agak asam hingga netral( pH 5, 5- 7, 0).

Tata udara ataupun tata airnya baik yakni dengan kedalaman air tanah antara 50- 200 centimeter.


Metode Penanaman Tanaman Manggis


  • Memilah serta Menyiapkan Biji Manggis

Sesi dini pasti merupakan mempersiapkan benih tumbuhan semacam pula pada metode menanam strawberry di pipa. Benih yang digunakan merupakan berbentuk biji tumbuhan.

Buat memperoleh tumbuhan yang berkembang maksimal pasti persyaratan dini yang wajib dipadati merupakan bibit biji tumbuhan yang bermutu.

Karenanya buat memperoleh biji yang bermutu terdapat baiknya perhatikan kriteria dibawah ini:

    • Belilah biji buah manggis dari seller yang terpercaya.
    • Setelah itu yakinkan kalau biji tetsebut jelas varietas serta jenisnya.
    • Benih biji wajib berasal dari benih yang terpercaya serta tersertifikasi.
    • Biji buah berasal dari tumbuhan yang sudah berusia minimun 15- 17 tahun.
    • Yakinkan biji bisa langsung di semai tanpa wajib di stratifikasi telebih dulu.
    • Simpan biji di tempat yang teduh serta tidak terserang sinar matahari langsung.
  • Menyemai Biji

Sehabis biji siap, hingga sesi berikutnya merupakan melaksanakan persemaian benih semacam pula metode menanam anggur di wilayah tropis.

Perihal ini dicoba supaya tumbuhan bisa lebih gampang menyesuaikan diri dikala dipindahkan ke lapangan. Kamu bisa menyemai biji dengam metode di dasar ini:

    • Siapkan media tanam berbentuk tanah, serta pupuk kandang ataupun humus.
    • Pakai rasio perbandingan media tanam 1: 1: 1.
    • Setelah itu gabungkan media sampai menyeluruh serta ambil bagian media yang halus saja.
    • Sehabis itu masukkan media tanam kedalam polibag tanam berdimensi lagi.
    • Isikan media kedalam polibag sampai media padat serta rata.
    • Setelah itu tanamkan biji kedalam media tanam.
    • Siram media tanam memakai air, sampai jenuh.
    • Legakkan polibag pada tempat yang teduh.
    • Jalani pemeliharaan serta penyiraman sampai benih berkecambah, serta berkembang.
    • Tambahkan pula pupuk kandang bila volume media di dalam polibag mulai menurun.
    • Jalani pemeliharaan tutin sampai tumbuhan siap dipindahkan ke lahan tanam.
  • Menanam Bibit Manggis ke Lahan

Sehabis bibit berusia 6 bulan sehabis semai, hingga bibit manggis dari biji bisa dipindahkan langsung ke lahan tanam semacam pada budidaya nanas madu.

Baca Juga :  Tanaman Kenikir : Manfaat & Khasiatnya untuk Kesehatan

Hendaknya seleksi lahan tanam yang luas serta terbuka. Perihal ini buat mengestimasi sebab tumbuhan manggis berdimensi relatif besar serta lebat sehingga memerlukan posisi yang terbuka.

Jalani tahapan dibawah ini buat melaksanakan pindah tanam bibit manggis ke lahan.

Metode menanam manggis dari biji untuk pemula:

    • Buat lubang tanam terlebih dulu dengan dimensi panjangxlebarxtinggi ialah 50x50x50 centimeter.
    • Setelah itu tambahkan pupul kandang 5- 7 kilogram kedalam lubang tanam.
    • Bilas pula wilayah dekat lubang tanam dari gulma yang menganggu.
    • Setelah itu perkenankan sepanjang 1 minggu baru setelah itu bibit bisa di tanam.
    • Seleksi bibit yang bermutu baik buat di pindah tanam ke lahan.
    • Buka plastik polibag dengan hati- hati, perkenankan tanah media turut tertanam.
    • Setelah itu masukkan bibit kedalam lubang tanam. Setelahnya tutup lubang tanam kembali memakai tanah sampai menyeluruh.

Pemeliharaan serta Perawatan

Sehabis penanaman, kamu pasti wajib melaksanakan perawatan serta pemeliharaan teratur secara intensif semacam metode budidaya pepaya california.

Perihal ini harus dicoba supaya tumbuhan bisa berkembang maksimal serta menciptakan buah yang baik serta bermutu. Karenanya sebagian tahapan pemeliharaan ini tidak boleh kamu lewati.

  • Penyiraman

Penyiraman ialah perihal yang harus dicoba paling utama dikala dini masa tanam. Sampai tumbuhan berusia 2 tahun sehabis tanam. Penyiraman dicoba tiap 2 kali dalam satu hari.

Bergantung pada keadaan cuaca serta tanah. Bila tanah kering, hendaknya siram tumbuhan sampai jenuh. Serta jangan perkenankan air menggenang, sebab hendak bernahaya untuk pangkal tumbuhan.

  • Pemupukan

Pemupukan dicoba pada dikala tumbuhan berusia 1 tahun sehabis tanam. Pemberian pupuk bisa dicoba dengan metode di tebarkan ke bagian tajuk tumbuhan.

Tetapi jangan sangat dekat dengan pangkal. Bagikan pupuk NPK serta pupuk kandang bergantian serta intensif minimun tiap 6 bulan sekali.

  • Penyiangan

Penyiangan dicoba buat menghilangkan gulma yang terletak disekitar tumbuhan. Aktivitas ini pula bertujuan supaya tumbuhan bisa meresap faktor hara dengan optimal.

Baca Juga :  Budidaya Lidah Buaya : Persiapan Lahan, Penanaman, Perawatan dan Masa Panen

Sehingga perkembangan tumbuhan manggis kamu bisa berkembang maksimal. Jalani penyiangan secara teratur minimun tiap 2 minggu sekali.

  • Pemangkasan Cabang

Pemangkasan pada cabang bermanfaat supaya tumbuhan tidak berkembang sangat lebat. Tidak hanya itu pula perihal ini buat membuat tumbuhan lebih kilat berbuah.

Pemangkasan wajib dicoba 1 bulan saat sebelum masa berbuah datang, paling utama pada dikala timbul bunga pada tumbuhan.

Pangkas cabang serta daun yang terletak sangat dekat dengan dasar tumbuhan serta tinggalkan cabang yang menghadap ke atas ataupun ke arah matahari.

  • Penanggulangan Hama serta Penyakit

Hama serta penyakit pada tumbuhan manggis bisa dikendalikan dengan metode penyemprotan memakai insektisida serta fungisida.

Penyemprotan ini dicoba secara teratur tiap 6 bulan sekali dengan dosis yang direkomendasikan.

Penyemprotan fungisida paling utama dicoba sehabis pemangkasan pada cabang buat menghindarkan serbuan jamur pada cedera sisa pangkasan pada cabang.

Budidaya Manggis : Teknik Pembibitan, Penanaman dan Perawatan Untuk Pemula


Masa Panen Manggis

Tumbuhan manggis yang ditanam dari biji hendak mulai berbuah pada usia 10 tahun sehabis tanam.

Tetapi, perihal tersebut sangat tergantung pada perawatan serta pemeliharaan yang dicoba semacam pada metode menanam delima dari biji.

Buah yang muda hendak menampilkan corak hijau serta kemudia hendak berganti corak jadi merah kehitaman.Perihal itu menunjukkan kalau buah sudah siap dipanen.

Waktu yang pas buat memanen buah saat sebelum buah matang di tumbuhan dan jatuh. Pakai tangga ataupun galah buat memanen buah, sebab tumbuhan manggis mempunyai besar 7- 12 m.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Manggis Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5